silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.

Toto Fathoni

Dari tayangan video ini dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.

2. Guru menyuruh siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA” , dari perintah guru tersebut tidak dijelaskan halaman berapa, materinya apa. Bahkan samapai pembelajaran berakhir buku IPA tadi nampak tidak digunakan. Dan nampak janggal karena begitu siswa disuruh untuk membuka buku IPA, sedangkan siswa baru bergerak akan mengambil buku IPA nya, (siswa belum mengambil buku IPA dan belum membukanya), guru langsung meminta kepada siswa lagi :”Sebentar, sekarang dengarkan penjelasan bu guru. Guru langsung ceramah menjelaskan tentang, alam milik kita, kalau tidak dipelihara akan bagaimana dan sebagainya, kalau tidak dipelihara bagaimana. Sampai dengan brain storming tentang apa akibatnya kalau hutan yang sangat luas ini tidak dipelihara. Sampai dengan berakhirnya brain storming tentang akibat kerusakan hutan guru belum  atau tidak menggunakan Flip Chart.

3. “Bagaimana solusinya?’ Dijelaskan bahwa dapat menggunakan flip chart. Di sini juga nampak bahwa, bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.

4. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.

5. Nampak dalam video ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.

6. Kalau diamati justru kelasnya lebih hidup pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart, pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.

Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih masalah yang dihadapi saat siswa tidak menggunakan flip chart dan setelah siswa menggunakan flip chart.

Herawati, M.Pd.

Similar Posts

364 Comments

  1. Menurut pendapat saya, beberapa hal yang harus diperbaiki adalah;
    1. Apersepsi, Guru tidak melakukan apersepsi dengan baik dan benar, tidak mengabsen dan meminta siswa untuk berdo’a terlebih dahulu
    2. Flip Chart yang digunakan kurang jelas untuk dilihat oleh keseluruhan siswa dalam ruang kelas tersebut
    3. Guru meminta siswa untuk mengeluarkan buku paket dengan tergesa-gesa, tanpa menjelaskan halaman, bab yang akan dipelajari
    4. Guru tidak menggunakan buku IPA tersebut meski sudah dikeluarkan siswa
    Penyampaian materi dengan tergesa-gesa
    5. Suasana kelas sangat kondusif dan penuh semangat diawal pembelajara, namun siswa terlihat bosan beberapa saat kemudian
    6. Flip Chart harus diperbarui, dalam hal ini Guru tersebut masih menggunakan flip chart konsep lama

  2. Menurut saya, berikut beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam video tersebut;
    1. Guru tidak melakukan apersepsi dengan benar, tidak mengabsen dan meminta siswa berdo’a sebelum pelajaran dimulai
    2.Flip chart yang digunakan kurang jelas, sehingga tidak dapat dilihat jelas oleh keseluruhan siswa dalam ruang kelas tersebut
    3. Guru meminta siswa untuk mengeluarkan buku paket tanpa menjelaskan bab dan halaman berapa materi tersebut berada
    4. Buku yang dikeluarkan pada akhirnya tidak terpakai sama sekali
    5. Siswa terlihat bosan dan sedikit bingung di akhir pembelajaran

    Novitasari
    859142658
    UT Pokjar Gerung, Lombok Barat

  3. NAMA : SWINA BANJAR NAHOR
    NIM : 859875149

    Menurut pendapat saya mengenai video tersebut tentang peristiwa alam yang terjadi di indonesia, seorang Guru sudah melakukan opening yang baik di kelas, akan tetapi Guru kurang memperhatian siswa dimana siswa tersebut masih dalam keadaan Ribut dan belum memepersiapkan diri untuk mendengarkan penjelasan dari guru.
    2. sebelum memasuki materi baru, seharusnya Guru menjalaskan kembali materi sebelumnya, yang bertujuan untuk mengingatkan kembali materi yang pernah diajarkan.
    3. ketika guru menjelaskan materi seharusnya guru tidak terlalu cepat untuk berbicara agar siswa dengan mudah memahami materi yang dibahas.
    4. selanjutnya guru seharusnya memberikan kesempatan kepada siswa untuk memeberikan pendapatnya masinng-masing.
    5. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Peristiwa Alam Menggunakan Model Picture and Picture

    Terimakasih

  4. Nama : Vina Rohmatul Ummah
    NIM : 858901567
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ-UT Jember Pokjar Wuluhan
    Setelah menyimak video mengenai ““Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD” menurut saya kelemahan pembelajaran yang dilakukan guru di video tersebut yaitu :
    1. Pada kegiatan awal pembelajaran guru belum melakukan apersepsi. Selanjutnya guru tidak menjelaskan tujuan dari pembelajaran tersebut Langsung ke judul materi tentang peristiwa-peristiwa alam di Indonesia.
    2. Pada video tersebut terlihat guru meminta siswa untuk membuka buku pelajaran IPA, tetapi dalam pembelajaran buku tidak dimanfaatkan secara maksimal.
    3. video diatas lebih dominan apa itu media flip chart dan penjelasan tentang menggunakan media tersebut.
    4. Pada akhir pembelajaran, guru tidak memberikan evaluasi atau tugas.
    Selanjutnya kelebihan dari video pembelajaran tersebut yaitu :
    1. Pada kegiatan awal guru sudah menanyakan kabar siswa.
    2. Guru sudah menjelaskan materi tentang peristiwa tentang peristiwa alam dan cara menjaga dan meletarikan alam. Kemudian guru menjelaskan dampak apa saja yang terjadi akibat bencana peristiwa alam.
    3. Penggunaan flip chart dalam penjelasan materi yang dilakukan guru sudah bagus, gambar peristiwa-peristiwa alam juga sangat jelas bagi siswa.
    Sekian tanggapan video dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf
    Terima kasih

  5. Siska Wulandari
    856022409
    S1 PGSD
    UPBJJ UT Medan
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    —> Siswa memperhatikan guru yg sedang menjelaskan materi pelajaran serta ikut aktif dalam menjawab pertanyaan guru
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    —> Lagi lagi guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan. Hal yg paling penting dalam kegiatan pendahuluan adalah menyiapkan dan memotivasi belajar siswa serta mengapresepsi siswa. Ketika guru meminta siswa untuk mengeluarkan buku pelajarannya guru tidak memberikan penjelasan materi yang akan diajarkan tetapi malah langsung diperintahkan untuk mendengarkan guru tersebut.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    —> guru sudah menggunakan media flip chart guna mendukung proses pembelajaran agar siswa mudah memahami materi.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    —> siswa tampak terdiam ketika guru meminta untuk menjelaskan proses terjadinya gunung meletus
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    —> pentingnya membangun kesiapan dan motivasi belajar siswa sebelum proses pembelajaran berlangsung. lakukan kegiatan juga guna untuk menambah wawasan siswa.

  6. 1.Guru tidak melakukan apersepsi dengan baik dan benar
    2. Flip chart yang digunakan kurang jelas sehingga siswa yang berasa di belakang kurang jelas saat mengamati objek pada flip chart
    3. Guru meminta siswa untuk mengeluarkan buku paket dengan tergesa-gesa , tanpa menjelaskan bab dan halaman berapa materi terkait
    4. Guru tidak menggunakan buku IPA yang tadinya diminta untuk dikeluarkan
    5. Suasana kelas sangat kondusif dan semangat di awal pembelajaran, namun siswa terlihat bosan saat guru menjelaskan objek pada flip chart

  7. Nama : Isna Suhaimil Ulfa
    NIM : 858734485
    UPBJJ : Surabaya
    Pokjar : Lamongan

    Setelah menyimak video “Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD”
    beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam video tersebut yaitu :
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti: mengabsen, menjelaskan tujuan pembelajaran, berdoa sebelum memulai pelajaran
    2. Guru meminta siswa mengeluarkan buku paket tanpa menjelaskan materi yang akan di peljari
    3. Guru tidak memanfaatkan buku IPA yang yelah dikeluarkan siswa
    4. Dalam menyampaikan sebuah materi guru tergesa – gesa
    5. Flip card yang digunakan kurang jelas sehingga semua siswa yang ada di kelas tidak dapat melihatnya.

  8. Nama : Perhatian Zendrato
    NIM : 856100344
    Jurusan : PGSD-S1

    Menurut saya setelah melihat video pembelajaran diatas, guru mengajar sudah sangat baik, karna adanya hubungan komunikasi/tanya jawab antar guru dan siswa. namun, jauh lebih baik lagi jika guru dalam pembelajarannya menggunakan media pembelajaran, seperti video peristiwa alam (banjir,longsor,gempa bumi) yang ditampilkan menggunakan infocus.

  9. Nama : Hartiningsih
    nim; 857747661
    UPBJJ: Semarang
    Pokjar: Permata Pati
    a. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja

    b. Guru tidak memulai pembelajaran dengan apersepsi padahal ini penting untuk menyiapkan mental siswa masuk pada pembelajaran .

    c. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran

    d. Pada akhir pembelajaran, guru tidak memberikan evaluasi atau tugas.
    Perbaikan yang dilakukan
    a. Guru seharusnya menyampikan tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan pembelajaran

    b. Memulai pembelajaran dengan apersepsi sehingga mental anak sudah siap untuk masuk pada pemebelajaran

    c. Guru seharusnya lebih fokus pada materi tentang proses peristiwa alam bukan fokus pada menjelaskan apa itu flip chart.

    d Diakhir pembelajaran seharusnya ada evaluasi dan pemberian tugas agar siswa lebih paham.

    d. Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media/ evaluasi sudah cukup memadahi.

  10. Nama: Mutiara Dewi Agustin
    NIM: 857136863
    Prodi FKIP PGSD S1 UPBJJ Jakarta

    Dari video “Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD” tersebut, kita dapat melihat bahwa Flip chart dapat menjadi media yang efektif untuk menjelaskan proses peristiwa-peristiwa alam yang terjadi di Indonesia pada pembelajaran IPA di SD. Dengan memanfaatkan flip chart sebagai media pembelajaran, siswa dapat lebih mudah memahami proses peristiwa-peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan lebih terlibat dalam pembelajaran IPA di SD. Siswa juga terlihat lebih antusias dan semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Selain itu, flip chart juga dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dengan cara yang lebih menarik dan interaktif.

    Terima kasih.

Leave a Reply