silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
- Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
- Analog kesamaan atau perbedaannya,
- Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
–
–
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
Nama : Santi Sigalingging
Nim : 856565286
Dalam video pembelajaran yang saya tonton ini menurut saya guru tidak sepenuhnya melakukan kegiatan pendahuluan,tidak ada apersepsi dan tidak menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran.
Pada kegiatan Inti guru juga tidak menggunakan media pembelajaran sehingga kurang menarik perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran,dan siswa juga menjadi kurang memahami apa yang dijelaskan oleh guru tersebut.
Sebagai seorang guru yang profesional dan kreatif sebaiknya sebelum mengajar harus mempersiapkan dan merancang metode. apa saja media yang perlukan dalam pembelajaran.
Media pembelajaran sangatlah penting dalam proses belajar mengajar, karena dengan media pembelajaran yang kita gunakan maka siswa akan sangat mudah memahami dan menerima materi pembelajaran yang kita ajarkan.
Terimakasih 🙏
Nama : Shidiq Pambudi Utomo
NIM : 857113913
Program Studi : S1-PGSD
Adapun tanggapan yang saya berikan adalah :
1. Rencanakan penggunaan alat peraga dengan matang: Sebelum memulai pelajaran, guru sebaiknya merencanakan penggunaan alat peraga dengan matang, termasuk menentukan kapan dan bagaimana alat peraga tersebut akan digunakan. Dengan demikian, guru dapat menghemat waktu dan memastikan bahwa semua materi yang harus disampaikan dapat tercakup dalam waktu yang tersedia.
2. Persiapkan alat peraga sebelum pelajaran dimulai: Guru sebaiknya mempersiapkan alat peraga sebelum pelajaran dimulai untuk menghemat waktu yang dapat terbuang jika guru harus menyiapkan alat peraga di depan siswa.
3. Gunakan alat peraga yang sesuai: Guru sebaiknya menggunakan alat peraga yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan dan dapat menggambarkan konsep secara jelas dan mudah dipahami oleh siswa.
4. Ajak siswa untuk terlibat: Guru dapat mengajak siswa untuk terlibat dalam penggunaan alat peraga, seperti meminta siswa untuk melakukan percobaan, menjawab pertanyaan, atau membuat hipotesis. Hal ini dapat membantu mempercepat pemahaman siswa dan mengoptimalkan waktu yang tersedia.
5. Evaluasi pemahaman siswa: Setelah penggunaan alat peraga, guru sebaiknya melakukan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa tentang materi yang telah disampaikan. Dengan cara ini, guru dapat mengetahui apakah siswa memerlukan waktu tambahan untuk memperdalam pemahaman tentang materi tersebut atau apakah mereka sudah siap melanjutkan ke topik berikutnya.
Dengan menerapkan tips-tips di atas, guru dapat membantu meningkatkan efektivitas waktu saat menggunakan alat peraga dalam pengajaran Mata Pelajaran IPA di SD.
Nama : Yeni Fatmawati
NIM : 858169452
Prodi : S1 PGSD ( BI )
Setelah saya mengamati video tersebut, saya menyimpulkan bahwa Mengajar ibarat melakoni sebuah drama. Dalam memainkan sebuah drama, haruslah ada skenario. Skenario harus dibuat sebelum drama dipentaskan. Tanpa adanya skenario tentu pentas pembelajaran tidak akan berjalan dengan lancar.
Skenario inilah yang merupakan sebuah persiapan mengajar. Selain mempersiapkan RPP, media pembelajaran atau alat dan bahan eksperimen, form penilaian serta mempersiapkan diri, seperti mental dan kemampuan.
Begitu pentingnya guru mempersiapkan alat dan bahan eksperimen sebelum pembelajaran berlangsung dan memperhatikan alokasi waktu, agar pembelajaran berjalan efektif
Assalamualaikum.
Nama : Euis Rosihat
NIM
Assalamualaikum
Nama : Euis Rosihat
NIM : 857490262
UPBJJ : Bandung
Izin menanggapi dari video yang telah diputar:
1. Sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran di dalam kelas, seorang guru harus membuat perencanaan pembelajaran dengan baik dan teliti. Jika ingin melakukan kegiatan praktik, bahan-bahan ataupun alat praktik harus dipersiapkan maksimal 10 menit sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Jadi, ketika waktu pembelajaran akan dimulai, semua sudah dapat langsung digunakan.
2. Akan lebih baik sebelum melaksanakan tugas praktik, peserta didik diberikan petunjuk tahapan melaksanakan tugas praktik dan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan selama praktik.
3. guru tetap membimbing siswa selama kegiatan praktik berlangsung. tidak membiarkan siswa mengerjakan praktik sendiri.
4. guru melaksanakan evaluasi setelah kegiatan praktik dilaksanakan untuk mengetahui pemahaman peserta didik pada pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
NAMA :ADELINA FITRI LUBIS
NIM :859881522
POKJAR :PADANG SIDEMPUAN
Setelah saya mengamati video saya dapat menarik kesimpulan bahwa sebelum melakukan kegiatan praktikum guru dapat terlebih dahulu mempersiapkan
1.perencanaan pembelajaran dengan memperhatikan alokasi waktu pada kegiatan pembuka,inti dan penutup.
2.Guru juga memberikan pengarahan kepada siswa sebelum melakukan praktikum dikelas.
3.Guru membimbing siswa dalam menulis,menganalisis dan menyimpulkan data yang diperoleh dari proses eksperimen.
Nama : Auriel Indah Rahmadani
NIM : 856948077
Menurut pendapat saya, cara mengajar guru tersebut sudah cukup baik cara penyampaian materi dengan menggunakan media konkrit sangat mudah dipahami oleh siswa.
Namun saran saya pada kegiatan pembukaan hendaknya guru melakukan kegiatan apersepsi yang dapat memotivasi semangat belajar anak danmenbangkitkan fokus anak. kegiatan apersepsi tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti game, dan bernyanyi. Dan saran saya juga guru hendaknya mengulang materi yang diajarkan sebelumnya dan mengaitkan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan.
pada kegiatan inti hendaknya guru memberikan evaluasi (latihan soal) untuk mengukur sejauh mana tingkat kepahaman siswa terhadap materi yang disampaikan.
Untuk kegiatan penuttup pelajaran guru sebaiknya mengulas kembali materi yang telah diajarkan dan membuat kesimpulan bersama siswa tentang materi yang diajarkan. dan untuk lebih meningkatkan pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan barulah guru memberikan tugas untuk di kerjakan siswa dirumah.
Nama Aisah Putri, NIM.856810225, program studi S1 PGSD, menurut saya Dari video yang telah saya simak, bahwa guru kurang persiapan dalam melaksanakn pembelajaran. Dari awal kegiatan guru tidak melakukan apersepsi menyampaikan tujuan pembelajaran namun guru langsung menyampaikan materi dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari itu. Setelah siswa siap untuk menerima pelajaran guru tampak masih bingung dan terlalu lama dalam menyiapkan media pendukung pada materi “Ciri – ciri benda dan kegunaannya” . Tak terasa waktu terus berjalan hingga menjelang bel istirahat padahal pembelajaran belum selesai dan belum ada penyampaian materi apa-apa.
Evaluasi yang perlu dilakukan
guru adalah :
1. Mempersiapkan diri dan rancangan RPP yang matang sesuai alokasi waktu yang tepat.
2. Menyiapkan kegiatan awal, inti dan penutup sesuai RPP dan media yang pendukung untuk proses belajar mengajar agar tujuan pembelajaran berhasil tercapai
3. Memberikan pengarahan praktikum sesuai yang ada di buku LKS
4. Membimbing siswa dalam belajar memahami materi dan melakukan kegiatan praktikum dengan maximal
5. Menarik kesimpulan pembelajaran pada hari itu
Nama : Widya Intan Yuniantika
NIM : 858446888
Prodi :S1 PGSD (BI)
Setelah saya melihat video ini
dari Ibu guru tersebut adalah : kurangnya persiapaan mengajar dan kurangnya keterampilan dalam melakukan demonstrasi alat peraga dalam proses pembelajaran.
Banyak waktu yang terbuang hanya untuk mempersiapkan alat peraga yang mengakibatkan siswa menjadi tidak kondusif.
kurang memperhatikan alokasi waktu dalam proses pembelajaran dikelas sehingga tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai.
Yang perlu diperhatikan oleh guru adalah dalam pelaksanaan pembelajaran
Guru harus mampu dalam mengalokasi waktu yang tepat.
Guru juga diharapkan berperan membimbing siswa dalam menganalisis Menulis, menganalisis dan ekperimen.
Izin menjawab
Nama ; Ratih Rahmayanti
Nim : 857154474
PGSD : BI
Mapel : IPA
Judul Video : mengefektifkan waktu pada saat menggunakan alat peraga pada mata pelajaran IPA
menurut saya setelah melihat Video pembelajaran
guru tersebut kurangnya mengestimasi alokasi waktu. yang perlu diperhatikan oleh guru tersebut adalah adanya perencanaan pembelajaran membuat RPP Rencana pelaksanaan pembelajaran secara rinci agar materi praktikum bisa terestimasi dengan baik.selanjutnya guru memberikan pengarahan dan memberikan rincian tugas .