silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya.
Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd.

Similar Posts

253 Comments

  1. Nama : Jelita
    Nim : 837198162
    Pokja : Barabai
    Setalah saya melihat cuplikan video di atas mengenai metode pelajaran menyimak di kelas 1 SD kita belajar sejenak belum tentu kita bisa,kerena awal mengajar di kelas rendah memang lah sulit untuk di mengerti,mengubah cara membaca,cara menyebutkan hurup,guru memberikan banyak cerita untuk siswanya.kerena anak SD tidak lebeh tau dalam pembelajaran tersebut.Gambar pendukung melalui di depan layar proyektor untuk memancing antusias siswa dalam menyimak pembelajaran tersebut.

  2. Nama : Tri Sutrisno
    NIM : 856705758
    Prodi : S1-PGSD
    Pokjar : Lawang Wetan
    UPBJJ : Palembang

    Dari tayangan video diatas yang telah saya simak mengenai Metode pembelajaran Minyak di kelas 1 dapat disimpulkan bahwa kita sebagai seorang guru atau pengajar belum tentu bisa dapat langsung menyampaikan materi yang dapat dipahami secara langsung oleh siswa. Jika guru hanya membacakan sebuah cerita dan siswa hanya mendengarkan , siswa belum tentu bisa memahami apa maksud dari sebuah cerita tersebut. alangkah baiknya jika guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk membacanya secara bergantian, bertanya kepada siswa apakah siswa dapat memahami isi dari bacaan yang diceritakan. mungkin ada beberapa dari siswa kelas 1 yang belum lancar membaca sehingga belum dapat memahami isi dari bacaan yang diberikan, maka sebaiknya cerita yang akan kita berikan diberikan kepada siswa harus dengan cara yang kreatif sebagai contoh dengan menggunakan media gambar yang menarik sehingga mereka mudah memahami . bisa juga dengan menggunakan media video sehingga gambar cerita dapat ditayangkan memalui proyektor.

    Solusi yang diberikan di dalam vidio tersebut juga sangatlah bagus. Akan tetapi dalam hal ini saya sebagai guru kelas 1, dalam pembelajaran dengan materi yang serupa, akan memilih model pembelajaran cooperative script .

  3. Nama : Nopi Andriyani
    NIM : 856708739
    Prodi : S1-PGSD
    Pokjar : Lawang Wetan
    UPBJJ : Palembang

    Menurut saya dalam video diatas tersebut, pada kegiatan awal tidak dilaksanakanya kegiatan pendahuluan, namun dengan adanya alat peraga yang digunakan akan membuat anak-anak lebih mudah memahami materi yang dipaparkan oleh guru. Kelebihan lainnya, disini guru mengajak siswa untuk mengoreksi persoalan yang dikerjakan oleh siswa lain. Pada kegiatan penutup guru juga menghimbau kepada siswa untuk selalu rajin belajar. Tetapi terdapat sedikit kekurangan pada kegiatan penutup , dimana guru tidak mengulas kembali materi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan , dan juga tidak mengajak siswa untuk berdoa bersama-sama.

    Untuk pembelajaran ini, guru bisa lebih aktif dan mengontrol siswanya pada saat melakukan kerja kelompok karena anak – anak labih banyak bermain atau mengobrol atau jalan – jalan dalam kelas tanpa tujuan yang jelas, dan mengenai media jika terkait pembahasan konsep dasar perkalian media pembelajaran lebih bervariasi yang menarik pembelajaran dan ada baiknya pada saat mengakhiri pembelajaran adanya kesimpulan dari inti pembelajaran sehingga anak lebih mudah lagi memahami pembelajaran yang sudah dijelaskan gurunya dan tidak lupa juga tutup dengan kata – kata motivasi.

  4. Nama : vivin fitri lestari
    nim : 858734381
    prodi : PGSD BI
    setelah saya melihat tayangan vidio tadi pada sesi yang pertama guru kurang menarik dalam membacakan cerita karena hanya terpaku pada buku saja jadi terkesan monoton dan membosankan sehingga peserta didik kurang tertarik dalam menyimak. kemudian pada sesi kedua peserta didik ditunjuk untuk maju kedepan membacakan cerita jadi peserta didik tidak merasa bosan karena hanya duduk diam mendengarkan, karena ada temannya yang maju ke depan jadi peserta didik yang lain merasa tertarik dalam menyimak karena bercerita secara bergantian. diharapkan guru bisa lebih menghidupkan suasana lagi dalam pembelajaran agar pesert didik merasa tertarik dengan apa yang mereka pelajari seperti bisa menggunakan alat peraga seperti gambar. guru juga tidak hanya duduk diam di depan peserta didik tetapi bisa juga dengan berjalan menghampiri peserta didik dan menggunakan ekspresi ketika bercerita atau mendongeng agar lebih mudah di fahami dan membuat peserta didik lebih tertarik dengan dongeng yang disampaikan agar pembelajaran bisa berjalan dengan lancar.

  5. Nama : Vika Maisaroh
    NiM:859028343
    UPBJ : Kuta Utara

    Dari cuplikan vidio tersebut,guru yang mengajar kurang interaktif sehingga suasana kelas terlihat membosankan. Sebagian siswa terlihat lesu dan tidak menyimak apa yang di sampaikan guru. Perlu adanya media lain selain buku, misalnya proyektor yang dapat menampilkan tulisan dengan background yang menarik sehingga siswa leboh antusias dalam menyimak bacaan yang dibacakan guru. Guru juga dapat berjalan berkeliling di kelas untuk meningkatkan kewaspadaan siswa sehingga siswa leboh fokus pada apa yang di sampaikan guru

  6. Nama : Nur Asiannum Daulay
    Nim : 856077839
    Program studi: PGSD
    UPBJJ : Batam
    Analisis Saya dari video yang telah saya tonton yaitu tentang metode pembelajaran menyimak di kelas 1 SD.
    Pada video tersebut menggambarkan seorang guru yang ingin menjelaskan sebuah dongeng tanpa adanya penggunaan teknik atau metode menarik perhatian siswa pada pembelajaran yang akan dibawakan oleh guru tersebut sehingga pada saat membacakan dongeng siswa atau peserta didik tidak antusias mendengarkan dongeng yang disampaikan oleh gurunya oleh karena itu guru tersebut memperbaiki metode pembelajarannya dengan melibatkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, adapun langkah-langkah pengajaran menyimak dongeng yang pertama adalah guru membacakan dongeng siswa menyimak di mana pada saat guru membacakan dongeng siswa diminta untuk menyimak cerita atau dongeng yang dibacakan oleh guru sehingga pada saat diberi pertanyaan peserta didik bisa menjawabnya dengan benar
    Yang kedua siswa bergantian membaca dongeng siswa lain menyimak di mana pada saat siswa membacakan dongeng maka akan menambah suasana yang baru sehingga menarik perhatian peserta didik pada saat mendengarkan cerita atau dongeng tersebut.
    Yang ketiga yaitu melakukan tanya jawab di akhir membaca dongeng kita bisa melakukan tanya jawab atau memberikan feedback kepada peserta didik yang telah membacakan dongeng tersebut atau dengan memberikan pertanyaan yang merangsang motorik peserta didik sehingga bisa terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang akan dilakukannya.

  7. NAMA: RIRIN NUR’AENI
    NIM: 857100157
    UPBJJ UT: JAKARTA
    SEMESTER 6

    Setelah menyimak video tersebut, saya rasa permasalahan yang kita hadapi pada pembelajaran menyimak di kelas 1 tidak jauh berbeda. Di kelas saya lebih banyak siswa yang belum lancar membaca sehingga untuk membimbing siswa membaca dongeng secara bergiliran sangat tidak efektif di kelas saya karena saya hanya bisa mengandalkan beberapa siswa yang telah lancar sementara yang lainnya hanya bisa menyimak. Dari segi pemahaman, terdapat beberapa siswa yang belum lancar membaca tapi cepat memahami isi bacaan dengan cara menyimak bahkan bisa menjawab semua pertanyaan berdasarkan bacaan dengan tepat secara lisan. Sementara terdapat siswa yang sudah lancar membaca akan tetapi tidak bisa memahami apa yang dibacanya, bahkan meski dengan cara menyimak bacaan dari guru. Hal tersebut terlihat dari ketidakmampuan mereka menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan yang dibaca guru.

  8. NAMA: Laila Mubarokah
    NIM: 859526053
    PRODI : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD)
    setelah Saya menyimak video tersebut saya dapat menyimpulkan sedikit tentang permasalahan siswa ketika sedang belajar menyimak tetapi tidak paham apa yang gurunya sampaikan dikarenakan guru tersebut terlalu cepat dalam penyampaian sehingga membuat siswa menjadi bingung tetapi ketika temannya yang membaca dan menyanyikan semua siswa memperhatikan dan memahami apa yg temannya sampaikan karena temannya menyampaikan dengan perlahan

  9. Alhamdulillah, sangat bermanfaat sekali cuplikan dari video ini. Saya sangat terbantu khususnya pada materi menyimak di kelas 1 yang pada dasarnya tidak seluruh siswa mampu dalam menyimpulkan sebuah bacaan atau cerita yang sedang diutarakan. Ini merupakan wujud dari apa yang saya rasakan mengajar di kelas 1.

  10. Nama : Ratih Anggita Pertiwi
    NIM : 857253897
    Prodi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    UPBJJ UT: Serang

    Menyimak adalah kegiatan mendengarkan untuk mendapatkan sebuah informasi atau pesan dari lisan seorang pembicara. Oleh karena itu, menyimak membutuhkan konsentrasi agar pesan atau informasi tersampaikan secara tepat dan efektif.
    Kegiatan menyimak dalam kegiatan belajar mengajar di kelas rendah masih cukup sulit untuk diterapkan. Siswa kelas rendah masih sulit untuk memusatkan perhatian dan konsentrasi dalam menyimak pembelajaran yang disampaikan oleh guru, seperti dalam pembelajaran menyimak dongeng. Biasanya, kesulitan dalam konsentrasi siswa kelas rendah disebabkan oleh diri yang masih ingin bermain, bercanda, dan bercerita kepada teman.
    Agar siswa kelas rendah tetap fokus dan konsentrasi dalam menyimak sebuah dongeng, guru perlu lebih mengekspresikan karakter-karakter dalam dongeng. Hal tersebut dilakukan agar kegiatan menyimak lebih menyenangkan dan tidak terlihat monoton.

Leave a Reply