silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya.
Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd.

Similar Posts

253 Comments

  1. NAMA : Mesiyati Ariani
    NIM : 859517989
    PRODI : PGSD
    UPBJJ : JAKARTA

    Terima kasih untuk kesempatan nya.
    Saya akan memberikan tanggapan dari Video teesebut.
    Menyimak merupakan salah satu keterampilan penting yang perlu dikuasai oleh siswa kelas 1 SD. Keterampilan ini menjadi dasar bagi mereka untuk memahami informasi, berkomunikasi secara efektif, dan belajar di sekolah.
    Sebagai guru, penting untuk memberikan tanggapan yang positif dan membangun kepada siswa selama pembelajaran menyimak. Berikut beberapa tips untuk memberikan tanggapan yang efektif:

    Berikan pujian kepada siswa atas usaha dan partisipasi mereka.
    Berikan umpan balik yang spesifik tentang apa yang dilakukan siswa dengan baik dan apa yang perlu ditingkatkan.
    Gunakan pertanyaan terbuka untuk mendorong siswa untuk berpikir lebih kritis tentang isi cerita atau percakapan.
    Berikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan berdiskusi tentang apa yang mereka pelajari.

    Tips Memaksimalkan Pembelajaran Menyimak di Kelas 1 SD:

    Ciptakan suasana belajar yang kondusif dan menarik.
    Gunakan berbagai media pembelajaran yang menarik dan bervariasi.
    Berikan instruksi yang jelas dan mudah dipahami.
    Libatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.
    Berikan umpan balik yang positif dan membangun.. Terima kasih

  2. Nama:cyntya Helena
    Nim:857132067
    UUPBJ: jakarta

    Menurut saya dalam vidio tersebut guru menceritakan dongeng tersebut sehingga anak murid dapat memperhatikan dan menyimak apa yang telah di sampaikan oleh guru ,selain itu guru memberikan tanya jawab sehingga anak tersebut mengerti apa yang telah di sampaikan

  3. Nama: Laila Masruroh
    NIM: 858918499
    SEMESTER
    Prodi: PGSD
    POKJAR: Glagahwero/kalisat
    UPJJ: 76/UT JEMBER

    Kekurangan dari video diatas adalah reaksi anak kurang fokus karena hanya dilakukan teacher center. Kemudian guru menyadari hal itu dan hal yang dilakukan guru sudah benar. Melihat siswanya kurang paham dengan isi cerita yang telah ia bawakan, guru meminta salah satu siswa untuk membacakan cerita tersebut ke depan, sehingga pembelajaran tidak satu arah melainkan dua arah dengan melibatkan siswa ikut aktif dalam pembelajaran (student center). Sehingga, siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Akan tetapi, hanya siswa yang mau ke depan saja yang bisa menjawab soal yang diberikan guru. Selain itu, ada beberapa hal yang yang masih kurang dalam video tersebut yaitu:
    1. guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran.
    2. guru tidak melakukan apersepsi untuk menumbuhkan gairah belajar
    3. guru terlalu cepat membacakan cerita
    4. guru kurang inovatif dalam menyediakan media pembelajaran

    Kelebihan dari video diatas yg sudah di lakukan guru tersebut yaitu diantaranya adalah guru tersebut mampu menciptakan suasana yg kondusif dan anak-anak fokus, kemudian guru tersebut meminta siswa untuk menceritakan kembali dongeng yg sudah di bahas dan melakukan sesi tanya jawab untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa tersebut terhadap dongeng yg sudah di berikan.

  4. Nama : Laila Masruroh
    NIM : 858918499
    SEMESTER : 6 ( Enam )
    Prodi : PGSD
    POKJAR : Glagahwero/kalisat
    UPBJJ : 76/UT JEMBER

    Kekurangan dari video diatas adalah reaksi anak kurang fokus karena hanya dilakukan teacher center. Kemudian guru menyadari hal itu dan hal yang dilakukan guru sudah benar. Melihat siswanya kurang paham dengan isi cerita yang telah ia bawakan, guru meminta salah satu siswa untuk membacakan cerita tersebut ke depan, sehingga pembelajaran tidak satu arah melainkan dua arah dengan melibatkan siswa ikut aktif dalam pembelajaran (student center). Sehingga, siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Akan tetapi, hanya siswa yang mau ke depan saja yang bisa menjawab soal yang diberikan guru. Selain itu, ada beberapa hal yang yang masih kurang dalam video tersebut yaitu:
    1. guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran.
    2. guru tidak melakukan apersepsi untuk menumbuhkan gairah belajar
    3. guru terlalu cepat membacakan cerita
    4. guru kurang inovatif dalam menyediakan media pembelajaran.

    Kelebihan dari video diatas yg sudah di lakukan guru tersebut yaitu diantaranya adalah guru tersebut mampu menciptakan suasana yg kondusif dan anak-anak fokus, kemudian guru tersebut meminta siswa untuk menceritakan kembali dongeng yg sudah di bahas dan melakukan sesi tanya jawab untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa tersebut terhadap dongeng yg sudah di berikan.

  5. Nama: Reny Rofiyana
    NIM: 858757927
    Menurut saya setelah melihat video tersebut menunjukkan bahwa metode pembelajaran melalui cerita dongeng di kelas cukup efektif karena sasarannya adalah kelas rendah. Dimana untuk kelas rendah masih minim literasi sehinga melalui kegiatan menyimak dapat memperbaiki perkembangan literasi siswa. Selain itu, siswa juga dapat berperan aktif di dalamnya melalui membacakan ulang dongeng dan diskusi (tanya-jawab) antara guru dan siswa

  6. Nama: Anes Fadila Rizki
    Nim:856972126
    Semester: 8
    Prodi : PGSD
    Pokjar :Ambarawa
    UPBJJ :Ut Bandar Lampung

    Kekurangan dari Vidio di atas adalah reaksi anak kurang fokus karena hanya di lakukan teacher . Kemudian guru menyadari hal itu dan hal yang di lakukan guru sudah benar .

    Kelebihan dari Vidio di atas yaitu guru tersebut mampu menciptakan suasana yang kondusif dan anak anak fokus terhadap pembelajaran tersebut .kemudian guru meminta siswa untuk menceritakan kembali dongeng yang sudah dibaca .

  7. Nama : SRIDAMAYANTI
    KLS: 6B POKJAR SEI BALAI KAB. BATU BARA
    UPBJJ MEDAN

    METODE PEMBELAJARAN MENYIMAK KELAS 1 SD
    Dari video ini banyak banget pelajaran yang bisa diambil bagi seorang guru untuk mengajar anak didiknya agar berantusias dan aktif ikut berpartisipasi dalam menjawab pertanyaan untuk keterampilan menyimak di kelas.
    Dari GPO ini kita sebagai guru bisa mendapatkan ilmu baru untuk mengajar yang lebih lagi kedepannya.

  8. Nama : SUGIMIN
    NIM : 858811104
    SEMESTER : 8 ( Delapan )
    Prodi : S1 PGSD-SD
    POKJAR : PURWODADI
    UPBJJ : 74 / MALANG

    Menurut saya, video pembelajarannya sudah menarik…
    Cuma gaya dari seorang guru yang menyampaikan kurang adanya dinamika, sehingga cerita dongeng yang diceritakan kurang menarik. Dan juga saya lihat dari video yang bertanya adalah siswa yang membacakan didepan teman sekelasnya, tidak ada pendapat dari siswa yang lainnya.

  9. NAMA : Winda Anjani
    NIM : 856751311
    PRODI : S1 PGSD

    Terima kasih untuk kesempatan nya.
    Saya akan memberikan tanggapan dari Video teesebut.
    Menyimak merupakan salah satu keterampilan penting yang perlu dikuasai oleh siswa kelas 1 SD. Keterampilan ini menjadi dasar bagi mereka untuk memahami informasi, berkomunikasi secara efektif, dan belajar di sekolah.
    Sebagai guru, penting untuk memberikan tanggapan yang positif dan membangun kepada siswa selama pembelajaran menyimak. Berikut beberapa tips untuk memberikan tanggapan yang efektif:

    Berikan pujian kepada siswa atas usaha dan partisipasi mereka.
    Berikan umpan balik yang spesifik tentang apa yang dilakukan siswa dengan baik dan apa yang perlu ditingkatkan.
    Gunakan pertanyaan terbuka untuk mendorong siswa untuk berpikir lebih kritis tentang isi cerita atau percakapan.
    Berikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan berdiskusi tentang apa yang mereka pelajari.

    Tips Memaksimalkan Pembelajaran Menyimak di Kelas 1 SD:

    Ciptakan suasana belajar yang kondusif dan menarik.
    Gunakan berbagai media pembelajaran yang menarik dan bervariasi.
    Berikan instruksi yang jelas dan mudah dipahami.
    Libatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.
    Berikan umpan balik yang positif dan membangun

  10. Nama : Rahel Margaretta Laurenza Nababan
    NIM : 878255114
    Prodi : PGSD
    Setelah menyimak video diatas saya berpendapat bahwa pentingnya membangun suasana dalam menyampaikan materi pembelajaran apalagi ketika menyampaikan cerita dongeng tanpa menggunakan video ataupun alat pendukung dalam materi tersebut. Dimana guru dituntut untuk mampu menarik niat mendengar siswa ketika guru menceritakan dongeng dan mengajak siswa agar mudah menyimak cerita yang disampaikan telebih di usia peserta didik yang cenderung sulit ketika diajak untuk menyimak.

Leave a Reply