silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.

Toto Fathoni

Dari tayangan video ini dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.

2. Guru menyuruh siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA” , dari perintah guru tersebut tidak dijelaskan halaman berapa, materinya apa. Bahkan samapai pembelajaran berakhir buku IPA tadi nampak tidak digunakan. Dan nampak janggal karena begitu siswa disuruh untuk membuka buku IPA, sedangkan siswa baru bergerak akan mengambil buku IPA nya, (siswa belum mengambil buku IPA dan belum membukanya), guru langsung meminta kepada siswa lagi :”Sebentar, sekarang dengarkan penjelasan bu guru. Guru langsung ceramah menjelaskan tentang, alam milik kita, kalau tidak dipelihara akan bagaimana dan sebagainya, kalau tidak dipelihara bagaimana. Sampai dengan brain storming tentang apa akibatnya kalau hutan yang sangat luas ini tidak dipelihara. Sampai dengan berakhirnya brain storming tentang akibat kerusakan hutan guru belum  atau tidak menggunakan Flip Chart.

3. “Bagaimana solusinya?’ Dijelaskan bahwa dapat menggunakan flip chart. Di sini juga nampak bahwa, bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.

4. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.

5. Nampak dalam video ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.

6. Kalau diamati justru kelasnya lebih hidup pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart, pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.

Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih masalah yang dihadapi saat siswa tidak menggunakan flip chart dan setelah siswa menggunakan flip chart.

Herawati, M.Pd.

Similar Posts

364 Comments

  1. Nama: Ulya Meidyastuti
    NIM: 877314444

    Pengamatan pada Guru:
    1. Belum belum membuka kelas dengan presensi dan berdoa dengan kepercayaan masing-masing
    2. Belum menginformasikan tujuan pembelajaran kepada siswa
    3. Review materi sebelumnya sebagai pemantik atau keterkaitan materi belum disampaikan
    4. Pemberian motivasi oleh guru masih belum dilakukan
    5. Penjelasan materi menggunakan teknik ceramah dengan tanpa media, mengurangi fokus siswa terhadap pembelajaran
    6. Ketika guru mengajukan pertanyaan disusul dengan siswa menjawab, siswa belum mendapatkan apresiasi akan keberaniannya menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat dari guru.
    7. Kemampuan berpikir kritis siswa masih perlu diolah kembali, terlihat ketika guru mengajukan pertanyaan dengan materi baru, siswa belum ada yang memberanikan diri menyampaikan jawaban.
    8. Desain flip chart alangkah baiknya dapat ditampilkan dengan lebih beragam dan menarik, tidak hanya gambar saja sehingga lebih mudah menarik atensi dan minat siswa terhadap pembelajaran.

  2. Nama: Ulya Meidyastuti
    NIM: 877314444

    Pengamatan pada Guru:
    1. Belum belum membuka kelas dengan presensi dan berdoa dengan kepercayaan masing-masing
    2. Belum menginformasikan tujuan pembelajaran kepada siswa
    3. Review materi sebelumnya sebagai pemantik atau keterkaitan materi belum disampaikan
    4. Pemberian motivasi oleh guru masih belum dilakukan
    5. Penjelasan materi menggunakan teknik ceramah dengan tanpa media, mengurangi fokus siswa terhadap pembelajaran
    6. Ketika guru mengajukan pertanyaan disusul dengan siswa menjawab, siswa belum mendapatkan apresiasi akan keberaniannya menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat dari guru.
    7. Kemampuan berpikir kritis siswa masih perlu diolah kembali, terlihat ketika guru mengajukan pertanyaan dengan materi baru, siswa belum ada yang memberanikan diri menyampaikan jawaban.
    8. Desain flip chart alangkah baiknya dapat ditampilkan dengan lebih beragam dan menarik, tidak hanya gambar saja sehingga lebih mudah menarik atensi dan minat siswa terhadap pembelajaran.
    9. Keaktifan siswa dan kemampuan mengajukan pertanyaan siswa masih perlu ditingkatkan kembali.
    10. Belum dilakukan pemberian evaluasi pembelajaran untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan.

  3. Nama : Kinanti Tri Wardani
    Nim : 858876424
    UPBJJ : Malang

    Berdasarkan dari video tersebut penggunaan media flip chart cukup membuat anak-anak tertarik untuk belajar kerusakan lingkungan. Guru dapat mengkondisikan kelas dilihat dari peserta didik yang terfokus pada ibu guru. Guru melibatkan peserta didik dalam menjelaskan materi. Namun terdapat beberapa kekurangan dari video pembelajaran. :
    1. Guru terburu-buru masuk ke materi. Seharusnya guru memberikan awalan pembelajaran dengan berdoa, mengabsen kehadiran siswa, mengulas kembali materi pertemuan sebelumnya dan menyapaikan tujuan pembelajaran
    2. Guru kurang maksimal ketika menjelaskan materi dengan flip chart, dimana hanya menjelaskan sekilas saja dan terlalu cepat membuka flip chart.
    3. Pada bagian akhir pembelajaran guru tidak melakukan evaluasi selama proses pembelajaran berlangsung. Tidak memberikan kesimpulan, motivasi belajar dan salam

  4. Nama : Dita Ghean Safira Mulya
    Nim : 855741063
    Semester/kelas : 6c
    Upbjj : Bandar Lampung
    Pokjar : Sidomulyo
    (Video Eksak)
    Disini saya akan mencoba untuk memberikan komentar mengenai video yang berjudul Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD. Disini ada beberapa hal yang akan saya bahas yaitu reaksi siswa, kelemahan, kelebihan, keunikan serta solusi untuk permasalahan di dalam video
    1. Reaksi siswa dalam video sangat antusias dalam mengikuti pelajaran, mereka memperhatikan apa yang di jelaskan oleh guru.
    2. Kelemahan, dalam video tersebut terlihat guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga terlihat anak sussh mengerti apa yang di jelaskan oleh guru.
    3. Kelebihan, walaupun guru tidak menggunakan media pembelajaran namun ada beberapa siswa yang bisa menjawab pertanyaan dari guru tersebut, hanya dengan mendengarkan dan membayangkan bagaimana gambaran proses peristiwa alam.
    4. Solusi, sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran agar siswa dapat lebih memahami apa yang dijelaskan oleh guru, jadi siswa tidak hanya membayangkan pelajaran namun dia bisa melihat langsung apa yang sedang di jelaskan.
    Terima Kasih

  5. Nama : Oktavia Manda
    Nim : 858071518
    Semester : 6
    Mata kuliah: PKM-PGSD

    Hasil analisis saya terhadap video pembelajaran tersebut adalah sudah ada keterampilan dalam membuka pelajaran, sudah memberikan penguatan, adanya interaksi 2 arah antara guru dan siswa dan adanya variasi dalam kegiatan pembelajaran. Pada pembelajaran tersebut guru sudah mengembangkan media pembelajaran sederhana flip chart dalam menjelaskan materi proses peristiwa alam. Dengan adanya media flip chart, guru dapat menjelaskan proses peristiwa alam seperti gunung meletus, longsor, banjir dan tsunami untuk menghemat waktu dan ruang. Media pembelajaran tersebut digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan membuat pembelajaran menjadi efektif serta efisien. Kelemahan video pembelajaran ini adalah pada saat diawal tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, tidak ada presensi dan tidak ada kegiatan menutup pembelajaran. Solusi yang saya berikan adalah sebelum memulai pembelajaran sebaiknya melakukan ice breaking terlebih dahulu agar siswa semangat dalam pembelajaran dan memberikan kesan yang menyenangkan sehingga siswa dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dan fokus.

  6. Nama : SHAFNA KINASIH
    Nim : 856470189
    UPBJJ : PEKANBARU
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Dari video yang saya amati
    yaitu anak terlihat antusias mendengarkan penjelasan dari guru yaitu tentang peristiwa yang terjadi di alam, akan tetapi mereka masih membayangkan bagaimana peristiwa alam itu terjadi, sebab akibat dari peristiwa alam itu terjadi, tetapi dengan guru menggunakan alat peraga flip chart siswa dengan mudah melihat dan memahami seperti apa peristiwa alam itu terjadi walau hanya dengan gambar, terlihat anak lebih termotivasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang peristiwa alam.
    Kelebihan pengguanaan media flip chart
    Yang pertama dalam penyampaian pesan menggunakan flip chart lebih singkat dan efisien. Siswa juga mengetahui kegunaan flip chart dalammedia pembelajaran.
    Kekurangan penggunaan flip chart
    Pertama hanya sebatas gambar, informasi yang didapat siswa juga terbatas. dan guru sedikit kesulitan ketika menjelaskan
    Yang harus dilakukan guru
    Guru tersebut harus lebih lengkap lagi dalam menyampaikan materi dan menjelaskan kembali dari flip chart yang ia tampilkan.
    Cukup sekian dari saya
    Mohon maaf jika masih kurang.
    Wassalamualaikum Wr.wb

  7. Nama : Komariah
    NIM : 858815846
    UPBJJ : Malang

    Menurut saya dalam video pembelajaran tersebut siswa terlihat antusias dan mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Guru juga melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dengan mengajukan beberapa pertanyaan dan dijawab oleh siswa. Dalam pembelajaran tersebut guru juga sudah menggunakan media pembelajaran sehingga siswa mudah untuk memahami materi tersebut. Hanya saja dalam video pembelajaran tersebut guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan tidak ada tugas setelah materi disampaikan untuk mengetahui bahwa siswa benar-benar paham dengan materi yang disampaikan.

  8. Nama : Sitti Maryam
    Nim. : 859407699
    Upbbj. : UT Makassar
    Pokjar. : Luwu Timur

    ▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Dari tayangan video yang saya amati. Di awal video sebagian besar reaksi anak-anak cukup aktif terhadap pertanyaan-pertanyaan mudah yang guru ajukan, dan ada juga yang terlihat bingung. Namun saat guru menanyakan proses terjadi nya longsor, banjir dan tsunami.semua siswa tidak mengetahui hal tersebut. Jadi reaksi video tersebut siswa cukup aktif. Namun karena guru kurang mampu dalam memanfaatkan media dalam kegiatan pembelajaran.akhinya siswa bingung dalam memahami apa yang mereka pelajari
    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    1. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai Namun hanya menyampaikan judul yang akan di pelajari.
    2. Di awal video Guru tidak Memanfaatkan Media pembelajaran secara efektif dan efisien.
    3. Guru Mengulang-ulang perkataan yang sama. (“Harus dijaga dan di lestarikan dengan baik -baik, apabila menggunakan dan di memanfaatkan sebaik-baiknya….”). Sehingga penjelasan guru tersebut cenderung berbelit-belit.

    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    1.Melakukan barain storming
    2.Menjelaskan dengan Suara yang jelas dan mengimajinasikan dengan gerakan isyarat tangan.
    3. Tanggap dalam merespon dan mengapresiasikan siswanya.
    ▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    1. Ternyata Memanfaatkan media pembelajaran itu sangat penting dalam proses belajar mengajar.
    2. Dalam pembelajaran isyarat gerakan tangan dapat membangkitkan imajinasi siswa terhadap materi yang disampaikan.
    3. Brain storming dapat mengaktifkan siswa di dalam kelas

    ▪ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya, sebaiknya guru lebih aktif dalam memanfaatkan media pembelajaran di sekitarnya, bukan hanya menggunakan metode ceramah dan isyarat gerakan tangan saja. Namun dengan memanfaatkan spidol dan papan tulis ataupun gambar-gambar,guru dan dapat menjelaskan secara efektif dan efisien

  9. Nama : Komariah
    NIM : 858815846
    UPBJJ : Malang

    Menurut saya dalam video pembelajaran tersebut siswa terlihat antusias dan mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Guru juga melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dengan mengajukan beberapa pertanyaan dan dijawab oleh siswa. Dalam pembelajaran tersebut guru juga sudah menggunakan media pembelajaran sehingga siswa mudah untuk memahami materi tersebut. Hanya saja dalam video pembelajaran tersebut guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan tidak ada tugas setelah materi disampaikan untuk mengetahui bahwa siswa benar-benar paham dengan materi yang disampaikan.

  10. Nama : Sitti Maryam
    NIM. :859407699
    Prodi :PGSD
    Upbjj. :UT Makassar
    Pokjar. :Luwu Timur

    ▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Dari tayangan video yang saya amati. Di awal video sebagian besar reaksi anak-anak cukup aktif terhadap pertanyaan-pertanyaan mudah yang guru ajukan, dan ada juga yang terlihat bingung. Namun saat guru menanyakan proses terjadi nya longsor, banjir dan tsunami.semua siswa tidak mengetahui hal tersebut. Jadi reaksi video tersebut siswa cukup aktif. Namun karena guru kurang mampu dalam memanfaatkan media dalam kegiatan pembelajaran.akhinya siswa bingung dalam memahami apa yang mereka pelajari
    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    1. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai Namun hanya menyampaikan judul yang akan di pelajari.
    2. Di awal video Guru tidak Memanfaatkan Media pembelajaran secara efektif dan efisien.
    3. Guru Mengulang-ulang perkataan yang sama. (“Harus dijaga dan di lestarikan dengan baik -baik, apabila menggunakan dan di memanfaatkan sebaik-baiknya….”). Sehingga penjelasan guru tersebut cenderung berbelit-belit.

    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    1.Melakukan barain storming
    2.Menjelaskan dengan Suara yang jelas dan mengimajinasikan dengan gerakan isyarat tangan.
    3. Tanggap dalam merespon dan mengapresiasikan siswanya.
    ▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    1. Ternyata Memanfaatkan media pembelajaran itu sangat penting dalam proses belajar mengajar.
    2. Dalam pembelajaran isyarat gerakan tangan dapat membangkitkan imajinasi siswa terhadap materi yang disampaikan.
    3. Brain storming dapat mengaktifkan siswa di dalam kelas

    ▪ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya, sebaiknya guru lebih aktif dalam memanfaatkan media pembelajaran di sekitarnya, bukan hanya menggunakan metode ceramah dan isyarat gerakan tangan saja. Namun dengan memanfaatkan spidol dan papan tulis ataupun gambar-gambar,guru dan dapat menjelaskan secara efektif dan efisien

Leave a Reply