silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.

Toto Fathoni

Dari tayangan video ini dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.

2. Guru menyuruh siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA” , dari perintah guru tersebut tidak dijelaskan halaman berapa, materinya apa. Bahkan samapai pembelajaran berakhir buku IPA tadi nampak tidak digunakan. Dan nampak janggal karena begitu siswa disuruh untuk membuka buku IPA, sedangkan siswa baru bergerak akan mengambil buku IPA nya, (siswa belum mengambil buku IPA dan belum membukanya), guru langsung meminta kepada siswa lagi :”Sebentar, sekarang dengarkan penjelasan bu guru. Guru langsung ceramah menjelaskan tentang, alam milik kita, kalau tidak dipelihara akan bagaimana dan sebagainya, kalau tidak dipelihara bagaimana. Sampai dengan brain storming tentang apa akibatnya kalau hutan yang sangat luas ini tidak dipelihara. Sampai dengan berakhirnya brain storming tentang akibat kerusakan hutan guru belum  atau tidak menggunakan Flip Chart.

3. “Bagaimana solusinya?’ Dijelaskan bahwa dapat menggunakan flip chart. Di sini juga nampak bahwa, bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.

4. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.

5. Nampak dalam video ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.

6. Kalau diamati justru kelasnya lebih hidup pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart, pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.

Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih masalah yang dihadapi saat siswa tidak menggunakan flip chart dan setelah siswa menggunakan flip chart.

Herawati, M.Pd.

Similar Posts

311 Comments

  1. Nama:Rizal Aldin Batubara
    Nim:856028109
    Prodi: S1 PGSD
    Pokjar: Tebing Tinggi
    Kelemahan pembelajaran dari vidio tersebut
    1. Guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran dengan baik ,tidak adanya penyampaian kepada siswa tentang tujuan pembelajaran, hanyalah judul yang disampaikan guru tersebut
    2. Guru tidak memanfaatkan alat pembelajaran dengan baik sehingga anak-anak kurang memahami materi yang disampaikan.
    Kelebihan dari pembelajaran vidio diatas
    1. Guru Menerangkan materi dengan metode ceramah dengan suara jelas
    2. Menggunakan pembelajaran dengan brainstorming membuat Siswa lebih memahami pembelajaran.
    Solusi nya
    Dari kelemahan dan kelebihan guru dalam video pembelajaran di atas seharusnya guru lebih aktif kembali dalam menggunakan media pendukung lainnya seperti media pembelajaran audio visual yang dapat membuat siswa lebih fokus dalam pembelajaran, sebelum memulai pembelajaran seharusnya guru terlebih dahulu menjelaskan kepada siswa tata cara menggunakan metode flip chart, Sehingga dalam materi belajar siswa sudah mampu menggunakan media tersebut.

  2. Nama : Raden Anita Rahman
    Nim : 857102999
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ UT Jakarta – SMPN 92 Jakarta

    Saya izin menyampaikan analisa setelah memperhatikan kasus dari tayangan vidio yang saya amati sebagai berikut :
    Kelemahan pembelajaran dari vidio tersebut
    1. Guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran dengan baik dan kondusif tidak adanya penyampaian kepada siswa tentang tujuan pembelajaran hanyalah judul yang disampaikan dengan guru tersebut
    2. Guru tidak memanfaatkan alat pembelajaran dengan baik sehingga anak-anak kurang memahami materi yang disampaikan.
    Kelebihan dari pembelajaran vidio diatas
    1. Giru Menerangkan materi dengan metode ceramah dengan suara jelas
    2. Menggunakan pembelajaran dengan brainstorming membuat Siswa lebih memahami pembelajaran.
    Solusi nya
    Dari kelemahan dan kelebihan guru dalam video pembelajaran di atas seharusnya guru lebih aktif kembali dalam menggunakan media misal seperti media flip chart bisa juga dengan media yang lainnya yang ada di sekitar lingkungan pembelajaran, dan carilah media pembelajaran yang membuat Siswa lebih memahami dan membuat Siswa lebih fokus dalam pembelajaran, sebelum memulai pembelajaran seharusnya guru terlebih dahulu menjelaskan kepada siswa tata cara menggunakan metode flip chart, Sehingga dalam materi belajar siswa sudah mampu menggunakan media tersebut.

  3. Assalamulikum ijin menyampaikn pendapat
    Menurut pendapat saya setelh meliht video diatas masih ada kekurangan dalam penyampaian materi yaitu
    1. Guru tidak melakukan pembukaan diawal pembelajaran
    2. Guru tidak menyampaikan materi apa yang akan di pelajari dan tujun dari pembeljaran itu sendiri.
    3. Guru kurang memberi motivasi kepada siswa diawal pembelajaran.
    4. Kurangnya mendetail dalam penyampaian materi dan penggunaan media.

    Jika saya menjadi guru tersebut saya akan
    1.melakukan pembukaan diawal pembelajaran seperti memberi salam, menanyakan kabar dan keadaan siswa
    2. Sebelum pembelajaran dimulai saya terlebih dahulu menyampaikan materi yg akan diajarkan dan tujuan dari pembelajaran.
    3. Agar siswa ikut aktiv dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran saya akan memancing siswa dengan pertanyaan-pertanyaan seputar materi sebelum siswa membuka bukunya.
    4. Menggunakan media gambar tentang peristiwa alam dan menjelaskan satu per satu penyebabnya.

  4. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
    a) Guru hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja, dan tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran,
    b) Guru tidak menyebutkan bab berapa dan halaman berapa setelah mengarahkan para siswa untuk mengeluarkan buku IPA
    c) Guru tidak memberikan kesimpulan mengenai apa yang telah dipelajari siswa selama pembelajaran berlangsung.

    Kelebihan Pembelajaran dalam Video
    a) Pada awal pembelajaran sudah baik mulai dari guru menarik perhatian siswa dengan menyapa para siswa, sehingga kelas sampai akhir berjalan dengan kondusif
    b) Guru menjelaskan konsep peristiwa alam sehingga siswa dapat memahami arah materi yang akan dipelajari
    c) Penggunaan media pembelajaran sudah baik, sehingga dapat membantu para siswa mudah untuk memahami materi pelajaran dengan melihat gambaran langsung peristiwa alam

  5. NAMA : Ega Yulia Kartika Sari
    NIM : 858910154
    POKJAR : PURWOHARJO
    Kelemahan Pembelajaran dalam Video
    a) Guru hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja, dan tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran,
    b) Guru tidak menyebutkan bab berapa dan halaman berapa setelah mengarahkan para siswa untuk mengeluarkan buku IPA
    c) Guru tidak memberikan kesimpulan mengenai apa yang telah dipelajari siswa selama pembelajaran berlangsung.

    Kelebihan Pembelajaran dalam Video
    a) Pada awal pembelajaran sudah baik mulai dari guru menarik perhatian siswa dengan menyapa para siswa, sehingga kelas sampai akhir berjalan dengan kondusif
    b) Guru menjelaskan konsep peristiwa alam sehingga siswa dapat memahami arah materi yang akan dipelajari
    c) Penggunaan media pembelajaran sudah baik, sehingga dapat membantu para siswa mudah untuk memahami materi pelajaran dengan melihat gambaran langsung peristiwa alam

  6. NAMA : EGA YULIA KARTIKA SARI
    NIM : 858910154
    POKJAR : PURWOHARJO
    Kelemahan Pembelajaran dalam Video
    a) Guru hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja, dan tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran,
    b) Guru tidak menyebutkan bab berapa dan halaman berapa setelah mengarahkan para siswa untuk mengeluarkan buku IPA
    c) Guru tidak memberikan kesimpulan mengenai apa yang telah dipelajari siswa selama pembelajaran berlangsung.

    Kelebihan Pembelajaran dalam Video
    a) Pada awal pembelajaran sudah baik mulai dari guru menarik perhatian siswa dengan menyapa para siswa, sehingga kelas sampai akhir berjalan dengan kondusif
    b) Guru menjelaskan konsep peristiwa alam sehingga siswa dapat memahami arah materi yang akan dipelajari
    c) Penggunaan media pembelajaran sudah baik, sehingga dapat membantu para siswa mudah untuk memahami materi pelajaran dengan melihat gambaran langsung peristiwa alam

  7. dari tayangan vidio yang saya amati adalah
    Kelemahan pembelajaran dari vidio tersebut
    1. Guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran dengan baik dan kondusif tidak adanya penyampaian kepada siswa tentang tujuan pembelajaran hanyalah judul yang disampaikan dengan guru tersebut
    2. Guru tidak memanfaatkan alat pembelajaran dengan baik sehingga anak-anak kurang memahami materi yang disampaikan.
    Kelebihan dari pembelajaran vidio diatas
    1. Giru Menerangkan materi dengan metode ceramah dengan suara jelas
    2. Menggunakan pembelajaran dengan brainstorming membuat Siswa lebih memahami pembelajaran.
    Solusi nya
    Dari kelemahan dan kelebihan guru dalam video pembelajaran di atas seharusnya guru lebih aktif kembali dalam menggunakan media misal seperti media flip chart bisa juga dengan media yang lainnya yang ada di sekitar lingkungan pembelajaran, dan carilah media pembelajaran yang membuat Siswa lebih memahami dan membuat Siswa lebih fokus dalam pembelajaran, sebelum memulai pembelajaran seharusnya guru terlebih dahulu menjelaskan kepada siswa tata cara menggunakan metode flip chart, Sehingga dalam materi belajar siswa sudah mampu menggunakan media tersebut.

  8. Nama : Dina Carlina
    Nim : 856973776
    Pokjar : Tulang Bawang Udik / Lampung

    Berdasarkan video diatas diperloleh kelemahan yaitu : guru tidak memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempersiapkan alat belajar, guru sudah melakukan pembelajaran secara interaksi tetapi pemberian pertanyaan cukup banyak dan beruntun sehingga siswa kesulitan untuk menjelaskannya.
    Solusi yang digunkan untuk kejadian video diatas adalah : memberikan kesempatan peserta didik mempersiapkan kegiatan pembelajaran, menggunakan media pembelajaran Flip Chart, gambar yang menyesuaikan dengan materi pembelajaran, berikan kesempatan kepada siswa untuk lebih banyak memberikan tanggapan danpenjelasan terhadap gambar yang ada.

  9. Nama:WAHYU LESTARI
Nim:856976804
Prodi: S1 PGSD
Pokjar: Kotaagung
Kelemahan pembelajaran dari vidio tersebut
1. Guru belum melakukan pembukaan pembelajaran dengan benar ,tidak adanya penyampaian pada siswa tentang tujuan pembelajarannya, hanya judul yang disampaikan guru 
2. Guru tidak memanfaatkan alat pembelajaran dengan baik sehingga anak-anak kurang memahami materi yang disampaikan.
Kelebihan dari pembelajaran vidio diatas
1. Guru Menerangkan materi dengan metode ceramah dengan suara jelas
2. Menggunakan pembelajaran dengan brainstorming membuat Siswa lebih memahami pembelajaran.
Solusi nya
Dari kelemahan dan kelebihan guru dalam video pembelajaran di atas seharusnya guru lebih aktif dalam menggunakan media pendukung lainnya seperti media pembelajaran audio visual yang dapat membuat siswa lebih fokus dalam pembelajaran, sebelum memulai pembelajaran seharusnya guru terlebih dahulu menjelaskan kepada siswa tata cara menggunakan metode flip chart, Sehingga dalam materi belajar siswa sudah mampu menggunakan media tersebut.

  10. Nama:WAHYU LESTARI

    Nim:856976804

    Prodi: S1 PGSD

    Pokjar: Kotaagung
Kelemahan pembelajaran dari vidio tersebut
1. Guru belum melakukan pembukaan pembelajaran dengan benar ,tidak adanya penyampaian pada siswa tentang tujuan pembelajarannya, hanya judul yang disampaikan guru 
2. Guru tidak memanfaatkan alat pembelajaran dengan baik sehingga anak-anak kurang memahami materi yang disampaikan.
Kelebihan dari pembelajaran vidio diatas
1. Guru Menerangkan materi dengan metode ceramah dengan suara jelas
2. Menggunakan pembelajaran dengan brainstorming membuat Siswa lebih memahami pembelajaran.
Solusi nya
Dari kelemahan dan kelebihan guru dalam video pembelajaran di atas seharusnya guru lebih aktif dalam menggunakan media pendukung lainnya seperti media pembelajaran audio visual yang dapat membuat siswa lebih fokus dalam pembelajaran, sebelum memulai pembelajaran seharusnya guru terlebih dahulu menjelaskan kepada siswa tata cara menggunakan metode flip chart, Sehingga dalam materi belajar siswa sudah mampu menggunakan media tersebut.

Leave a Reply