silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.

Toto Fathoni

Dari tayangan video ini dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.

2. Guru menyuruh siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA” , dari perintah guru tersebut tidak dijelaskan halaman berapa, materinya apa. Bahkan samapai pembelajaran berakhir buku IPA tadi nampak tidak digunakan. Dan nampak janggal karena begitu siswa disuruh untuk membuka buku IPA, sedangkan siswa baru bergerak akan mengambil buku IPA nya, (siswa belum mengambil buku IPA dan belum membukanya), guru langsung meminta kepada siswa lagi :”Sebentar, sekarang dengarkan penjelasan bu guru. Guru langsung ceramah menjelaskan tentang, alam milik kita, kalau tidak dipelihara akan bagaimana dan sebagainya, kalau tidak dipelihara bagaimana. Sampai dengan brain storming tentang apa akibatnya kalau hutan yang sangat luas ini tidak dipelihara. Sampai dengan berakhirnya brain storming tentang akibat kerusakan hutan guru belum  atau tidak menggunakan Flip Chart.

3. “Bagaimana solusinya?’ Dijelaskan bahwa dapat menggunakan flip chart. Di sini juga nampak bahwa, bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.

4. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.

5. Nampak dalam video ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.

6. Kalau diamati justru kelasnya lebih hidup pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart, pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.

Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih masalah yang dihadapi saat siswa tidak menggunakan flip chart dan setelah siswa menggunakan flip chart.

Herawati, M.Pd.

Similar Posts

317 Comments

  1. NAMA: ANIS FADILA RIZKI
    NIM :856972172
    UPBJJ:BANDAR LAMPUNG
    POKJAR : AMBARAWA

    Dari tayangan Vidio yang saya amati
    Kelemahan pembelajaran dari vidio tersebut
    1.Siswa Kurang berpartisipasi pada kegiatan tersebut, dan siswa cenderung
    2.Guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran dengan baik dan kondusif tidak adanya penyampaian kepada siswa tentang tujuan pembelajaran hanyalah judul yang disampaikan dengan guru tersebut
    3. Guru tidak memanfaatkan alat pembelajaran dengan baik sehingga anak-anak kurang memahami materi yang disampaikan.

    Kelebihan dari pembelajaran vidio diatas
    1. Giru Menerangkan materi dengan metode ceramah dengan suara jelas
    2. Menggunakan pembelajaran dengan brainstorming membuat Siswa lebih memahami pembelajaran.
    Solusi nya
    Dari kelemahan dan kelebihan guru dalam video pembelajaran di atas seharusnya guru lebih aktif kembali dalam menggunakan media misal seperti media flip chart bisa juga dengan media yang lainnya yang ada di sekitar lingkungan pembelajaran, dan carilah media pembelajaran yang membuat Siswa lebih memahami dan membuat Siswa lebih fokus dalam pembelajaran, sebelum memulai pembelajaran seharusnya guru terlebih dahulu menjelaskan kepada siswa tata cara menggunakan metode flip chart, Sehingga dalam materi belajar siswa sudah mampu menggunakan media tersebut.

  2. Nama : SUSI SUSANTI LAOLI
    NIM : 855856266
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ : MEDAN
    Pokjar : IDANOGAWO

    dari tayangan vidio yang saya amati adalah
    Kelemahan pembelajaran dari vidio tersebut
    1. Guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran dengan baik dan kondusif tidak adanya penyampaian kepada siswa tentang tujuan pembelajaran hanyalah judul yang disampaikan dengan guru tersebut
    2. Guru tidak memanfaatkan alat pembelajaran dengan baik sehingga anak-anak kurang memahami materi yang disampaikan.
    Kelebihan dari pembelajaran vidio diatas
    1. Giru Menerangkan materi dengan metode ceramah dengan suara jelas
    2. Menggunakan pembelajaran dengan brainstorming membuat Siswa lebih memahami pembelajaran.
    Solusi nya
    Dari kelemahan dan kelebihan guru dalam video pembelajaran di atas seharusnya guru lebih aktif kembali dalam menggunakan media misal seperti media flip chart bisa juga dengan media yang lainnya yang ada di sekitar lingkungan pembelajaran, dan carilah media pembelajaran yang membuat Siswa lebih memahami dan membuat Siswa lebih fokus dalam pembelajaran, sebelum memulai pembelajaran seharusnya guru terlebih dahulu menjelaskan kepada siswa tata cara menggunakan metode flip chart, Sehingga dalam materi belajar siswa sudah mampu menggunakan media tersebut.

  3. Dari tayangan video yang saya amati
    Kelemahan dari video yang saya lihat
    1.guru tidak melakukan pembukaan pelajaran dengan baik sehingga siswa kurang semangat untuk belajar
    2.guru tidak memanfaatkan media pembelajaran kurang baik sehingga siswa kurang memahami materi yang di sampaika

    Kelebihan dari video yang saya lihat adalah
    1.guru menyampaikan materi dengan metode ceramah,dengan suara yang jelas.

  4. Nama :frisky Ariska wanda
    Nim :856044547
    Pokjar : sei balai
    Dari video yang saya lihat mata pelajaran IPA sebagai berikut.
    1. Guru tidak menyampaikan salam pembuka dengan berdoa atau menanyakan kabar kepada siswa.
    2. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai Namun hanya menyampaikan judul yang akan di pelajari.
    3. Guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab membuat siswa bosan dan tidak bersemangat.
    4. guru seharusnya menggunakan media pembelajaran Flip Chart untuk menumbuhkan semangat belajar peserta didik dalam mengikuti pelajaran.

  5. Nama :Syifa Nabila Suhadi
    Nim : 856057543
    UPBJJ : UT MEDAN
    Pokjar. : Simalungun
    Menurut pendapat saya setelah saya menyimak dan video di atas yaitu
    -Guru Menyapa selamat pagi,akan tetapi guru tidak mengabsen dan berdoa sebelum belajar.
    -Setelah itu guru menyampaikan Materi tujuan pembelajaran dengan jelas dengan judul peristiwa alam sehingga anak paham
    -Guru memberikan tanyak jawaban kepada siswa berulang kali,jadi suasana nya aktif anak-anak pun berarti mudah memahaminya.
    Akan tetapi kurangnya guru tidak menggunakan media seperti flip card leptop dan lainya agar anak lebih mudah dan tidak bosan dalam memahaminya.

  6. Nama :Syifa Nabila Suhadi
    Nim : 856057543
    UPBJJ : UT MEDAN
    Pokjar. : Simalungun
    Menurut pendapat saya setelah saya menyimak dan video di atas yaitu
    -Guru Menyapa selamat pagi,akan tetapi guru tidak mengabsen dan berdoa sebelum belajar.
    -Setelah itu guru menyampaikan Materi tujuan pembelajaran dengan jelas dengan judul peristiwa alam.
    -Guru memberikan tanyak jawaban kepada siswa berulang kali,jadi suasana nya aktif anak-anak pun berarti memahaminya.
    Akan tetapi kurangnya guru tidak menggunakan media seperti flip card leptop dan lainya agar anak lebih mudah dan tidak bosan dalam memahaminya.

  7. Nama : DILLA MEIRANDA
    NIM : 856974699
    POKJAR : KOTAAGUNG

    Dari video yang saya lihat mata pelajaran IPA
    kelebihan dan kekurangan pemanfaatan media sederhana berbentuk flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa-peristiwa alam yang terjadl di Indonesia pada pembelajaran IPA di SD:

    Kelebihan :
    1.Visualisasl yang Efektif Flipchart dapat menampilkan ilustrasi, gambar,dan dlagram yang membantu memvisualisasikan proses peristiwa alam secara jelas dan menarik bagi siswa
    2. Penyampaian Informasi Terstruktur Dengan format lembaran yang berurutan,flip chart memungkinkan guru menyampaikan informasi secara sistematis dan mudah dipahami
    3. Interaktivitas dalam Pembelajaran Flip chart dapat mendorong keterlibatan aktif siswa dengan meminta mereka memprediksi atau menjelaskan tahapan proses yang terjadi
    4.Portabilitas dan Fleksibilitas Flip chart mudah dibawa dan digunakan di dalam kelas tanpa memerlukan peralatan khusus
    5.Biaya Pembuatan Terjangkau Flip chart dapat dibuat dengan biaya yang relatif terjangkau menggunakan bahan-bahan sederhana.

    Kekurangan :
    1. Keterbatasan Ukuran Ukuran fllp chart yang terbatas dapat membatasi jumlah informasi dan detail yang dapat ditampilkan.
    2.Kurang Interaktif Dibandingkan Media Digital Meskipun dapat melibakan siswa, flip chart kurang Interaktif dibandingkan dengan media digital seperti presentasi PowerPoint atau animasi
    3. Ketersediaan Informasl Terbatas Informasi yang dapat ditampilkan pada flip chart terbatas pada apa yang ditulis atau digambar pada embaran-lembaran tersebut
    4. Keawetan Terbatas Flip chart yang terbuat dari kertas mudah rusak dan terkena kerusakan fisik jika digunakan berulang kali
    5. Kurang Menarik Bagi Siswa Generasi Digital Siswa generasi digital mungkin kurang tertarik dengan media sederhana seperti flip chart dibandingkan dengan media digital yang lebih interaktif.

    Meskipun memiliki beberapa kekurangan,
    ilip chart tetap dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam menjelaskan proses peristiwa peristiwa alam di ndonesia, terutama jika digunakan dengan tepat dan didukung oleh metode pembelajaran yang interaktif.

  8. Nama : DILLA MEIRANDA

    NIM : 856974699

    POKJAR : KOTAAGUNG

    Dari video yang saya lihat mata pelajaran IPA
    kelebihan dan kekurangan pemanfaatan media sederhana berbentuk flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa-peristiwa alam yang terjadl di Indonesia pada pembelajaran IPA di SD:

    Kelebihan :

    1.Visualisasl yang Efektif Flipchart dapat menampilkan ilustrasi, gambar,dan dlagram yang membantu memvisualisasikan proses peristiwa alam secara jelas dan menarik bagi siswa

    2. Penyampaian Informasi Terstruktur Dengan format lembaran yang berurutan,flip chart memungkinkan guru menyampaikan informasi secara sistematis dan mudah dipahami

    3. Interaktivitas dalam Pembelajaran Flip
    chart dapat mendorong keterlibatan aktif siswa dengan meminta mereka memprediksi atau menjelaskan tahapan proses yang terjadi

    4.Portabilitas dan Fleksibilitas Flip chart mudah dibawa dan digunakan di dalam kelas tanpa memerlukan peralatan khusus

    5.Biaya Pembuatan Terjangkau Flip chart dapat dibuat dengan biaya yang relatif terjangkau menggunakan bahan-bahan sederhana.

    Kekurangan :

    1. Keterbatasan Ukuran Ukuran fllp chart yang terbatas dapat membatasi jumlah informasi dan detail yang dapat ditampilkan.

    2.Kurang Interaktif Dibandingkan Media Digital Meskipun dapat melibakan siswa, flip chart kurang Interaktif dibandingkan dengan media digital seperti presentasi PowerPoint atau animasi

    3. Ketersediaan Informasl Terbatas Informasi yang dapat ditampilkan pada flip chart terbatas pada apa yang ditulis atau digambar pada embaran-lembaran tersebut

    4. Keawetan Terbatas Flip chart yang terbuat dari kertas mudah rusak dan terkena kerusakan fisik jika digunakan berulang kali

    5. Kurang Menarik Bagi Siswa Generasi Digital Siswa generasi digital mungkin kurang tertarik dengan media sederhana seperti flip chart dibandingkan dengan media digital yang lebih interaktif.

    Meskipun memiliki beberapa kekurangan,
    ilip chart tetap dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam menjelaskan proses peristiwa peristiwa alam di ndonesia, terutama jika digunakan dengan tepat dan didukung oleh metode pembelajaran yang interaktif.

  9. Nama : DILLA MEIRANDA
    NIM : 856974699
    POKJAR : KOTAAGUNG

    Dari video yang saya lihat mata pelajaran IPA kelebihan dan kekurangan pemanfaatan media sederhana berbentuk flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa-peristiwa alam yang terjadl di Indonesia pada pembelajaran IPA di SD:

    Kelebihan :
    1.Visualisasl yang Efektif Flipchart dapat menampilkan ilustrasi, gambar,dan dlagram yang membantu memvisualisasikan proses peristiwa alam secara jelas dan menarik bagi siswa
    2. Penyampaian Informasi Terstruktur Dengan format lembaran yang berurutan,flip chart memungkinkan guru menyampaikan informasi secara sistematis dan mudah dipahami
    3. Interaktivitas dalam Pembelajaran Flip chart dapat mendorong keterlibatan aktif siswa dengan meminta mereka memprediksi atau menjelaskan tahapan proses yang terjadi
    4.Portabilitas dan Fleksibilitas Flip chart mudah dibawa dan digunakan di dalam kelas tanpa memerlukan peralatan khusus
    5.Biaya Pembuatan Terjangkau Flip chart dapat dibuat dengan biaya yang relatif terjangkau menggunakan bahan-bahan sederhana.

    Kekurangan :
    1. Keterbatasan Ukuran Ukuran fllp chart yang terbatas dapat membatasi jumlah informasi dan detail yang dapat ditampilkan.
    2.Kurang Interaktif Dibandingkan Media Digital Meskipun dapat melibakan siswa, flip chart kurang Interaktif dibandingkan dengan media digital seperti presentasi PowerPoint atau animasi
    3. Ketersediaan Informasl Terbatas Informasi yang dapat ditampilkan pada flip chart terbatas pada apa yang ditulis atau digambar pada embaran-lembaran tersebut
    4. Keawetan Terbatas Flip chart yang terbuat dari kertas mudah rusak dan terkena kerusakan fisik jika digunakan berulang kali 5. Kurang Menarik Bagi Siswa Generasi Digital Siswa generasi digital mungkin kurang tertarik dengan media sederhana seperti flip chart dibandingkan dengan media digital yang lebih interaktif.
    Meskipun memiliki beberapa kekurangan, ilip chart tetap dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam menjelaskan proses peristiwa peristiwa alam di ndonesia, terutama jika digunakan dengan tepat dan didukung oleh metode pembelajaran yang interaktif.

  10. NAMA : DEVI MAISYAROH
    NIM : 859897452
    PRODI : PGSD (S1)

    Dari awal pembukaan,
    -guru tidak menanyakan bagaimana keadaan siswa
    -guru tidak menjelaskan apa tujuan pembelajaran
    -dan dalam video tersebut tidak adanya menunjukkan kepada siswa bagaimana guru menerangkan menggunakan flip chart langsung pada layar hanya menggunakan metode ceramah saja
    -dan kurangnya pemaparan guru dalam menerangkan materi sehingga siswa kurang merespon apa yang diterangkan oleh guru

Leave a Reply