silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.
Toto Fathoni
Dari tayangan video ini dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:
1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.
2. Guru menyuruh siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA” , dari perintah guru tersebut tidak dijelaskan halaman berapa, materinya apa. Bahkan samapai pembelajaran berakhir buku IPA tadi nampak tidak digunakan. Dan nampak janggal karena begitu siswa disuruh untuk membuka buku IPA, sedangkan siswa baru bergerak akan mengambil buku IPA nya, (siswa belum mengambil buku IPA dan belum membukanya), guru langsung meminta kepada siswa lagi :”Sebentar, sekarang dengarkan penjelasan bu guru. Guru langsung ceramah menjelaskan tentang, alam milik kita, kalau tidak dipelihara akan bagaimana dan sebagainya, kalau tidak dipelihara bagaimana. Sampai dengan brain storming tentang apa akibatnya kalau hutan yang sangat luas ini tidak dipelihara. Sampai dengan berakhirnya brain storming tentang akibat kerusakan hutan guru belum atau tidak menggunakan Flip Chart.
3. “Bagaimana solusinya?’ Dijelaskan bahwa dapat menggunakan flip chart. Di sini juga nampak bahwa, bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.
4. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.
5. Nampak dalam video ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.
6. Kalau diamati justru kelasnya lebih hidup pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.
Drs. Sumarno, M.Pd.
Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart, pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.
Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih masalah yang dihadapi saat siswa tidak menggunakan flip chart dan setelah siswa menggunakan flip chart.
Herawati, M.Pd.
Nama Febriwati telaumbanua
Nim 856037416
Menurut saya setelah saya menonton video di atas
1.guru menyampaikan materi dengan baik
2.siswa aktif dalam proses pembelajaran
Poko masalah yg terjadi ialah
1.guru langsung menyabut siswa, tanpa memulai awalan pembelajaran seperti bernyanyi atau bedoa, di absen atau kegiatan menanyakan kabar siswa.
2.guru menyuruh siswa membuka buku tanpa memberi tau halaman berapa, sehingga siswa mengalami kesusahan dalam mengikuti proses belajar.
3.di lain sisi guru mengalami kesulitan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam
4.guru menyediakan alat peraga berupa media flip chart, tetapi di tayangan media tersebut lebih mononton menjelaskan tentang media kegunaan media flip chart.
Izin mengomentari vidio diatas.
Menurut saya, Video pembelajaran tersebut menunjukkan betapa bermanfaatnya flip chart sebagai media pembelajaran. Dengan flip chart, guru dapat dengan mudah menjelaskan materi dan memberikan contoh yang menarik melalui gambar. Hal ini membantu siswa untuk lebih memahami materi yang disampaikan.
Namun, penggunaan flip chart membutuhkan dukungan dari sekolah. Sekolah perlu menyediakan flip chart dan alat tulis yang memadai agar guru dapat memanfaatkan media ini secara optimal.
Nama : Novince Ana Hutar
Nim : 815026902
Izin mengomentari vidio diatas.
Menurut saya, Video pembelajaran tersebut menunjukkan betapa bermanfaatnya flip chart sebagai media pembelajaran. Dengan flip chart, guru dapat dengan mudah menjelaskan materi dan memberikan contoh yang menarik melalui gambar. Hal ini membantu siswa untuk lebih memahami materi yang disampaikan.
Namun, penggunaan flip chart membutuhkan dukungan dari sekolah. Sekolah perlu menyediakan flip chart dan alat tulis yang memadai agar guru dapat memanfaatkan media ini secara optimal.
Nama yusman lasima
Nim 859764971
Menurut sya kekurangannya yaitu pada awal video Guru tidak Memanfaatkan Media pembelajaran secara efektif dan efisien
Nama : SUSI KRISTANTI
NIM : 858179367
Berdasarkan hasil pengamatan video tersebut saya bisa menganalisa proses pembelajaran IPA di SD sebagai berikut :
1. Fakta/data pembelajaran yang terjadi di kelas adalah pada saat guru bertanya kepada siswa terlihat siswa kebingungan dengan pertanyaan guru yang menyebutkan bagaimana proses terjadinya peristiwa alam yang ada di materi tersebut pada saat tanpa bantuan flipchart
2. Identifikasi Masalah adalah karena siswa belum pernah melihat kejadian langsung peristiwa – peristiwa alam yang terjadi di Indonesia.
3. Analisa Masalah adalah pada saat guru menjelaskan materi dengan flipchart kemudian siswa dapat memahami tentang peristiwa alam.
4. Alternatif dan prioritas pemecah masalah adalah sebaiknya memakai video pembelajaran tentang materi tersebut agar siswa dapat memahami dan mengidentifikasi proses terjadinya peristiwa alam yang ada di Indonesia.
5. Rumusan masalah adalah guru harus lebih kreatif dalam menentukan media pembelajaran agar siswa lebih antusias dalam pembelajaran.
Untuk keseluruhan proses belajar berjalan dengan lancar dan baik. Siswa mendengarkan guru dengan seksama. Akan tetapi ada kekurangan dan kelebihan memakai media flipchart ini. Guru harus memahami strategi pembelajaran dan media pembelajaran apa yang harus dipersiapkan saat mengajar.
Nama : IMELDA CINDO PRATIWI
NIM : 857002979
UPBJJ – UT : Bandar Lampung
Berdasarkan hasil pengamatan video tersebut saya bisa menganalisa proses pembelajaran IPA di SD sebagai berikut :
Pada saat guru bertanya kepada para siswa di dalam kelas mengenai peristiwa alam yang terjadi seperti kebakaran hutan, banjir bandang dan lainnya. Ada sebagian para siswa merasa kebingungan. Untuk identifikasi masalah adalah karena siswa belum pernah melihat kejadian langsung peristiwa – peristiwa alam yang terjadi di Indonesia.
Untuk keseluruhan proses belajar berjalan dengan lancar dan baik. Siswa mendengarkan guru dengan seksama. Dan tentunya dalam video tersebut mempunyai kelemahan dan kelebihan. Guru harus memahami strategi pembelajaran dan media pembelajaran apa yang harus dipersiapkan saat mengajar.
Nama: Liawati
Nim: 859764624
Menurut pengamatan saya dari video singkat diatas, cara menyampaikan guru nya sudah baik dan peserta didiknya terlihat antusias dalam menerima pembelajaran. Akan tetapi, kekurangan dalam pembelajaran tersebut adalah : gurunya kurang menyapa muridnya dan gurunya juga memulai pembelajaran tanpa diawali dengan berdoa bersama, serta kurang nya adalah gurunya langsung memulai pembelajaran tanpa menjelaskan tujuan akhir dari materi pembelajaran yang disampaikan.
Dan pada sinopsis pertama, saat menyampaikan materi tentang banjir, longsor, kebakaran hutan, dan lainnya guru dan siswa terlihat bingung karena tidak menggunakan media sebagai gambaran yang terjadi pada fenomena alam tersebut. Sehingga nampaknya sulit untuk dijelaskan.
Terima kasih.
Nama, Arahman juanda
Nim, 855793022
Upbjj, bandar lampung
Menurut saya, Video pembelajaran tersebut menunjukkan betapa bermanfaatnya flip chart sebagai media pembelajaran. Dengan flip chart, guru dapat dengan mudah menjelaskan materi dan memberikan contoh yang menarik melalui gambar. Hal ini membantu siswa untuk lebih memahami materi yang disampaikan.
Namun, penggunaan flip chart membutuhkan dukungan dari sekolah. Sekolah perlu menyediakan flip chart dan alat tulis yang memadai agar guru dapat memanfaatkan media ini secara optimal.
Nama : Ahmad Rifai
NIM : 836059338
UPBJJ-UT : Bandar Lampung
Menurut pengamatan saya dari video di atas, cara penyampaian materi dari guru sudah baik dan siswa berantusias dalam pembelajaran tersebut. Namun, terdapat kekurangan guru dalam video tersebut yaitu guru tidak menjelaskan tujuan akhir dari tema yang dibahas. Sehingga, di khawatirkan siswa merasakan kebingungan sehingga mempengaruhi capaian akhir dari pembelajaran.
Media Flip chart merupakan media sederhana dalam proses pembelajaran yang bisa di gunakan oleh para guru untuk mempermudah penyampaian serta pemahaman materi bagi siswa pada pembelajaran IPA di SD.
NAMA : QURROTA AYUNIN
NIM : 856025207
Dari video tersebut dapat saya analisis bahwa :
Kelebihan :
Dalam video tersebut penggunaan yang digunakan guru sudah tepat yaitu dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart. Dalam video tersebut guru juga sudah menguasai materi dengan baik sehingga mudah dipahami oleh siswanya Guru juga tanggap dalam merespon dan mengapresiasi siswanya, guru juga menjelaskan dengan suara yang jelas.
Kekurangan :
Dalam video tersebut terdapat beberapa kekurangan yaitu, Di awal pembukaan guru tidak melakukan apersepsi, guru juga tidak menyampaikan tujuan yang akan dicapai dalam proses pembelajaran. Guru hanya menyampaikan tentang materi atau pokok bahasan yang akan dipelajari. Kemudian, guru menyuruh siswa untuk mengeluarkan buku tetapi saya lihat sampai di akhir pembelajaran atau diakhir video buku yang dikeluarkan tidak dipakai sama sekali. Selanjutnya didalam menjelaskan bagaimana proses terjadinya suatu peristiwa alam tersebut dengan menggunakan media flip chart guru terlihat sangat terburu-buru atau terlalu cepat dalam menjelaskannya.
Menurut saya, untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran sebaiknya guru lebih aktif dalam memanfaatkan media pembelajaran di sekitarnya. Guru perlu memperbaiki penguasaan kelasnya, karena saat menjelaskan terlihat guru hanya fokus mengajar di kelas dan hanya sedikit berinteraksi dengan kelompok yang berada di belakang. Selanjutnya guru juga perlu memperbaiki cara membuka pembelajaran dikelas agar siswa lebih efektif dalam memulai pembelajaran dan memotivasi siswa agar lebih siap dalam mengikuti pelajaran, contonya seperti melalukan ice breaking terlebih dahulu.