silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.

Toto Fathoni

Dari tayangan video ini dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.

2. Guru menyuruh siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA” , dari perintah guru tersebut tidak dijelaskan halaman berapa, materinya apa. Bahkan samapai pembelajaran berakhir buku IPA tadi nampak tidak digunakan. Dan nampak janggal karena begitu siswa disuruh untuk membuka buku IPA, sedangkan siswa baru bergerak akan mengambil buku IPA nya, (siswa belum mengambil buku IPA dan belum membukanya), guru langsung meminta kepada siswa lagi :”Sebentar, sekarang dengarkan penjelasan bu guru. Guru langsung ceramah menjelaskan tentang, alam milik kita, kalau tidak dipelihara akan bagaimana dan sebagainya, kalau tidak dipelihara bagaimana. Sampai dengan brain storming tentang apa akibatnya kalau hutan yang sangat luas ini tidak dipelihara. Sampai dengan berakhirnya brain storming tentang akibat kerusakan hutan guru belum  atau tidak menggunakan Flip Chart.

3. “Bagaimana solusinya?’ Dijelaskan bahwa dapat menggunakan flip chart. Di sini juga nampak bahwa, bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.

4. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.

5. Nampak dalam video ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.

6. Kalau diamati justru kelasnya lebih hidup pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart, pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.

Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih masalah yang dihadapi saat siswa tidak menggunakan flip chart dan setelah siswa menggunakan flip chart.

Herawati, M.Pd.

Similar Posts

308 Comments

  1. Nama : Marisa Dian Pertiwi
    Nim : 856339684
    Upbjj : Pangkal Pinang
    Ijin menanggapi dari tayangan video diatas, menurut analisa saya terhadap video diatas diantaranya sebagai berikut:
    1. Sebagai kalimat pembuka guru sudah mengucapkan salam kepada peserta didik
    2. Guru sudah memberitahukan materi pembelajaran apa yang akan dibahas, namun guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran apa saja yang akan dicapai
    3. Guru menyuruh peserta didik untuk mengeluarkan buku IPA, tetapi guru tidak menyebutkan halaman berapa materi yang akan dibahas, guru langsung menjelaskan materi yang dibahasnya
    4. Guru sudah melakukan umpan balik tanya jawab kepada peserta didik untuk mengetahui apakah peserta didik paham terhadap isi materi apa yang dijelaskannya
    5. Pada saat guru bertanya “apakah ada yang bisa menjelaskan proses terjadinya gunung meletus, longsor, banjir dan tsunami?” Peserta didik menjawab “tidak tahu ibu” dengan muka yang saling kebingungan. Oleh karena itu , untuk memberikan gambaran materi pembelajarannya guru menggunakan metode sederhana dalam pembelajaran yaitu media Flip Chart yang mana merupakan lembaran kertas yang berisikan bahan pelajaran yang tersusun rapi dan baik, bisa berupa gambar-gambar agar memudahkan peserta didik dalam proses belajar.

  2. Nama : Lulu’ Istsniati Mufarokha
    NIM : 877695418
    UPBJJ : Semarang

    Izin menanggapi tanggapan video di atas
    Dari tayangan video ini, saya dapat menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:
    1. pada saat membuka pembelajaran siswa dan guru belum terlihat berdoa bersama, presensi dan apersepsi kepada siswa
    2. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran hanya pokok bahasan saja
    3. Di dalam video terlihat siswa masih merasa kebingungan apa sih itu flip chart
    4. Pada kegiatan inti siswa terlihat aktif menggunakan metode brain stroming daripada menggunakan metode flip chart dengan pokok bahasan akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara
    5. Guru sekilas hanya menjelaskan materi menggunakan flip chart sebagian besar malah guru menjelaskan cara menggunakan flip chart, jenis-jenis flip chart
    6. saat membuka flip chart guru terlihat tergesa-gesa saat menjelaskan materi inti
    7. Di saat penutup sebaiknya guru memberikan PR agar siswa lebih paham saat mengulas materi di rumah.

    Demikian sedikit komentar yang dapat saya paparkan terima kasih.

  3. Nama : Lulu’ Istsniati Mufarokha
    NIM : 877695418
    UPBJJ : Semarang
    Izin menanggapi tanggapan video di atas
    Dari tayangan video ini, saya dapat menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:
    1. pada saat membuka pembelajaran siswa dan guru belum terlihat berdoa bersama, presensi dan apersepsi kepada siswa
    2. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran hanya pokok bahasan saja
    3. Di dalam video terlihat siswa masih merasa kebingungan apa sih itu flip chart
    4. Pada kegiatan inti siswa terlihat aktif menggunakan metode brain stroming daripada menggunakan metode flip chart dengan pokok bahasan akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara
    5. Guru sekilas hanya menjelaskan materi menggunakan flip chart sebagian besar malah guru menjelaskan cara menggunakan flip chart, jenis-jenis flip chart
    6. saat membuka flip chart guru terlihat tergesa-gesa saat menjelaskan materi inti
    7. Di saat penutup sebaiknya guru memberikan PR agar siswa lebih paham saat mengulas materi di rumah.
    Demikian sedikit komentar yang dapat saya paparkan terima kasih

  4. Nama : Patrio Akbar
    Nim : 855835818
    Pokjar : Serdang Bedagai
    UPBJJ-UT : Medan

    Menurut saya pemanfaatan media flip chart sudah cukup bagus. Flip chart merupakan media pembelajaran yang sangat berguna untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa alam di Indonesia kepada siswa SD. Dengan perencanaan yang baik dan desain yang menarik, flip chart dapat membantu siswa memahami konsep-konsep yang sulit dengan lebih mudah. Namun, Penting untuk diingat bahwa pemilihan media pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik siswa, tujuan pembelajaran, dan ketersediaan sumber daya.

  5. Nama : Ni Luh Anggreni
    Nim : 859048051
    UPBJJ-UT : Denpasar
    Dari video pembelajaran menggunakan media pembelajaran flip chart dapat dianalisis sebagai berikut:
    1. Pendahuluan
    a. Guru sudah memberikan salam kepada peserta didik.
    b. Guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai oleh peserta didik.
    c. Guru tidak memberikan warming up kepada peserta didik sehingga kegiatan awal menjadi kaku.
    d. Guru memberikan apersepsi atau pertanyaan pematik sehingga suasana dikelas didalam video tadi sangat hidup dan aktif.
    2. Kegiatan inti
    a. Guru meminta peserta didik untuk mengeluarkan buku, namun guru tidak meminta peserta didik untuk mengerjakaan LKPD atau meminta peserta didik
    untuk belajar.
    b. Kemudian Guru menggunakan media flip chart, Namun guru hanyak menggunakan teknik ceramah, sehingga peserta didik hanya diam dan fokus
    mendengarkan penjelasan guru dari media gambar yang ditunjukkan.
    c. Guru menerapkan teacher-center yang mana pembelajaran berfokus pada guru, bukan peserta didik.
    3. Penutup
    a. Guru tidak mengajak peserta didik untuk membuat kesimpulan pada pelajaran tadi.
    b. Guru tidak memberikan refleksi kepada peserta didik
    c. Guru tidak menyampaikan informasi mengenai pembelajaran selanjutnya kepada peserta didik.

    Demikian analisis dari saya, saya ucapkan terima kasih

  6. Nama : Ni Luh Anggreni
    Nim : 859048051
    UPBJJ-UT: Denpasar
    Dari video pembelajaran menggunakan media pembelajaran flip chart dapat dianalisis sebagai berikut:
    1. Pendahuluan
    a. Guru sudah memberikan salam kepada peserta didik.
    b. Guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai oleh peserta didik.
    c. Guru tidak memberikan warming up kepada peserta didik sehingga kegiatan awal menjadi kaku.
    d. Guru memberikan apersepsi atau pertanyaan pematik sehingga suasana dikelas didalam video tadi sangat hidup dan aktif.

    2. Kegiatan inti
    a. Guru meminta peserta didik untuk mengeluarkan buku, namun guru tidak meminta peserta didik untuk mengerjakaan LKPD atau meminta peserta didik untuk belajar.
    b. Kemudian Guru menggunakan media flip chart, Namun guru hanyak menggunakan teknik ceramah, sehingga peserta didik hanya diam dan fokus mendengarkan penjelasan guru dari media gambar yang ditunjukkan.
    c. Guru menerapkan teacher-center yang mana pembelajaran berfokus pada guru, bukan peserta didik.
    3. Penutup
    a. Guru tidak mengajak peserta didik untuk membuat kesimpulan pada pelajaran tadi.
    b. Guru tidak memberikan refleksi kepada peserta didik.
    c. Guru tidak menyampaikan informasi mengenai pembelajaran selanjutnya kepada peserta didik.
    Demikian analisis dari saya, saya ucapkan terima kasih.

  7. Nama: Siska wahyu ningsih
    Nim: 856568876
    Upbjj: Jambi

    Menurut pendapat saya,ada hal unik yang ditemukan dalam video tersebut
    jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan peristiwa alam yang terjadi di indonesia tetapi malah membicarakan apa,bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran

    Kelebihannya
    penggunaan strategi sudah baik,pendekatan metode sudah baik,media/evaluasi sudah cukup memadai

    Kekurangannya
    Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.
    Pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / PR guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.
    Tidak melakukan intermeso,yang mana kegiatan tersebut dapan membantu suasana kelas menjadi kondusif dan untuk menghilangkan rasa jenuh didalam kelas

  8. Nama : Elda Kurnia Sari
    NIM : 855730243
    Pokjar: Banjar Agung
    Prodi : S1 PGSD

    Tayangan video di atas setelah saya amati dengan seksama meninggalkan beberapa catatan sebagai berikut.
    1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.
    2. Pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / PR guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.
    3. Bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagatmana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat
    4. Ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas

  9. Menurut saya pemanfaatan media flip chart sudah cukup bagus.flip chart dapat membantu siswa memahami konsep-konsep yang sulit dengan lebih mudah. Namun, Penting untuk diingat bahwa pemilihan media pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik siswa,namun video tersebut lebih menekankan pada penjelasan tentang apa itu flip chart, cara penggunaannya, jenis-jenisnya, dan cara membukanya, daripada menunjukkan bagaimana guru sebenarnya menggunakan flip chart dalam pembelajaran dan flip chartnya tidak begitu terlihat jelas.sekiranya bagi saya bagus untuk media flip chartnya cuma guru harus lebih menjelaskan tentang materi menggunakan flip chart.itu saja dari saya.terima kasih

    1
    0
  10. Assallamualaikum wr. wb, izinkan saya:
    Nama : Lia Santika
    NIM : 856229165
    UBJJ : Padang
    Pokjar : Bawan
    Prodi : PGSD-S1
    untuk memberi tanggapan mengenai video diatas yang telah saya analisis.
    Berikut hasil dari analisi yang saya lakukan.

    1. Pada saat membuka kegiatan belajar, guru seharusnya mengajak siswa untuk berdoa dan mengecek absensi kehadiran.
    2. Guru seharusnya tidak terburu-buru masuk ke kegiatan inti, lebih bagus lagi bila guru memberikan motivasi/warming up kepada siswa sebelum kegiatan inti.
    3. Guru tersebut tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan langsung meminta siswa membuka buku pelajaran. Dan, sebaiknya guru dapat menulas sebentar pelajaran sebelumnya lalu mengkaitkan dengan pelajaran yang akan berlangsung.
    4. Kurangnya media pembelajaran
    5. Pembelajaran masih berpusat pada guru, guru banyak menyuapi (berceramah), sebaiknya mengajak siswa berdiskusi.
    6. Sebaiknya guru dapat menginterpresentasikan materi pembelajaran dengan hal-hal yang dekat dengan lingkungan anak.
    7. Saat pembelajaran berakhir, guru tidak memberi kesimpulan atau lebih bagus lagi meminta siswa untuk menyimpulkan pembelajaran pada hari itu.
    8. sebaiknya diakhir pembelajaran, siswa diberikan tugas individu dan menyampikan apa materi selanjutnya.

Leave a Reply