silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua, menceritakan strategi guru dalam memberikan pemahaman kepada siswa tentang konsep pembagian, yaitu dengan menggunakan gelas dan kelereng, sehingga siswa dapat mengamati langsung makna dari pembagian tersebut. Guru memberi penguatan ketika siswa memberi respons dengan baik terhadap apa yang dijelaskan.
Idha Novianti
Cerita serta penjelasannya cukup menarik agar siswa memahami konsep pembagian, tapi sebaiknya ada video lanjutan bahwa pembagian bilangan dengan dua angka oleh bilangan satu angka sabaiknya “dihafalkan” Misal 48:6=8)
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Awal yang baik dilakukan guru ketika bertanya kepada siswa mengenai konsep pembagian dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Hal tersebut memberikan penekanan kepada siswa bahwa pembagian sudah sangat sering dilakukan dalam kehidupan sehai hari. Guru juga sudah benar menjelaskan pembagian 6:2=3 dengan memindahkan 6 kelereng kedalam tiga gelas kecil. Kemudian menjelaskan bahwa yang telah dilakukan siswa dengan mengambil jumlah yang sama dengan berulang-ulang sampai tidak bersisa lagi dinamakan dengan pembagian. Hal tersebut sangat tepat dilakukan karena guru mengajarkan anak bagaimana cara menyimpulkan atau menghasilkan suatu konsep dari kegiatan kegiatan yang telah dilakukan siswa.
Enih Wihenih (Guru SDN Citimun II Sumedang)
Pada saat guru membuka pembelajaran sudah terlihat motivasi untuk belajar, apersepsi kurang, Kemudian saat mengisi pembelajaran guru sudah interaktif dengan siswa dan belum ada tugas yang diberikan melalui latihan atau tugas di rumah,
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, metode dalam belajar juga sudah bagus, evaluasi pembelajaran kurang latihan dan diberi tugas pekerjaan rumah,
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai,
Saran dan rekomendasi sebaiknya ditekankan lagi mengenai proses ketidakfahaman pada siswa dan dapat diselesaikan dengan proses pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
Fitria Handayani (SD Dharma Karya UT)
NAMA : LENI ZULYANI
NIM : 856975898
PRODI : PGSD-S1
POKJAR : KOTAAGUNG KAB.TANGGAMUS
UPBJJ : UT BANDAR LAMPUNG
Sinopsis :
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua, menceritakan strategi guru dalam memberikan pemahaman kepada siswa tentang konsep pembagian, yaitu dengan menggunakan gelas dan kelereng, sehingga siswa dapat mengamati langsung makna dari pembagian tersebut. Guru memberi penguatan ketika siswa memberi respons dengan baik terhadap apa yang dijelaskan.
Pendapat saya :
Dalam video pembelajaran yang saya amati sudah sangat bagus. Karena, menggunakan media pembelajaran yang sederhana namun mudah dipahami.
Akan tetapi, guru tidak melakukan apersepsi dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran di awal kegiatan.
Guru hanya menjelaskan saja tanpa disertai pemberian tugas sebagai bentuk evaluasi.
Secara keseluruhan pembelajaran pada video tersebut sudah baik.
Tetapi ada beberapa siswa yang kurang bersemangat dan tidak memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru tersebut.
sebaiknya Guru memberikan motivasi kepada peserta didik supaya siswa kembali semangat dalam mengikuti pembelajaran.Kemudian dalam memberikan media pembelajaran sebaiknya guru membagi kelompok supaya semua siswa dapat aktif di saat pembelajaran berlangsung. Sehingga guru dapat mengetahui mana siswa yang aktif dalam pembelajaran dan mana siswa yang kurang aktif atau belum mengerti dengan konsep pembagian tersebut.
NAMA : LENI ZULYANI
NIM : 856975898
PRODI : PGSD-S1
POKJAR : KOTAAGUNG KAB.TANGGAMUS
UPBJJ : UT BANDAR LAMPUNG
Sinopsis :
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua, menceritakan strategi guru dalam memberikan pemahaman kepada siswa tentang konsep pembagian, yaitu dengan menggunakan gelas dan kelereng, sehingga siswa dapat mengamati langsung makna dari pembagian tersebut. Guru memberi penguatan ketika siswa memberi respons dengan baik terhadap apa yang dijelaskan.
Pendapat saya :
Dalam video pembelajaran yang saya amati sudah sangat bagus. Karena, menggunakan media pembelajaran yang sederhana namun mudah dipahami.
Akan tetapi, guru tidak melakukan apersepsi dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran di awal kegiatan.
Guru hanya menjelaskan saja tanpa disertai pemberian tugas sebagai bentuk evaluasi.
Secara keseluruhan pembelajaran pada video tersebut sudah baik.
Tetapi ada beberapa siswa yang kurang bersemangat dan tidak memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru tersebut.
sebaiknya Guru memberikan motivasi kepada peserta didik supaya siswa kembali semangat dalam mengikuti pembelajaran.Kemudian dalam memberikan media pembelajaran sebaiknya guru membagi kelompok supaya semua siswa dapat aktif di saat pembelajaran berlangsung. Sehingga guru dapat mengetahui mana siswa yang aktif dalam pembelajaran dan mana siswa yang kurang aktif atau belum mengerti dengan konsep pembagian tersebut.
Nama :Siti Rochchosnul Chotimah
Nim : 857077602
Program studi : PGSD
Dari tayangan video tersebut, saya berpendapat bahwa guru sudah melakukan apersepsi dengan baik, dan ketika melakukan kegiatan pembelajaran guru juga menggunakan media pembelajaran yang bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
Saat menjelaskan konsep pembagian guru sudah melakukannya dengan baik dengan melibatkan siswa, sehingga siswa mendapat pengalaman langsung dalam belajar memahami konsep pembagian. Dari kegiatan tersebut akhirnya siswa dapat menyimpulkan tentang konsep pembagian.
Namun saran saya, sebaiknya dalam pembelajaran tersebut guru bisa menggunakan beberapa contoh soal dan media lain, sehingga dapat menguatkan pemahaman dan penanaman makna konsep pembagian pada siswa.
Demikian pendapat saya. Terima kasih. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama :Siti Rochchosnul Chotimah
Nim : 857077602
Program studi : PGSD
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Dari tayangan video tersebut, saya berpendapat bahwa guru sudah melakukan apersepsi dengan baik, dan ketika melakukan kegiatan pembelajaran guru juga menggunakan media pembelajaran yang bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
Saat menjelaskan konsep pembagian guru sudah melakukannya dengan baik dengan melibatkan siswa, sehingga siswa mendapat pengalaman langsung dalam belajar memahami konsep pembagian. Dari kegiatan tersebut akhirnya siswa dapat menyimpulkan tentang konsep pembagian.
Namun saran saya, sebaiknya dalam pembelajaran tersebut guru bisa menggunakan beberapa contoh soal dan media lain, sehingga dapat menguatkan pemahaman dan penanaman makna konsep pembagian pada siswa.
Demikian pendapat saya. Terima kasih. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Syaimih
NIM : 825955956
Prodi : S1-PGSD
Izin menanggapi vidio tersebut.
Setelah melihat video pembelajaran tersebut menurut saya, proses pembelajaran sudah bagus dimana siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Contoh yang diberikan pun mengambil dari keseharian anak-anak yang disertai dengan penjelasan materi dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami anak. Guru juga memberi kesempatan anak untuk mempraktikan langsung pembagian dengan media benda konkrit sehingga mudah di pahami anak. Guru juga sudah memberikan kata kata validasi atau pujian atas keberanian anak menjawab dan maju kedepan kelas.
Namun, dalam pembelajaran tersebut guru belum memberikan apresepsi dan tujuan awal pembelajaran membahas konsep pembagian serta mengingat materi pembelajaran sebelumnya. Serta, belum adanya variasi pertanyaan soal cerita pendek untuk anak-anak. Siswa juga belum diberikan kesempatan untuk bertanya kepada guru mengenai materinya.
Nama: Feby Syahrani Dmk
NIM. : 856029551
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Rantauprapat
1. Bagaimana reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawab: Menurut pendapat/ analisis saya untuk reaksi siswa dalam video tersebut sebagian besar siswa bersemangat fokus dan merasa tertarik untuk belajar. Namun ada sebagian kecil siswa yang kelihatannya kurang bersemangat, kurang fokus dan tidak merasa tertarik dengan pembelajaran. Kemungkinan dikarenakan faktor internal anak tersebut atau faktor eksternal di sekelilingnya.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab: Menurut pendapat atau analisis saya terkait video tersebut untuk kelemahan guru secara keseluruha dalam pembelajaran, pembelajaran tidak dimulai dengan kegiatan doa dan kegiatan-kegiatan pemicu semangat lainnya seperti menyanyikan lagu nasional dan kegiatan ice breaking lainnya agar menambah semangat siswa.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab: Menurut analisis terkait kelebihan guru yang di tampilkan dalam video tersebut dalam melakukan pembelajaran guru sudah menjelaskan konsep pemahaman pembagian kepada siswa dengan baik yaitu dengan mengaitkannya kepada kehidupan sehari-hari siswa dan menggunakan media pembelajaran yang menarik yaitu menggunakan kelereng, sehingga siswa lebih mudah memahami konsep pembagian.
4. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya!
Jawab: Upaya yang dapat diusulkan untuk kedepannya ialah guru dapat memulai pembelajaran dengan kegiatan mengucapkan salam, kemudian kegiatan melaksanakan doa dan melakukan kegiatan-kegiatan pemicu semangat lainnya sehingga siswa lebih semangat lagi dalam belajar dan dengan mudah menyerap pembelajaran.
Nama: Raudhatul Jannah Nst
NIM. : 856045176
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Binjai
mapel : Matematika ( Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian )
1. Bagaimana reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawab: Menurut pendapat/ analisis saya untuk reaksi siswa dalam video tersebut sebagian besar siswa bersemangat fokus dan merasa tertarik untuk belajar. Namun ada sebagian kecil siswa yang kelihatannya kurang bersemangat, kurang fokus dan tidak merasa tertarik dengan pembelajaran. Kemungkinan dikarenakan faktor internal anak tersebut atau faktor eksternal di sekelilingnya.dan guru didalam vidio tersebut Cuma hanya menanyakan ke murid yang tertentu saja sehingga kelas menjadi kurang aktif dalam pembelajaran tersebut.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab: Menurut pendapat atau analisis saya terkait video tersebut untuk kelemahan guru secara keseluruha dalam pembelajaran, pembelajaran tidak dimulai dengan kegiatan doa dan kegiatan-kegiatan pemicu semangat lainnya seperti menyanyikan lagu nasional dan kegiatan ice breaking lainnya agar menambah semangat siswa. Sehingga guru terlalu monoton dalam mengajar, dan kelas tidak terlalu aktif.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab: Menurut analisis terkait kelebihan guru yang di tampilkan dalam video tersebut dalam melakukan pembelajaran guru sudah menjelaskan konsep pemahaman pembagian kepada siswa dengan baik yaitu dengan mengaitkannya kepada kehidupan sehari-hari siswa dan menggunakan media pembelajaran yang menarik yaitu menggunakan kelereng dan gelas, sehingga siswa lebih mudah memahami konsep pembagian.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam vidio tersebutdari guru saat melaksanakann pembelajaran?
Jawab : Menurut saya hal yang unik di dalam vidio pembelajaran adalah media pembelajarannya yang menggunakan gelas dan kelereng sehingga anak dapat memahami pembelajaran tersebut.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya!
Jawab: Upaya yang dapat diusulkan untuk kedepannya ialah guru dapat memulai pembelajaran dengan kegiatan mengucapkan salam, kemudian kegiatan melaksanakan doa dan melakukan kegiatan-kegiatan pemicu semangat lainnya sehingga siswa lebih semangat lagi dalam belajar dan dengan mudah menyerap pembelajaran.
Nama : Ambarwati
NIM : 857846619
Prodi : S1-PGSD
Menurut pendapat saya tentang video di atas adalah sudah bagus. Pemaparan materi sangat jelas dan menggunakan alat peraga sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi pembelajaran yang dipelajari. Akan tetapi untuk apersepsinya kurang lengkap karena tidak diawali dengan berdoa dan penyampaian tujuan pembelajaran pada saat awal dilakukan pembelajaran.
Di dalam proses pembelajaran tersebut, ada sebagian siswa yang mengikuti pembelajaran dengan tidak semangat. Ada yang menyandarkan kepala dimeja, beraktivitas sendiri di tempat duduknya. Hal tersebut menunjukkan bahwa praktek dengan alat peraga tersebut tidak dirasakan oleh semua murid. Akibatnya siswa kurang antusias.
Nama : Ambarwati
NIM : 857846619
Prodi : S1-PGSD
Menurut pendapat saya tentang video di atas adalah sudah bagus. Pemaparan materi sangat jelas dan menggunakan alat peraga sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi pembelajaran yang dipelajari. Akan tetapi untuk apersepsinya kurang lengkap karena tidak diawali dengan berdoa dan penyampaian tujuan pembelajaran pada saat awal dilakukan pembelajaran. Di dalam proses pembelajaran tersebut, ada sebagian siswa yang mengikuti pembelajaran dengan tidak semangat. Ada yang menyandarkan kepala dimeja, beraktivitas sendiri di tempat duduknya. Hal tersebut menunjukkan bahwa praktek dengan alat peraga tersebut tidak dirasakan oleh semua murid. Akibatnya siswa kurang antusias.
NAMA : LENI ZULYANI
NIM : 856975898
PRODI : PGSD-S1
POKJAR : KOTAAGUNG KAB.TANGGAMUS
UPBJJ : UT BANDAR LAMPUNG
Pendapat saya :
Dalam video pembelajaran yang saya amati sudah sangat bagus. Karena, menggunakan media pembelajaran yang sederhana namun mudah dipahami.
Akan tetapi, guru tidak melakukan apersepsi dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran di awal kegiatan.
Guru hanya menjelaskan saja tanpa disertai pemberian tugas sebagai bentuk evaluasi.
Secara keseluruhan pembelajaran pada video tersebut sudah baik.
Tetapi ada beberapa siswa yang kurang bersemangat dan tidak memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru tersebut.
sebaiknya Guru memberikan motivasi kepada peserta didik supaya siswa kembali semangat dalam mengikuti pembelajaran.Kemudian dalam memberikan media pembelajaran sebaiknya guru membagi kelompok supaya semua siswa dapat aktif di saat pembelajaran berlangsung. Sehingga guru dapat mengetahui mana siswa yang aktif dalam pembelajaran dan mana siswa yang kurang aktif atau belum mengerti dengan konsep pembagian tersebut.