Similar Posts
Membelajarkan Konsep Perkalian Pada Soal Cerita
silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan konsep perkalian dengan alat peraga berupa gambar buah-buahan dan bola-bola plastik. Dengan alat peraga bola-bola ini guru memperagakan jual beli yang merupakan kejadian sehari-hari sehingga anak-anak lebih mudah memahami konsep perkalian. – Pakar Dosen Video ini menayangkan upaya…
Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi
silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Menyimpulkan Isi Cerita Anak
silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah Dikelas Rendah
silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak. Vera Maya Santi,…
Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : Devita Ramadhayanti
NIM : 858049043
Prodi : S1-PGSD (semester 6)
Berdasarkan video pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) yang berjudul Mengkontruksi Rumah dari Kertas menurut saya untuk kegiatan pembelajaran sudah baik. Terlihat jelas pada tayangan video pertama, dimana pada awal pembelajaran guru menyapa siswa, menanyakan kabar siswa, mengecek kesiapan siswa, dan menjelaskan tujuan pembelajaran. Hanya saja di awal pembelajaran guru kurang memberikan stimulus khusus untuk meningkatkan perhatian dan motivasi siswa salah satunya yaitu dengan melakukan apersepsi. Selain itu guru juga tidak memulai pelajaran dengan berdoa dan tidak melakukan absensi. Tayangan video pertama saat memulai pelajaran guru hanya mengarahkan siswa untuk mempraktekkan benda konstruksi rumah dengan petunjuk yang ada pada lembar kerja siswa dan meminta siswa bergabung dikelompoknya masing-masing. Ini tidaklah benar karena ketika menyampaikan materi SBK tentang keterampilan dengan teknik konstruksi tidak cukup jika hanya menyampaikan teori saja dan mengarahkan siswa dengan LKS. Namun perlu membimbing siswa dengan mempraktekkannya secara langsung.
Pada tayangan video kedua, guru meminta siswa untuk memperhatikan terlebih dahulu langkah-langkah pembuatan yang terdapat di dalam LKS. Hal ini membuat siswa bingung apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu sehingga guru harus membimbing siswa dengan memberikan contoh cara membuat pola yang sesuai dengan LKS di depan kelas yang dibantu 2 orang siswa dengan menggunakan kardus dan penggaris. Namun metode yang digunakan guru tersebut masih kurang tepat. Guru kurang menggunakan keterampilan dasar mengajar sehingga siswa merasa bosan dan tidak tertarik dalam mengikuti pelajaran. Alangkah baiknya jika guru dapat memanfaatkan teknologi dengan menanyangkan sebuah video tutorial mengkonstruksikan rumah dari kertas sehingga siswa merasa lebih tertarik dan antusias untuk mengikuti pelajaran.
Pada tayangan video selanjutnya tampak jelas dalam melakukan praktek semua siswa aktif dan senang karena terlibat langsung di dalam pembelajaran. Guru juga tampak menuntun siswa untuk melakukan praktek sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Berdasarkan video tersebut, saya hanya memberi sedikit masukan agar guru lebih cekatan dalam memanfaatkan media elektronik dan teknologi yang canggih seperti saat sekarang ini, dengan menggunakan media elektronik ini memudahkan guru dalam menjelaskan pelajaran yang akan disampaikan dan siswa pun tidak cepat merasa bosan pada saat mengikuti pembelajaran di dalam kelas.
Nama Tiara wijayanti
Nim 858050356
Metode yang digunakan guru tersebut sudah sangat baik, tapi alangkah baiknya guru memberikan contoh dan pola seperti di video kedua agar anak dapat mengerti apa yang akan mereka kerjakan. Tidak hanya berbicara dan memberikan tugas, guru tersebut harusnya mengarahkan dan membantu siswa dengan cara mendatangi mereka satu persatu di kelompoknya.
Terima kasih
nama : syafira dwi permatasari
nim : 858650721
prodi : s1-pgsd (semester 8)
Berdasarkan video pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) yang berjudul Mengkontruksi Rumah dari Kertas terdapat :
kelebihan:
kelebihan pada video pembelajaran tersebut yaitu guru memberikan penjelasan prosedur praktek dengan baik, juga anak-anak diberikan kebebasan saat mempraktekan pembuatan karya.
kekurangan:
kelebihan pada video pembelajaran tersebut demonstrasi yang diberikan guru masih kurang efektif & efisien, sehingga banyak hal yang tidak tersampaikan dengan baik, belum lagi akan banyaknya muncul pertanyaan di saat praktek siswa.
Nama : SHINTA FEBBRY NURYANI
NIM : 857449192
Prodi : PGSD_S1
Smester : 6
Menurut pendapat saya setelah menganalisis video di atas dapat di katakan metode pembelajaran yang di gunakan oleh guru tersebut sangat efisien dan efektip ,adapun faktor yang menunjang pendapat saya ialah : adanya kesimbangan antara penyimpanan teori dan praktik yang di lakukan oleh guru dan murid dalam satu waktu yang bersamaan sehingga murid tidak hanya dapat membayangkan namun juga langsung mempraktikan materi pembelajaran yang berjudul ” Mengkontruksi Rumah Dari Kertas ”
Sekian dan Terima kasih π….
NAMA : Vepi Dhurotun Napisah
NIM : 857168949
Program Studi : PGSD
Nama. : Dewi Mayang Sari
Nim. : 856075147
UPBJJ : BATAM
Prodi. : PGSD (semester 6 )
Menurut saya dalam video pembelajaran SBK Seni budaya dan ketrampilan dengan memperhatikan membuat karya Mengkontruksi Rumah
Kekurangan :
1. Guru untuk pembuka pembelajaran belum ada seperti doa sebelum pembelajaran.absen agar siswa semangat untuk belajar hanya sapaan masih kurang untuk memulai pembelajaran
2. Guru dengan penjelasan video diatas sangat repot apa lagi siswa ada yg memegang karton contoh guru di tempel saja pake isolasi kan bisa
3. Untuk penjelasan guru ke siswa hanya lihat di buku untuk membuat pola sesuai buku mungkin siswa hanya ber angen – angen
4. Guru pada saat penjelasan tak selesai sampai jadi karya tersebut guru pasti guru banyak pertanyaan siswa pada saat praktek hanya melihat buku
5. Seharusnya guru inisiatif agar menarik dalam penjelasan untuk tambahan menggunakan media pembelajaran tayangan video cara pembuatan karya tersebut
Kelebihan
1. Dalam mengamati video diatas guru sebelum pembelajaran memberi sapaan dan menanyakan bahan untuk pembuatan karya membuat karya
2. Guru kreatif dalam membuat karya
3. Guru mendampingi siswa pada saat siswa mengerjakan tugas membuat karya
4. Guru juga menuntut siswa agar mendapatkan hasil karya yg maksimal
5. Antusias siswa dalam membuat karya
6. Beraneka ragam karya siswa yang dibuat kreatif dan cantik hasilnya
Nama : Sharlen Sascarisa Islamey
Nim : 858779037
Prodi : S1 PGSD (semester 8)
UPBJJ : Malang
Berdasarkan video pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) yang berjudul Mengkontruksi Rumah dari Kertas, menurut saya terdapat beberapa kekurangan dan kelebihannya, yaitu :
a. Kekurangan
β’ Di awal pembelajaran guru kurang memberikan stimulus khusus untuk meningkatkan perhatian dan motivasi siswa salah satunya yaitu dengan melakukan apersepsi.
β’ Selain itu guru tidak mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu. Mengajak siswa berdoa sebelum belajar termasuk perilaku baik dalam mengamalkan sila ke satu Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.
β’ Guru juga tidak mengabsen kehadiran siswa sebelum memulai pembelajaran. Mengabsen kehadiran perlu di lakukan agar terjadi interaksi antara guru dan murid.
β’ Guru hanya memberikan arahan agar siswanya melihat buku LKS untuk mempraktekkan benda konstruksi rumah dengan petunjuk yang ada dan meminta siswa bergabung dikelompoknya masing-masing. Hal tersebut tidak benar, karena dalam mata pelajaran SBK tentang keterampilan dengan teknik konstruksi tidak cukup jika hanya menyampaikan teori saja dan mengarahkan siswa dengan LKS. Namun perlu membimbing siswa dengan mempraktekkannya secara langsung. Dengan begitu, siswa dapat lebih memahami materi pelajaran, khusunya pada keterampilan.
β’ Saat guru memberikan contoh bagaimana cara mengkontruksi rumah sera menjelaskannya, siswa terlihat tidak tertarik dan merasa bosan. Hal tersebut terajadi karena kurangnya keterampilan dasar mengajar yang digunakan oleh guru tersebut.
b. Kelebihan
β’ Pada awal pembelajaran guru menyapa siswa, menanyakan kabar siswa, mengecek kesiapan siswa, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
β’ Menggunakan media langsung berupa kardus saat menjelaskan tahapan dalam Mengkontruksi Rumah dari Kertas. Sehingga siswa tidak hanya membaca dan berangang-angan dari apa yang di baca di LKS. Dengan demikian, anak-anak dapat mengetahuinya secara langsung.
β’ Guru ikut serta membuat kerajinan Mengkontruksi Rumah dari Kertas, sehingga siswa menjadi lebih bersemangat.
β’ Guru memberikan apresiasi berupa kalimat yang memuji hasil karya di kelompok yang karyanya sudah selesai dikerjakan.
Menanggapi kekurangan yang ada pada tanyangan video pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) yang berjudul Mengkontruksi Rumah dari Kertas, menurut saya upaya yang dapat dilakukan oleh guru adalah melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan RPP dari kegiatan awal, inti dan penutup, kemudian lebih meningkatkan keterampilan dasar mengajar yang berguna dalam memaksimalkan kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa, serta guru lebih memanfaatkan teknologi dalam memberikan media pembelajaran yang dapat membantu pemahaman materi pada siswa.
Nama : Ayu Wandira
NIM : 858909207
Prodi : S1-PGSD
Semester : 6
Berdasarkan Vidio pembelajaran seni budaya dan keterampilan (SBK) yang berjudul mengkonstruksi rumah dari kertas, menurut pendapat saya metode yang digunakan guru tersebut sudah sangat baik. Karena pada Vidio tersebut guru sudah menjelaskan cara bagaimana membuat rekontruksi rumah dari kertas dengan cara yang efektif. Akan tetapi, guru juga harus memperhatikan kelompok yang lainnya dengan cara mendatangi satu persatu kelompok tersebut agar supaya semua kelompok dapat memahaminya.
Terimakasih π
Nama : Ayu Wandira
NIM : 858909207
Prodi : S1-PGSD
Semester : 6
Berdasarkan video pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) yang berjudul Mengkontruksi Rumah dari Kertas tersebut menurut pendapat saya sudah sangat baik. Karena pada pembelajaran (SBK) tersebut guru menjelaskan dengan cara yang efektif dan juga metode yang digunakan sangat baik. Akan tetapi, alangkah lebih baiknya guru juga harus memperhatikan kelompok yang lainnya dengan cara mendatangi satu persatu kelompok tersebut agar supaya siswa-siswi tersebut dapat memahaminya bersama-sama.
Sekian terimakasih π