silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.

Toto Fathoni

Dari tayangan video ini dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.

2. Guru menyuruh siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA” , dari perintah guru tersebut tidak dijelaskan halaman berapa, materinya apa. Bahkan samapai pembelajaran berakhir buku IPA tadi nampak tidak digunakan. Dan nampak janggal karena begitu siswa disuruh untuk membuka buku IPA, sedangkan siswa baru bergerak akan mengambil buku IPA nya, (siswa belum mengambil buku IPA dan belum membukanya), guru langsung meminta kepada siswa lagi :”Sebentar, sekarang dengarkan penjelasan bu guru. Guru langsung ceramah menjelaskan tentang, alam milik kita, kalau tidak dipelihara akan bagaimana dan sebagainya, kalau tidak dipelihara bagaimana. Sampai dengan brain storming tentang apa akibatnya kalau hutan yang sangat luas ini tidak dipelihara. Sampai dengan berakhirnya brain storming tentang akibat kerusakan hutan guru belum  atau tidak menggunakan Flip Chart.

3. “Bagaimana solusinya?’ Dijelaskan bahwa dapat menggunakan flip chart. Di sini juga nampak bahwa, bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.

4. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.

5. Nampak dalam video ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.

6. Kalau diamati justru kelasnya lebih hidup pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart, pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.

Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih masalah yang dihadapi saat siswa tidak menggunakan flip chart dan setelah siswa menggunakan flip chart.

Herawati, M.Pd.

Similar Posts

364 Comments

  1. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
    a. Pada awal pembelajaran guru tidak menyampaikan tujuan dan capaian pembelajaran
    b. Pada saat memulai pembelajaran guru terlihat kebingungan
    c. Guru meminta anak untuk mengeluarkan buku IPA tetapi sampai akhir buku IPA tidak dipergunakan
    Kelebihan Pembelajaran dalam Video
    a. Guru menjelaskan sebab dan akibat peristiwa alam
    b. Siswa-siswi terlihat mendengarkan dengan sangat baik
    c. Siswa aktif dalam pembelajaran

  2. Nama : Zilfi Salsabila Anggara
    NIM : 857363198
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ : Bogor

    Kelemahan Pembelajaran dalam Video
    a. Pada awal pembelajaran guru tidak menyampaikan tujuan dan capaian pembelajaran
    b. Pada saat memulai pembelajaran guru terlihat kebingungan
    c. Guru meminta anak untuk mengeluarkan buku IPA tetapi sampai akhir buku IPA tidak dipergunakan
    Kelebihan Pembelajaran dalam Video
    a. Guru menjelaskan sebab dan akibat peristiwa alam
    b. Siswa-siswi terlihat mendengarkan dengan sangat baik
    c. Siswa aktif dalam pembelajaran
    Hal unik yang terdapat dalam Pembelajaran Video
    Hal unik yang saya temukan di dalam video tersebut guru menjelaskan gambar peristiwa alam menggunakan flip chart
    Rencana Pembelajaran yang Akan Dilakukan
    Setelah melihat video tersebut, dapat di usulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada saat membuka serta menutup pembelajaran, serta penggunaan media yang lebih bervariasi tidak hanya menggunakan satu media saja

  3. Nama : Diah Anggraeni
    NIM : 877838537
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ : Bandung

    Menurut pendapat saya penggunaan flip chart untuk mendukung proses pembelajaran adalah hal yang baik dan positif. Selain membantu guru untuk memudahkan guru saat menjelaskan materi, flip chart juga sangat membantu siswa untuk memahami sebuah konsep menjadi lebih rill. Di masa sekarang ini, guru-guru dapat mengeksplorasi lebih banyak lagi media yang bisa membantu proses pembelajaran agar pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa lebih mudah dalam menyerap pembelajaran yang disajikan.

    Terima kasih.

  4. Nama : Agus Yusuf Ali
    NIM : 825474017
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG

    Menurut saya Ibu guru ini sangat tepat dalam memilih media ajar Flip Chart untuk mendukung proses belajar mengajar d kelas.
    Memper mudah guru menyampaikan materi & siswa lebih mudah memahami materi yg d sampaikan

  5. Nama : RATI
    Nim : 856576501
    Izin Menyampaikan menurut pendapat saya media pembelajaran menggunakan Flip chart ini suatu media yang menarik untuk anak agar mereka tertarik dengan apa yang di sampaikan oleh guru nya. Guru juga secara aktif memberi umpan balek agar anak ikut berpartisipasi selama proses pembelajaran.
    Namun adapun kelemahan dari pembelajaran ini guru tidak menyampaikan terlebih dahulu apa tujuan dan manfaat dari pembelajaran ini, dan guru juga menyuruh anak membuka buku IPA nya masing-masing namun buku tidak digunakan sampai pembelajaran selesai.

  6. 1. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
    Pada video yang sudah ditonton di GPO, kelemahan pada video tersebut adalah pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran guru tersebut sebaiknya guru memberikan apersepsi kepada siswa seperti mengecek kehadiran siswa, menanyakan kabar, dan berdoa. Kemudian guru juga tidak memberikan motivasi kepada anak-anak dan tidak mengaitkan
    materi sebelumnya dengan dengan materi yang akan dipelajari serta tidak memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. Guru tidak melakukan evaluasi, seperti memberikan latihan soal, atauu
    melakukan experimen perkelompok/individu, agar mengetahui sejauh mana siswa tersebut memahami materi yang di sampaikan. Pada kegiatan akhir, guru tidak memberikan kesimpulan dan refleksi tentang materi yang diajarkan dan
    tidak memberikan motivasi kepada siswa, serta berdoa dan salam.
    2. Kelebihan Pembelajaran dalam Video
    Kelebihannya yaitu materi yang disampaikan dan
    metode yang digunakan oleh guru tersebut seperti tanya jawab dan
    mendemostrasikan media yang nyata dengan benda-benda yang ada
    dikelas.
    3.. Hal unik yang terdapat dalam Pembelajaran Video Hal unik yang penulis temui yaitu adalah guru memberikan respon yang baik ketika siswa menjawab pertanyaan pada saat melakukan tanya
    jawab serta suara yang nyaring dan jelas sehingga dapat memberikan memudahan siswa dalam memahami materi.

  7. Nama : Muhammad Septianto
    Nim : 857603672
    Prodi : PGSD
    UPBJJ: Purwokerto

    analisis video pembelajaran berjudul “Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia pada Pembelajaran IPA di SD” yaitu :

    1.)Reaksi siswa: Awalnya aktif saat diskusi, tetapi kurang antusias saat guru mulai menjelaskan flip chart.
    2.)Kelemahan guru: Tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, instruksi kurang jelas, penggunaan flip chart tidak optimal, tidak ada evaluasi atau tugas di akhir.
    3.)Kelebihan guru: Menggunakan metode brainstorming yang melibatkan siswa, memilih media flip chart sebagai alat bantu visual, materi sesuai kurikulum.
    4.)Hal unik: Guru menjelaskan tentang flip chart sebelum memakainya, metode pembelajaran berpindah dari ceramah ke diskusi lalu ke media visual.
    5.)Usulan peningkatan: Jelaskan tujuan pembelajaran di awal, berikan instruksi yang jelas, gunakan flip chart lebih efektif, siapkan evaluasi atau tugas akhir, latih keterampilan presentasi agar lebih menarik.

  8. Video tersebut menunjukkan bagaimana seorang guru berusaha menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Guru menggunakan beberapa teknik, seperti mengajak siswa mengeksplorasi dengan membilang dan memberi penguatan saat siswa merespons contoh yang diberikan.

    Namun, ada beberapa aspek yang bisa ditingkatkan. Misalnya, guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, yang penting untuk menyiapkan mental siswa sebelum masuk ke materi baru. Selain itu, suasana kelas masih gaduh saat guru masuk, yang bisa mengurangi fokus siswa.

    Metode yang digunakan, seperti tanya jawab dan demonstrasi, sudah tepat, tetapi akan lebih efektif jika siswa diberi kesempatan mencoba langsung di depan kelas. Ini bisa meningkatkan keterlibatan mereka dan membuat materi lebih mudah dipahami serta diingat.

    Secara keseluruhan, pendekatan guru cukup baik, tetapi bisa lebih efektif dengan apersepsi yang lebih kuat dan keterlibatan siswa yang lebih aktif. Apa pendapatmu tentang metode yang digunakan dalam video ini? 😊

  9. Sri Murti C
    Dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru menggunakan metode ceramah. Kekurangannya adalah siswa kurang memahami mengenai contoh-contoh karena masih kurang dalam memvisualisasikan contoh peristiwa alam karena belum pernah mereka ketahui. Sehingga anak-anak kurang memahami dengan baik mengenai contoh peristiwa alam. Karena siswa kurang memahami maka guru menggunakan media belajar untuk menunjukkan kepada siswa mengenai contoh peristiwa-peristiwa alam yang terjadi. Dengan demikian siswa semakin memahami materi yang disampaikan oleh guru

  10. Nama : Ifan Tri Wahyu Ramadhan
    NIM : 857610194
    UPBJJ : UT Purwokerto

    Kelemahan Penbelajaran dalam video tersebut
    – Terlihat pada awal pembelajaran guru tidak menyampaikan tujuan dan capaian pembelajaran
    – Guru juga menyuruh anak membuka buku IPA nya masing-masing namun buku tidak digunakan sampai pembelajaran selesai.
    – Pada kegiatan akhir, guru tidak memberikan kesimpulan dan refleksi tentang materi yang diajarkan dan tidak memberikan motivasi kepada siswa, serta berdoa dan salam.

    Kelebhian pembelajaran dalam video tersebut
    – Guru menguasai materi dengan baik, ditandai dengan jelas menjelaskan sebab dan akibat peristiwa alam
    – Guru dapat mengkondisikan suasana kelas, ditandai dengan peserta didik mendengarkan dengan seksama

    pelajaran yang dapat saya ambil dari video pembelajaran tersebut adalah ketika guru menjelaskan gambar peristiwa alam menggunakan flip chart dapat dengan jelas memberikan gambaran yang lebih real kepada peserta didik agar memiliki bayangan tentang materi yang dipelajari, saran dari saya setelah melihat video tersebut, dapat di usulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada saat membuka serta menutup pembelajaran, serta penggunaan media yang lebih bervariasi tidak hanya menggunakan satu media saja. Sekian Terimakasih

Leave a Reply