silahkan klik iconΒ  Β  jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

33 Comments

  1. Nama : Devita Ramadhayanti
    NIM : 858049043
    Prodi : S1-PGSD (semester 6)

    Berdasarkan video pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) yang berjudul Mengkontruksi Rumah dari Kertas menurut saya untuk kegiatan pembelajaran sudah baik. Terlihat jelas pada tayangan video pertama, dimana pada awal pembelajaran guru menyapa siswa, menanyakan kabar siswa, mengecek kesiapan siswa, dan menjelaskan tujuan pembelajaran. Hanya saja di awal pembelajaran guru kurang memberikan stimulus khusus untuk meningkatkan perhatian dan motivasi siswa salah satunya yaitu dengan melakukan apersepsi. Selain itu guru juga tidak memulai pelajaran dengan berdoa dan tidak melakukan absensi. Tayangan video pertama saat memulai pelajaran guru hanya mengarahkan siswa untuk mempraktekkan benda konstruksi rumah dengan petunjuk yang ada pada lembar kerja siswa dan meminta siswa bergabung dikelompoknya masing-masing. Ini tidaklah benar karena ketika menyampaikan materi SBK tentang keterampilan dengan teknik konstruksi tidak cukup jika hanya menyampaikan teori saja dan mengarahkan siswa dengan LKS. Namun perlu membimbing siswa dengan mempraktekkannya secara langsung.
    Pada tayangan video kedua, guru meminta siswa untuk memperhatikan terlebih dahulu langkah-langkah pembuatan yang terdapat di dalam LKS. Hal ini membuat siswa bingung apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu sehingga guru harus membimbing siswa dengan memberikan contoh cara membuat pola yang sesuai dengan LKS di depan kelas yang dibantu 2 orang siswa dengan menggunakan kardus dan penggaris. Namun metode yang digunakan guru tersebut masih kurang tepat. Guru kurang menggunakan keterampilan dasar mengajar sehingga siswa merasa bosan dan tidak tertarik dalam mengikuti pelajaran. Alangkah baiknya jika guru dapat memanfaatkan teknologi dengan menanyangkan sebuah video tutorial mengkonstruksikan rumah dari kertas sehingga siswa merasa lebih tertarik dan antusias untuk mengikuti pelajaran.
    Pada tayangan video selanjutnya tampak jelas dalam melakukan praktek semua siswa aktif dan senang karena terlibat langsung di dalam pembelajaran. Guru juga tampak menuntun siswa untuk melakukan praktek sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

  2. Berdasarkan video tersebut, saya hanya memberi sedikit masukan agar guru lebih cekatan dalam memanfaatkan media elektronik dan teknologi yang canggih seperti saat sekarang ini, dengan menggunakan media elektronik ini memudahkan guru dalam menjelaskan pelajaran yang akan disampaikan dan siswa pun tidak cepat merasa bosan pada saat mengikuti pembelajaran di dalam kelas.

  3. Nama Tiara wijayanti
    Nim 858050356

    Metode yang digunakan guru tersebut sudah sangat baik, tapi alangkah baiknya guru memberikan contoh dan pola seperti di video kedua agar anak dapat mengerti apa yang akan mereka kerjakan. Tidak hanya berbicara dan memberikan tugas, guru tersebut harusnya mengarahkan dan membantu siswa dengan cara mendatangi mereka satu persatu di kelompoknya.

    Terima kasih

  4. nama : syafira dwi permatasari
    nim : 858650721
    prodi : s1-pgsd (semester 8)

    Berdasarkan video pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) yang berjudul Mengkontruksi Rumah dari Kertas terdapat :
    kelebihan:
    kelebihan pada video pembelajaran tersebut yaitu guru memberikan penjelasan prosedur praktek dengan baik, juga anak-anak diberikan kebebasan saat mempraktekan pembuatan karya.

    kekurangan:
    kelebihan pada video pembelajaran tersebut demonstrasi yang diberikan guru masih kurang efektif & efisien, sehingga banyak hal yang tidak tersampaikan dengan baik, belum lagi akan banyaknya muncul pertanyaan di saat praktek siswa.

  5. Nama : SHINTA FEBBRY NURYANI
    NIM : 857449192
    Prodi : PGSD_S1
    Smester : 6

    Menurut pendapat saya setelah menganalisis video di atas dapat di katakan metode pembelajaran yang di gunakan oleh guru tersebut sangat efisien dan efektip ,adapun faktor yang menunjang pendapat saya ialah : adanya kesimbangan antara penyimpanan teori dan praktik yang di lakukan oleh guru dan murid dalam satu waktu yang bersamaan sehingga murid tidak hanya dapat membayangkan namun juga langsung mempraktikan materi pembelajaran yang berjudul ” Mengkontruksi Rumah Dari Kertas ”

    Sekian dan Terima kasih πŸ™….

  6. Nama. : Dewi Mayang Sari
    Nim. : 856075147
    UPBJJ : BATAM
    Prodi. : PGSD (semester 6 )

    Menurut saya dalam video pembelajaran SBK Seni budaya dan ketrampilan dengan memperhatikan membuat karya Mengkontruksi Rumah

    Kekurangan :
    1. Guru untuk pembuka pembelajaran belum ada seperti doa sebelum pembelajaran.absen agar siswa semangat untuk belajar hanya sapaan masih kurang untuk memulai pembelajaran
    2. Guru dengan penjelasan video diatas sangat repot apa lagi siswa ada yg memegang karton contoh guru di tempel saja pake isolasi kan bisa
    3. Untuk penjelasan guru ke siswa hanya lihat di buku untuk membuat pola sesuai buku mungkin siswa hanya ber angen – angen
    4. Guru pada saat penjelasan tak selesai sampai jadi karya tersebut guru pasti guru banyak pertanyaan siswa pada saat praktek hanya melihat buku
    5. Seharusnya guru inisiatif agar menarik dalam penjelasan untuk tambahan menggunakan media pembelajaran tayangan video cara pembuatan karya tersebut

    Kelebihan
    1. Dalam mengamati video diatas guru sebelum pembelajaran memberi sapaan dan menanyakan bahan untuk pembuatan karya membuat karya
    2. Guru kreatif dalam membuat karya
    3. Guru mendampingi siswa pada saat siswa mengerjakan tugas membuat karya
    4. Guru juga menuntut siswa agar mendapatkan hasil karya yg maksimal
    5. Antusias siswa dalam membuat karya
    6. Beraneka ragam karya siswa yang dibuat kreatif dan cantik hasilnya

  7. Nama : Sharlen Sascarisa Islamey
    Nim : 858779037
    Prodi : S1 PGSD (semester 8)
    UPBJJ : Malang

    Berdasarkan video pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) yang berjudul Mengkontruksi Rumah dari Kertas, menurut saya terdapat beberapa kekurangan dan kelebihannya, yaitu :
    a. Kekurangan
    β€’ Di awal pembelajaran guru kurang memberikan stimulus khusus untuk meningkatkan perhatian dan motivasi siswa salah satunya yaitu dengan melakukan apersepsi.
    β€’ Selain itu guru tidak mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu. Mengajak siswa berdoa sebelum belajar termasuk perilaku baik dalam mengamalkan sila ke satu Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.
    β€’ Guru juga tidak mengabsen kehadiran siswa sebelum memulai pembelajaran. Mengabsen kehadiran perlu di lakukan agar terjadi interaksi antara guru dan murid.
    β€’ Guru hanya memberikan arahan agar siswanya melihat buku LKS untuk mempraktekkan benda konstruksi rumah dengan petunjuk yang ada dan meminta siswa bergabung dikelompoknya masing-masing. Hal tersebut tidak benar, karena dalam mata pelajaran SBK tentang keterampilan dengan teknik konstruksi tidak cukup jika hanya menyampaikan teori saja dan mengarahkan siswa dengan LKS. Namun perlu membimbing siswa dengan mempraktekkannya secara langsung. Dengan begitu, siswa dapat lebih memahami materi pelajaran, khusunya pada keterampilan.
    β€’ Saat guru memberikan contoh bagaimana cara mengkontruksi rumah sera menjelaskannya, siswa terlihat tidak tertarik dan merasa bosan. Hal tersebut terajadi karena kurangnya keterampilan dasar mengajar yang digunakan oleh guru tersebut.
    b. Kelebihan
    β€’ Pada awal pembelajaran guru menyapa siswa, menanyakan kabar siswa, mengecek kesiapan siswa, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
    β€’ Menggunakan media langsung berupa kardus saat menjelaskan tahapan dalam Mengkontruksi Rumah dari Kertas. Sehingga siswa tidak hanya membaca dan berangang-angan dari apa yang di baca di LKS. Dengan demikian, anak-anak dapat mengetahuinya secara langsung.
    β€’ Guru ikut serta membuat kerajinan Mengkontruksi Rumah dari Kertas, sehingga siswa menjadi lebih bersemangat.
    β€’ Guru memberikan apresiasi berupa kalimat yang memuji hasil karya di kelompok yang karyanya sudah selesai dikerjakan.

    Menanggapi kekurangan yang ada pada tanyangan video pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) yang berjudul Mengkontruksi Rumah dari Kertas, menurut saya upaya yang dapat dilakukan oleh guru adalah melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan RPP dari kegiatan awal, inti dan penutup, kemudian lebih meningkatkan keterampilan dasar mengajar yang berguna dalam memaksimalkan kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa, serta guru lebih memanfaatkan teknologi dalam memberikan media pembelajaran yang dapat membantu pemahaman materi pada siswa.

  8. Nama : Ayu Wandira
    NIM : 858909207
    Prodi : S1-PGSD
    Semester : 6

    Berdasarkan Vidio pembelajaran seni budaya dan keterampilan (SBK) yang berjudul mengkonstruksi rumah dari kertas, menurut pendapat saya metode yang digunakan guru tersebut sudah sangat baik. Karena pada Vidio tersebut guru sudah menjelaskan cara bagaimana membuat rekontruksi rumah dari kertas dengan cara yang efektif. Akan tetapi, guru juga harus memperhatikan kelompok yang lainnya dengan cara mendatangi satu persatu kelompok tersebut agar supaya semua kelompok dapat memahaminya.
    Terimakasih πŸ™

  9. Nama : Ayu Wandira
    NIM : 858909207
    Prodi : S1-PGSD
    Semester : 6

    Berdasarkan video pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) yang berjudul Mengkontruksi Rumah dari Kertas tersebut menurut pendapat saya sudah sangat baik. Karena pada pembelajaran (SBK) tersebut guru menjelaskan dengan cara yang efektif dan juga metode yang digunakan sangat baik. Akan tetapi, alangkah lebih baiknya guru juga harus memperhatikan kelompok yang lainnya dengan cara mendatangi satu persatu kelompok tersebut agar supaya siswa-siswi tersebut dapat memahaminya bersama-sama.

    Sekian terimakasih πŸ™

Leave a Reply