silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.

Toto Fathoni

Dari tayangan video ini dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.

2. Guru menyuruh siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA” , dari perintah guru tersebut tidak dijelaskan halaman berapa, materinya apa. Bahkan samapai pembelajaran berakhir buku IPA tadi nampak tidak digunakan. Dan nampak janggal karena begitu siswa disuruh untuk membuka buku IPA, sedangkan siswa baru bergerak akan mengambil buku IPA nya, (siswa belum mengambil buku IPA dan belum membukanya), guru langsung meminta kepada siswa lagi :”Sebentar, sekarang dengarkan penjelasan bu guru. Guru langsung ceramah menjelaskan tentang, alam milik kita, kalau tidak dipelihara akan bagaimana dan sebagainya, kalau tidak dipelihara bagaimana. Sampai dengan brain storming tentang apa akibatnya kalau hutan yang sangat luas ini tidak dipelihara. Sampai dengan berakhirnya brain storming tentang akibat kerusakan hutan guru belum  atau tidak menggunakan Flip Chart.

3. “Bagaimana solusinya?’ Dijelaskan bahwa dapat menggunakan flip chart. Di sini juga nampak bahwa, bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.

4. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.

5. Nampak dalam video ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.

6. Kalau diamati justru kelasnya lebih hidup pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart, pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.

Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih masalah yang dihadapi saat siswa tidak menggunakan flip chart dan setelah siswa menggunakan flip chart.

Herawati, M.Pd.

Similar Posts

364 Comments

  1. Nama : Mahgfira Putri Maulani
    Nim : 856336775
    Kelas : PGSD-BI semester 2

    Berdasarkan video diatas yang telah saya lihat, ada beberapa hal yang harus diperbaiki dalam pembelajaran:
    1. Guru seharusnya terlebih dahulu dengan mengecek kehadiran siswa, membuat apersepsi.
    2. Seharusnya guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari itu. Sehingga siswa tahu apa yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut.
    3. Guru seharusnya menyebutkan halaman buku dan materi apa yang akan dibahas setelah menyuruh siswa untuk mengeluarkan bukunya.
    4. Guru seharusnya memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi guru tersebut hanya membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Kemudian penyampaian flip chartnya tergesa-gesa dan kurang jelas

    Guru sudah memberikan umpan berupa pertanyaan ketika menjelaskan materi sehingga kelas menjadi hidup dan siswa juga menjadi lebih semangat dan antusias

  2. Video Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD :

  3. Nama : Fifi Nur Hidayati
    Nim : 858797368
    FKIP -PGSD
    POKJAR : KEPANJEN – MALANG

    Secara keseluruhan kelebihan dan kekurangan pembelajaran dalam video pembelajaran
    Menurut pendapat saya adala beberapa kelebihan dan kekurangan didalam video pembelajaran tersebut antara lain :

    1. Kelebihan
    – Guru menggunakan media flip chart dalam menyampaikan materi ini membuat siswa tertarik dengan pembelajaran tersebut.
    – Banyak antusias siswa dalam menjawab pertanyaan guru ketika guru bertanya Coba bayangkan jika ekosistem darat terbesar kita rusak apa yang terjadi nah ini membuktikan bahwa guru tersebut dapat menarik perhatian siswa dengan penjelasan yang dibawakan guru tersebut.
    – Guru sudah mampu memberikan pertanyaan yang dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa

    2. Kekurangan
    – Guru tidak menyampaikan tujuan yang akan dicapai dalam proses pembelajaran hanya menyampaikan judul dan pokok bahasan saja ini seperti penjelasan yang monoton
    – Pada akhir pembelajaran, guru tidak memberikan evaluasi atau tugas.

    3. Alternatif yang dapat dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran antara lain
    – guru dapat mengganti media pembelajarannya. Bisa mencoba dengan media video atau simulasi sehingga siswa dapat memahami tahapan-tahapan yang terjadi.

    4. Manfaat perbaikan pembelajaran yang dapat dilakukan
    A. Manfaat bagi guru adalah :
    -Memiliki pengalaman belajar dalam menerapkan berbagai pengetahuan dan pengalaman
    -Memperoleh pengetahuan dan pengalaman melalui proses mengajar yang telah di praktekkan
    -Mempunyai kemampuan untuk menilai kekuatan dan kelemahan diri sendiri dalam merancang dan melakukan pembelajaran,serta melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kekurangan dalam mengajar
    -Terbiasa mengambil keputusan dan melakukan perbaikan pembelajaran berdasarkan kaidah-kaidah keilmuan yang dapat dipertanggungjawabkan
    B. Manfaat bagi siswa :
    – Agar siswa dapat memahami bagaimana proses terjadinya setiap bencana yang sering terjadi di indonesia.

  4. Nama : Nur Hamidah
    NIM : 858845168
    Prodi : S1 PGSD BI (masukan sarjana) Kurikulum Baru

    Setelah mengamati video pembelajarn diatas tentang penggunaan flip cart pada pelajaran IPA, menurut saya:

    Guru sudah sangat piawai dalam memilih diksi/kata/frasa dalam menjelaskan materi sehingga siswa dapat memahaminya dengan baik. Intonasi dan suara guru sangat jelas, strategi pembelajarannya menarik. Namun alangkah baiknya jika, sebelum kegiatan inti dimulai guru mengkondisikan kelas dulu agar siswa siap mengikuti pelajaran serta memberi apersepsi, mengaitkan materi baru dengan materi lama sehingga guru bisa mengetahui sejauh mana pemahaman awal siswa tentang sebab atau proses terjadinya bencana alam.

    sebagaimana yang terjadi dalam video tersebut.
    Diawal video, siswa tampak belum siap sepenuhnya dalam mengikuti pembelajaran karena mereka sibuk menyiapkan buku paket sedangkan guru langsung memberikan penjelasan dengan memberi instruksi “dengarkan dulu sebentar”.
    Dipertengahan pertama siswa tampak kebingungan saat guru bertanya “ada yang bisa menjelaskan proses terjadinya gunung meletus, longsor, banjir, dll”. hal ini menunjukkan bahwa siswa belum mempunyai pengetahuan awal tentang hal tersebut. Untuk mengatasi hal ini, guru bisa memberikan kaitan dengan pengalaman siswa dan memberi pertanyaan pancingan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu, proses bernalar sederhana seperti “apakah didesa/rumah kalian pernah terjadi banjir?” “apakah kalian menyimak berita tentang erupsi gunung semeru di Lumajang?”.
    Setelah itu guru memberi penjelasan lbh rinci tentang proses terjadinya bencana alam melalui flip cart pada kegiatan inti.

    Jika sarana dan prasana disekolah memenuhi, guru juga bisa memutar video terjadinya bencana alam melalui LCD, atau melakukan eksperimen sederhana tntg proses gunung meletus dengan menggunakan Detergen, pewarna makanan dll,

    Sekian pendapatt saya, terima kasih

  5. Nama : Nur Hamidah
    NIM : 858845168
    Prodi : S1 PGSD BI (masukan sarjana) Kurikulum Baru

    Setelah mengamati video pembelajarn diatas tentang penggunaan flip cart pada pelajaran IPA, menurut saya:

    Guru sudah sangat piawai dalam memilih diksi/kata/frasa dalam menjelaskan materi sehingga siswa dapat memahaminya dengan baik. Intonasi dan suara guru sangat jelas, strategi pembelajarannya menarik. Namun alangkah baiknya jika, sebelum kegiatan inti dimulai guru mengkondisikan kelas terlebih dulu agar siswa siap mengikuti pelajaran serta memberi apersepsi, mengaitkan materi baru dengan materi lama sehingga guru bisa mengetahui sejauh mana pemahaman awal peserta didik tentang sebab atau proses terjadinya bencana alam.

    sebagaimana yang terjadi dalam video tersebut.

    Diawal video, siswa tampak belum siap sepenuhnya untuk mengikuti pembelajaran karena mereka sibuk menyiapkan buku paket sedangkan guru langsung memberikan penjelasan dengan memberi instruksi “dengarkan dulu sebentar”.
    Dipertengahan pertama siswa tampak kebingungan saat guru bertanya “ada yang bisa menjelaskan proses terjadinya gunung meletus, longsor, banjir, dll”. hal ini menunjukkan bahwa siswa tidak punya pengetahuan tentang hal tersebut. Untuk mengatasi hal ini, guru bisa memberikan kaitan dengan pengalaman siswa dan memberi pertanyaan pancingan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu, motivasi siswa untuk mau bernalar/berpikir, seperti “apakah didesa/rumah kalian pernah terjadi banjir? kenapa didesamu terjadi banjir” atau “apakah kalian menyimak berita tentang erupsi gunung semeru di Lumajang?”.
    Baru setelahnya guru dapat menambah pemahaman siswa dengan menggunakan media flip chart yang berisi proses terjadinya gunung meletus, banjir, longsor, dll pada kegiatan inti. Serta bersama sama siswa memberi kesimpulan.

    Jika sarana dan prasana disekolah memenuhi, guru juga bisa memutar video terjadinya bencana alam melalui LCD, atau melakukan eksperimen sederhana tentang proses gunung meletus dengan menggunakan Detergen, pewarna makanan dll,

    Sekian pendapat saya, terima kasih

  6. Nama : Siti nursoleha.
    Nim : 856485497.
    Pokjar : Dumai
    Video Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
    menurut saya :

    1. Dari tayangan video di atas, menurut saya untuk pendahuluan sudah bagus, hanya saja sebelum masuk ke materi ajar kita perlu melakukan Apersepsi, mengulas kembali materi lampau dan menghubungkannya ke materi selanjutnya.
    2. selain menayakan siswa tentang contoh peristiwa alam. guru perlu juga meminta anak untuk mendeskripsikan bentuk kejadian alam tersebut. sehingga kita tau sejauh mana pandangan/gambaran/pengetahuan siswa tentang peristiwa alam yang mereka sebutkan.
    3. untuk jenis media flip chart di era digital agak sedikit terbelakang konsepnya, namun itu semua tergantung sumber daya fasilitas sekolahnya dan kemampuan guru dalam bidang IT untuk mendukung serapan materi yang baik. jika ada media yang lebih terlihat bergerak seperti video, menggunakan infocus dan layar maka konsep itu lebih masuk kepada siswa SD yang notabene nya lebih suka dan mudah mengingat visual yang bergerak.

  7. NAMA : KAMILA
    NIM : 857078381
    POKJAR : JAKARTA
    PRODI : S-1 PGSD

    Dalam pembelajaran tersebut guru tidak memulai pembelajaran dengan memberikan pengetahuan siswa berupa tujuan,manfaat dan hasil dari pembelajaran, guru langsung menggunakan metode ceramah sehingga siswa tidak dapat memahami awal,proses dan hasil pembelajaran, dalam pembelajaran berlangsung hanya ada satu siswa yang aktif menjawab, siswa lainnya tidak diberi waktu untuk berani menjawab, intonasi suara dan ekspresi guru ketika mengajar sudah cukup baik, guru memilih media flipchart sudah cukup baik juga dalam pembelajaran, Media flipchart yang merupakan media yang mampu menyajikan pesan pembelajaran secara ringkas dan praktis, dapat digunakan di luar maupun di dalam ruangan, bahan pembuatan relatif murah, mudah dibawa kemana-mana, dan meningkatkan antusias belajar dikelas, diharapkan mampu memberikan pengetahuan siswa.

  8. Nama : Amalia Nur
    NIM : 855829276
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ : Banda Aceh

    (Analisis video 2) Judul : Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru? Reaksi siswa yaitu terlihat aktif walaupun ada juga yang terlihat tidak fokus

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran? Kelemahannya yaitu guru terlihat tergesa-gesa saat menggunakan media flip chart dan penjelasannya pun tidak terlalu jelas

    3. Apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelebihannya guru menggunakan alat peraga/media sederhana berbentuk flip chart

    4. Hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Siswa terlihat aktif dalam melakukan tanya jawab ketika ditanya tentang dampak dari kerusakan hutan

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Sebaiknya menggunakan apersepsi terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran, menjelaskan lebih detail tentang materi yang dibahas dan tidak terburu-buru

  9. Nama : Fevilia Suwandayani
    NIM: 858851258
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ : Malang

    Bismillah izin berkomentar…
    Setelah melihat video pembelajaran tersebut, analisis saya terhadao video tersebut adalah:
    Kelebihan dalam video pembelajaran:
    – Guru menciptakan inovasi dalam pembelajaran dengan menggunakan flip card
    – Guru mampu memberikan apersepsi pembelajaran dengan menarik dan mampu merangsang kemampuan siswa dalam materi tersebut
    Saran untuk video tersebut:
    – Guru hendaknya menyampaikan tujuan pembelajaran di awal agar siswa mengetahui tujuan belajar
    – Guru hendaknya memberikan instuksi /perintah yang jelas kepada siswa agar siswa dapat memahami cara menggunakan flip card
    – Guru hendaknya lebih tenang dalam menjelaskan ke siswa sehingga siswa dapat memahami materi dengan baik.
    Demikian analisis video dari saya
    Terimakasih….

Leave a Reply