silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan  dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen  biotik menjadi mati. 

Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka  terhadap lingkungan hidup.

Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan  untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem.  Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
  4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
  1.  

Similar Posts

275 Comments

  1. Nama : ZULKIFLI
    NIM : 856079753
    PROGRAM STUDY : PGSD

    Assalamualaikum
    “Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar”
    Saya tertarik dan termotivasi untuk menerapkan Project Based Learning dalam kegiatan belajar mengajar di kelas saya. Hal ini dikarenakan, hal hal baru ini akan menjadi motivasi terhadap siswa dalam menerima pembelajaran dan memahami suatu materi . ini juga akan menciptakan siswa yang aktif dan berpikir kritis karna partisipasi siswa dalam pembelajaran , mereka juga tida akan cepat bosan dalam menerima pembelajaran .

    1. berdasarkan video Pembelajaran Berbasis Proyek adalah model pembelajaran yang berpusat kepada siswa dengan memberikan suatu proyek oleh kelompok dan menghasilkan produk dalam model pembelajaran tersebut selain menghasilkan suatu produk siswa juga harus dapat mengungkapkan bagaimana prosesnya dalam bentuk mempresentasikan hasil karya nya, siswa akan belajar dari pengalaman mereka

    2.Dalam video tersebut hal yang bisa saya simpulkan adalah banyak ragam cara yang bisa diterapkan dałam memotivasi siswa dałam mener ima pembelajaran. hal yang tidak kalah penting seorang guru yaitu bagaimana cara untuk memancing agar siswa siswa memiliki sikap berani bertanya dan mampu mengajukan pertanyaan , sehingga keaktifan siswa siswa bisa di asah dan di terapkan .

    3. Menurut pendant saya video pembelajaran tersebut sesuai dengan kebutuhan guru dalam mengajar atau merencanakan pembelajaran. sehingga tidak hanya terfokus pada buku Saja tetapi mengembangkan materi dari berbagai Sumber . dań menggunakan berbagai macam media pembelajaran sehingga pembelajaran terlihat lebih menarik .

    4. Hal yang baik dalam video ini adalah pada kegiatan membuka pembelajaran,kegiatan inti,penutup,penggunaan media,dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dan mampu membuat siswa menjadi lebih kreatif

    …Hal yang sangat baik menurut saya, model pembelajaran, media pembelajaran, guru sebagai fasilitator, peserta didik diberikan kepercayaan sehingga mengadirkan sikap percaya diri dan kesiapan dalam mendapatkan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna

  2. Nama : Erdiangsih Rumondang
    NIM : 856078436
    Prodi : PGSD-S1
    UPBJJ : Batam
    Pokjar : Batam

    Menurut saya, PBL (Project Based Learning) merupakan salah satu metode pembelajaran favorit yang sering saya gunakan pada beberapa kesempatan dalam satu semester. Namun menurut pendapat saya, penerapan PBL di masa setelah pandemi Covid 19 merupakan suatu tantangan yang sangat besar, mengingat masa-masa SFH (School From Home) yang menyebabkan anak-anak didik lebih banyak memanfaatkan gadget untuk bermain game daripada menggunakannya dengan seksama sesuai kebutuhan pembelajaran.

    Masa pandemi covid 19 inilah yang menyebabkan keterbatasan literasi dan kesenjangan pengetahuan yang sangat krusial di kalangan anak didik. Sedangkan metode PBL ini membutuhkan daya fikir kritis dan nalar yang mumpuni dalam pelaksanaannya.

    Sehingga bagi guru yang ingin menerapkan metode PBL, hendaknya memastikan untuk membangun pondasi literasi dalam diri anak terlebih dahulu untuk membangkitkan daya nalar dan pola pikir kritis yang dibutuhkan dalam proses PBL.

    PBL di sekolah dasar bisa saja diterapkan di berbagai jejang kelas jika guru yang bersangkutan memiliki kemampuan literasi yang luas, serta mampu menjadi fasilitator dan motivator untuk mendorong kerja kelompok terlaksana secara efektif. Namun biasanya dikarenakan faktor kematangan tingkat pemikiran dan nalar, PBL biasanya diterapkan di kelas tinggi seperti kelas 4, 5, dan 6.

    PBL sangat sesuai dengan kurikulum merdeka yang mengarahkan anak didik untuk belajar mandiri, inovatif, kritis, dan penuh kreativitas.

  3. berdasarkan video Pembelajaran Berbasis Proyek adalah model pembelajaran yang berpusat kepada siswa dengan memberikan suatu proyek oleh kelompok dan menghasilkan produk dalam model pembelajaran tersebut selain menghasilkan suatu produk siswa juga harus dapat mengungkapkan bagaimana prosesnya dalam bentuk mempresentasikan hasil karya nya, siswa akan belajar dari pengalaman mereka

    Dalam video tersebut hal yang bisa saya simpulkan adalah banyak ragam cara yang bisa diterapkan dałam memotivasi siswa dałam mener ima pembelajaran. hal yang tidak kalah penting seorang guru yaitu bagaimana cara untuk memancing agar siswa siswa memiliki sikap berani bertanya dan mampu mengajukan pertanyaan , sehingga keaktifan siswa siswa bisa di asah dan di terapkan .

    Menurut pendapat saya video pembelajaran tersebut sesuai dengan kebutuhan guru dalam mengajar atau merencanakan pembelajaran. sehingga tidak hanya terfokus pada buku Saja tetapi mengembangkan materi dari berbagai Sumber . dań menggunakan berbagai macam media pembelajaran sehingga pembelajaran terlihat lebih menarik .

  4. Nama : Florentina mini adu
    Nim. : 859276542
    Program studi : PGSD S1

    1.Dengan pembelajaran berbasis proyek (PBL), siswa mengatasi masalah yang menghubungkan mereka dengan pengalaman hidup mereka, sehingga meningkatkan keterlibatan mereka di kelas. dan meningkatkan kreativitas siswa… Dan ketika siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajarannya, retensi pengetahuannya akan meluas.

    2. Pembelajaran berbasis proyek merupakan kesempatan bagi siswa untuk bisa menciptakan barang baru yang bisa di gunakan yang terbuat dari sampah plastik dan siswa juga bisa mengkritik dan merevisi pendekatan mereka ketika menemui kendala. Ketika mereka terus secara aktif mengeksplorasi masalah dunia nyata, mereka memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam yang memerlukan penyelidikan lebih lanjut – mereka harus, terus maju

    3. menurut saya video pembeliaran tersebut sangat sesuai dengan kebutuhan guru dalam mengajar atau merencanakan pembelajaran karena siswa bisa lebih aktif dan kreativitas

    Serta menggunakan berbagai macam media sehingga dapat membangkitkan semangat siswa dalam menerima pembelajaran

    4 Hal baik yang yang terdapat dalam video di atas adalah siswa bisa mengenal kelebihan dan kekurangan barang yang mreka buat sendiri dan kreativitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran menjadikan siswa lebih aktif
    Dan peran guru sebagai motivator dapat mendorong siswa dalam meningkatkan kegairahan dan pengembangan kegiatan belajar siswa.

  5. 1

    Nama : Florentina mini adu
    Nim : 859276542
    Program studi: PGSD s1

    1.Dengan pembelajaran berbasis proyek (PBL), siswa mengatasi masalah yang menghubungkan mereka dengan pengalaman hidup mereka, sehingga meningkatkan keterlibatan mereka di kelas. dan meningkatkan kreativitas siswa… Dan ketika siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajarannya, retensi pengetahuannya akan meluas.

    2. Pembelajaran berbasis proyek merupakan kesempatan bagi siswa untuk bisa menciptakan barang baru yang bisa di gunakan yang terbuat dari sampah plastik dan siswa juga bisa mengkritik dan merevisi pendekatan mereka ketika menemui kendala. Ketika mereka terus secara aktif mengeksplorasi masalah dunia nyata, mereka memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam yang memerlukan penyelidikan lebih lanjut – mereka harus, terus maju

    3. menurut saya video pembelajaran tersebut sangat sesuai dengan kebutuhan guru dalam mengajar atau merencanakan pembelajaran karena siswa bisa lebih aktif dan kreativitas

    Serta menggunakan berbagai macam media sehingga dapat membangkitkan semangat siswa dalam menerima pembelajaran

    4 Hal baik yang yang terdapat dalam video di atas adalah siswa bisa mengenal kelebihan dan kekurangan barang yang mreka buat sendiri dan kreativitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran menjadikan siswa lebih aktif

    Dan peran guru sebagai motivator dapat mendorong siswa dalam meningkatkan kegairahan dan pengembangan kegiatan belajar siswa.

  6. Nama : Boijara Sangadji
    NIM : 855707694
    Progran studi: S1 PGSD

    1. Pembelajaran berbasis proyek merupakan metode yang sangat efektif dalam mendidik siswa karena mengintegrasikan pengetahuan akademis dengan aplikasi praktis dalam konteks nyata. Metode ini juga mendorong keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran Mereka tidak hanya menerima informasi, tetapi juga berperan aktif dalam membangun pengetahuan mereka sendiri melalui pengalaman langsung.

    2. pembelajaran berbasis proyek memberikan pengalaman pembelajaran yang mendalam, berpusat pada siswa, dan relevan dengan kebutuhan dunia nyata, yang dapat membantu siswa mempersiapkan diri untuk sukses di masa depan.

    3. Iya, Pembelajaran berbasis proyek memungkinkan siswa untuk melihat koneksi antara apa yang mereka pelajari di kelas dengan dunia nyata. Hal ini dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep

    4. Metode ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengambil peran aktif dalam proses pembelajaran. Mereka terlibat dalam praktek-praktek yang menantang dan memerlukan pemikiran kreatif serta solusi yang kreatif dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengambil tanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri, mengembangkan kemandirian, dan mengasah kemampuan kepemimpinan.

    terima kasih

  7. Nama : ITA SEPTIANA DEWI
    NIM : 856974019

    1. Menurut saya, PjBL sangat bagus di gunakan dalam penyampaian materi khususnya IPAS, karena Model Pembelajaran PJBL memberi kesempatan siswa untuk belajar secara aktif dan kreatif melalui proyek yang menarik dan relevan dengan kehidupan mereka. Hal ini dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa.

    2. PjBL mentransformasi proses belajar menjadi pengalaman mendalam dan berpusat pada siswa, di mana mereka secara aktif terlibat dalam proyek yang relevan dengan kehidupan nyata. Hal ini mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan dan peluang di masa depan.

    3. Tentu Saja video ini sesuai dengan kebutuhan dalam mengajar atau merancang pembelajaran

    4. PjBL menempatkan siswa sebagai aktor utama dalam proses belajar. Mereka didorong untuk mengambil peran aktif dalam menyelesaikan proyek-proyek yang menantang, merangsang pemikiran kreatif, dan menuntut solusi inovatif.

  8. Nama : ITA SEPTIANA DEWI
    NIM : 856974019

    1. Menurut saya, PjBL sangat bagus di gunakan dalam penyampaian materi khususnya IPAS, karena Model Pembelajaran PJBL memberi kesempatan siswa untuk belajar secara aktif dan kreatif melalui proyek yang menarik dan relevan dengan kehidupan mereka. Hal ini dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa.

    2. PjBL mentransformasi proses belajar menjadi pengalaman mendalam dan berpusat pada siswa, di mana mereka secara aktif terlibat dalam proyek yang relevan dengan kehidupan nyata. Hal ini mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan dan peluang di masa depan.

    3. Tentu Saja video ini sesuai dengan kebutuhan dalam mengajar atau merancang pembelajaran

    4. PjBL menempatkan siswa sebagai aktor utama dalam proses belajar. Mereka didorong untuk mengambil peran aktif dalam menyelesaikan proyek-proyek yang menantang, merangsang pemikiran kreatif, dan menuntut solusi inovatif.

  9. Assalammualaikum
    Nama : Nirma Fatmala Sandy
    NIM : 877966169
    Prodi : PGSD
    UPBJJ : Malang
    Pokjar : Amanah Blitar

    1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
    Menurut saya dari Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) adalah sangat ,menarik sekali karena anak anak bisa belajar sambil berkarya, sehingga anak anak menjadi aktif dan kreatif.
    2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
    Hal penting pada pembelajaran ini adalah proses belajar berpusat pada siswa, di mana mereka secara aktif terlibat dalam proyek yang relevan dengan kehidupan nyata.
    3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
    Iya sesuai dengan kebutuhan saya, dalam video pembelajaran ini sangat membantu saya untuk merancang model pembelajaran terutama untuk anak anak sekolah dasar.
    4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    anak- anak dapat berpikir kritis dan aktif
    anak-anak kreatif
    anak-anak mampu mengerjakan proyek dan tugas dengan inovatif

  10. NAMA : AMELIANA
    NIM : 858071478
    PRODI : PGSD-S1
    UPBJJ : 47 PONTIANAK

    1.Dengan pembelajaran berbasis proyek (PBL), siswa mengatasi masalah yang menghubungkan mereka dengan pengalaman hidup mereka, sehingga meningkatkan keterlibatan mereka di kelas. dan meningkatkan kreativitas siswa… Dan ketika siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajarannya, retensi pengetahuannya akan meluas.

    2. Pembelajaran berbasis proyek merupakan kesempatan bagi siswa untuk dapat menciptakan barang baru yang dapat digunakan yang terbuat dari sampah plastik dan siswa juga dapat memukul dan merevisi pendekatan mereka ketika mengatasi kendala. Ketika mereka terus aktif mengeksplorasi dunia nyata, mereka memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam yang memerlukan penyelidikan lebih lanjut – mereka harus, terus maju.

    3. Tentu saja, Pembelajaran berbasis proyek memungkinkan siswa untuk melihat koneksi antara apa yang mereka pelajari di kelas dengan dunia nyata. Hal ini dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep.

    4. PjBL menempatkan siswa sebagai aktor utama dalam proses belajar. Mereka terdorong untuk mengambil peran aktif dalam menyelesaikan proyek-proyek yang menantang, merangsang pemikiran kreatif, dan menuntut solusi inovatif.

Leave a Reply