silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.
Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Nama : Sonya Wijayanti Ritonga
Nim : 856025809
Program Studi : PGSD
1. Menurut saya dari video tersebut terdapat hal yang penting yaitu guru dalam video tersebut dapat memberi motivasi kepada para guru agar kreatif dalam merancang media pembelajaran sehingga terlihat sangat menarik dan tidak membosankan
2. Guru sangat berperan sebagai fasilitator yang dimulai dari awal diskusi sampai pengujian laporan hasil project yang dilakukan oleh siswa. pada kegiatan penutup guru melakukan evaluasi pengalaman belajar siswa dengan menanyakan kepada setiap siswa apa saja kelemahan dari projek yang mereka kerjakan
3. Terlihat bahwa semangat belajar siswa dalam pembelajaran merupakan hal yang sangat diinginkan oleh guru, kelas yang bersih,media belajar yang mudah didapatkan.
Adapun menurut saya kelemahannnya adalah Guru tersebut hanya menggunakan metode ceramah saja
Assallamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
Nama : Sherly Anggraini
Nim : 858685572
Program Studi : S1 PGSD POKJAR PUTRA BANGSA
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
model pembelajaran kerja proyek seperti video tersebut sangat efektif untuk menarik minat dan semangat belajar siswa karena model pembelajaran ini berpusat pada siswa.
2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
– Pembukaan pembelajaran sangatlah menarik
– Penyajian materi tidak membosankan
– Selalu mengajak siswa berkomunikasi agar siswa berani mengutarakan pendapat
– Memberikan kepercayaan kepada siswa untuk membuat proyek pengolahan sampah plastik di rumah.
– Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan karya kelompok masing-masing.
– Selalu melibatkan siswa dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran serta dalam mengambil kesimpulan.
3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
Sangat sesuai, video ini dapat menginspirasi saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran.
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Siswa dapat membuat projek karya pengolahan sampah plastik dengan di mentori oleh guru.. siswa sangat berperan aktif dalam pembelajaran, sesuai kaidah mengajar sekarang guru hanya sebagai pembimbing serta pendamping belajar bagi siswa.
Bismillah,…
Nama : Nurlela
Nim : 819626408
Program Studi :PGSD
1. Terkait video di atas, tentu kami sebagai seorang pendidik sangat bersyukur dapat melihat video ini karena video ini sangat berguna dan bermanfaat untuk kami.
Tentu dalam hal ini terkait dengan bagaimana proses belajar mengajar di kelas. setelah kami menonton atau menyimak vidio di atas banyak sekali pengetahuan baru, teknik belajar yang baru untuk memotivasi minat belajar siswa dan memberikan pengalaman serta pengetahuan baru bagi kami selaku pendidik dan pengajar.
2. Yang paling berkesan dari vidio di atas adalah guru dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif dengan melontarkan beberapa pertanyaan dan siswa bisa menjawabnya dengan baik. Tentu seorang guru akan menikmati setiap menit dari proses belajar mengajar di kelas apabila seorang guru bisa menciptakan suasana yang seru dan menyenangkan dan tidak menimbulkan kebosasnan dalam mengajar.
Namun tentu dari sebuah kesempurnaan tidak terlepas sebuah kekurangan, kami ingin sedikit memberikan masukan terkait video diatas :
1. Guru terlalu serius dalam pembelajaran untuk anak seusia SD padahal anak seusia itu butuh proses belajar yang berinteraksi dengan penuh sedikit candaan sehingga tercipta keakraban antara peserta didik dan guru.
Terimakasih
Assallamualaikum wr wb,
Nama : Sabariah nasution
NIM : 859871467
Program Studi :PGSD
Seteleh menonton video di atas saya ingin memberi saran, saya menemukan beberapa kelebihan dan kekurangan, saya mulai dari kelebihan dari cara pengajaran, pertama guru memberi kesempatan kepada untuk mengungkapkan ide dan pendapat mereka dari pertanyaan guru di awal pembelajaran, kedua sangat baik sekali guru menanyakan pembelajran sebelumnya untuk siswa merflesikan diri, tapi ada bebberapa kekurangan dalam video tersebut yaitu guru tidak mengajak anak – anak berdoa sebelum belajar, mengisi kehadiran siswa dan interaksi kepada anak SD masih terbilang kaku, Intonasi suara juga datar.
Nama :Hesti Oktaviana
NIM : 857043412
Program studi :PGSD
1.Menurut saya setelah melihat video tersebut sangat bermanfaat bagi seorang pendidik, tentu dalam hal ini terkait dengan bagaimana proses belajar mengajar dikelas untuk memotivasi belajar siswa.
2.vidio pembelajaran diatas sangat membantu saya sebagai pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran.
3. Hal penting yang saya dapat dari video pembelajaran diatas adalah mendorong semangat guru supaya selalu kreatif saat membuat media pembelajaran.
4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran adalah kemampuan problem-solving dari siswa yang muncul ketika siswa mengalami kesulitan dalam kerja kelompok mereka dapat mengambil keputusan untuk menyelesaikan kesulitan.
Nama :SUHAM RYGEN
NIM : 859551319
Program studi :PGSD
1. video tersebut sangat bermanfaat bagi seorang pendidik, tentu dalam hal ini terkait dengan bagaimana proses belajar mengajar dikelas untuk memotivasi belajar siswa dan siswi.
2. sebagai pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran.
3. pembelajaran diatas adalah sangat mendorong semangat guru supaya selalu kreatif saat membuat media pembelajaran.
4. kemampuan problem-solving dari siswa yang muncul ketika siswa mengalami kesulitan dalam kerja kelompok mereka dapat mengambil keputusan untuk menyelesaikan kesulitan.
Assalamu’alaikum, Wr.Wb Ijin Menjawab pertanyaan diskusi
Nama: KASMURIYAH
NIM : 859505225
Program Studi: PGSD
Pokjar: Jatiluhur , Kota Bekasi
1. Menurut pendapat saya mengenai Video Pembejaran tersebut sangat bagus. Bermanfaat sekali bagi saya sebagai mahasiswa. Terjadi proses pembelajaran yang sangat menarik dan berhasil. Guru dan siswa terlibat diskusi yang sangat hidup tentang lingkungan biotik dan abiotik di pantai. Juga ada pencemaran yang terjadi di pantai serta pengolahan limbah dari botol plastik menjadi barang yang berguna.
2. Hal penting yang saya peroleh antara lain:
a. Guru mampu menguasai kelas
b. Seluruh siswa aktif
c. Metode Project Based Learning berhasil
d. Siswa mampu menjawab pertanyaan guru dengan baik dan benar
e. Guru mampu memancing keaktifan siswa
f. Siswa mampu mengubah botol bekas menjadi barang atau benda yang bermanfaat
g. Siswa mampu menyebutkan lingkungan biotik dan abiotik
3. Iya benar. Tayangan video tersebut sangat membantu saya dalam mengajar dan merancang pembelajaran. Baik dari media yang digunakan, materi pembelajaran, da cara penyampaian materi ajar serta membuat projek dari bahan botol plastik.
4. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah:
a. Kondisi kelas nyaman dengan penataan bangku untuk diskusi
b. Guru sangat menarik dalam penyampaian materi karena menggunakan media infokus
c. Murid sangat antusias dan semangat dalam mengikuti pembelajaran dan sangat semangat ketika di beri tugas membawa botol bekas
d. Siswa mampu menggunakan bahan botol bekas untuk membuat produk yang bermanfaat
e. Guru berhasil dalam proses pembelajaran menggunakan metode Project Based Learning
Nama : Ani Istiana
Nim : 857 157 534
Program Studi :PGSD-BI
POKJAR : Tarumajaya
1. Sebagai seorang pengajar, video di atas sangat bermanfaat bagi saya karena membantu saya dalam mengembangkan gaya mengajar dan cara mengatur management kelas.
2. Di dalam vide tersebut, guru juga memberikan beberapa pertanyaan sebagai umpan balik untuk memancing siswa mengeluarkan beberapa pengetahuan serta idenya terhadap materi yang sedang mereka pelajari.
3. Di dalam video ini juga mengajarkan dan memberikan pengetahuan bahwa, Guru dapat menggunakan beberapa media ajar atau manipulative learning yang disesuaikan dengan topik (materi) sehingga dapat membantu siswa lebih aktif dan terlibat langsung selama proses pembelajaran. Sehingga guru tidak hanya berbekal buku paket atau modul semata.
4. Dari vidio di atas kegiatan yang paling baik untuk dijadikan motivasi adalah
– Suasana belajar yang aktif dan kondusif dengan memberikan beberapa pertanyaan dan siswa bisa menjawabnya dengan baik, sehingga siswa (students center learning).
– Materi pembelajaran dilaksanakan secara efektik dan efisien.
– karena guru menggunakan beberapa media pengajaran siswa terlihat lebih aktif dan memahami pelajaran.
Nama : Fitri Kurnia Astuti
Nim : 856807646
Jurusan : S-1 PGSD
Prodi : FKIP
Pokjar : Curup
menurut saya berdasarkan pembelajran IPAS dalam kurikulum MBKM guru telah menggunakan sintaks dalam pembelajran secara baik dan berurutan dimulai dengan adanya sesi tanya jawab dengan peserta didik, dilanjutkan dengan sintak mendesain rencana pembelajaran yang dilakukan berdasarkan materi yang diangkat oleh guru, setelah melakukan sintaks tersebut guru melanjutkan untuk mengatur jadwal kegiatan projek bersama siswa yang nantinya akan dilaksanakan dibawah bimbingan guru dengan cara memonitoring siswa secara langsung selama kegiatan pembuatan projek terlaksana. setelah itu guru meminta siswa untuk mempresentasikan karya siswa dalam pembuatan projek oleh kelompoknya masing-masing. kemudian guru bersama siswa melakukan uji hasil dari suatu produk / projek yang telah dilakukan siswa melalui beberapa daftar pertanyaan guru terhadap siswa yang isinya berkaitan dengan uji hasil tersebut, dan yang terakhir guru melakukan evaluasi terhadap hasil projek yang dilakukan siswa bersama kelompoknya masing-masing.
Dalam proses kbm guru telah menggunakan media ppt dengan baik dalam menyampaikan materi, namun guru masih terlihat ragu dalam menyampaikan materi.
NAMA : RINI WULANDARINADIA MUSTIKA MALDINI
NIM: 857108563
PRODI : PGSD
POKJAR : MAKASSAR, JAKARTA TIMUR
1. Terkait video Pembelajaran Berbasis Proyek / Project based learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang berpusat terhadap siswa ( student center ) dengan memberikan suatu proyek yang dilakukan oleh kelompok sehingga menghasilkan produk. Peserta didik dalam model pembelajaran tersebut selain menghasilkan suatu produk tetapi peserta didik harus dapat mengungkapkan bagaimana prosesnya dalam bentuk mempresentasikan hasil karya nya, sehingga peserta didik akan mendapatkan pengalaman belajar dari apa yang telah mereka lakukan. Guru hanya sebagai fasilitator, mendampingi dan memberikan penguatan. Berdasarkan vidio yang saya lihat pembelajaran dalam vidio sangat efektif untuk dilakukan karena didalam proses pembelajarannya antara materi dan praktek sangat seimbang dan hal ini dapat memicu semangat siswa dalam belajar.
2. Dalam video tersebut hal yang saya dapatkan sangat banyak dan beragam dari mulai pengelolaan serta persiapan diawal salah satunya dengan ada kalimat pemantik agar anak siap dan paham mengenai materi apa saja yang akan disampaikan dan juga di dalam video tersebut guru pun mengkaitkan pembelajaran yang sebelumnya sudah diajarkan dengan materi yang akan dipelajari saat ini. Peserta didik pun diajarkan untuk dapat memberikan pendapatnya.
3. menurut saya tayangan vidio yang saya tonton ini sesuai dengan kebutuhan dalam proses belajar mengajar di sekolah dikarenakan dalam proses belajara tersebut materi yang disampaikan sudah tampak bahwasannya materi pelajaran sudah disiapkan dengan baik, begitu pula dengan alat peraganya.Sesuai, karena sudah sistematis dari kegiatan awal, inti hingga penutup.
Pada kegiatan awal terdapat kata pemantik atau guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui kesiapan peserta didik terhadap materi yang akan dipelajari, kemudian adanya keterkaitan atau mengingatkan kembali kepada materi yang telah diajarkan sebelumnya.
4. Hal yang sangat baik menurut saya, model pembelajaran, media pembelajaran, guru sebagai fasilitator, peserta didik diberikan kepercayaan sehingga mengadirkan sikap percaya diri dan kesiapan dalam mendapatkan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakn. Kemudian guru tersebut sangat jelas dan terarah dalam menyampaikan materi yang akan diajarkan guru tersebut melaui proses pembelajaran yang menyenangkan siswa menajdi lebih aktif dalam pembelajaran di kelas.