silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.
Toto Fathoni
Dari tayangan video ini dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:
1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.
2. Guru menyuruh siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA” , dari perintah guru tersebut tidak dijelaskan halaman berapa, materinya apa. Bahkan samapai pembelajaran berakhir buku IPA tadi nampak tidak digunakan. Dan nampak janggal karena begitu siswa disuruh untuk membuka buku IPA, sedangkan siswa baru bergerak akan mengambil buku IPA nya, (siswa belum mengambil buku IPA dan belum membukanya), guru langsung meminta kepada siswa lagi :”Sebentar, sekarang dengarkan penjelasan bu guru. Guru langsung ceramah menjelaskan tentang, alam milik kita, kalau tidak dipelihara akan bagaimana dan sebagainya, kalau tidak dipelihara bagaimana. Sampai dengan brain storming tentang apa akibatnya kalau hutan yang sangat luas ini tidak dipelihara. Sampai dengan berakhirnya brain storming tentang akibat kerusakan hutan guru belum atau tidak menggunakan Flip Chart.
3. “Bagaimana solusinya?’ Dijelaskan bahwa dapat menggunakan flip chart. Di sini juga nampak bahwa, bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.
4. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.
5. Nampak dalam video ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.
6. Kalau diamati justru kelasnya lebih hidup pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.
Drs. Sumarno, M.Pd.
Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart, pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.
Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih masalah yang dihadapi saat siswa tidak menggunakan flip chart dan setelah siswa menggunakan flip chart.
Herawati, M.Pd.
Nama : Umi Istiqomah
NIM : 857744301
Pada kegiatan pendahuluan guru memberikan salam kepada peserta didik, guru tidak mengecek kehadiran peserta didik, guru juga belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai melainkan guru menyebutkan judul atau pokok bahasanya saja. guru memberikan apersepsi atau pertanyaan tematik sehingga suasana kelas dalam video aktif. Materi yang dibahas adalah peristiwa yang terjadi di Indonesia.
Pada kegiatan inti guru meminta peserta didik untuk mengeluarkan buku. Guru menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi pembelajaran. Dalam kegiatan ini guru mulai menjelaskan peristiwa-peristiwa yang terjadi di Indonesia dengan menggunakan media flip chart. penggunaan media flip chart dalam video tersebut memudahkan guru menjelaskan langsung sehingga siswa menjadi paham.
Pada kegiatan penutup, dilakukan dengan sederhana yaitu guru menarik kesimpulan dari materi yang sudah dilakukan, akan tetapi guru tidak mengajak siswa dalam penarikan kesimpulan tersebut. Guru tidak memberikan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan. Kegiatan ditutup dengan membaca doa dan ucapan terima kasih
Beberapa kekurangan yang ditemukan diantaranya, dalam kegiatan pembukaan guru tidak memotivasi peserta didik dengan baik, sehingga siswa kurang bersemangat. Selanjutnya pada kegiatan inti, guru menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran terkesan monoton atau membosankan bagi siswa. Guru menerapkan teacher center di mana pembelajaran hanya berfokus pada guru bukan peserta didik. Guru tidak menjelaskan apa itu flip chart sehingga siswa tampak kebingungan. Pada kegiatan penutup guru juga tidak melakukan refleksi pembelajaran yang dilakukan sehingga kemungkinan semua siswa belum terlalu memahami materi pembelajaran.
Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru mampu mengoordinasikan kelas dengan baik sehingga tidak ada siswa yang ramai atau mengganggu dalam pembelajaran. Penggunaan media Flip Chart juga sangat praktis dan fleksibel sehingga dapat menghemat waktu, selain itu penggunaan media Flip Chart juga dapat memudahkan guru menjelaskan langsung.
Nama : Lenta Kurniawati Zebua
Nim : 855856298
Pokjar : idanogawo
Prodi : PGSD
Analisa saya tentang video pembelajaran yang berjudul pemanfaatan media sederhana berbentuk flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa peristiwa alam yang terjadi di Indonesia pada pembelajaran IPA di SD adalah
* Pendahuluan
-seorang guru belum memulai pembelajaran dengan berdoa, belum mengecek kehadiran siswa serta belum menyampaikan tujuan pembelajaran.
* kegiatan inti
Sebelum guru menggunakan media flip chart, siswa siswi masih kurang antusias dalam mengikuti pelajaran yang mana cuman beberapa yang bisa menjawab pertanyaan guru, namun disisi lain juga setelah penggunaan flip chart suasana kelas lebih kondusif, efektif serta fokus dalam mendengarkan penjelasan guru
* Penutup
Pada kegiatan penutup guru tidak menyampaikan ringkasan materi yg dipelajari
Demikian Terimakasih
nama :Trisna ramadhani
nim :855856725
menurut pendapat saya berdasarkan vidio yang saya lihat ,kekurangan yang saya lihat adalah ,di awal memulai pembelajaran seorang guru tidak ada melakukan pembukaan awal mengajar,seperti tidak menanyakan kabar siswa ,serta tidak memberikan pengarahan ,motivasi atau lain sebagainya ,dan selain itu di awal pembelajaran seharusnya seorang guru harus mengajak siswa untuk melakukan ice breaking agar siswa lebih semangat dalam menyambut pembelajaran hari ini ,dan setelah melakukan ice breaking ,sebaiknya seorang guru harus mengecek kehadiran siswa yang hadir ,agar guru tahu berapa siswa yang datang hari ini ,baru setelah semuanya siap ,baru lah guru mulai menjelaskan pelajaran .dan selain itu gunakan lah metode pembelajaran yang menarik untuk siswa .jangan hanya menoton mendengarkan penjelasan dari guru saja ,gunakan contoh seperti bentuk gambar,atau vidio .
Nama: Nelly fitri sarni zai
Nim: 859812961
Pokjar: idanogawo
Menurut pendapat saya dalam video tersebut diawal pendahuluan guru memberikan sapaan kepada siswa dan memberitahukan judul materi yang akan dipelajari dan kemudian guru mengaitkan materi kemarin dan bertanya kepada siswa, antusias beberapa siswa menjawabnya. Pada saat guru bertanya lagi tentang bagaimana proses pada saat gunung meletus,longsor dan tsunami terlihat jelas siswa tidak dapat merespon. Dengan menggunakan metode flip chart siswa dapat memudahkan pemahaman belajar dengan melihat langsung urutan fenomena/peristiwa yang terjadi di alam sehingga dapat memicu pemahaman siswa dalam belajar. dan sebagai saran saya sebaiknya juga di sediakan buku modul untuk siswa sehingga mereka tidak hanya mendengar atau melihat namun dapat membaca langsung materi atau hal yang terjadinya peristiwa alam tersebut
NAMA : SEPTY DWI ANGGRAENI
NIM : 858432643
Tanggapan saya berdasarkan Video ini
Dalam video pembelajaran ini, terlihat bahwa pendahuluan dalam pembelajaran ini berjalan kurang baik, Terlihat Guru langsung terfokus pada materi tidak ada sapaan terlebih dahulu dan semangat diawal pembelajaran yang memotivasi peserta didik dalam belajar.
Masuk diinti pembelajaran, guru juga terlihat kebingungan, seperti yang bisa kita lihat dimana pada awalnya peserta didik diperintahkan untuk mengeluarkan buku, belum sampai peserta didik mengeluarkan buku, guru langsung berbicara tentang alam. Bisa dilihat peserta didik belum siap menerima pembelajaran. Guru juga tidak memberitahu tujuan pembelajaran, hanya memberitahu topik atau judul pembelajaran.
Guru menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran terkesan monoton atau membosankan bagi peserta didik. Guru menerapkan teacher center di mana pembelajaran hanya berfokus pada guru sebagai Narasumber . Guru memberikan contoh tentang materi tanpa contoh fisik yang membuat peserta didik membayang-bayangkan bagaimana peristiwa alam bisa terjadi.
Dalam video ini juga terlihat bagaimana solusi untuk permasalahan ini, terlihat banyak media sederhana yang bisa kita digunakan dalam pembelajaran diantaranya
1. Media Flip Chart
Terlihat cara bagaimana menggunakan media flip chatr.
Dengan menggunakan media Flip Chart peserta didik tidak lagi membayakkan bagaimana bencana alam bisa terjadi karna guru sudah memberikan contoh fisik dan terlihat peserta didik berantusias dalam pembelajaran.
NAMA : SEPTY DWI ANGGRAENI
NIM : 858432643
Tanggapan saya berdasarkan Video ini
Dalam video pembelajaran ini, terlihat bahwa pendahuluan dalam pembelajaran ini berjalan kurang baik, Terlihat Guru langsung terfokus pada materi tidak ada sapaan terlebih dahulu dan semangat diawal pembelajaran yang memotivasi peserta didik dalam belajar.
Masuk diinti pembelajaran, guru juga terlihat kebingungan, seperti yang bisa kita lihat dimana pada awalnya peserta didik diperintahkan untuk mengeluarkan buku, belum sampai peserta didik mengeluarkan buku, guru langsung berbicara tentang alam.
Bisa dilihat peserta didik belum siap menerima pembelajaran. Guru juga tidak memberitahu tujuan pembelajaran, hanya memberitahu topik atau judul pembelajaran. Guru menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran terkesan monoton atau membosankan bagi peserta didik. Guru menerapkan teacher center di mana pembelajaran hanya berfokus pada guru sebagai Narasumber . Guru memberikan contoh tentang materi tanpa contoh fisik yang membuat peserta didik membayang-bayangkan bagaimana peristiwa alam bisa terjadi.
Dalam video ini juga terlihat bagaimana solusi untuk permasalahan ini, terlihat banyak media sederhana yang bisa kita digunakan dalam pembelajaran diantaranya
1. Media Flip Chart Terlihat cara bagaimana menggunakan media flip chatr.
Dengan menggunakan media Flip Chart peserta didik tidak lagi membayakkan bagaimana bencana alam bisa terjadi karna guru sudah memberikan contoh fisik dan terlihat peserta didik berantusias dalam pembelajaran
Nama : ajeng azharul jannati
Nim : 855859327
setelah melihat dan mendengarkan vidio diatas saya dapat menganalisis kekuranga dan kelebihan guru tersebut saat mengajar
kelebihannya:
1. guru tersebut dapat menjelaskan terlebih dahulu pelajaran yang akan mereka pelajari
2. guru tersebut sudah menggunakan klip cat
kekurngannya
1. tidak membaca doa terlebih dahulu
2. tidak menanyakan kabar kepada ank murid
Nama : Lindian Wulandari
Nim : 859888256
Pokjar : Labura
Menurut pendapat saya berdasarkan video yang saya lihat , kelemahan nya pada saat guru mengawali pembelajaran guru tidak menanyakan kehadiran siswa.Guru juga tidak menyampaikan apa tujuan pembelajaran yang akan disampaikan dikelas hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja, sebelum guru menggunakan media Flip Chart siswa siswi kurang antusias dikarenakan guru menggunakan metode ceramah ,guru tersebut juga terlihat tergesa-gesa dalam menyampaikan materi yang diajarkan,kelebihan guru tersebut saat melakukan pembelajaran guru mampu mengkondisikan kelas menjadi lebih kondusif dan fokus dalam mendengarkan penjelasan guru dengan menggunakan media Flip Chart tentang akibat kerusakan hutan.
menurut saya media flip chart itu sangat membantu para siswa agar siswa mengerti dengan cepat tetapi ada juga terkendala sekolah tidak memiliki infokus minimnya fasilitas juga yang dimiliki sekolah sangat tidak membantu para siswa dan guru.
nama : ayu Sartika Waruwu
Nim. : 855852656
menurut saya memang sangat betul seorang guru itu saat menjelaskan seharusnya ada media dan menggunakan media flip chart itu sangat penting dan bagus agar para siswa bisa mudah mengerti.tetapi karna minimnya sebagian sekolah tidak memiliki seperti infokus jadinya guru dan siswa terkendala.namun kita sebagai guru bisa menggunakan media lain seperti gambar yang sudah kita print.