silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul dalam belajar kelompok serta kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kerja sama dalam belajar, pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif (cooprativei learning) dengan teknik jigsaw.
Setelah menyimak tayangam video ini, diharapkan Anda dapat membedakan bagai mana cara mengelola pembelajaran secara klasikal dan kerja kelompok. Sehingga masalah-masalah yang kemungkinan muncul dalam pembelajaran kelompok dapat diantisipasi melalui model pembelajaran kooperatif (cooprative leraning) dengan teknik jigsaw yang terdiri dari beberapa tahapan. Unutk lebih jelaskan silahkan simak secara seksama tayangan video ini.
Toto Fathoni
Dari tayangan video pembelajaran yang berdurasi hampir 6 menit tentang video pembelajaran yang berjudul: “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Ada beberapa hal yang dapat saya sampaikan:
1. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan bekerja kelompok, dalam hal ini adalah diskusi. Yang selama ini kebanyakan yang terjadi apabila dilaksanakan diskusi kelompok dalam pembelajaran tidak semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam kelompoknya. Ada yang ngomong sendiri, ada yang bermain sendiri, bahkan ada yang mengganggu temannya yang sedang bekerja.
2. Di dalam video pembelajaran tadi, tujuan apa yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut tidak disampaikan pada pendahuluan, sehingga siswa dalam belajar tidak mempunyai arah atau tujuan yang akan dicapai.
3. Tayangan dari video ini adalah bukan guru SD melaksankan proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok dengan menggunakan teknik Jigsaw” tetapi penjelasan tentang “bagaimana menggunakan teknik jigsaw dalam proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Nampak terlihat dengan jelas bahwa penjelasan setiap tahap dari teknik jigsaw diberikan contoh dalam proses pembelajarannya. Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan menggunakan teknik jigsaw tidak terlihat secara utuh. Bahkan apa yang dilakukan guru kelas dalam proses pembelajaran tidak dapat diterima secara utuh.
4. Dari video yang ditayangkan tersebut sudah menunjukkan adanya perbedaan belum ada dan sudah adanya peningkatan kerja sama siswa apabila dibandingkan antara penggal pertama yang belum menggunakan teknik jigsaw, dengan penggal kedua yang sudah menggunakan teknik jigsaw.
Drs. Sumarno, M.Pd.
–
–
NAMA: QURRATUL A’YUNI
NIM: 858691988
• kekurangannya:
1. Pada kegiatan awal guru dan akhir guru tidak memberikan salam pembukaan dan penutup kepada siswa.
2. kurang menguasai kelas sehingga siswa kurang aktif dan semangat dalam belajar.
3. Pembelajaran yang diberikan oleh guru kurang jelas tujuan dan maksud dari pemebelajaran yang diberikan kepada siswa, sehingga siswa kurang paham materi yang dipelajari. seharusnya Guru menjelaskan satu persatu jenis, dan ciri-ciri hewan terlebih dahulu sebelum melakukan diskusi secara berkelompok agar siswa lebih mudah dan aktif.
4. guru terlalu tergesa-gesa dalam menjelaskan dan terlalu cepat memberikan tugas, sehingga hanya beberapa siswa yang serius dalam mengerjakan tugas dan memahmi materi dan tugas yang diberikan.
5. Guru tidak bertanya kepada siswa yang paham akan diskusi yang sudah dilaksanakan, seharusnya siswa dilibatkan sepenuhnya dalam diskusi tersebut sehingga siswa yang tidak paham sedikit mengerti isi diskusi tersebut.
• kelebihannya:
1. Guru merangkum hasil diskusi dengan menjelaskan jenis hewan peliharaan dan ciri-cirinya.
2. kelebihan dalam pembelajaran tersebut adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw sudah tepat karena siswa lebih aktif dalam diskusi kelompok.
3. guru menggunakan media saat menejelaskan jenis hewan.
Assalamu’alaikum wr..wb
Sebelumnya Perkenalkan
Nama : ELSA DWI PUTRI
Nim : 856814143
Pokjar : Mukomuko
Semester : 8
Setelah saya mengamati video diatas
KEKURANGAN
yang pertama guru tidak mengajak siswa untuk berdo’a terlebih dahulu, tidak menyapa siswa yang ada dikelas,guru juga tidak mengecek kehadiran siswa. yang kedua guru juga tidak menyampaikan kepada siswa untuk selalu menjaga lisan disaat gurunya menjelaskan didepan,diharapkan untuk guru bisa mengalihkan padangan siswa ke depan untuk memperhatikan apa yang sedang dibahas, dari awal pembelajaran siswa juga kurang memperhatikan apa yang dibahas oleh guru, karena dari video tersebut guru kurang menguasai kelas
KELEBIHAN
yang pertama karena guru menggunakan metode pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw sudah tepat, dan guru sudah membagikan kelompok2 untuk siswa,dan terlihat juga gurunhya sangat sabar dalam menghadapi siswanya
UPAYA YANG DAPAT DIUSULKAN Alangkah baiknya jika diawal pembelajaran guru mengajak siswa untuk berdo’a terlebih dahulu,menyampaikan materi pembelajaran, mengabsen siswa dan menutup pembelajaran juga dengan membaca do’a, dan memberikan kata motivasi kepada siswa dan dikasih selingan seperti bermain sebentar agar mereka tertarik untuk memperhatikan guru
HAL YANG UNIK guru membagi kelompok laki-laki sama laki-laki prempuan sama-sama perempuan
Nama : Febriani Sukmawati
NIM : 856576723
Semester : 8
Pokjar : Kota Jambi
Di dalam video pembelajaran tersebut, tujuan yang akan disampaikan dalam pembelajaran tidak disampaikan di awal pendahuluan sehingga siswa tidak memiliki tujuan yang jelas tentang arah pembelajaran. Alangkah baiknya di awal pembelajaran guru melakukan apersepsi dan menjelaskan tujuan pembelajaran dan hal apa saja yang nanti akan kita lakukan. Dalam pembelajaran banyak siswa mengobrol dan asik sendiri padahal tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan bekerja kelompok, dalam hal ini adalah diskusi. Namun nyatanya tidak semua anggota kelompok aktiof dalam kegiatan kelompok ini. Tayangan dari video ini adalah tentang bagaimana menggunakan teknik jigsaw dalam proses pembelajaran dengan pokok bahasan Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Nampak terlihat dengan jelas bahwa penjelasan setiap tahap dari teknik jigsaw diberikan contoh dalam proses pembelajarannya. Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan menggunakan teknik jigsaw tidak terlihat secara utuh
Kekurangan pembelajaran pada video ini :
1. Pada kegiatan awal guru dan akhir guru tidak apersepsi dan pembukan di awal seperti doa dan salam serta penjelasan tujuan pembelajaran waktu itu.
2. Guru tidak bisa mengatur siswa secara keseluruhan dimana siswa sebagian malah asik sendiri.
3. Guru seharusnya menjelaskan dengan jelas ,menjelaskan satu persatu jenis, dan ciri-ciri hewan terlebih dahulu sebelum melakukan diskusi secara berkelompok agar siswa memiliki pengetahuan di awal kegiatan kelompok.
Kelebihan pembelajaran dalam video tersebut :
1. Guru menggunakan media saat menjelaskan sesuatu kepada siswa.
2. kelebihan dalam pembelajaran tersebut adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw sudah tepat agar siswa lebih aktif dalam diskusi kelompok.
Nama : Tri ulandari
Nim : 856980384
UPBJJ: Bandar Lampung
Pokjar: Baradatu
Hasil pengamatan saya berdasarkan vidio diatas tentang “meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok”.Dapat meningkatkan partisipasi siswa atau keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga membuat siswa bersemangat dalam belajar. Yang dimana kegiatan tersebut akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Nama : Nadya putri utami
Nim :855865534
Berdasar video yang telah ditonton kerja sama kelompok mmg sangat dibutuhkan dan sering dilakukan dikelas,salah satu tujuan tentu untuk interaksi siswa dengan teman,berbagi pendapat. Biasanya di kelas ada beberapa siswa yang kurang fokus saat belajar. mereka membiayai temannya dalam mengerjakan tugas atau lainnya, dengan digunakannya diskusi kelompok membuat anak-anak yang malas menjadi lebih aktif karena mereka diberikan tugas dan harus berkomunikasi.
Berdasarkan video pembelajaran IPA di SD dalam meningkatkan kemampuan bersepeda siswa di kelas sudah cukup baik, namun pada awal memang sulit untuk menertibkan siswa dan menjadikan kelas kondusif. Dari video di atas guru belum melakukan kegiatan awal seperti menyiapkan kelas, apersepsi, absen serta tidak menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru belum menjelaskan bagaimana cara guru membagi kelompok serta pada saat megawali pembelajaran guru tidak memberi motivasi terlebih dahulu kepada siswa dan juga tidak pasti semua siswa akan berpartisipasi dalam proses pembelajaran.
Nama: Tasya Alda Rosa
Nim: 856980338
UPBJJ: UT Lampung
Pokjar: Baradatu
Dari tayangan video pembelajaran yang berjudul: “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.”
Menurut pendapat saya pada saat awal pembelajaran guru sebaiknya memberi salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa serta memberi motivasi terlebih dahulu kepada siswa dapat berupa ice breaking sehingga siswa siap belajar.
Model yang di pilih yaitu pembelajaran Kooperatif Learning tepat untuk diterapkan karena selain kerja kelompok siswa juga punya tanggung jawab masing-masing. Hanya saja jika ada salah satu siswa dari kelompok yang kurang paham dengan tugasnya maka satu kelompok tersebut akan kesulitan juga untuk memahaminya, maka dari itu sebaiknya guru tidak hanya duduk dan melihat siswa bekerja tatapi guru mendekati siswa-siswa yang sedang mengerjakan tugasnya. Selain itu guru juga harus tetap mengkondisikan kelas agar siswa tidak berisik dan setiap perwakilan kelompok di wajibkan untuk bertanya secara bergantian dengan teman kelompoknya.
jika kelompok ayam beranggotakan
Tata, Tutu, Titi, Tati dan Tuti maka secara bergantian mereka bertanya pada kelompok lain dan guru memberikan sanksi pada kelompok yang sama sekali tidak ada partisipasi untuk bertanya atau membantu menambahkan penjelasan dari teman nya
contoh: Tata bertanya kepada kelompok kambing
Tutu bertanya pada kelompok kucing
dan seterusnya…
Nama : Rani Veronika Ritonga
Nim : 859791653 Upbjj : Medan
Pokjar : labura
*kekurangannya:
1. Pada kegiatan awal guru dan akhir guru tidak memberikan salam pembukaan dan penutup kepada siswa.
2. kurang menguasai kelas sehingga siswa kurang aktif dan semangat dalam belajar.
3. Pembelajaran yang diberikan oleh guru kurang jelas tujuan dan maksud dari pemebelajaran yang diberikan kepada siswa, sehingga siswa kurang paham materi yang dipelajari. seharusnya Guru menjelaskan satu persatu jenis, dan ciri-ciri hewan terlebih dahulu sebelum melakukan diskusi secara berkelompok agar siswa lebih mudah dan aktif.
4. guru terlalu tergesa-gesa dalam menjelaskan dan terlalu cepat memberikan tugas, sehingga hanya beberapa siswa yang serius dalam mengerjakan tugas dan memahmi materi dan tugas yang diberikan.
5. Guru tidak bertanya kepada siswa yang paham akan diskusi yang sudah dilaksanakan, seharusnya siswa dilibatkan sepenuhnya dalam diskusi tersebut sehingga siswa yang tidak paham sedikit mengerti isi diskusi tersebut.
* kelebihannya:
1. Guru merangkum hasil diskusi dengan menjelaskan jenis hewan peliharaan dan ciri-cirinya.
2. kelebihan dalam pembelajaran tersebut adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw sudah tepat karena siswa lebih aktif dalam diskusi kelompok.
3. guru menggunakan media saat menejelaskan jenis hewan.
NAMA : IHSAN KURNIAWAN
NIM : 856022036
POKJAR : ASAHAN
Tayangan dari video ini adalah bukan guru SD melaksankan proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok dengan menggunakan teknik Jigsaw” tetapi penjelasan tentang “bagaimana menggunakan teknik jigsaw dalam proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Nampak terlihat dengan jelas bahwa penjelasan setiap tahap dari teknik jigsaw diberikan contoh dalam proses pembelajarannya. Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan menggunakan teknik jigsaw tidak terlihat secara utuh. Bahkan apa yang dilakukan guru kelas dalam proses pembelajaran tidak dapat diterima secara utuh.
Dari video yang ditayangkan tersebut sudah menunjukkan adanya perbedaan belum ada dan sudah adanya peningkatan kerja sama siswa apabila dibandingkan antara penggal pertama yang belum menggunakan teknik jigsaw, dengan penggal kedua yang sudah menggunakan teknik jigsaw.
Nama : Putri Yanti
NIM : 858422019
Semester : 8
Pokjar : Longkali
Di dalam video pembelajaran tersebut, tujuan yang akan disampaikan dalam pembelajaran tidak disampaikan di awal pendahuluan sehingga siswa tidak memiliki tujuan yang jelas tentang arah pembelajaran. Alangkah baik di awal pembelajaran guru melakukan apersepsi dan menjelaskan tujuan pembelajaran dan hal apa saja yang nanti akan kita lakukan. Dalam pembelajaran banyak siswa dikumpulkan dan asik sendiri padahal tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan kerja kelompok, dalam hal ini adalah diskusi. Namun nyatanya tidak semua anggota kelompok aktiof dalam kegiatan kelompok ini. Tayangan dari video ini adalah tentang bagaimana menggunakan teknik jigsaw dalam proses pembelajaran dengan pokok bahasan Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Nampak terlihat dengan jelas bahwa penjelasan setiap tahap dari teknik jigsaw diberikan contoh dalam proses pembelajarannya. Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan menggunakan teknik jigsaw tidak terlihat secara keseluruhan
Kekurangan pembelajaran pada video ini :
1. Pada kegiatan awal guru dan akhir guru tidak apersepsi dan pembukan di awal seperti doa dan salam serta penjelasan tujuan pembelajaran waktu itu.
2. Guru tidak bisa mengatur siswa secara keseluruhan dimana siswa sebagian malah asik sendiri.
3. Guru seharusnya menjelaskan dengan jelas ,menjelaskan satu persatu jenis, dan ciri-ciri hewan terlebih dahulu sebelum melakukan diskusi secara berkelompok agar siswa memiliki pengetahuan di awal kegiatan kelompok.
Kelebihan pembelajaran dalam video tersebut :
1. Guru menggunakan media saat menjelaskan sesuatu kepada siswa.
2. kelebihan dalam pembelajaran tersebut adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw sudah tepat agar siswa lebih aktif dalam diskusi kelompok.
Nama : Putri Yanti
Nim. : 858422019
Ubjj. : Samarinda
Pokjar : Longkali
Setelah melihat Vidio di atas kita sebagai seorang guru sebelum memulai kegiatan pembelajaran yang akan di di terapkan kepada murid berupa RPP agar dapat mengetahui apa yang kurang saat pembelajaran jika mendapat banyak kekurangan dalam pembelajaran guru dapat memperbaiki pembelajaran tersebut dengan RPP seperti yang ada di vidio tadi terdapat banyak siswa yang kurang efektif dan banyak yang mengabaikan pembelajaran kelompok tersebut dalam hal ini guru bisa
Menerapkan model pembelajaran nya sudah sangat tepat yaitu dengan model pembelajaran kooperatif learning,Dalam vidio diatas juga dijelaskan setiap tahapanya.Pentingnya meningkatkan kerjasama antar kelompok yaitu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal, serta guru harus bisa menghidupkan suasana kelas sehingga siswa dapat tertarik dengan materi yang disampaikan.