silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan  dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen  biotik menjadi mati. 

Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka  terhadap lingkungan hidup.

Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan  untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem.  Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
  4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
  1.  

Similar Posts

310 Comments

  1. Nama : Sandra Amelia Hardianti
    Nim : 857694848
    Pokjar : Bangsri

    1. Pendapat saya mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini adalah menjadikan sangat menarik dan baik untuk diterapkan oleh banyak guru.

    2. Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran ini adalah menginspirasi untuk menggunakan model pembelajaran PJBL dalam proses belajar menagajar di kelas .

    3. Sudah Sesuai, karena sudah sistematis dari kegiatan awal, inti hingga penutup.

    4. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah menerapkan materinya sangat baik dan terkait diskusi.

  2. Nama : Galih Raga Siwi
    NIM : 819763118
    Program Studi : PGSD S1

    Berdasarkan pengamatan dari video pembelajaran berbasis proyek di atas dapat disimpulkan sebagai berikut;
    1. Pendapat saya mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini yaitu kegiatan pembelajarannya sangat menarik, tidak membosankan, efektif dan penuh antusias.
    2. Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran ini yaitu kegiatan pembelajaran yang baik ternyata harus disusun secara sistematis, terarah dan terukur.
    3. Tayangan video ini sudah sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran di kelas karena langkah-langkah pembelajarannya sangat baik.
    4. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini yaitu sintak atau langkah-langkah pembelajaran Project Based Learning/PjBL sudah sistematis seperti;
    a. Menetapkan tema proyek
    b. menetapkan konteks belajar
    c. merencanakan aktivitas belajar
    d. memproses aktivitas belajar
    e. dan penerapan aktivitas belajar dalam menyelesaikan proyek.

    Demikian ulasan dari saya, terimakasih.

  3. Nama=nofrianis hulu semester= 6. Pokjar = idanogawo. Menurut saya hasil video yang saya tonton tadi yaitu= pembelajaran berbasis sekolah Yg efektif dan efesiensi dalam mengajar *. Dalam bidang pendidikan dapat memberikan proyek besar dan fasilalitor. Dan bermakna dll

  4. Nama : Nor Afif
    NIM : 857694325
    Program Studi : S1-PGSD

    1. Konsep Belajar dan Pembelajaran merupakan dua hal dalam satu sistem yang utuh dan saling mempengaruhi. Konsep Belajar menurut Winkel (196:53) bahwa belajar merupakan aktivitas mental yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan, nilai, dan sikap. Sedangkan dari beberapa pengertian pembelajaran yang dikemukakan para ahli seperti Duffy dan Roehler (1989) serta Gagne dan Bringgs (1979), dapat diambil inti dari pengertian pembelajaran adalah segenap upaya yang dilakukan untuk menciptakan situasi agar peserta didik belajar. Adapun Pengertian PjBL Menurut Kemendikbud (2020) Model Project-based Learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang melibatkan keaktifan peserta didik dalam memecahkan masalah, dilakukan secara berkelompok/mandiri melalui tahapan ilmiah dengan batasan waktu tertentu yang dituangkan dalam sebuah produk untuk selanjutnya dipresentasikan kepada orang lain.

    Berdasarkan pengertian diatas berkaitan dengan video menurut pendapat saya metode PjBL bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa yang mengedepankan pemecahan masalah yaitu dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup. Seperti langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog dan aktif tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas. Maka model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) merupakan salah satu upaya yang didesain secara matang agar peserta didik ada dalam situasi dan kondisi belajar yang efektif.

    2. Hal terpenting yang saya peroleh dari video pembelajaran tersebut adalah terdapat keberhasilan pembelajaran berdasarkan kriteria menurut Sudjana (1989) kriteria keberhasilan pembelajaran ditinjau dari dua hal, yaitu sudut proses dan hasil belajar yang dicapainya.
    • Dari segi kriteria proses PjBL yang ada dalam video merupakan interaksi dinamis sehingga siswa mampu mengembangkan potensinya melalui belajar sendiri dan melalui tujuan yang telah ditetapkan.
    • Sementara dari segi hasil atau produk, keberhasilan pembelajaran dilihat dari tingkat penguasaan tujuan oleh siswa baik dari segi kualitas maupun segi kuantitas.
    Tahap-tahap dalam penyelenggaraan PjBL, seperti merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi dan memanfaatkan hasil evaluasi pembelajaran merupakan satu kesatuan yang saling terkait dan saling mempengaruhi.

    3. Ya, menurut pendapat saya sesuai dengan kebutuhan saya dalam merancang pembelajaran. Karena PjBL merupakan salah satu model/metode yang efektif dalam proses pembelajaran. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran, salah satunya adalah metode. Karena setiap metode mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. PjBL dalam video tersebut sangat bagus dan berhasil dalam pembelajaran, karena pembelajaran dipersiapkan sedemikian rupa agar terarah dan terkontrol pada tujuan belajar. Agar proses pembelajaran berjalan efektif dan efisien seorang guru harus membuat keputusan-keputusan berdasarkan kondisi dan situasi belajar yang memungkinkan tujuan pembelajaran tercapai dalam bentuk membuat rencana pembelajaran. Keputusan itu berkenan dengan aspek-aspek sebagai berikut :
    • Kompetensi
    • Materi
    • Kegiatan belajar-mengajar
    • Penilaian.

    4. Hal yang sangat baik dalam video tersebut adalah guru tersebut mempunyai kemampuan dalam merancang rencana pembelajaran, mengelola pembelajaran dari awal sampai akhir dalam proses pembelajaran dengan menggunakan PjBL dan mempunyai keterampilan dasar mengajar. Menurut IGAK Wardani dalam Anitah (2007) paling tidak seorang guru yang baik perlu menguasai delapan keterampilan dasal dalam mengajar, yaitu :
    1) Keterampilan bertanya dasar dan lanjut.
    2) Keterampilan memberi penguatan.
    3) Keterampilan mengadakan variasi.
    4) Keterampilan menjelaskan.
    5) Keterampilan membuka dan menutup pelajaran.
    6) Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil.
    7) Keterampilan mengelola kelas.
    8) Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan.

  5. Nama : Yusnia Fildzah Zulhilmi

    NIM : 857703868

    Program Studi : PGSD

    UPBJ : Semarang

    Semester : 6

    1. Berdasarkan vidio tersebut,pembelajaran yang diberikan oleh guru sangat efektif karena guru memberikan pertanyaan pemantik untuk menggali pengetahuan peserta didik dan berkaitan dengan materi yang akan dijadikan project dalam kelas.
    2. hal penting yang saya peroleh dari tayangan pembelajaran tersebut, peserta didik bebas dalam bertanya dan memberikan pendapatnya dalam diskusi kelas, jadi pembelajaran tidak hanya peran guru yang dominan peserta didik juga terlibat dalam diskusi, tanya jawab, sarana juga penting agar peserta didik tidak merasa bosan dengan hanya mendengarkan guru berbicara.
    3. tayangan vidio tersebut sangat membantu saya dalam merancang pembelajaran.
    – Mulai dari kegiatan pembuka, guru memberi pertanyaan dasar pemantik agar peserta didik tertarik dan siap untuk melakukan project.
    – Kegiatan inti pembelajaran, guru mengajak peserta didik mendesign rencana project yang dilanjutkan dengan mengatur jadwal proses pembuatan projects dalam kelompok, pada saat peserta didik melakukan proses project guru berperan sebagai fasilitator yang dimulai dari awal diskusi sampai pengujian laporan hasil project.
    – Kegiatan Penutup, diadakan evaluasi hasil project yang telah ditampilkan pada kegiatan inti pembelajaran, dengan memberikan kesempatan untuk berpendapat apa saja kekurangan atau kelemahan dari produk yang mereka buat dalam kelompok, serta memberi kesempatan untuk kelompok lain memberikan penilaian pada produk kelompok lain.
    4. Hal yang sangat baik dalam tayangan video di atas adalah guru telah mempersiapkan materi dan sarana secara baik, sehingga dalam memberikan pembelajaran ada timbal balik dari peserta didik dan guru, sehingga kelas berasa hidup, tidak membosankan dan peserta didik antusias dalam membuat produk untuk project.

  6. Nama : Yusnia Fildzah Zulhilmi
    NIM : 857703868
    Program Studi : PGSD
    UPBJ : Semarang
    Semester : 6

    1. Berdasarkan vidio tersebut,pembelajaran yang diberikan oleh guru sangat efektif karena guru memberikan pertanyaan pemantik untuk menggali pengetahuan peserta didik dan berkaitan dengan materi yang akan dijadikan project dalam kelas.
    2. hal penting yang saya peroleh dari tayangan pembelajaran tersebut, peserta didik bebas dalam bertanya dan memberikan pendapatnya dalam diskusi kelas, jadi pembelajaran tidak hanya peran guru yang dominan peserta didik juga terlibat dalam diskusi, tanya jawab, sarana juga penting agar peserta didik tidak merasa bosan dengan hanya mendengarkan guru berbicara.
    3. tayangan vidio tersebut sangat membantu saya dalam merancang pembelajaran.
    – Mulai dari kegiatan pembuka, guru memberi pertanyaan dasar pemantik agar peserta didik tertarik dan siap untuk melakukan project.
    – Kegiatan inti pembelajaran, guru mengajak peserta didik mendesign rencana project yang dilanjutkan dengan mengatur jadwal proses pembuatan projects dalam kelompok, pada saat peserta didik melakukan proses project guru berperan sebagai fasilitator yang dimulai dari awal diskusi sampai pengujian laporan hasil project.
    – Kegiatan Penutup, diadakan evaluasi hasil project yang telah ditampilkan pada kegiatan inti pembelajaran, dengan memberikan kesempatan untuk berpendapat apa saja kekurangan atau kelemahan dari produk yang mereka buat dalam kelompok, serta memberi kesempatan untuk kelompok lain memberikan penilaian pada produk kelompok lain.
    4. Hal yang sangat baik dalam tayangan video di atas adalah guru telah mempersiapkan materi dan sarana secara baik, sehingga dalam memberikan pembelajaran ada timbal balik dari peserta didik dan guru, sehingga kelas berasa hidup, tidak membosankan dan peserta didik antusias dalam membuat produk untuk project.

  7. Nama: Nurul hidayah
    Nim:856022226
    Program studi: PGSD-S1
    Pokjar: Asahan
    Upbjj : Medan

    1. setelah saya melihat vidio tersebut dalam pembelajaran (PJBL) menerut pendapat saya pembelajaran project based learning sangat baik dengan pendekatan saintifik peserta didik termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. peserta didik leih aktif, semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran diskusi dan menanggapi presentasi .pada saat melaksanakan diskusi semua peserta didik terlibat aktif karena adanya pembagian tugas yang merata dan tuntutan dalam menyelesaikan tugasnya.

    2.hal penting yang saya ambil dari tayangan pembelajaran diatas siswa bebas dalam bertanya dan memberikan pendapatnya dalam diskusi kelas, jadi pembelajaran tidak hanya peran guru yang dominan siswa juga terlibat dalam diskusi tanya jawab,sarana juga penting agar siswa tidak merasa bosan dengan hanya mendengarkan guru berbicara dan membuat siswa lebih aktif lagi dalam proses belajar.

    3.. Menurut pendapat saya tayangan Vidio ini sudah sesuai dengan kebutuhan guru saat mengajar atau merancang pembelajaran. disini model pembelajaranya kreatif , inovasi, tidak hanya monoton pada acuan modul/buku paket saja.

    4.hal yang sangat baik dalam vidio diatas guru tersebut sangat jelas dn terarah dalam menyampaikan materi yang akan diajarkan guru tersebut melaui proses pembelajaran yang menyenangkan siswa menajdi lebih aktif dalam pembelajaran di kelas.

  8. Nama : Ramlan Siregar,M.Pd
    ID: 12002084
    Menurut saya pembelajarannya cukup bagus dan menarik buat siswa karena media gambar yang ditampilkan di ikuti dengan kegiatan tanya jawab membuat anak termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik. Kita berharap kiranya pengelolaan pembelajaran seperti ini dapat diterapkan di sekolah sehingga siswa menjadi aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dengan demikian mutu pendidikan di negara kita akan jauh meningkat.

  9. Nama : Chantika Dewi
    Nim : 856029236
    Prodi : PGSD-S1

    1. Bagaimana pendapat anda mengenai video pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL ) ?

    Menurut pendapat saya tentang video pembelajaran berbasis proyek ( PJBL ) ini sangat bagus karena guru menggunakan media pembelajaran yang tepat dan menarik untuk menyampaikan materi kepada siswa tentang lingkungan hidup dan bagaimana cara mencegah kerusakan lingkungan hidup. Dalam pembelajaran tersebut, siswa juga sudah terlibat aktif dan antusias dalam menjawab pertanyaan.

    2. Hal penting apa yang anda peroleh dari video pembelajaran ini ?

    Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran ini adalah langkah langkah dalam pembelajaran berbasis proyek ( PJBL ) yaitu :
    *kegiatan awal : berdoa bersama, kemudian siswa dipancing guru dengan memberi pertanyaan pemantik dan siswa pun antusias dalam menjawab.

    *kegiatan inti pembelajaran dengan didukung media yang menarik sehingga siswa tidak monoton.
    * kegiataan akhir dengan memberi penugasan kepada siswa untuk membuat sebuah karya yang berasal dari barang bekas. Dalam membuat karya , seorang guru juga memantau kerja dari setiap kelompok.

    3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan anda dalam mengajar/ merancang pembelajaran ?

    Menurut saya iya sangat sesuai dengan kebutuhan mengajar saya dan video pembelajaran tersebut bisa menjadi referensi saya dalam mengajar.

    4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini ?

    Hal yang sudah sangat baik dalam video tersebut adalah pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran sangat efektif sehingga siswa bisa terlibat aktif dan mudah untuk mengerti,kemudian langkah-langkah dalam pembelajaran dari kegiatan awal, kegiatan inti hingga kegiatan akhir pun sudah jelas.

  10. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : IIT PRIYANI SEKAR PAMUJI
    NIM. : 857705664
    Prodi. : S1 – PGSD
    Pokjar : Bangsri
    UPBJJ : Semarang

    1. Tanggapan saya terhadap video Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) sangat baik, video ini menambah wawasan saya dalam menerapkan pembelajaran dikelas. Video ini sangat memotivasi saya bagaimana membuat Pembelajaran lebih menyenangkan sehingga siswa dapat terlibat lebih aktif dan antusias dalam kegiatan pembelajaran.

    2. Hal penting yang saya dapat dari video ini bahwa guru harus mempunyai ikatan serta kenyamanan dengan para siswa . Guru juga harus memiliki cara pembelajaran yang mudah dipahami siswa, menarik perhatian siswa sehingga siswa dapat antusias dalam mengikuti pembelajaran. Tidak lupa guru harus memberi respon baik terhadap kegiatan peserta didik seperti memberikan semangat dan dukungan, memberikan pujian atas kegiatan siswa dan menghargai hasil karya siswa sehingga siswa merasa senang dan nyaman dalam kegiatan pembelajaran.

    3. Tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam merancang pembelajaran baik itu dalam persiapan belajar seperti memadukan pelajaran satu dengan pelajaran lainnya dengan media pembelajaran yang mendukung kelancaran dalam kegiatan belajar mengajar.

    4. Hal yang sangat baik menurut saya adalah model pembelajaran, media pembelajaran, guru sebagai fasilitator telah mempersiapkan materi dan sarana prasarana dengan baik sehingga dalam memberikan pembelajaran ada timbal balik dari siswa dan guru, sehingga siswa sangat berantusias dalam membuat project. Kelas jadi terasa lebih hidup dan menyenangkan.

Leave a Reply