silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
- Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
- Analog kesamaan atau perbedaannya,
- Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
–
–
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
Nama :Leni Marlina
NIM : 856838522
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ-UT BENGKULU
Dari awal kegiatan guru tidak melakukan apersepsi menyampaikan tujuan pembelajaran namun guru langsung menyampaikan materi dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari itu sehingga siswa tidak mengetahui apa yang harus dicapainya setelah proses pembelajaran selesai
Assalamu’alaikum,
nama: David Satria Ifnu
NiM: 858870036 /PGSD UT
Mohon izin sedikit berpendapat,, Setelah saya melihat video “Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD” .Dari video tersebut, agar waktu tidak terlalu banyak terbuang, maka sebelum pembelajaran guru harus mempersiapkan media pembelajaran yang akan digunakan, sehingga tidak membuang banyak waktu dalam proses kegiatan pembelajaran, tapi di akhir video berikutnya guru tersebut lebih kreatif. Dan dapat di simpulkan perencanaan pembelajar, alat peraga, serta efisiensi waktu mulai kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti dan penutup,, serta guru harus semangat untuk membimbing siswa agar pembelajaran lebih semangat dan menyenangkan.
Nama. : Rusdiana
Nim. : 858403936
Prodi. : S1 PGSD
Assalammualaikum.wr.wb,melihat dari pada Vidio tersebut,guru sudah sangat energik untuk melakukan pembelajaran ,namun dari sisi persiapan(RPP)sepertinya belum terpenuhi contoh,
1.Saat pembukaan guru tidak mengulas pelajaran yang lalu
2.Guru tidak mengabsen
3.Guru langsung ke media ,yang seharusnya memberikan teori terlebih dahulu selain itu
Jika ingin mengadakan praktikum seperti itu hendaknya guru mensiasati dengan perlengkapan media yang sudah disiapkan jadi tidak memakan waktu atau membuang -buang waktu sehingga yang seharusnya materi pada hari itu selesai jadi tertunda karena guru kurang persiapan,kesimpulan praktek sangat diperlukan namun kesiapan lebih utama trima kasih
Nama : Nadia Fairuz Farhaz
NIM : 858824315
Program Studi : S1 PGSD
Analisis dari video tersebut adalah :
Di video tersebut guru ingin menunjukkan pelajaran dengan menggunakan alat peraga, dengan memakai alat peraga biasanya memudahkan siswa untuk menangkap pelajaran yang sedang diajarkan, akan tetapi guru terlalu lama menyiapkan alat peraga sampai dengan bel istirahat sehingga siswa tidak melakukan apa apa hingga pelajaran berakhir. Jadi
Menurut saya kelemahannya adalah :
1. Guru terlalu lama mempersiapkan alat peraga padahal siswa sudah siap menerima pelajaran dan pelajaran tidak sampai selesai
2. Tidak adanya absensi, penyampaian tujuan materi pembelajaran
3. Guru terlalu bingung dengan alat peraganya
Upaya yang bisa diusulkan yaitu :
1. Adanya rencana perencanaan pembelajaran (RPP) yang sudah disusun terlebih dahulu
2. Guru mampu mengalokasikan waktu yang tepat pada RPP pada pembuka, inti dan penutup sehingga tidak kebingungan dengan yang akan dikerjakan dan lebih terstruktur
3. Guru memberikan pengarahan dan meminta siswa membuka LKS sebelum praktikum di kelas sehingga siswa sudah paham materi yang akan diajarkan
4. Membimbing, menganalisis, menulis dari data yang diperoleh dari praktikum eksperimen
Nama : Ahmad Rizkian Hadi
Nim : 859011357
UPBJJ : 77 / Denpasar
Prodi : S1 PGSD
Salut : Jalak Putih Jembrana
Setelah saya melihat video diatas daapat disimpulkan bahwa kekurangan yang saya amati sebagai berikut :
1. Guru kurang mempersiapkan peralatan praktikum sebelum memulai pembelajaran
2. Kurangnya Apersepsi kepada peserta didik sehingga kurangnya pemahaman tujuan materi pembelajaran yang akan dipelajari oleh peserta didik
3. tidak adanya absensi
4. tidak ada evaluasi pembelajaran setelah berakhirnya praktikum
Solusi yang saya berikan terhadap video diatas sebagai berikut :
1. Seharusnya peralatan praktikum sudah siap sehingga ketika mulai pembelajaran materi praktikum dapat dilaksanakan dengan lancar
2. langkah awal menanyakan kabar terhadap peserta didik
3. melakukan presensi sebelum memulai pembelajaran
4. menyebutkan tujuan pembelajaran ke peserta didik agar siswa tau alur pembelajaran yang akan dilaksanakan
Nama : fatmawati
NIM : 859145771
Prodi : PGSD
UPBJJ : Mataram
Saya Mohon izin untuk menanggapi video yang berjudul ” Mengefektifkan Waktu Pada Menggunakan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA SD”
Penggunaan alat peraga pelajaran IPA pada SD memerlukan efektivitas waktu yang tepat agar dapat memaksimalkan pengalaman belajar siswa. Beberapa strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas waktu pada saat penggunaan alat peraga pelajaran IPA di SD adalah sebagai berikut:
Persiapan yang matang: Sebelum mengajar, guru harus mempersiapkan semua alat peraga yang dibutuhkan dengan baik dan memastikan semua alat peraga dalam kondisi baik. Persiapan yang matang akan meminimalkan waktu yang dibutuhkan selama penggunaan alat peraga.
Mengatur jadwal pembelajaran: Guru juga harus mengatur jadwal pembelajaran agar siswa dapat mengalami pembelajaran yang efektif dan efisien. Sebaiknya, penggunaan alat peraga pelajaran IPA dilakukan pada jam-jam yang tepat dan tidak bertabrakan dengan kegiatan lainnya.
Pemilihan alat peraga yang tepat: Guru harus memilih alat peraga yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kemampuan siswa. Sebaiknya, alat peraga yang digunakan mudah dipahami oleh siswa dan dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA.
Penggunaan teknologi: Guru dapat menggunakan teknologi untuk meningkatkan efektivitas penggunaan alat peraga pelajaran IPA. Misalnya, guru dapat menggunakan video, animasi, atau program simulasi untuk menjelaskan konsep IPA yang sulit dipahami.
Kolaborasi siswa: Guru dapat melibatkan siswa dalam penggunaan alat peraga pelajaran IPA untuk meningkatkan interaksi dan kolaborasi antar siswa. Siswa juga dapat berpartisipasi dalam membuat alat peraga sederhana untuk memperdalam pemahaman konsep IPA.
Nama : Anis Fauziah Rachmadianty
NIM : 858442558
Jurusan : PGSD-S1
UPBJJ SAMARINDA
Setelah menonton tayangan video diatas dapat saya refleksikan video tersebut sebagai berikut
1. Reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan tayangan video siswa terlihat lebih antusias dalam menjalankan pembejalaran secara berkelompok selain itu siswa juga menjadi tertib dan bertanggung jawab karena setiap anggota kelompok memiliki tugas yang berbeda dan diniliai secara individu
2. dari keseluruhan pembelajaran berdasarkan tayangan video di atas kelemahan dari guru tersebut adalah tidak melakukan aperepsi hal ini sangat disayangkan karena apersepsi sangat membantu siswa agar lebih memahami materi yang akan disampaikan, selain itu guru tidak melakukan pengecekan kehadiran hal ini secara tidak langsung beranggapan bahwa ada atau tidak adanya murid itu tidak masalah
3.dari keseluruhan pembelajaran berdasarkan tayangan video di atas kelebihan dari guru tersebut adalah mampu menjadi fasilitator yang baik serta mampu mengkoordinir kelas sehingga terwujud pembelajaran yang tertib
4.Hal unik yang ditemukan dari guru pada saat pembelajaran berdasarkan tayangan video di atas adalah guru tersebut dengan luwes dan santai memeragakan ciri ciri hewan yang sedang dibahas contohnya pada saat menyebutkan ciri-ciri kambing yang bertanduk
5.Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya dapat dilakukan kegiatan apersepsi dengan menampilkan materi dalam bentuk video singkat atau ice breaking guna meningkatkan antusias siswa untuk belajar serta melakukan pengecekan kehadiran para siswa
Nama : DESI
Nim : 858148996
Prodi : PGSD
Judul Video : Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
Alamat/Sumber : http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/mengefektifkan-waktu-pada-saat-menggunakan-alat-peraga-pada-mata-pelajaran-ipa-sd
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawab : Pada saat guru memulai pelajaran ana-anak antusias dan sudah siap untuk menerima pembelajaran. Namun, setelah guru mempersiapkan alat-alat yang akan diperagakan anak-anak mulai jenuh dan ribut di kelas.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab : Pemanfaatan alat peraga tidak terlihat karena kurangnya pengaturan waktu saat mempersiapkan alat peraga sehingga menjadi tidak efektif.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab : Konten yang ada di video pembelajaran sudah sesuai dengan K13.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawab : Memberikan pembelajaran untuk guru-guru bagaimana mengefektifkan waktu pada saat menggunakan alat peraga.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab : Melakukan persiapan sebelum memulai pembelajaran, memilih media yang tepat untuk digunakan, dan berlatih menggunakan media sebelum diperagakan ke siswa.
Nama : Kholida Khuril Maula
NIM : 858861915
Program Studi : S1 PGSD
UPBJJ/ Pokjar : Malang/ Kedungkandang
Setelah menyimak video “Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD” maka menurut saya guru kurang adanya persiapan yang matang diantaranya tidak melakukan apersepsi terlebih dahulu, guru kurang menguasai materi dan alat percobaan yang akan digunakan, guru tidak melibatkan siswa sehingga siswa jenuh menunggu yang akibatnya menimbulkan keramaian dalam kelas, guru tidak memperhitungkan alokasi waktu sehingga tujuan pembelajaran belum tercapai, guru tidak mengadakan kolaborasi dengan guru lain sehingga merasakan kesulitan sendiri.
Untuk memperbaiki pembelajaran tersebut ada beberapa hal yang perlu dilakukan guru yaitu: guru melakukan apersepsi sebelum melakukan pembelajaran dengan tujuan mengaitkan pengetahuan yang dimiliki anak dengan materinya. Guru membuat perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) terlebih dahulu. Guru harus memperhitungkan alokasi waktu yang diperlukan, sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Guru sebaiknya melakukan kolaborasi dengan guru lagi. Guru sebaiknya melibatkan siswa dalam perencanaan, pembuatan rancangan, pelaksanaan, pelaporan hasil kegaiatan. dan Guru sebaiknya membagi menjadi beberapa kelompok.
Terimakasih
Nama : Juki Antrawansyah
NIM : 855766254
Jurusan : S1 – PGSD
Setelah saya menyimak vidio pembelajaran ini saya menemukan beberapa hal :
1. Guru belum membuka pelajaran dengan berdo’a dan mengecek kehadiran siswa.
2. Perlunya metode yang bervariasi dalam menyampaikan pelajaran yang bersangkutan.
3. Kurangnya perencanaan dalam alokasi waktu dan siswa tidak dilibatkan langsung dalam pembelajaran praktek tersebut.
4. Guru kurang mempersiapkan media dan alat peraga yang sesuai dengan materi pembelajaran.