silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan  dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen  biotik menjadi mati. 

Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka  terhadap lingkungan hidup.

Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan  untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem.  Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
  4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
  1.  

Similar Posts

310 Comments

  1. Nama : Surian
    Nim : 855713666
    Prodi : S1-PGSD
    1. Setelah saya menyaksikan video pembelajaran tersebut, menurut saya pembelajaran tersebut cukup menarik. Guru mampu memberikan pertanyaan terkait materi yang akan diajarkan. Dimana pertanyaan itu bisa merangsang keaktifan anak dalam memulai pembelajaran.
    2. Hal penting yang saya peroleh setelah menyaksikan video tersebut adalah :
    – perlu perencanaan yang mateng dan penguasaan materi serta persiapan alat peraga yang sesuai dan menarik untuk mendukung sebuah pembelajaran.
    – Bagaimana membuat sebuah pertanyaan yang mampu menggali jawaban-jawaban dari siswa dalam proses pembelajaran.
    3. video tersebut kurang sesuai dalam hal penggunaan dengan infokus, karena saya mengajar didaerah yang listriknya belum stabil. Jadi penggunaannya infokus menyesuaikan dengan keadaan lingkungan sekitar. Tetapi tdk mengurangi inisiatif karena saya bisa menggunakaan media gambar dengan cara print gambar/alat2 peraga gambar yang dibutuhkan dalam pembelajaran.

  2. Nama : Eva Febrianti Nasution
    Nim. : 856029512
    Program studi: 118 / PGSD – S1

    1. Pendapat saya mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini yaitu kegiatan pembelajarannya sangat menarik, tidak membosankan, efektif dan penuh antusias.
    2. Hal penting yang saya petik dari video pembelajaran ini yaitu kegiatan pembelajaran yang baik ternyata harus disusun secara sistematis, terarah dan terukur.
    3. Tayangan video ini sudah sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran di kelas karena langkah-langkah pembelajarannya sangat baik.
    4. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini yaitu sintak atau langkah-langkah pembelajaran Project Based Learning/PjBL sudah sistematis seperti;
    a. pesta tema proyek
    b. membangun konteks pembelajaran
    c. Merencanakan kegiatan belajar
    d. memproses aktivitas belajar
    e. dan penerapan aktivitas belajar dalam menyelesaikan proyek.

  3. Nama : echa lisdayanti
    NIM : 85860486
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : 118/ pangkalpinang
    Menurut Saya sangat bermanfaat dan menambah wawasan baik dari segi kesiapan dan penyampaian materi yang sangat menarik.
    Selain itu, teknik belajar diatas menjadikan proses belajar menjadi lebih hidup dan merangsang keaktifan siswa.,Siswa menjadi lebih pro dan aktif serta antusias untuk mengikuti pembelajara
    .Dengan menggunakan teknik pembelajaran diatas siswa menjadi lebih kritis dan merasa memiliki ruang untuk mengutarakan apa yang menjadi pendapat mereka

  4. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

    Nama: Sobikhin
    NIM: 824004808
    Prodi: PGSD
    UPBJJ: Semarang
    Pokjar: Kedungwuni

    1. Pendapat saya mengenai pembelajaran berbasis proyek ( PjBL) ini adalah guru telah melakukan proses pembelajaran yang baik yaitu dengan memberikan pertanyaan atau tanya jawab sehingga suasana pembelajaran menjadi menarik dan membuat siswa semangat dalam belajar.

    2. Hal penting dari video pembelajaran tersebut adalah guru menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.

    3. Sangat sesuai, karena dalam rancangan kegiatan pembelajaran yakni dari kegiatan awal guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang akan di berikan. Pada kegiatan inti, guru membimbing siswa dalam membuat proyek, sedangkan pada kegiatan akhir guru memberikan penguatan materi dan memberikan apresiasi terhadap karya siswa.

    4. Hal yang paling baik adalah pembelajaran berjalan dengan menyenangkan dan mengaktifkan siswa.

  5. Nama : ROSMAH

    Nim : 859550166

    Program studi : 119/PGSD S1

    1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?

    Siswa mengetahui dan memahami konteks yang ada di dunia nyata karena permasalahannya pun berawal dari lingkungan sekitar. Mereka dapat mencari solusi dari permasalahan yang ada.

    2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?

    Berdoa sebelum memulai pembelajaran, mengenal Alat peraga. mengnenal bentuk – bentuk alat peraga.

    3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?

    sangat sesuai karena di vidio ini memberikan contoh yang konkrit pada pembelajaran

    4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?

    Dalam melaksanakan metode ini siswa terlihat aktif.

  6. Nama : Laila Mukaromah
    NIM : 857762965
    Prodi : S-1 PGSD
    Pokjar : Kedungwuni
    UPBJJ : UT Semarang

    1. Pendapat saya terkait vidio pembelajaran berbasis proyek (PJBL) / Project based learning menekankan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik ketika melakukan suatu investigasi yang mendalam terhadap suatu topik.
    metode pembelajaran ini menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dengan beraktivitas secara nyata dalam kehidupan.
    Karakteristik PJBL antara lain :
    – Berfokus pada peserta pembelajaran atau siswa (student oriented)
    – Berbasis proyek dalam pembelajarannya
    – Mengembangkan partisipasi aktif dari peserta didik
    – Menumbuhkan inisiatif dan kemandirian dari peserta didik
    – Melatih kolaborasi dan tanggung jawab untuk mengakses dan mengelola informasi untuk mencari solusi
    – Melatih berpikir kritis (critical thinking) dan kreativitas peserta didik
    – Evaluasi dilakukan secara berkala karena peserta melakukan refleksi
    – Proyek pembelajaran menghasilkan sebuah produk atau output yang jelas
    – Fasilitator mendampingi selama proses pembelajaran
    Video ini bisa menampilkan pembelajaran PJBL sesuai karakteristiknya. Seperti proyek yang dihasilkan siswa dari botol plastik bekas yang ada didalam vidio yang menimbulkan keaktifan dan kreatifitas siswa dalam membuat suatu karya yang bermanfaat walaupun terkadang memilik kesulitan dalam proses pembuatannya.

    2. Menurut saya, begitu banyak hal yang penting yang saya dapat dari vidio diatas. Dalam video guru mengajar sesuai dengan kegiatan pembelajaran
    – Pendahuluan
    – Inti
    – penutup
    Dalam video ini peserta didik sangat aktif bertanya sehingga pembelajaran terasa hidup.
    Guru pun kreatif dalam menampilan materi sehingga dapat membangkitkan suasana kelas.
    untuk guru sudah baik dalam menyajikan materi dan mengelola kelas hanya saja guru masih ada rasa kaku dalam mengajar terlihat dalam sikapnya dan tubuhnya serta mimik wajahnya coba saja guru lebih enjoy dalam mengajar maka saya kira video ini akan sempurna.

    3. Tayangan vidio ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar dan merancang pembelajaran saya terkait mapel IPAS, karena sekolah kami dalam tahap sekolah yang masih harus banyak belajar. Dan saya sangat tertarik dengan guru dalam mengajar.

    4. Menurut saya hal keunggulan dalam vidio ini ialah:
    – Guru mampu menguasai kelas dan menimbulkan Susana kelas yang mebuat siswa ikut berpartisipasi dalam pembelajaran. untuk siswa saya acungi jempol dengan keaktifannya sehingga suasana kelas menjadi hidup. Untuk guru sangat kraetif dalam menyajikan materi
    Keaktifan siswa yang sangat baik dalam pembelajaran terutama kreativitas dalam membuat susatu proyek yang berguna.
    – Apresiasi guru yang sangat baik jika ada siswa yang memberikan tanggapan terkait pertanyaan yang diajukan guru tersebut.

    Untuk Kekurangan
    Guru mungkin rada kaku dalam pembelajaran terlihat dalam mimik wajah dan tubuhnya yang dimana untuk anak seusia SD masih butuh guyonan sedikit dimana menjadikan akrab antara peserta didik dan guru.

    Terimakasih.

  7. Setelah melihat apa yang di tampilkan dalam vidio ini,pembelajaran di luar kelas harus ada bimbingan dari guru kelas,sehingga guru bisa mengontrol apa yang dilakukan siswa dalam pembelajaran tersebut.untuk mencapai pembelajaran yang inovatif dan kreatif siswa tiadak harus belajar di dalam ruangan tetapi untuk belajar di luar ruangan siswa harus ada yang membimbing dalam hal ini juga siswa harus di beri tugas ,agar mereka bisa berfikir kreatif .pemebelajaran di luar ruangan harus adabuju panduannya agar siswa mengerti apa yang harus mereka kerjakan dan mereka lakukan.Dengan begitu mereka tidak merasa jenuh dengan pembelajaran yang diberikan oleh guru.

  8. Bismillah,
    Nama : Sarah Sarifah
    NIM : 857102752
    Program studi : PGSD
    Pokjar : UPBJJ UT Jakarta Timur

    1. Pada vidio pembelajaran project based learning (berbasis proyek) yang sudah saya tonton itu sudah sangat bagus, memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan. dengan pembelajaran ini peserta didik menjadi lebih aktif, adanya diskusi yang baik yang membuat peserta didik semangat selama pembelajaaran berlangsung.
    2. Pada vidio pembelajaran diatas yang saya dapatkan yaitu menjadikan peserta didik lebih mudah dalam berdiskusi, tanya-jawab, bahkan adanya interaksi yang baik antara peserta didik dan guru. pembelejaran pun tersampaikan dengan jelas dan konkrit.
    3. Pada vidio ini sudah sangat sesuai dengan kebutuhan saya dalam merancang pembelajaran untuk kedepannya dan mengajar dengan baik selama di kelas ataupun lingkungan sekolah.
    4. Pada penyampaian materi oleh guru yang membuat peserta didik lebih aktif selama pembelajaran berlangsung dan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
    Sekian dan terima kasih.

  9. Nama : ABDUL KADIR ZAILANI
    Nim : 855977122
    Pokjar : BATUBARA

    1.Menurut saya video pembelajaran berbasis proyek (PjBL) tersebut sudah berjalan sangat baik, disana kita bisa melihat situasi dan suasana kelas yang kondusif dan juga aktif, penyampaian materi yang sudah baik, umpan balik pertanyaan juga sangat baik, dan tentunya penggunaan media yang sudah mantap.
    2. Hal penting yang saya peroleh dari video ini yaitu mengenai keaktifan siswa yang sangat baik, mulai dari awal kelas dimulai, apersepsi,penjelasan guru,penugasan kelompok(diskusi) hingga presentasi siswa di depan kelas. Tapi yang paling penting bagi saya dari video tersebut siswa aktif bertanya dan aktif juga menjawab pertanyaaan.
    3. Tentu, video ini sudah sesuai dengan kebutuhan saya untuk merancang ataupun melaksanankan pembelajaran.
    4. Hal yang sudah sangat baik dari video tersebut yaitu pada kegiatan apersepsi, diskusi/kerja kelompok, dan presentasi siswa di de[an kelas.

  10. Nama : ABDUL KADIR ZAILANI
    Nim : 855977122
    Pokjar : BATUBARA

    1.Menurut saya video pembelajaran berbasis proyek (PjBL) tersebut sudah berjalan sangat baik, disana kita bisa melihat situasi dan suasana kelas yang kondusif dan juga aktif, penyampaian materi yang sudah baik, umpan balik pertanyaan juga sangat baik, dan tentunya penggunaan media yang sudah mantap.

    2. Hal penting yang saya peroleh dari video ini yaitu mengenai keaktifan siswa yang sangat baik, mulai dari awal kelas dimulai, apersepsi,penjelasan guru,penugasan kelompok(diskusi) hingga presentasi siswa di depan kelas. Tapi yang paling penting bagi saya dari video tersebut siswa aktif bertanya dan aktif juga menjawab pertanyaaan.

    3. Tentu, video ini sudah sesuai dengan kebutuhan saya untuk merancang ataupun melaksanankan pembelajaran.

    4. Hal yang sudah sangat baik dari video tersebut yaitu pada kegiatan apersepsi, diskusi/kerja kelompok, dan presentasi siswa di de[an kelas.

Leave a Reply