silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra anak dapat melakukan beberapa kegiatan, salah satunya kegiatan apresiasi langsung
Kegiatan apresiasi langsung adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar untuk memperoleh nilai kenikmatan dan kekhidmatan dari karya sastra anak yang diapresiasikan.Kegiatan apresiasi langsung meliputi kegiatan seperti:
- Membaca sastra anak.
- Mendengar sastra anak ketika dibacakan atau dideklamasikan.
- Menonton pertunjukan sastra anak dipentaskan
Salah satu manfaat dari pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar ini adalah memberi berbagai informasi tentang proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan latihan.
Salah satu cara yang dapat digunakan dalam melakukan pembelajaran apresiasi sastra adalah dengan metode berkisah. Metode ini dapat diberikan oleh bapak atau ibu guru di depan kelas dengan membawakan sebuah kisah. Secara lisan metode berkisah dapat disampaikan selama 15-25 menit untuk menarik perhatian siswa. Metode berkisah tidak sama dengan metode berceramah. Kisah tidak semata-mata disampaikan monoton dengan narasi, tetapi perlu selingan dialog dan humor dengan suara yang berubah-ubah.
Sedangkan Pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra anak di sekolah dasar dapat dimulai dari kegiatan pra-KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) hingga KBM di kelas. Kegiatan pra-KBM dapat dilakukan dengan memberi salinan atau kopi teks sastra, diberi tugas membaca, menghafalkan, meringkas atau mencatat dan menemukan arti kata-kata sukar yang terdapat dalam teks sastra. KBM di kelas dapat dilakukan dengan memberi tugas membaca sajak, membaca cerita, berdeklamasi atau mendongeng di depan kelas. Setelah itu baru diadakan tanya jawab, menuliskan pendapat, dan berdiskusi bersama merumuskan isi, tema, dan amanat.
Pembelajaran apresiasi sastra yang monoton terdakang membuat siswa menjadi takut untuk berkespresi. Maka diperlukan model pembelajaran yang beroritasi pada sisiwa dan membuat siswa menjadi lebih tertarik. Problem based learning dapat menjadi salah satu cara sebagai alternative pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar. Siswa akan berdialog dan praktik langsung untuk melakukan apresiasi sastra.
Selamat menyaksikan.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Tugas Analisis Vidio_IPA – Penggunaan metode base learning dalam menumbuhkan minat belajar siswa dalam apresiasi seni sastra
_Tugas Praktik 1_PKP_Nama:MuhammadvArfadza’im A.S_NIM:857139321_Klas B_Tanggal Pengumpulan April 2025
Isi Komentar :
a. Identifikasi masalah
– Guru mengalamai kesulitan Ketika akan mengajarkan apresiasi sastra
– Anak kurang antusias mepelajari apresiasi seni sastra
– Tidak ada media pembelajaran
– Metode yang digunakan kurang menarik
b. Analisis Masalah
Masalah yang dialami guru adalah dalam mata Pelajaran Apresiasi seni , guru mengalami kesulitan dalam menumbuhkan minat belajar siswa dalam mengapresiasi seni yaitu mencari Amanah dari sebuah cerita. dikarenakan metode yang digunakan kuranng menarik
c. Alternatif pemecahan masalah
Sebelum pembelajaran lakukan hal hal yang memotivasi minat siswa dengan ucapan salam. Menanyakan kabar serta ice breking, kemudian guru menerapkan metode base learning dengan cara mencari amanat atau dalam sebuah cerita dengan cara guru membaca buku cerita dengan judul Pelajaran bagi Mira, siswa disuruh mendengarkan dan mencatat 6 nilai yg terkandung dalam cerita di sebuah kertas origami sambil mengingat dan anak bergantian membaca ke depan kelas
d. Tujuan perbaikan yang dilakukan guru adalah bertujuan supaya pembelajaran lebih menarik dan siswa mudah memahami materi, memberi Kesan yang mendalam dan bermakna bagi siswa
e. Kelebihan metode ini adalah pembelajaran lebih menarik, siswa lebih senang dan , tertarik dan tidak bosan, memudahkan anak dalam memahami materi dan anak bisa berkarya, dan percaya diri menguatkan karakter, anak bisa menganalisis dan memecahkan masalah
f. Kelemahan metode ini adalah masalah waktu yang kurang efektif
NAMA : Heni Rohaeni
NIM : 860190289
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : Bandung
Assallamua’laikum, Hallo semuanya ijinkan saya menyampaikan pendapat saya
1.Mengenai video pemebelajaran ini menurut saya sangat menarik karena dengan cara becerita /berkisah akan menumbuhkan rasa semangat anak untuk
belajar karena peserta didik SD itu sangat menyukainya cerita-cerita atau kisah-kisah dan cara seperti ini secara tidak langsung mendorong peserta
didik dapat langsung di beri gambaran seperti apa dan bagaimana pemebelajaran yang terkandung di dalam kisah tersebut melalui tokohnya.
2. Hal penting yang di peroleh dari video pembelajaran ini menurut saya sangat banyak karena dengan cara bercerita sebuah kisah itu dapat meningkatan
pemahamahan, menambah informasi serta memperkaya kosa kata pada siswa dan tentunya banyak hikmah dan pelajaran yang di ambil dari kisah
tersebut.
3. Hal yang sudah sangat baik dalam video pembelajaran ini adalah guru dapat mendorong anak berperan aktif dalam pembelajaran dan dalam penugasan
pun peserta didik tampak antusias sehingga tampak pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran dan pembelajaran di mulai berangkat dari sebuah
permasalahan yang nantinya akan dipecahkan bersama -sama solusinya, hal itu membuat semua siswa berperan aktf dalam pembelajaran.
1. Pendapat Saya mengenai Video ini
Video ini sangat membantu dan relevan untuk diterapkan di sekolah dasar, terutama karena menggabungkan apresiasi sastra dengan pendekatan yang aktif dan berorientasi pada siswa seperti Problem Based Learning. Pembelajaran tidak hanya berfokus pada teori sastra, tetapi juga memberikan ruang bagi siswa untuk berekspresi, berdialog, dan mengalami langsung proses pemaknaan karya sastra. Pendekatan ini membantu siswa merasa lebih terlibat dan tidak takut untuk mengekspresikan pendapat mereka.
2. Hal penting apa yang di peroleh
Hal penting yang saya peroleh adalah bahwa apresiasi sastra tidak cukup hanya dengan membaca atau mendengar karya sastra, tetapi juga perlu dilengkapi dengan metode yang dapat mengaktifkan peran siswa. Menggunakan Problem Based Learning dalam pembelajaran sastra mendorong siswa untuk berpikir kritis, memecahkan masalah, dan memahami nilai-nilai dalam karya sastra dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Hal ini membuat siswa tidak hanya menjadi penerima materi, tetapi juga pelaku aktif dalam proses belajar.
3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video pembelajaran ini?
Beberapa hal yang sangat baik dalam video ini
• Interaksi aktif antara guru dan siswa, yang membuat suasana belajar lebih hidup.
• Penyajian kisah atau cerita dengan metode berkisah, yang membuat siswa tertarik dan lebih mudah memahami isi karya sastra.
• Penerapan Problem Based Learning, yang mengajak siswa untuk terlibat langsung dalam pemecahan masalah dan merumuskan makna dari karya sastra secara mandiri.
• Adanya variasi kegiatan, seperti membaca, mendongeng, berdiskusi, dan bermain peran, yang mendorong partisipasi dan ekspresi siswa secara maksimal.
Terima kasih
Tanggapan dan Analisis Video Pembelajaran
Pendapat Mengenai Video
Video ini sangat baik karena memberikan gambaran jelas tentang pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar. Metode kreatif seperti berkisah dan penggunaan Problem-Based Learning (PBL) menjadi solusi menarik agar siswa lebih aktif dan tertarik.
Hal Penting yang Diperoleh
Apresiasi sastra melibatkan pemahaman, penghayatan, dan penikmatan karya sastra.
Kegiatan apresiasi langsung: membaca, mendengar, dan menonton karya sastra.
Metode berkisah dan PBL dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif.
Hal Baik dalam Video
Materi tersusun dalam vidio sudah tersusun dengan baik dan runtut
Dalam vidio terdapat banyak materi pemantik yang dapat menekankan aktivitas siswa yang bervariasi dan aktif.
Menawarkan metode kreatif untuk mengatasi pembelajaran monoton.
Video ini efektif memberikan solusi inovatif untuk pembelajaran apresiasi sastra. Dengan metode berkisah dan PBL, siswa lebih terlibat, berani berekspresi, dan belajar dengan lebih menyenangkan. Akan lebih baik jika ditambahkan contoh penerapan langsung di kelas agar lebih praktis.
Assalamualaikum wr.wb. Mohon ijin untuk menanggapi tayangan diatas.
NAMA : ERVINA DWI DAMAYANTI
NIM : 858969678
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
Menurut saya, Video pembelajaran tersebut menggunakan metode “Problem Based Learning” yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran mengenai apresiasi karya sastra. Dengan menggunakan metode ini, suasana kelas terlihat lebih hidup karena para siswa ikut aktif berpartisispasi terhadap cerita yang mereka pelajari. Sehingga, belajar sastra dapat dilakukan dengan cara menyenangkan dan jauh dari kata bosan dan ngantuk dalam mempelajari pelajaran Bahasa Indonesia.
2. Hal penting yang saya dapat dari video pembelajaran ini?
Dalam proses menumbuhkan apresiasi sastra dapat ditanamkan sejak dini karena banyak cara yang dapat dilakukan seperti pada tayangan video tersebut. Aktivitas lainnya yang dapat dilakukan dalam menumbuhkan apresiasi sastra pada siswa yaitu dengan melakukan Role Playing. Dengan melakukan permainan peran, siswa dapat merasakan langsung secara mendalam setiap peran-peran yang dilakoninya. Dengan begitu, siswa dapat meningkatkan apresiasi satra terhadap cerita yang telah mereka pelajari tersebut.
3. Apa saja hal yang menarik dalam video ini?
Berdasarkan video tersebut, peran guru sangat penting dalam berjalannya proses pembelajaran tersebut. Guru harus dapat mengontrol jalannya pembelajaran namun tetap harus tetap melibatkan partisipasi siswa karena metode Problem Based Learning berpusat pada siswa sehingga guru harus pintar-pintar mengatur strategi. Dalam video tersebut, siswa terliihat ikut serta aktif dalam proses pembelajaran baik secara individu maupun pada saat tugas berkelompok artinya guru dapat meningkatkan antusias siswa dalam proses belajar.
Roudatul Jannah
859946405
Assalamu’alaikum. izin menanggapi video pembelajaran ini.
1. menurut saya penggunaan metode yang ada di video tersebut sudah bagus dan tepat, karena membuat kelas menjadi efisien dan kondusif tetapi anak didik pun bersemangat dalam mengikuti pembelajaran karena membuat anak didik aktif dalam pembelajarannya.
2. hal yang penting, yang ada di video tersebut adalah adanya kegiatan siswa yang berperan langsung dalam memberi materi pelajaran, misal dijadikan contoh dalam pembahasan tersebut.
3. berdasarkan video tersebut, hal yang sangat baik adalah, tersampainya materi pelajaran dengan baik, jelas dan singkat, sehingga anak bisa menguasai materi tersebut.
1. Bagaimana pendapat anda mengenai video pembelajaran ini?
Menurut saya salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan apresiasi sastra di sekolah dasar adalah pembelajaran berbasis masalah (PBL). Dilihat dalam video tersebut metode ini memungkinkan siswa tidak hanya terlibat aktif dalam eksplorasi, analisis, dan ekspresi kreatif, tetapi mereka juga memahami karya sastra secara pasif. Akibatnya, siswa menjadi lebih percaya diri dalam menilai karya sastra.
2. Hal penting apa yang anda peroleh dalam video pembelajaran ini?
Dalam video pembelajaran ini, PBL digunakan guru membacakan karya sastra dan meminta siswa menemukan konflik atau tema utamanya. Kemudian, siswa menyusun masalah yang ditemukan dalam karya sastra, termasuk cara karakter dapat menangani konflik dengan cara yang lebih baik. Setelah itu, mereka berbagi hasil analisis dan interpretasi mereka dengan teman sekelas mereka. Salah satu manfaat video Apresiasi Sastra untuk pembelajar PBL adalah meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses memahami dan menginterpretasikan karya sastra serta mendorong kreativitas dan ekspresi. Siswa bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan persoalan yang terdapat dalam karya sastra.
3. Apa saja hal yang baik dalam video ini?
Menurut pendapat saya, pada video pembelajaran PBL tersebut mendorong keterlibatan dan motivasi siswa karena memberikan mereka masalah nyata yang harus dianalisis dan diselesaikan. Siswa tidak hanya membaca teks secara pasif tetapi juga berpartisipasi dalam diskusi, analisis, dan eksplorasi makna karya sastra selama proses apresiasi sastra.
Nama : Dian Irnadi
NIM : 860036952
Jurusan : PGSD
1. Bagaimana pendapat anda mengenai video pembelajaran ini?
Menurut saya salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan apresiasi sastra di sekolah dasar adalah pembelajaran berbasis masalah (PBL). Dilihat dalam video tersebut metode ini memungkinkan siswa tidak hanya terlibat aktif dalam eksplorasi, analisis, dan ekspresi kreatif, tetapi mereka juga memahami karya sastra secara pasif. Akibatnya, siswa menjadi lebih percaya diri dalam menilai karya sastra.
2. Hal penting apa yang anda peroleh dalam video pembelajaran ini?
Dalam video pembelajaran ini, PBL digunakan guru membacakan karya sastra dan meminta siswa menemukan konflik atau tema utamanya. Kemudian, siswa menyusun masalah yang ditemukan dalam karya sastra, termasuk cara karakter dapat menangani konflik dengan cara yang lebih baik. Setelah itu, mereka berbagi hasil analisis dan interpretasi mereka dengan teman sekelas mereka. Salah satu manfaat video Apresiasi Sastra untuk pembelajar PBL adalah meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses memahami dan menginterpretasikan karya sastra serta mendorong kreativitas dan ekspresi. Siswa bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan persoalan yang terdapat dalam karya sastra.
3. Apa saja hal yang baik dalam video ini?
Menurut pendapat saya, pada video pembelajaran PBL tersebut mendorong keterlibatan dan motivasi siswa karena memberikan mereka masalah nyata yang harus dianalisis dan diselesaikan. Siswa tidak hanya membaca teks secara pasif tetapi juga berpartisipasi dalam diskusi, analisis, dan eksplorasi makna karya sastra selama proses apresiasi sastra.
Assalamualaikum
Izin menanggapi video nya
Roudatul jannah
859946405
1.dari video tersebut sangat bagus untuk metode yang dipakai oleh guru tersebut, membuat anak menjadi aktif dalam pembelajaran.
2. Hal yang sangat penting dalam video tersebut adalah cara berinteraksi guru terhadap muridnya bagus dan sangat berinteraktif. Sehingga membuat kelas menjadi lebih hidup dan pembelajaran ternilai sangat menyenangkan.
3. Hal yang sangat baik dalam video ini adalah Cara mengajar dan metode yang diberikan sudah tepat.
Nama : Hani Amrina Rosyada
NIM : 860010831
1. Menurut saya, video praktek pembelajaran di atas sudah baik, namun ada yang perlu ditingkatkan lagi. Pertama, lebih ekspresif ketika mengapresiasi sastra anak, bisa melibatkan anak supaya tidak terkesan hanya guru yang aktif, anak hanya mendengarkan. Karena karakter anak dalam belajar itu berbeda-beda, ada yang harus mendengar, membaca, dll. Jadi bisa dengan cara memberi kesempatan anak untuk maju ke depan.
2. Hal penting yang saya dapatkan dari video di atas ialah selalu memberikan apresiasi ketika anak berani menyampaikan pendapat atau hasil pengamatannya. Di samping itu saya belajar untuk berkomunikasi dengan baik sesuai dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa, terutama jika membahas mengenai hikmah atau pelajaran yang dapat diambil dari sebuah kisah atau fabel. Harapannya siswa bisa lebih memahami apa yang guru sampaikan.
3. Hal-hal yang sudah sangat baik di video ini diantaranya ialah memberikan kesempatan kepada siswa untuk menuliskan hikmah atau nilai yang dapat diambil dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari yang bersumber dari sebuah cerita atau kisah. Dari situ siswa sudah diajak untuk berfikir hal-hal yang positif yang bisa menjadi bekal dalam menjalani kehidupan di masa sekarang maupun masa depan. Dan luar biasanya, di video tersebut siswa bisa menyampaikan hasil gagasannya dengan baik.