silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan  dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen  biotik menjadi mati. 

Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka  terhadap lingkungan hidup.

Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan  untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem.  Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
  4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
  1.  

Similar Posts

310 Comments

  1. Assalamu’alaikum
    Nama : ROHANAH
    NIM : 859156506
    Program Studi : S1 PGSD ( Semester 6 )

    Video ini sangat bermanfaat bagi pendidik, terlebih saya merupakan pendidik yang baru belajar mengenal dunia pendidikan.
    di dalam video tersebut terlihat kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan efektif dan efisien, partisipasi siswa juga dapat muncul serta berjalan sesuai apa yang telah direncanakan oleh pendidik. dengan demikian siswa fokus dan mengarah kepada pendidik sehingga bisa melaksanakan pembelajaran yang efektif.

    beberapa kelebihan dari video ini setelah saya menyimak antara lain :
    1. Guru memberikan pertanyaan dengan jawaban terbuka kepada siswa sehingga siswa dapat terangsang wawasan menambah akan jawabannya.
    2. media atau Alat dan bahan pembelajaran yang cocok digunakan untuk mata pelajaran.
    3. Siswa dapat berpartisipasi aktif melalui metode tanya jawab yang diterapkan oleh guru.
    4. siswa berpotensi untuk melakukan tanya jawab karena wawasan yang sudah bertambah.
    5. keaktipan siswa dalam tanya jawab akan bertambah.

    beberapa kekurangan dari video ini setelah saya mneyimak antara lain :
    1. Guru masih lebih banyak menggunakan metode ceramah, sehingga hanya beberapa siswa yang dapat berpartisipasi dengan aktif.
    2. referensi guru masih terpaku dengan denga buku seharusnya memberikan pandangan terhadap siswa bahwa banyak refensi yang bisa digunakan dengan canggihnya teknoogi pada saat in.
    3. guru harus memiki banyak referensi sehingga siswa tidak cepat bosan.

    membuat kenyamaan kelas sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar.
    terima kasih.

  2. Nama: Atinis Solihah
    Nim : 859152365
    Prodi : S1 PGSD

    Setelah menonton video pembelajaran di atas, ada beberapa yang akan saya sampaikan yaitu:
    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu sangat antusias
    2. Namun secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru masih monoton atau gurunya masih kaku dalam menyampaikan pembelajaran. jika gurunya semangat pasti siswanya akan lebih semangat lagi, meskipun pada video tersebut siswa sudah terlihat antusias.
    3. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu menguasai semua komponen RPP dari sintak pertama sampai terakhir dan guru juga banyak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa menjadi aktif.
    4. Hal unik yang ditemukan dalam video pembelajaran tersebut yaitu siswa lebih antusian daripada guru dan pada sintak 2 terdapat keunikan yaitu ketika guru menanyakan siapa yang bawa botol kemudian ada siswa yang sangat antusias membawa banyak botol.
    5. Upaya yang saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan berikutnya yaitu kalau bisa, gurunya lebih antusias/lebih semangat dalam mengajar jangan terlalu kaku agar siswa bersemangat dalam belajar, karena belum tentu siswa-siswa yang kita hadapi akan sama atau seantusias siswa yang ada di video apabila guru masih kaku atau guru kurang antusias.

  3. nama : Linda yunita
    Nim : 857098842
    Prodi ; 188/PGSD-S1

    1. Menurut pendapat saya mengenai Video PJBL ini sangat penting memotivasi siswa karena melibatkan langsung siswa di dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan, selain itu menyediakan kesempatan pembelajaran berbagai disiplin ilmu, memberi pemahaman keterkaitan hidup di luar sekolah
    dengan media ini siswa bisa menemukan cara pemecahan masalah, dan siswa dapat mempelajari konsep cara pemecahan masalah serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis.
    2. Video pembelajaran di atas sangat membantu saya sebagai pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran berbasis . karena sangat efisien dan efektif dalam Pembelajaran. Seperti menampilkan gambar situasi pantai dengan proyektor yang menarik. memicu siswa untuk belajar aktif dan inovatif.
    3. Hal penting yang saya dapat dari video pembelajaran di atas adalah, mendorong semangat guru supaya selalu kreatif saat membuat media pembelajaran.
    4. Sangat sesuai
    5. Hal yang menarik dalam video di atas adalah, adanya interaksi antar siswa dengan guru, sehingga suasana belajar aktif dan tidak kaku.

  4. Nama : Shofiaytur Rahmah
    Nim : 858941009
    Program Studi :PGSD

    video ini bisa menjadikan refrensi pembelajaran bagi seorang guru seperti saya yang baru masuk dalam dunia pendidikan . dalam video tersebut menayangkan bagaimana proses pembelajara berjalan dengan efektif dan efisien . dimana inovasi seorang guru dalam proses pembelajran sangat penting guna siswa aktif dalam pembelajaran.

    dalam video tersebut terdapat beberapa kelebihan diantaranya :
    1. guru memberikan sebuah pertanyaan diawal guna menggali seberapa jauh ingatan siswa terhadap materi sebeluumnya.
    2. menggunakan media pembelajaran guna mendukung proses pembelajran .
    3. dalam video tersebut diketahui proses pembelajaran berbasi projek yang artinya siswa membuat suatu projek yang menghasilkan sebuah produk. dalam hal ini dimana siswa dituntut untuk selain selain menghasilkan suatu produk tetapi siswa harus dapat mengungkapkan bagaimana prosesnya dalam bentuk mempresentasikan hasil karya nya, sehingga siswa akan mendapatkan pengalaman belajar dari apa yang telah mereka lakukan.
    4. dalam sistem berbasis projek seorang guru hanya sebagai fasilitator, memberi arahan serta mendampingi siswa dalam proses pembelajaran

  5. Nama : Riza Zain Prastian
    NIM : 857842138
    Prodi : S1 PGSD (BI)

    Jawab
    1. Apabila melihat proses pembelajaran dalam video tersebut sudah sesuai Sintak model pembelajaran PJBL yaitu guru hanya menjadi fasilitator. Peran fasilitator adalah memberikan permasalahan berupa studi kasus yang nantinya akan diselesaikan pada peserta didik dalam bentuk proyek.
    2. Dalam video pembelajran tersebut peserta didik di pacu untuk dapat berfikir kreatif, karena dalam proses pembelajaran PJBL siswa menjadi pusat pembelajaran atau student center.
    3. Tayangan video di atas sudah sesuai kebutuhan dalam pembelajaran saya karena contoh pembelajaran tesebut sudah bagus dan sesuai sintak.
    4. Menurut saya hal yang sudah baik dalam video pembelajaran tersebut adalah sudah sangat sesuai sintah model pembelajaran PJBL. Guru sebagai fasilitaor pembelajaran, kemudian anak anak aktif dalam pembelajaran.

  6. Nama : Adi Cahyono
    NIM : 857606908
    Dalam video di atas sudah bagus interaksi antara guru dan siswa. Siswa antusias dengan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Dengan teknik bertanya terbuka siswa dibawa untuk mengeluarkan isi gagasan yang ada terkait dengan pembelajaran yang berlangsung. Guru juga tidak pelit dalam memberikan apresiasi kepada siswa dalam bentuk ucapan pujian kepada siswa baik yang bertanya ataupun yang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Guru juga memberikan motivasi positif dengan tidak memberikan penilaian yang keliru terhadap gagasan siswa yang belum benar.

    Dari kelebihan di atas tentunya ada beberapa kekurangan terkait dengan video pembelajaran di atas yaitu:
    Pada kegiatan awal: guru tidak melakukan presensi kehadiran siswa. Pada tahap ini juga guru tidak mengutarakan tujuan pembelajaran hari itu.
    Pada kegiatan inti: guru kebanyakan menggunakan metode ceramah dengan media berupa proyektor sehingga suasana kelas kurang terbangun.
    Sedangkan pada kegiatan inti guru tidak memberikan acuan dengan materi yang akan datang.

  7. Nama : Desti Rahayu
    NIM : 857813524
    Program Studi : S1 PGSD

    Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) adalah metode pembelajaran yang berfokus pada pengerjaan proyek nyata atau simulasi yang menuntut siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran berbasis proyek, siswa akan belajar dengan cara mendesain, merencanakan, dan melaksanakan proyek secara mandiri atau dalam kelompok. Proyek yang dikerjakan haruslah sesuai dengan tujuan pembelajaran, sehingga siswa dapat memahami konsep yang diajarkan dengan lebih baik.

    Dari video pembelajaran diatas ada beberapa hal yang dapat simpulkan:
    1. Setiap anak atau siswa memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi reaksi tersebut adalah minat, bakat, kepribadian, gaya belajar, dan lingkungan belajar mereka. Beberapa anak atau siswa sangat antusias terhadap kegiatan pembelajaran dan dengan senang hati akan terlibat dalam diskusi kelas, tugas, dan proyek. Mereka menunjukkan minat yang tinggi terhadap topik yang dipelajari dan berusaha untuk memperoleh pemahaman yang lebih dalam.
    2. Dalam video pembelajaran diatas terdapat kelemahan yang muncul terkait kesulitan dalam mengelola waktu: Pembelajaran berbasis proyek memerlukan waktu yang lebih lama dari pada pembelajaran konvensional. Guru harus merencanakan dengan matang agar proyek dapat selesai sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
    3. Dalam Pembelajaran berbasis proyek diatas kelebihan guru yang dapat dilihat adalah dalam mengembangkan keterampilan siswa, seperti keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kemampuan problem-solving, dan keterampilan interpersonal. Hal ini karena siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, sehingga mereka memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan tersebut.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran adalah kemampuan problem-solving dari siswa yang muncul ketika siswa mengalami kesulitan dalam kerja kelompok mereka dapat mengambil keputusan untuk menyelesaikan kesulitan tersebut. Kemudian reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran dan berusaha menciptakan lingkungan belajar yang positif dan memotivasi bagi mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menyesuaikan gaya mengajar dengan gaya belajar siswa, ini bisa terlihat saat siswa diminta membawa botol untuk digunakan sebagai bahan praktek ada satu siswa bernama Calista membawa botol yang jumlahnya banyak guru meminta pada Calista untuk berbagi buat temen temennya yang tidak membawa botol dan ini salah satu contoh bagaimana seorang guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif dan memotivasi bagi siswa untuk belajar lebih semangat.
    5. upaya apa saja yang dapat diusulkan dari pengamatan video untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu:
    • Pembelajaran berbasis proyek memerlukan waktu yang lebih lama dari pada pembelajaran konvensional. Guru harus merencanakan dengan matang agar proyek dapat selesai sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
    • Sebagai guru, penting untuk memperhatikan reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran dan berusaha menciptakan lingkungan belajar yang positif dan memotivasi bagi mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menyesuaikan gaya mengajar dengan gaya belajar mereka, memberikan penghargaan dan pujian, memperhatikan kebutuhan individual mereka, dan memberikan umpan balik yang konstruktif. Dengan cara ini, kita dapat membantu anak atau siswa untuk mengembangkan minat dan motivasi dalam belajar dan mencapai potensi mereka yang sebenarnya.

  8. NAMA : KADEK WIKAN BUDHIYANI
    NIM : 859028074
    PRODI : PGSD BI S1
    UPBJJ : DENPASAR
    POKJAR : KUTA UTARA
    Menurut Saya, Video PJBL ini sangat penting untuk memotivasi peserta didik karena melibatkan langsung ke peserta didik dalam kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan di dalam kelas, media ini mampu membuat peserta didik bisa menemukan cara pemecahan masalah, dan peserta didik dapat mempelajari konsep cara pemecahan masalah serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis.
    2. Video pembelajaran di atas sangat membantu saya sebagai pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran berbasis . karena sangat efisien dan efektif dalam Pembelajaran. Seperti menampilkan gambar situasi pantai dengan proyektor yang menarik. memicu siswa untuk belajar aktif dan inovatif.
    3. Hal penting yang saya dapat dari video pembelajaran di atas adalah, mendorong semangat guru supaya selalu kreatif saat membuat media pembelajaran.
    4. Menurut saya video ini sangat sesuai, yaitu guru mengajar sesuai dengan urutan kegiatan pembelajaran yaitu pembukaan, inti dan penutup. Hal ini dapat menambah motivasi siswa untuk mengikuti proses belajar mengajar. Di samping itu dalam video tersebut, guru terlihat urut dalam menerapkan sintak ke 1 smapai 6.
    5. Hal yang menarik dalam video di atas adalah, adanya interaksi antar siswa dengan guru, sehingga suasana belajar aktif dan tidak kaku.

  9. Assallamu Alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
    Nama : Selfa Efriyanti Semarang
    Nim :
    Program Studi : S1 PGSD Semester 6
    Pokjar : Maluku Tengah
    1. Menurut saya setelah menonton video Pembelajaran Berbasis Projek / Projek Based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang harus bapak dan ibu guru terapkan di kelas. karena model pembelajaran ini berpusat pada siswa.
    2. Hal penting setelah saya menonton video ini, adalah guru tersebut dapat menyampaikan model pembelajaran dengan baik dan terarah, Tujuan pembelajaran yang di sampaikan berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan sehingga semua siswa dapat memahami apa yang disampaikan guru tersebut. Selain itu Siswa juga dapat mengerjakan tugas dengan benar serta dapat menjawab semua pertanyaan disampaikan oleh guru tersebut dengan baik dan benar.
    3. Sangat sesuai dan sangat bermanfaat sekali untuk saya dalam mengajar nanti. Karena Pembelajaran tersebut sudah tersusun dengan sangat rapi dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
    4. Guru tersebut telah menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan.
    Trima kasih
    Wassalamu Alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

  10. NAMA : GINA YULIA EKAWATI
    NIM : 857452929
    PRODI : PGSD S1
    UPBJJ : BANDUNG
    POKJAR : CENTEH
    Setelah melihat Video praktek pembelajaran tersebut, yang dilakukan oleh seorang guru di dalam kelas yang penyusuna bangku siswa di buat secara berkelompok akan memudahkan saat sesi diskusi yang sudah di rencanakan. Sebelum memulai pembelajaran, guru melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan presensi siswa dan mengecek kesiapan siswa untuk pembelajaran saat itu. Pemilihan materi sudah sesuai dan bagus. ada apresiasi untuk siswa yang dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Dalam video itu, selain materi IPA, juga terdapat materi yang ada dalam pelajaran PLH dan SBDP. Diantaranya materi tentang pencemaran lingkungan hidup, biotik dan abiotik, dan pemanfaatan barang bekas ( daur ulang botol plastik).
    Dalam video tersebut juga, guru berperan sebagai fasilitator yang memfasilitasi siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Guru menggunakan media dengan baik, namun masih ada sedikit kekurngan dalam penggunaan media tersebut. Dalam video, guru tersebut hanya menunjukan gambar saja, bukan video tentang bagaimana lingkungan jadi tercemar.

Leave a Reply