Similar Posts
Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul…
Pembelajaran Seni Secara Terpadu
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal…
Menciptakan Suasana Kelas Kondusif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya…. Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan…
Membaca Cerita Secara Bergilir
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi…
Nama : Jelita
Nim : 837198162
Pokja : Barabai
Setalah saya melihat cuplikan video di atas mengenai metode pelajaran menyimak di kelas 1 SD kita belajar sejenak belum tentu kita bisa,kerena awal mengajar di kelas rendah memang lah sulit untuk di mengerti,mengubah cara membaca,cara menyebutkan hurup,guru memberikan banyak cerita untuk siswanya.kerena anak SD tidak lebeh tau dalam pembelajaran tersebut.Gambar pendukung melalui di depan layar proyektor untuk memancing antusias siswa dalam menyimak pembelajaran tersebut.
Nama : Tri Sutrisno
NIM : 856705758
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Lawang Wetan
UPBJJ : Palembang
Dari tayangan video diatas yang telah saya simak mengenai Metode pembelajaran Minyak di kelas 1 dapat disimpulkan bahwa kita sebagai seorang guru atau pengajar belum tentu bisa dapat langsung menyampaikan materi yang dapat dipahami secara langsung oleh siswa. Jika guru hanya membacakan sebuah cerita dan siswa hanya mendengarkan , siswa belum tentu bisa memahami apa maksud dari sebuah cerita tersebut. alangkah baiknya jika guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk membacanya secara bergantian, bertanya kepada siswa apakah siswa dapat memahami isi dari bacaan yang diceritakan. mungkin ada beberapa dari siswa kelas 1 yang belum lancar membaca sehingga belum dapat memahami isi dari bacaan yang diberikan, maka sebaiknya cerita yang akan kita berikan diberikan kepada siswa harus dengan cara yang kreatif sebagai contoh dengan menggunakan media gambar yang menarik sehingga mereka mudah memahami . bisa juga dengan menggunakan media video sehingga gambar cerita dapat ditayangkan memalui proyektor.
Solusi yang diberikan di dalam vidio tersebut juga sangatlah bagus. Akan tetapi dalam hal ini saya sebagai guru kelas 1, dalam pembelajaran dengan materi yang serupa, akan memilih model pembelajaran cooperative script .
Nama : Nopi Andriyani
NIM : 856708739
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Lawang Wetan
UPBJJ : Palembang
Menurut saya dalam video diatas tersebut, pada kegiatan awal tidak dilaksanakanya kegiatan pendahuluan, namun dengan adanya alat peraga yang digunakan akan membuat anak-anak lebih mudah memahami materi yang dipaparkan oleh guru. Kelebihan lainnya, disini guru mengajak siswa untuk mengoreksi persoalan yang dikerjakan oleh siswa lain. Pada kegiatan penutup guru juga menghimbau kepada siswa untuk selalu rajin belajar. Tetapi terdapat sedikit kekurangan pada kegiatan penutup , dimana guru tidak mengulas kembali materi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan , dan juga tidak mengajak siswa untuk berdoa bersama-sama.
Untuk pembelajaran ini, guru bisa lebih aktif dan mengontrol siswanya pada saat melakukan kerja kelompok karena anak – anak labih banyak bermain atau mengobrol atau jalan – jalan dalam kelas tanpa tujuan yang jelas, dan mengenai media jika terkait pembahasan konsep dasar perkalian media pembelajaran lebih bervariasi yang menarik pembelajaran dan ada baiknya pada saat mengakhiri pembelajaran adanya kesimpulan dari inti pembelajaran sehingga anak lebih mudah lagi memahami pembelajaran yang sudah dijelaskan gurunya dan tidak lupa juga tutup dengan kata – kata motivasi.
Nama : vivin fitri lestari
nim : 858734381
prodi : PGSD BI
setelah saya melihat tayangan vidio tadi pada sesi yang pertama guru kurang menarik dalam membacakan cerita karena hanya terpaku pada buku saja jadi terkesan monoton dan membosankan sehingga peserta didik kurang tertarik dalam menyimak. kemudian pada sesi kedua peserta didik ditunjuk untuk maju kedepan membacakan cerita jadi peserta didik tidak merasa bosan karena hanya duduk diam mendengarkan, karena ada temannya yang maju ke depan jadi peserta didik yang lain merasa tertarik dalam menyimak karena bercerita secara bergantian. diharapkan guru bisa lebih menghidupkan suasana lagi dalam pembelajaran agar pesert didik merasa tertarik dengan apa yang mereka pelajari seperti bisa menggunakan alat peraga seperti gambar. guru juga tidak hanya duduk diam di depan peserta didik tetapi bisa juga dengan berjalan menghampiri peserta didik dan menggunakan ekspresi ketika bercerita atau mendongeng agar lebih mudah di fahami dan membuat peserta didik lebih tertarik dengan dongeng yang disampaikan agar pembelajaran bisa berjalan dengan lancar.
Nama : Vika Maisaroh
NiM:859028343
UPBJ : Kuta Utara
Dari cuplikan vidio tersebut,guru yang mengajar kurang interaktif sehingga suasana kelas terlihat membosankan. Sebagian siswa terlihat lesu dan tidak menyimak apa yang di sampaikan guru. Perlu adanya media lain selain buku, misalnya proyektor yang dapat menampilkan tulisan dengan background yang menarik sehingga siswa leboh antusias dalam menyimak bacaan yang dibacakan guru. Guru juga dapat berjalan berkeliling di kelas untuk meningkatkan kewaspadaan siswa sehingga siswa leboh fokus pada apa yang di sampaikan guru
Nama : Nur Asiannum Daulay
Nim : 856077839
Program studi: PGSD
UPBJJ : Batam
Analisis Saya dari video yang telah saya tonton yaitu tentang metode pembelajaran menyimak di kelas 1 SD.
Pada video tersebut menggambarkan seorang guru yang ingin menjelaskan sebuah dongeng tanpa adanya penggunaan teknik atau metode menarik perhatian siswa pada pembelajaran yang akan dibawakan oleh guru tersebut sehingga pada saat membacakan dongeng siswa atau peserta didik tidak antusias mendengarkan dongeng yang disampaikan oleh gurunya oleh karena itu guru tersebut memperbaiki metode pembelajarannya dengan melibatkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, adapun langkah-langkah pengajaran menyimak dongeng yang pertama adalah guru membacakan dongeng siswa menyimak di mana pada saat guru membacakan dongeng siswa diminta untuk menyimak cerita atau dongeng yang dibacakan oleh guru sehingga pada saat diberi pertanyaan peserta didik bisa menjawabnya dengan benar
Yang kedua siswa bergantian membaca dongeng siswa lain menyimak di mana pada saat siswa membacakan dongeng maka akan menambah suasana yang baru sehingga menarik perhatian peserta didik pada saat mendengarkan cerita atau dongeng tersebut.
Yang ketiga yaitu melakukan tanya jawab di akhir membaca dongeng kita bisa melakukan tanya jawab atau memberikan feedback kepada peserta didik yang telah membacakan dongeng tersebut atau dengan memberikan pertanyaan yang merangsang motorik peserta didik sehingga bisa terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang akan dilakukannya.
NAMA: RIRIN NUR’AENI
NIM: 857100157
UPBJJ UT: JAKARTA
SEMESTER 6
Setelah menyimak video tersebut, saya rasa permasalahan yang kita hadapi pada pembelajaran menyimak di kelas 1 tidak jauh berbeda. Di kelas saya lebih banyak siswa yang belum lancar membaca sehingga untuk membimbing siswa membaca dongeng secara bergiliran sangat tidak efektif di kelas saya karena saya hanya bisa mengandalkan beberapa siswa yang telah lancar sementara yang lainnya hanya bisa menyimak. Dari segi pemahaman, terdapat beberapa siswa yang belum lancar membaca tapi cepat memahami isi bacaan dengan cara menyimak bahkan bisa menjawab semua pertanyaan berdasarkan bacaan dengan tepat secara lisan. Sementara terdapat siswa yang sudah lancar membaca akan tetapi tidak bisa memahami apa yang dibacanya, bahkan meski dengan cara menyimak bacaan dari guru. Hal tersebut terlihat dari ketidakmampuan mereka menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan yang dibaca guru.
NAMA: Laila Mubarokah
NIM: 859526053
PRODI : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD)
setelah Saya menyimak video tersebut saya dapat menyimpulkan sedikit tentang permasalahan siswa ketika sedang belajar menyimak tetapi tidak paham apa yang gurunya sampaikan dikarenakan guru tersebut terlalu cepat dalam penyampaian sehingga membuat siswa menjadi bingung tetapi ketika temannya yang membaca dan menyanyikan semua siswa memperhatikan dan memahami apa yg temannya sampaikan karena temannya menyampaikan dengan perlahan
Alhamdulillah, sangat bermanfaat sekali cuplikan dari video ini. Saya sangat terbantu khususnya pada materi menyimak di kelas 1 yang pada dasarnya tidak seluruh siswa mampu dalam menyimpulkan sebuah bacaan atau cerita yang sedang diutarakan. Ini merupakan wujud dari apa yang saya rasakan mengajar di kelas 1.
Nama : Ratih Anggita Pertiwi
NIM : 857253897
Prodi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
UPBJJ UT: Serang
Menyimak adalah kegiatan mendengarkan untuk mendapatkan sebuah informasi atau pesan dari lisan seorang pembicara. Oleh karena itu, menyimak membutuhkan konsentrasi agar pesan atau informasi tersampaikan secara tepat dan efektif.
Kegiatan menyimak dalam kegiatan belajar mengajar di kelas rendah masih cukup sulit untuk diterapkan. Siswa kelas rendah masih sulit untuk memusatkan perhatian dan konsentrasi dalam menyimak pembelajaran yang disampaikan oleh guru, seperti dalam pembelajaran menyimak dongeng. Biasanya, kesulitan dalam konsentrasi siswa kelas rendah disebabkan oleh diri yang masih ingin bermain, bercanda, dan bercerita kepada teman.
Agar siswa kelas rendah tetap fokus dan konsentrasi dalam menyimak sebuah dongeng, guru perlu lebih mengekspresikan karakter-karakter dalam dongeng. Hal tersebut dilakukan agar kegiatan menyimak lebih menyenangkan dan tidak terlihat monoton.