silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Cecep Kuatandi

Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

192 Comments

  1. Setelah saya melihat dan mengamati video tersebut ada beberapa kendala yang terjadi pada guru tersebut. Sebagai seorang guru sebaiknya sebelum melakukan proses pembelajaran di dalam kelas sebaiknya membuat terlebih dahulu RPP agar proses pembelajaran di dalam kelas menjadi tersusun dengan bagus dan juga dimana dalam mempersiapkan perencanaan pembelajaran suatu hal yang penting dalam proses pembelajaran sehingga dengan perencanaan yang cukup matang guru mampu memperkirakan alokasi waktu yang tepat, baik dari pembuka, inti, maupun penutup sesuai dengan RPP yang telah di buat . Dalam video tersebut juga seorang guru menghabiskan waktu lama dalam menyiapkan alat peraga untuk proses pembelajaran untuk mengsiasati nya sebaiknya guru tersebut sudah mempersiapkan terlebih dahulu alat peraga yang ingin ditujukan oleh siswa agar dalam proses pembelajaran tidak menghabiskan waktu lama .

  2. Nama : YUNI FITRIA
    NIM : 855828719
    Prodi : 118/PGSD
    UPBJJ : Banda Aceh
    Setelah saya melihat dan mengamati video tersebut ada beberapa kendala yang terjadi pada guru tersebut. Sebagai seorang guru sebaiknya sebelum melakukan proses pembelajaran di dalam kelas sebaiknya membuat terlebih dahulu RPP agar proses pembelajaran di dalam kelas menjadi tersusun dengan bagus dan juga dimana dalam mempersiapkan perencanaan pembelajaran suatu hal yang penting dalam proses pembelajaran sehingga dengan perencanaan yang cukup matang guru mampu memperkirakan alokasi waktu yang tepat, baik dari pembuka, inti, maupun penutup sesuai dengan RPP yang telah di buat . Dalam video tersebut juga seorang guru menghabiskan waktu lama dalam menyiapkan alat peraga untuk proses pembelajaran untuk mengsiasati nya sebaiknya guru tersebut sudah mempersiapkan terlebih dahulu alat peraga yang ingin ditujukan oleh siswa agar dalam proses pembelajaran tidak menghabiskan waktu lama .

  3. Nama : Anis Susanti
    NIM : 857154245
    Prodi : S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) – BI

    berdasarkan video yang sudah saya amati, video tersebut mengenai mengefektifkan waktu pada saat menggunakan alat peraga pada mata pelajaran IPA di SD. dari video tersebut saya akan memberikan tanggapan berupa kelebihan, kekurangan, dan saran perbaikan berdasarkan video yang telah saya amati.

    kelebihan dari Ibu guru tersebut adalah : Bu guru sudah melakukan variasi kegiatan pembelajaran, sudah ada niatan untuk membawa alat peraga untuk dipraktik-kan selama proses pembelajaran. di awal bu guru sudah membuat siswa antusias untuk mengamati benda atau alat peraga yang dibawa oleh bu guru diatas mejanya.

    kekurangan dari Ibu guru tersebut adalah : kurangnya persiapam mengajar dan kurangnya keterampilan dalam melakukan demonstrasi alat peraga dalam proses pembelajaran. Banyak waktu yang terbuang hanya untuk bu guru mempersiapkan alat peraga yang mengakibatkan siswa menjadi tidak kondusif. bu guru kurang memperhatikan alokasi waktu dalam proses pembelajaran dikelas sehingga tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai.

    saran saya setelah menyaksikan video tersebut adalah :
    1. pentingnya bagi seorang guru untuk merencanakan proses pembelajaran disertai alokasi waktu yang tepat dalam bentuk RPP. sehingga proses pembelajaran dikelas dapat terencana dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan.
    2. guru harus melakukan prepare alat atau media pembelajaran dengan baik. ketika alat atau media belum siap, guru bisa meminta siswa untuk membatu melakukan persiapan alat atau media di depan kelas untuk mengefesienkan waktu.
    3. guru bisa meminta siswa untuk membaca materi sambil menunggu guru selesai menyiapkan alat dan bahan sehingga siswa tetap kondusif dan tidak gaduh.
    4. guru bisa menggunakan alat dan bahan yang simpel namun tetap berkaitan dengan materi yang akan diajarkan sehingga akan lebih praktis dan menghemat waktu.

    demikian tanggapan saya atas video tersebut. terimkasih…

  4. Nama : Anis Susanti
    NIM : 857154245
    Prodi : S1 – BI Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

    berdasarkan video yang sudah saya amati, video tersebut mengenai mengefektifkan waktu pada saat menggunakan alat peraga pada mata pelajaran IPA di SD. dari video tersebut saya akan memberikan tanggapan berupa kelebihan, kekurangan, dan saran perbaikan berdasarkan video yang telah saya amati.

    kelebihan dari Ibu guru tersebut adalah : Bu guru sudah melakukan variasi kegiatan pembelajaran, sudah ada niatan untuk membawa alat peraga untuk dipraktik-kan selama proses pembelajaran. di awal bu guru sudah membuat siswa antusias untuk mengamati benda atau alat peraga yang dibawa oleh bu guru diatas mejanya.

    kekurangan dari Ibu guru tersebut adalah : kurangnya persiapam mengajar dan kurangnya keterampilan dalam melakukan demonstrasi alat peraga dalam proses pembelajaran. Banyak waktu yang terbuang hanya untuk bu guru mempersiapkan alat peraga yang mengakibatkan siswa menjadi tidak kondusif. bu guru kurang memperhatikan alokasi waktu dalam proses pembelajaran dikelas sehingga tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai.

    saran saya setelah menyaksikan video tersebut adalah :
    1. pentingnya bagi seorang guru untuk merencanakan proses pembelajaran disertai alokasi waktu yang tepat dalam bentuk RPP. sehingga proses pembelajaran dikelas dapat terencana dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan.
    2. guru harus melakukan prepare alat atau media pembelajaran dengan baik. ketika alat atau media belum siap, guru bisa meminta siswa untuk membatu melakukan persiapan alat atau media di depan kelas untuk mengefesienkan waktu.
    3. guru bisa meminta siswa untuk membaca materi sambil menunggu guru selesai menyiapkan alat dan bahan sehingga siswa tetap kondusif dan tidak gaduh.
    4. guru bisa menggunakan alat dan bahan yang simpel namun tetap berkaitan dengan materi yang akan diajarkan sehingga akan lebih praktis dan menghemat waktu.

    demikian tanggapan saya atas video tersebut. terimkasih…

  5. Nama : Rindi Antika
    Nim : 856736974

    Setelah menonton video di atas,menurut saya dalam segi persiapan bahan ajarnya sudah baik seperti menggunakan alat”praktikum hanya saja guru tersebut tidak dapat memanfaat kan waktu dengan sebaik mungkin sehingga terkesan membuang-buang waktu dan membuat kelas menjadi tidak kondusif,selain itu dalam video di atas guru tidak melakukan pembukaan dengan baik.

  6. Nama : Nur Aini
    Nim : 857699514
    Program studi : PGSD_S1

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Setelah saya menyaksikan video tersebut tanggapan yang saya berikan adalah
    – Guru harus mempersiapkan alat-alat yang akan diperagakan sebelum proses pembelajaran dimulai
    – Guru diharapkan mampu mengektimasi alokasi yang tepat, baik pada kegiatan pembukaan, inti maupun penutup.
    – Guru memberikan arahan kepada siswa untuk membuka LKS sebelum melakukan praktikum.
    – Guru membimbing siswa menulis, menganalisis serta menyimpulkan data yang diperoleh dari proses eksperimen.

    WAssalamu’alaikum wr. wb.

  7. Assalamualaikum wr. wb
    nama : Mety Febriyani
    NIM : 857350485
    Prodi : S1-PGSD
    Setelah menonton video https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/08/mengefektifkan-waktu-pada-saat-menggunakan-alat-peraga-pada-mata-pelajaran-ipa-sd/
    saya setuju sekali bahwa perencanaan sebelum mengajar sangat penting sekali, dari video tersebut kita belajar agar persiapan sangat matang sebelum pembelajaran di mulai sehingga waktu pembelajaran berjalan efektif dan efisien

  8. Nama : M. Iqbal Hadijuanto
    Nim : 858808969
    Program study : PGSD

    Dalam video ini saya menyimpulkan bahwa di awal pembelajaran guru sudah melakukan pembukan dengan mengucapkan selamat pagi dan memberikan materi apa yang dipelajwri pada hari ini akan tetapi guru lupa memberikan salam serta mengajak anak anak melakukkan do’a bersama yang bersifat religius. Untuk selanjutnya saya setuju sekali bahwa perencanaan sebelum pembelajaran dimulai itu penting sekali, Guru mempersiapkan media dengan waktu yang lama sehingga murid2 tidak terkondisikan dan terjadi keramaian di kelas.

  9. Nama : Neng Kiki Nuruz Zakiyah
    NIM : 859885236
    Pokjar : Medan
    “Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD”
    Dari video kegiatan pembelajaran tersebut menurut saya, Kegiatan pembelajaran menunjukkan tantangan yang dihadapi oleh guru dalam mengajarkan materi yang membimbing siswa untuk melakukan eksperimen secara bermakna kepada siswa. Namun, pada kegiatan pembelajaran ini masih dapat ditingkatkan dengan menambahkan apersepsi pada awal pembelajaran untuk membantu siswa memahami isi dan tujuan pembelajaran. Selain itu, langkah-langkah yang tepat dalam membimbing siswa kelas bawah atau atas dalam melakukan eksperimen perlu ditambahkan untuk memastikan pemahaman siswa yang lebih optimal. Selain itu, ada beberapa bagian dalam video yang hanya cocok untuk siswa kelas atas seperti model pembelajaran pemecahan masalah menggunakan metode ekperimen, sehingga perlu dikembangkan lagi untuk memastikan bahwa solusi yang diajukan dapat diterapkan di semua tingkat perkembangan siswa. Meskipun demikian, video ini sudah sesuai dengan kurikulum nasional (kurikulum 2013) dan dapat dijadikan sumber inspirasi bagi kita sebagai guru dalam mengajar materi yang memerlukan metode kegiatan eksperimen.Secara keseluruhan, video tersebut dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk guru kelas yang ingin menggunakan teknik pemecahan maslah dalam pembelajaran mereka.
    Terima kasih.

  10. Nama: Salfarina Dilla
    Nim: 856024101
    Prodi: S1 PGSD
    UPBJJ UT MEDAN
    “Mengefektifkan Waktu Pada Menggunakan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA SD”
    1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    • siswa terlihat antusias mendengarkan pembelajaran yang disampaikan oleh guru
    2. Apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    • Guru kurang menguasai materi yang diberikan, sehingga siswa terkesan melakukan kegiatan lain.
    3. Apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    • mampu menjadi guru yang baik dan tahu bagaimana mengkoordinasikan pelajaran agar pembelajaran berlangsung dengan urutan yang benar

    4. Hal unik apa yang ditemukan dalam video tersebut saat melaksanakan pembelajaran?
    • guru secara luwes dan santai menyajikan ciri-ciri hewan yang sedang dibahas, misalnya ketika menyebutkan ciri-ciri kambing bertanduk

    5. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran?
    • Adanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang Disiapkan Sebelumnya.
    • Guru mengetahui bagaimana mengalokasikan waktu yang tepat untuk awal, inti, dan penutup RPP sehingga tidak bingung apa yang dikerjakan dan lebih terstruktur.
    • Guru memberikan instruksi dan meminta siswa untuk membuka LKS sebelum kegiatan di kelas agar siswa sudah memahami apa yang diajarkan.

Leave a Reply