silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Cecep Kuatandi

Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

228 Comments

  1. Nama. : Halimathus syahdiah
    Nim : 856038052
    Program studi : PGSD-S1
    UPBJJ. : Medan Semester. : 8

    Menurut saya penggunaan alat peraga memang sangat berguna dan berpengaruh pada proses pembelajaran dikelas, oleh karena itu kita harus mempersiapkan alat peraga dan pemanfaatan waktu yang ada demi tercapainya waktu yang sesuai dengan jam pelajaran. Kita harus menyusun modul ajar dengan baik agar waktu juga teroptimalisir dengan baik juga. sehingga tercapai semua capaian pembelajaran yang dirancang sebelum memulai pembelajaran di kelas

  2. Sinopsis : Dalam video pembelajaran tersebut guru tidak melakukan kegiatan apersepsi. Sehingga siswa belum siap melaksanakan proses pembelajaran. Dan guru tersebut tidak membuat perencanaan pembelajaran sebelum terjun ke kelas sehingga memakan waktu yang cukup banyak dalam menyiapkan alat atau bahan praktikum yang mengakibatkan peserta didik ribut dan kelas tidak kondusif. Namun, di menit terakhir guru menyadari akan hal itu sehingga melakukan perbaikan di jam pelajaran berikutnya dengan materi yang sama.
    Kelebihan : Guru menyampaikan materi dengan menggunakan media pembelajaran sehingga pembelajaran dapat dicernah oleh siswa, guru menyadari bahwa pada saat proses pembelajaran banyak memakan waktu. Sehingga di menit terakhir guru melakukan perbaikan dan pembelajaran pun berjalan dengan baik.
    Kekurangan: Guru tidak melakukan apersepsi sebelum melakukan kegiatan inti, peserta didik kurang tertib dalam mengikuti pembelajaran, penggunaan waktu kurang efektif.
    Saran : Sebaikanya sebelum memulai pembelajaran guru perlu melakukan persiapan dasn perencanaa, agar proses pembelajaran tetap kondusif dan waktu yang digunakan lebih efektif dan efisien.

  3. Menurut analisis saya dari video yang saya tonton tersebut ialah kurang nya guru persiapan dalam mempersiapkan alat peraga dalam pembelajaran, belum di terapkan satu pun bel kelur sudah bunyi sehingga anak dari yang semangat tadi menjadi tidak kurang semangat lagi dikarenakan gurunya kurang kreatif dan disiplin
    Sebagai saran saya supaya gurunya harus menggunakan metode pembelajaran seperti rpp sehingga dapat leluasa dalam menerapkan materi kepada siswa dengan menggunakan rpp sehingga anak-anak SD juga lebih semangat,giat,dan tidak cepat bosan dan ada juga yang menjadi kelebihan gurunya yaitu guru tersebut bukan sekedar menyampaikan materi tapi di sertai dengan alat peraga dalam materi tersebut

  4. Dalam vidio terdapat guru menyapa siswa dan memberikan semangat. Pada pembelajaran guru membawa bahan praktek yang nyata dalam pembelajaran IPA . Tentang benda padat dan cair . Tetapi kekurangannya siswa sangat ribut di saat penjelasan guru

  5. Nama: Halimathus syahdiah
    Nim : 856038052
    Program studi: pgsd-s1 UPBJJ: medan
    Semester:8
    Menurut saya penggunaan alat peraga memang sangat berguna dan berpengaruh pada proses pembelajaran di kelas,oleh karna itu kita harus alat peraga dan pemanfaatan waktu yang ada demi tercapainya waktu yang sesuai dengan jam pelajaran.kita harus menyusun modul ajar dengan baik agar waktu juga teroptimalisir dengan baik juga sehingga tercapai semua capaian pembelajaran yang di rancang sebelum memulai pembelajaran di kelas

  6. Nama : Kiki fatmala
    NIM : 856113143
    PRODI : S1 PGSD
    POKJAR : BATAM
    Tanggapan saya terkait video diatas yaitu Reaksi siswa awalnya baik, dengan duduk rapi menunggu pembelajaran namun, karena tidak adanya kesiapan guru tentang media pembelajarannya sehingga membuat anak-anak menunggu. Mereka menjadi ribut dan kelas menjadir tidak kondusif.
    [09.43, 18/4/2025] kikifatmala: 2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?

    Guru tidak melakukan kegiatan awal (apersepsi) terlebih dahulu, sehingga siswa belum merasa enjoy saat pembelajaran dimulai. Tidak adanya kegiatan berdoa serta tidak menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru tersebut tidak merefleksi pembelajaran sebelumnya, serta tidak adanya pengaitan dengan pembelajaran hari ini. Tidak adanya kedekatan intens dari guru terhadap muridnya. Contohnya menanyakan kabar hari ini. Kurangnya
    kesiapan guru dalam mengajar sehingga waktu yang digunakan terbuang sia-sia Dikarenakan guru sibuk merakit alat peraga dan juga tidak melibatkan siswa, maka kondisi kelas menjadi tidak kondusif. Karena memakan waktu untuk merakit alat peraga. Maka, guru tersebut juga melewatkan kegiataan penutup.
    Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru tersebut sudah menentukan alat peraga yang akan digunakan. Siswa yang siap menerima pelajaran diawal video

  7. Nama : Tiwi Sandiani
    NIM : 858071217
    Mahasiswa Semester 8 Program Studi S1 PGSD UPBJJ UT Pontianak

    Dari video pembelajaran tersebut saya melihat,
    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran tersebut berbeda-beda, ada yang terlihat bosan, mengantuk, dan berbicara dengan teman.
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran menurut saya adalah kurang menyiapkan alat peraga pembelajaran yang lebih instan dan cepat di siapkan, sehingga membuang banyak waktu untuk menyiapkan alat peraga pembelajaran.
    3. Kelebihan guru adalah berusaha untuk menyampaikan materi menggunakan alat peraga agar siswa lebih mudah memahami pembelajaran.
    4. Hal unik yang saya lihat adalah siswa yang terlihat bosan menunggu alat peraga siap.
    5. Upaya yang dapat dilakukan guru ke depannya dapat menggunakan alat peraga pembelajaran yang lebih mudah dan instan untuk di gunakan agar Siswa tidak bosan dan lebih tertarik saat melakukan pembelajaran.

  8. Nama: Jessi Maharani Sitorus
    NIM : 859874874
    UPJJ : Medan
    Pokjar: Labura

    Kesimpulan yang dapat saya buat setelah melihat video tersebut yaitu: pentingnya Perencanaan Pembelajaran bagi seorang guru agar waktu yang dipakai saat belajar efektif dan efisien. dari video itu tampak seorang guru yang hendak menggunakan alat peraga kepada siswa untuk memudahkan siswa dalam belajar tapi terganggu karena alat yang di gunakan tidak siap pakai. awal pelajaran siswa tampak semangat dalam belajar tetapi karna lamanya alat peraga di siapkan guru, siswa jadi bosan dan ribut di kelas sehingga suasana kelas tidak tertib.
    Saran saya: setiap pelajaran hendak lah guru membuat Rancangan Pembelajaran, jika di RPP ada alat peraga segera siap sediakan sebelum pelajaran dimulai, dan kegiatan awal belajar itu harusnya doa dulu, cek kehadiran siswa, apresiasi dan sebagainya.

  9. Nama : Lailatul Firiyah
    NIM : 859885282
    Assalamualaikum .Wr.Wb
    Mohon ijin untuk menanggapi video di atas yang berjudul “Mengaktifkan waktu pada saat menggunakan alat peraga pada mata pelajaran IPA SD”
    menurut pendapat saya ada masalah yang di temukan yaitu salah satunya guru yang tidak dapat menguasai pembelajaran kurang efektifnya waktu saat proses pembelajaran pada saat penggunaaan alat peraga.Kelebihannya guru menggunakan bahan ajar seperti alat praktik ipa agar peserta didik lebih bisa memahami pembelajaran dengan baik.

  10. Nama : Lailatul Firiyah
    NIM : 859885282
    Assalamualaikum .Wr.Wb
    Mohon ijin untuk menanggapi video di atas yang berjudul “Mengaktifkan waktu pada saat menggunakan alat peraga pada mata pelajaran IPA SD”
    menurut pendapat saya ada masalah yang di temukan yaitu salah satunya guru yang tidak dapat menguasai pembelajaran kurang efektifnya waktu saat proses pembelajaran pada saat penggunaaan alat peraga.Kelebihannya guru menggunakan bahan ajar seperti alat praktik ipa agar peserta didik lebih bisa memahami pembelajaran dengan baik dengan bahan ajar siswa lebih dapat memahami isi pembelajaran pada hari itu dan pada saat sebelum pembelajaran di mulai guru dapat terlebih dahulu mentiapkan bahan ajar tersebut agar tidak memakan waktu pada saat proses pembelajaran.

Leave a Reply