silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra anak dapat melakukan beberapa kegiatan, salah satunya kegiatan apresiasi langsung
Kegiatan apresiasi langsung adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar untuk memperoleh nilai kenikmatan dan kekhidmatan dari karya sastra anak yang diapresiasikan.Kegiatan apresiasi langsung meliputi kegiatan seperti:
- Membaca sastra anak.
- Mendengar sastra anak ketika dibacakan atau dideklamasikan.
- Menonton pertunjukan sastra anak dipentaskan
Salah satu manfaat dari pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar ini adalah memberi berbagai informasi tentang proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan latihan.
Salah satu cara yang dapat digunakan dalam melakukan pembelajaran apresiasi sastra adalah dengan metode berkisah. Metode ini dapat diberikan oleh bapak atau ibu guru di depan kelas dengan membawakan sebuah kisah. Secara lisan metode berkisah dapat disampaikan selama 15-25 menit untuk menarik perhatian siswa. Metode berkisah tidak sama dengan metode berceramah. Kisah tidak semata-mata disampaikan monoton dengan narasi, tetapi perlu selingan dialog dan humor dengan suara yang berubah-ubah.
Sedangkan Pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra anak di sekolah dasar dapat dimulai dari kegiatan pra-KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) hingga KBM di kelas. Kegiatan pra-KBM dapat dilakukan dengan memberi salinan atau kopi teks sastra, diberi tugas membaca, menghafalkan, meringkas atau mencatat dan menemukan arti kata-kata sukar yang terdapat dalam teks sastra. KBM di kelas dapat dilakukan dengan memberi tugas membaca sajak, membaca cerita, berdeklamasi atau mendongeng di depan kelas. Setelah itu baru diadakan tanya jawab, menuliskan pendapat, dan berdiskusi bersama merumuskan isi, tema, dan amanat.
Pembelajaran apresiasi sastra yang monoton terdakang membuat siswa menjadi takut untuk berkespresi. Maka diperlukan model pembelajaran yang beroritasi pada sisiwa dan membuat siswa menjadi lebih tertarik. Problem based learning dapat menjadi salah satu cara sebagai alternative pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar. Siswa akan berdialog dan praktik langsung untuk melakukan apresiasi sastra.
Selamat menyaksikan.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Nama : Marisa Riantina
NIM : 857004919
Semester : 6
Kelas : C
Pokjar : Sidomulyo
UPBJJ : Bandar Lampung
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut terlihat semangat dan antusias untuk belajar. apalagi pada saat pembukaan diselingi dengan tepuk anak hebat untuk membangkitkan semangat siswa.
2. Kelemahan guru dalam pembelajaran tersebut yang saya lihat guru tidak mengawali pembelajaran dengan berdoa.
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adanya umpan balik pada saat pembelajaran berlangsung, kegiatan pembukaan, kegiatan inti, serta penutup.
Nama : Ita Kurniati
NPM : 859691468
Pokjar : Sidomulyo
UPBJJ : Bandar Lampung
Setelah menyimak video pembelajaran diatas guru telah melakukan teknik atau metode pembelajaran yang sesuai dengan aktif, kreatif, nyaman dan menyenangkan
Dari pembukaan,pembelian materi inti sampai dengan recalling atau penutup guru melibat siswa dalam pembelajaran tersebut sehingga siswa bereaksi menjadi lebih bersemangat dan fokus menyimak pembelajaran tersebut yang menjadikan suasana kelas lebih aktif terlebih saat guru mengajak siswa untuk melakukan ice breaking sederhana
1.Menurut pendapat saya video diatas sangat bermanfaat bagi guru dan peserta didik dalam video tersebut mengajarkan cara berinteraksi.Di sini guru terlihat sangat interaktif dan intuitif dalam menyampaikan pembelajaran dan peserta didik juga sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung dengan ini siswa menjadi lebih aktif dan berani dalam menyampaikan pendapat mereka
2.Hal penting yang saya pelajari dari video tersebut adalah bagaimana seorang guru dapat berinteraksi baik dengan siswa sehingga siswa tidak menjadi bosan dalam belajar dengan suasana belajar yang berbeda, menarik dan menyenangkan
3.Hal yang sudah sangat baik dalam video tersebut adalah tata cara belajar yang tertata, dari awal pembukaan,inti pembelajaran, sampai pada penutup yang dimana terdapat motivasi untuk siswa di dalam nya
1 menurut saya video pembelajaran diatas sangat bermanfaat untuk guru dan peserta didik di dalam video tersebut mengajarkan siswa bagaimana cara berinteraksi dengan baik.Disini guru sangat interaktif dan intuitif dalam menyampaikan pembelajaran dan peserta didik juga sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung.Dalam hal ini menjadi kan siswa lebih aktif dan berani dalam menyampaikan pendapat
2.Hal penting yang saya pelajari dari video pembelajaran diatas adalah bagaimana mana seorang guru berinteraksi baik dengan peserta didik ,Siswa tidak merasa bosan dalam belajar dikarenakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan
3.Hal baik yang ada di video tersebut adalah sistem pembelajaran yang berlangsung secara teratur dari pembukaan pembelajaran,inti pembelajaran, sampai pada penutup yang di sertakan motivasi untuk siswa di dalam nya
Nama : Sri Amalia Amanda
NIM : 855854406
Prodi : PGSD
UPBJJ : Medan
1. Menurut saya video tersebut cukup efektif di awal karena kegiatan pendahuluan yang disertai dengan tepuk tangan untuk membangun semangat peserta didik.
2. Hal penting yang saya peroleh adalah ketika keaktifan, reaksi, dan metode yang dilakukan seorang guru sangat berpengaruh terhadap bagaimana respon peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
3. Adapun hal yang sudah sangat baik adalah saat adanya usaha seorang guru untuk lebih meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bukan acuh dan hanya sekedar yang penting mengajar.
Sekian tanggapan saya mengenai video pembelajaran tersebut.
Nama : Reni Risma
NIM : 855864801
UPBJJ : Medan
dalam video ini apersepsi yang dilakukan ileh guru sangat baik , suasana kelas menjadi lebih nyaman dan menarik. respon peserta didik juga aktif dan baik, para peserta didik bersemngat menerima dan menjalani proses pembelajaran yang sedang terjadi. Pembawaan guru dalam menyampaikan materi juga sangat baik dan sederhana, sehingga peserta didik dengan mudah memahami materi ajar. Penguatan materi ajar dan poin-poin penting yang disampaikan oleh guru juga diterima baik oleh peserta didik. Bahasa yang sederhana yang digunakan oleh guru juga sangat baik.
Nama
NAMA : SYIFA ANDRIZHA AZHARI
NIM : 856034499
POKJAR : TEBING TINGGI
UPBJJ : MEDAN
Setelah menonton video pembelajaran yang saya lihat guru sudah baik dalam memulai kegiatan pembelajaran dimulai dari pembukaan, kegiatan inti hingga sampai penutup. Pada bagian pembukaan sangat menarik karena dimulai dengan ice breaking sehingga membuat anak menjadi lebih semangat memulai pembelajaran. Menurut saya, Penggunaan model pembelajaran Project-Based Learning (PBL) untuk Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) merupakan pendekatan yang sangat efektif dalam memperkuat pendidikan karakter siswa. Melalui PBL, siswa dapat terlibat secara aktif dalam menciptakan, menganalisis, dan mengapresiasi karya sastra anak. Mereka tidak hanya belajar tentang nilai-nilai moral yang terkandung dalam karya sastra, tetapi juga mengembangkan keterampilan kolaborasi, pemecahan masalah, dan komunikasi. Diskusi mendalam tentang pesan moral dalam sastra anak, yang dipermudah oleh PBL, membantu siswa menginternalisasi nilai-nilai seperti empati, kejujuran, dan kerjasama. Selain itu, melalui proyek-proyek PBL, siswa memiliki kesempatan untuk menghasilkan karya-karya mereka sendiri, meningkatkan motivasi dan keterlibatan mereka dalam pembelajaran. Pengalaman ini tidak hanya memperkuat karakter siswa, tetapi juga menciptakan pengalaman pembelajaran yang berkesan dan membangun kepercayaan diri.
Nama : Putri Rahmayani Ritonga
Nim :877524564
1. Pendapat saya tentang video ini adalah video ini sudah sangat menarik tetapi guru ini kurang bersemangat dalam menyampaikan materi tersebut
2. Hal penting dalam video ini bapak ini bisa membantu anak dalam menghadapi masalah
3. Hal yang sudah sangat baik bapak guru memberikan contoh tentang si kancil dan buaya, hal baik nya si kancil adalah hewan yang cerdik
Nama : arini mayan fauny saragih
Nim : 859900719
setelah melihat keseluruhan video, pada awal pembukaan sudah baik dimana guru membangkitkan motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran, guru mungkin dapat juga menambahkan menyanyi lagu nasional pada pembukaan dan juga dapat menggunakan media visual atau edukatif lainnya. terimakasih