silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.

Toto Fathoni

Dari tayangan video ini dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.

2. Guru menyuruh siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA” , dari perintah guru tersebut tidak dijelaskan halaman berapa, materinya apa. Bahkan samapai pembelajaran berakhir buku IPA tadi nampak tidak digunakan. Dan nampak janggal karena begitu siswa disuruh untuk membuka buku IPA, sedangkan siswa baru bergerak akan mengambil buku IPA nya, (siswa belum mengambil buku IPA dan belum membukanya), guru langsung meminta kepada siswa lagi :”Sebentar, sekarang dengarkan penjelasan bu guru. Guru langsung ceramah menjelaskan tentang, alam milik kita, kalau tidak dipelihara akan bagaimana dan sebagainya, kalau tidak dipelihara bagaimana. Sampai dengan brain storming tentang apa akibatnya kalau hutan yang sangat luas ini tidak dipelihara. Sampai dengan berakhirnya brain storming tentang akibat kerusakan hutan guru belum  atau tidak menggunakan Flip Chart.

3. “Bagaimana solusinya?’ Dijelaskan bahwa dapat menggunakan flip chart. Di sini juga nampak bahwa, bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.

4. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.

5. Nampak dalam video ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.

6. Kalau diamati justru kelasnya lebih hidup pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart, pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.

Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih masalah yang dihadapi saat siswa tidak menggunakan flip chart dan setelah siswa menggunakan flip chart.

Herawati, M.Pd.

Similar Posts

364 Comments

  1. Nama : JUEVANISKE HELDYANA PAMUTRI
    Nim : 857131595
    UPBJJ : POKJAR KALIDERES

    Dari video yang sudah saya lihat dan amati, saya dapat menyampaikan :
    Kelebihan :
    Dalam video tersebut penggunaan media yang digunakan guru sudah tepat yaitu dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart. Dalam video tersebut guru juga sudah menguasai materi dengan baik sehingga mudah dipahami oleh siswanya. Guru tanggap dalam merespon dan mengapresiasi siswanya, guru juga menjelaskan dengan suara yang jelas.

    Kekurangan:
    Dalam video tersebut terdapat beberapa kekurangan yaitu, Di awal pembukaan guru tidak melakukan apersepsi, guru juga tidak menyampaikan tentang apa tujuan yang akan dicapai dalam proses pembelajaran. Guru hanya menyampaikan tentang materi atau pokok bahasan yang akan dipelajari. Kemudian, guru menyuruh siswa untuk mengeluarkan buku tetapi saya lihat sampai di akhir pembelajaran atau diakhir video buku yang dikeluarkan tidak dipakai sama sekali. Selanjutnya didalam menjelaskan bagaimana proses terjadinya suatu peristiwa alam tersebut dengan menggunakan media flip chart guru terlihat sangat terburu-buru atau terlalu cepat dalam menjelaskannya.

    Menurut saya, untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran sebaiknya guru lebih aktif dalam memanfaatkan media pembelajaran di sekitarnya. Guru perlu memperbaiki penguasaan kelasnya, karena saat menjelaskan terlihat guru hanya fokus mengajar di kelas dan hanya sedikit berinteraksi dengan kelompok yang berada di belakang. Selanjutnya guru juga perlu memperbaiki cara membuka pembelajaran dikelas agar siswa lebih semangat dalam memulai pembelajaran dan memotivasi siswa agar lebih siap dalam mengikuti pelajaran, contonya seperti melalukan ice breaking terlebih dahulu.

  2. Dari video pembelajaran yang telah saya tonton maka
    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru adalah anak cenderung pasif karena guru banyak menjelaskan sedangkan siswa hanya mendengarkan.
    2. Guru tidak menggunakan media diawal pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi tidak konkret.
    3. Guru yang mengajar sangat bersemangat dan suara jelas ketika menjelaskan.

  3. Nama Selvidayanti Zega
    Nim : 856026019
    Pokjar Idanogawo
    Dari video yang telah saya tonton maka di jelaskan bahwa:
    1. Pada awal pembelajaran guru tidak memberitahu apa tujuan pembelajaran yang akan di tempuh
    2. Guru lebih banyak menjelaskan sehingga siswa hanya sebagai pendengar
    3. Guru tidak menggunakan media di awal pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi tidak konkret
    4. Penggunaan media sederhana berbentuk flip chart dapat membuat siswa untuk dapat mengetahui bagaimana peristiwa peristiwa alam yang terjadi

  4. Nama : indah Jihan Fadila
    Nim : 856468562
    Pokjar : Batam

    Dalam video tersebut guru menggunakan flip chart dan media pembelajaran itu sangat penting dalam proses mengajar dan membuat pembelajaran sangat efisien dan dalam video tersebut guru sangat menguasai pembelajaran sehingga penyampaian guru dapat mudah di pahami oleh siswa dan dapat membuat siswa lebih aktif

  5. Yang saya lihat dari video ini saya dapat menyampaikan yaitu:
    Kelebihan :
    Dalam video tersebut penggunaan media yang digunakan oleh guru sudah tepat dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart. Dalam video tersebut guru juga sudah menguasai materi dengan baik sehingga mudah dipahami oleh siswanya. Guru sangat cepat dalam merespon dan mengapresiasi siswanya, guru juga menjelaskan dengan suara yang jelas dan tepat.

    Kekurangan:
    Dalam video tersebut terdapat beberapa kekurangan yaitu, Di awal pembukaan guru tidak melakukan apersepsi, guru juga tidak menyampaikan tentang apa tujuan yang akan dicapai dalam proses pembelajaran. Guru hanya menyampaikan tentang materi atau pokok bahasan yang akan dipelajari. Kemudian, guru menyuruh siswa untuk mengeluarkan buku tetapi saya lihat sampai di akhir pembelajaran atau diakhir video buku yang dikeluarkan tidak dipakai sama sekali. Selanjutnya didalamnya menjelaskan bagaimana proses terjadinya suatu peristiwa alam tersebut dengan menggunakan media flip chart guru terlihat sangat terburu-buru atau terlalu cepat dalam menjelaskannya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran sebaiknya yaitau guru lebih aktif dalam memanfaatkan media pembelajaran di sekitar. Guru perlu memperbaiki penguasaan kelasnya, karena saat menjelaskan terlihat guru hanya fokus mengajar di kelas dan hanya sedikit berinteraksi dengan kelompok yang berada di belakang. Selanjutnya guru juga perlu memperbaiki cara membuka pembelajaran dikelas agar siswa lebih bersemangat dalam memulai dan memotivasi siswa agar lebih siap dalam mengikuti pembelajaran, contonya seperti melalukan icebreaking terlebih dahulu.

  6. Berdasarkan video dengan judul pemanfaatan media sederhana berbentuk flip chart untuk menjelaskan proses dan peristiwa -peristiwa alam yang terjadi di Indonesia pada pembelajaran IPA di SD”
    Guru tidak melakukan berdoa bersama, dan tidak mengabsensi kehadiran siswa. Serta tidak mengapresiasi serta memotivasi siswa sebelum memulai pembelajaran dengan kata lain guru tersebut melewat awal pembelajaran yang penting untuk masuk proses pembelajaran selanjutnyaya. Guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai guru hanya menyuruh siswa untuk mengeluarkan buku IPA dan tidak menyebutkan halamannya dan langsung pada metode ceramah yang dimana hal ini akan membuat anak-anak sangat kebingungan. lalu pada bagian inti pembelajaran bisa ditambahkan mengenai penjelasan proses apa yang terjadi ketika kebakaran hutan yang dijelaskan oleh alat peraga flip chart, di video hanya melihat sekilas saja penjelasan mengenai bencana alam sementara guru terlalu cepat membuka lembar flip chart.Guru kurang terampil dalam menyampaikan materi melalui media flip chart, sebaiknya guru menyampaikan materi yang diajarkan sesuai dengan media/metode yang digunakan.

  7. Berdasarkan video dengan judul pemanfaatan media sederhana berbentuk flip chart untuk menjelaskan proses dan peristiwa -peristiwa alam yang terjadi di Indonesia pada pembelajaran ini. Guru tidak melakukan berdoa bersama, dan tidak mengabsensi kehadiran siswa. Serta tidak mengapresiasi serta memotivasi siswa sebelum memulai pembelajaran dengan kata lain guru tersebut melewat awal pembelajaran yang penting untuk masuk proses pembelajaran selanjutnyaya. Guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai guru hanya menyuruh siswa untuk mengeluarkan buku IPA dan tidak menyebutkan halamannya dan langsung pada metode ceramah yang dimana hal ini akan membuat anak-anak sangat kebingungan. lalu pada bagian inti pembelajaran bisa ditambahkan mengenai penjelasan proses apa yang terjadi ketika kebakaran hutan yang dijelaskan oleh alat peraga flip chart, di video hanya melihat sekilas saja penjelasan mengenai bencana alam sementara guru terlalu cepat membuka lembar flip chart.Guru kurang terampil dalam menyampaikan materi melalui media flip chart, sebaiknya guru menyampaikan materi yang diajarkan sesuai dengan media/metode yang digunakan.

  8. Dalam vidio pertama saya lihat pada mata pelajaran IPA di SD adalah sebagai berikut:
    ▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    1. Guru tidak menyampaikan salam pembuka dengan berdoa atau menanyakan kabar
    2. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai Namun hanya menyampaikan judul yang akan di pelajari.
    3. Guru Mengulang-ulang perkataan yang sama. (“Harus dijaga dan di lestarikan dengan baik -baik, apabila menggunakan dan di memanfaatkan sebaik-baiknya….”). Sehingga penjelasan guru tersebut cenderung berbelit-belit.

    Menurut saya, untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran sebaiknya guru lebih aktif dalam memanfaatkan media pembelajaran di sekitarnya. Guru perlu memperbaiki penguasaan kelasnya, karena saat menjelaskan terlihat guru hanya fokus mengajar di kelas dan hanya sedikit berinteraksi dengan kelompok yang berada di belakang. Selanjutnya guru juga perlu memperbaiki cara membuka pembelajaran dikelas agar siswa lebih semangat dalam memulai pembelajaran dan memotivasi siswa agar lebih siap dalam mengikuti pelajaran, contonya seperti melalukan ice breaking terlebih dahulu agar para murid lebih semangat dan lebih aktif.

  9. Berdasarkan dari video tersebut penggunaan media flip chart cukup membuat anak-anak tertarik untuk belajar kerusakan lingkungan. Guru dapat mengkondisikan kelas dilihat dari peserta didik yang terfokus pada ibu guru. Guru melibatkan peserta didik dalam menjelaskan materi. Namun terdapat beberapa kekurangan dari video

    1.Reaksi siswa dalam video sangat antusias dalam mengikuti pelajaran, mereka memperhatikan apa yang di jelaskan oleh guru.

    2. Kelemahan, dalam video tersebut terlihat guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga terlihat anak sussh mengerti apa yang di jelaskan oleh guru.

    3. Kelebihan, walaupun guru tidak menggunakan media pembelajaran namun ada beberapa siswa yang bisa menjawab pertanyaan dari guru tersebut, hanya dengan mendengarkan dan membayangkan bagaimana gambaran proses peristiwa alam.

    4. Solusi, sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran agar siswa dapat lebih memahami apa yang dijelaskan oleh guru, jadi siswa tidak hanya membayangkan pelajaran namun dia bisa melihat langsung apa yang sedang di jelaskan.

  10. NAMA:RIA LARAS SATI
    NIM :856976678
    UPBJJ:BANDAR LAMPUNG
    POKJA:KOTA AGUNG
    dari tayangan vidio yang saya amati adalah
    Kelemahan pembelajaran dari vidio tersebut
    1. Guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran dengan baik dan kondusif tidak adanya penyampaian kepada siswa tentang tujuan pembelajaran hanyalah judul yang disampaikan dengan guru tersebut
    2. Guru tidak memanfaatkan alat pembelajaran dengan baik sehingga anak-anak kurang memahami materi yang disampaikan.
    Kelebihan dari pembelajaran vidio diatas
    1. Giru Menerangkan materi dengan metode ceramah dengan suara jelas
    2. Menggunakan pembelajaran dengan brainstorming membuat Siswa lebih memahami pembelajaran.
    Solusi nya
    Dari kelemahan dan kelebihan guru dalam video pembelajaran di atas seharusnya guru lebih aktif kembali dalam menggunakan media misal seperti media flip chart bisa juga dengan media yang lainnya yang ada di sekitar lingkungan pembelajaran, dan carilah media pembelajaran yang membuat Siswa lebih memahami dan membuat Siswa lebih fokus dalam pembelajaran, sebelum memulai pembelajaran seharusnya guru terlebih dahulu menjelaskan kepada siswa tata cara menggunakan metode flip chart, Sehingga dalam materi belajar siswa sudah mampu menggunakan media tersebut.

Leave a Reply