silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media flowchart dengan slot card yang menjelaskan tentang struktur pemerintahan desa/kelurahan termasuk penjelasan singkat tugas pokok dan fungsinya.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Tidak menjelaskan tentang materi struktur organisasi pemerintahan.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai dengan kurikulum.

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

167 Comments

  1. Nama : Hartati
    Nim : 857164626
    Prodi :PGSD
    Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar. Sehingga keadaann siswa tidak kondusif .
    Tidak menjelaskan tujuan pembelajaran Tidak menjelaskan tentang materi struktur organisasi pemerintahan. Guru tidak menciptakan suasana yg menyenangkan saran saya guru harus menciptakan suasana beljar yg menyenangkan dan kondusif. Guru harus menyiapkan alur struktur pembelajaran struktur pemerintah Desa dengan menggunakan media flow chatchart. Terimakasih

  2. Nama : David Maralus Sagala
    Nim : 859891974
    Pokjar : Salut Permata Labura

    Menurut pendapat saya di awal pembelajaran, guru tersebut tidak ada melakukan pendahuluan seperti ucapan selamat pagi, berdoa, dan tidak ada menyampaikan tujuan pembelajaran tersebut. Dan di awal video tersebut guru tidak mengkondisikan ketertiban anak-anak, sehingga guru tersebut menjelaskan pembelajarannya tentang pemerintahn desa/kelurahan tidak ada mendengarnya. Mungkin anak-anak bosan dengan metode pembelajaran yang diberikan oleh guru nya sehingga tidak ada mendengarkan guru nya tersebut dalam menjelaskan materi pembelajarannya.
    Dan Guru tersebut berpikir harus mengganti metode pembelajarannya dengan flowchart dalam menjelaskan struktur-struktur perangkat pemerintahan desa/kelurahan. Setelah metode tersebut diterapkan di kelas tersebut, anak-anak tersebut kelihatan aktif dan ikut terkait/terlibat dalam pembelajaran tersebut.

  3. Nama : Silfiani Salsabilah Primadani
    NIM : 837544069
    Pokjar : Malang
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) PDGK 4209
    Pada video awal guru kesulitan mengatasi anak yang aktif sendiri bermain sendiri tidak menghiraukan guru, menurut saya sebaiknya guru di awal memasuki kelas memberikan ice breaking agar anak fokus ke hadapan guru yang mengajar, . pada video kedua anak mulai fokus mendengarkan guru karena adanya flow chart yang membuat anak mudah dalam memahami pelajaran, membantu visualisasi alur proses, mempermudah pemahaman konsep, dan membantu dalam pemecahan masalah. Namun di samping itu adapun kekurangan dari flowchart, dapat menjadi rumit untuk sistem yang kompleks, memerlukan waktu untuk dibuat dan diperbarui, dan bisa kurang efektif jika tidak digunakan dengan benar.

  4. Nama: IMELDA CINDO PRATIWI
    NIM: 857002979
    Prodi: S1 PGSD
    Salut Way Tuba Bandar Lampung
    Sebelum kelas dimulai, guru tersebut mengkondisikan kelas agar menjadi aman dan nyaman, serta menyesuaikan apa yang sebenarnya guru tersebut dapat lakukan agar pembelajaran tidak membosankan dan monoton.
    Menurut pendapat saya, video dalam pengantar guru ini bukan kelas, tetapi banyak siswa bermain dan bercanda. Kemudian guru berusaha menarik perhatian siswa dengan pembelajaran menggunakan media yang menarik dengan Flowchart yang dapat membantu siswa melihat struktur pemerintahan secara terorganisir, sementara slot card dengan penjelasan singkat berfungsi memecah informasi kompleks menjadi bagian-bagian sederhana. Ini sesuai dengan gaya belajar anak usia sekolah dasar, yang lebih menyukai pembelajaran konkret dan melibatkan aktivitas langsung. dengan memasang slot card di flowchart yang telah disediakan. Ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa, tetapi juga membantu mereka lebih mudah mengingat materi karena terlibat secara fisik dan visual. Sementara itu pada video berikutnya, guru membawakan sebuah media yaitu flowchart yang tentunya dapat membantu siswa dalam memahami materi yang berkaitan dengan itu. Terlihat siswa menjadi antusias dalam mengikuti pembelajaran dan dengan demikian pembelajaran dapar tersampaikan dengan baik.

  5. Nama : Dwi Isnatur Rojabiah
    Nim : 859835177
    pokjar : Bau-Bau
    UPBJJ : Kendari
    assalamualaikum, tanggapan saya mengenai vidio ”Mengajar dengan Menggunakan Media Flowchart” yaitu
    1. Kelemahan dari vidio pertama terlihat bahwa kelas tidak kondusif ribut dan saling menganggu antar teman padahal ada guru di depan kelas hal ini di karenakan guru tidak terampil dalam melakukan kegiatan pembelajaran seperti kegiatan pendahulun, kegiatan inti, dan kegiatan penutup pembelajaran. kekurangan ketiga tahapan tersebut mengakibatkan pembelajaran tidak efektif, rendahnya pemahaman siswa, dan kurangnya pencapaian tujuan pembelajaran.
    2. Kelemahan di vidio kedua buguru tidak menjelaskan dulu struktur organisasi dalam pemerintahan, buguru langsung mengajar materi dengan menggunakan media Flowchart dengan menggunaka slotcard yang di tempelkan berdasarkan urutan di pemerintahan. metode flowchart merupakan media pembelajaran yang efektif untuk visualisasi alur proses namun terdapat kelemahan untuk menjelaskan konsep dan teori pembelajaran membuat flowchart pembelajaran membutuhkan pemahaman yang baik tentang materi yang ingin di gambarkan agar siswa paham dengan materi tersebut. Demikian tanggapan dari saya

  6. Nama : AMAH NURLIA
    NIM : 856057955
    Pokjar : LANGKAT
    1.Video ini berisi penjelasan bahwa metode ceramah tidak efektif sehingga kelas tidak terkondisikan.
    2. Perlu adanya media pembelajaran untuk menarik minat siswa
    3. Media pembelajaran memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan pembelajaran bermakna dengan praktik langsung

  7. Nama : Indri Yulandari
    Nim : 857002083
    Prodi : S1-PGSD
    Pokjar : Salut Way Tuba Bandar Lampung
    Pada video tersebut nampak guru langsung menjelaskan materi dalam keadaan murid yang sangat ribut. Seharusnya murid diajak untuk melakukan kegiatan awal seperti membaca do’a terlebih dahulu, kemudian guru mengkondisikan semua murid agar dapat tenang tanpa adanya keributan, memastikan semua murid sudah siap untuk belajar materi tentang struktur pemerintahan desa. Strategi pembelajaran yang mula-mula diterapkan oleh guru tidak menarik sehingga membuat murid tidak memperhatikan penjelasan yang sedang guru jelaskan. Dan pada akhirnya guru mulai mempunyai ide dengan menerapkan strategi pembelajaran menggunakan media flow chart yang merupakan bagan atau struktur untuk mempermudah murid mengetahui urutan yang tepat terkait materi struktur pemerintahan desa. Walaupun salah satu murid yang tidur dan masih tidak memperhatikan, memperhatikan tetapi sebagai besar murid dikelas yang antusias dan lebih baik dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media flow chart.

  8. NAMA : AJI NINGSIHATI
    NIM : 857876367
    PRODI : S1 – PGSD
    UPBJJ : SURAKARTA

    Judul video 2 ” Pembelajaran Menggunakan Flow chart”
    Menggunakan media flow chart dengan slow card yang menjelaskan tentang struktur pemerintahan desa/kelurahan termasuk penjelasan singkat tugas pokok dan fungsinya

    – Dalam video pembelajaran tersebut tidak diawali dengan salam pembuka, berdoa, serta absen kehadiran siswa
    – Dalam memulai kegiatan pembelajaran juga belum tampak adanya Apersepsi yaitu kegiatan pendahuluan yang dilakukan oleh guru untuk membangkitkan minat belajar siswa dan memberikan gambaran awal tentang materi yang akan dipelajari, karena tujuan dari apersepsi untuk mengaitkan pengetahuan atau pengalaman siswa sebelumnya dengan materi baru, sehingga memudahkan dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran
    – Guru belum menyampaikan tujuan dari pembelajaran yang akan dicapai oleh siswa.
    – Dalam video tersebut juga menggambarkan bahwa seorang guru harus bisa berpikir kreatif bagaimana pembelajaran bisa kondusif, yang semula siswa ribut, kejar-kejaran di kelas dan siswa tidak memperhatikan guru, pada akhirnya guru merubah setrategi pembelajarannya dengan media pembelajaran Flow chart Slot Card yang endingnya bisa untuk menumbuhkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan penuh semangat dan kondusif di kelas

  9. Nama : Raymundus R.P.N Mendrofa
    NIM : 859517885
    Prodi : PGSD
    Menurut pendapat saya dari video ini pada pendahuluan guru kurang mengkondisikan kelas banyak siswa yang bercanda dan bermain ,setelah itu guru berusaha menarik perhatian siswa dengan pembelajaran menggunakan media yang menarik dengan Flowchart yang dapat membantu siswa melihat struktur pemerintahan secara terorganisir, sementara slot card dengan penjelasan singkat berfungsi memecah informasi kompleks menjadi bagian-bagian sederhana. Ini sesuai dengan gaya belajar anak usia sekolah dasar, yang lebih menyukai pembelajaran konkret dan melibatkan aktivitas langsung.
    Penggunaan media ini juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi aktif, misalnya dengan memasang slot card di flowchart yang telah disediakan. Ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa, tetapi juga membantu mereka lebih mudah mengingat materi karena terlibat secara fisik dan visual. Guru perlu berperan sebagai fasilitator yang membimbing murid menemukan pengetahuannya sendiri dan memberikan penguatan terhadap pemahaman muridnya. Guru perlu mendorong siswa untuk menggali informasi lebih lanjut tentang struktur pemerintahan dan hubungannya dengan kehidupan sehari-hari.Perhatian yang diberikan guru terhadap seluruh murid harus lebih merata, sehingga tidak ditemukan murid-murid yang tertidur selama proses pembelajaran. Dan jangan lupa untuk memberikan umpan balik positif saat siswa berpartisipasi aktif dalam menyusun diagram alir.

  10. Nama : Ajeng Ginayah
    NIM : 857363324
    Jurusan : PGSD
    Kelemahan Pembelajaran dalam Video. Diawal pembelajaran, guru tidak menciptakan suasana kelas yang kondusif. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran. Guru tidak menciptakan suasana kelas yang aman, nyaman dan menyenangkan
    Kelebihan Pembelajaran dalam Video Guru menjelaskan struktur pemerintahan di desa. Guru mampu berinteraksi dengan siswa. Siswa aktif dalam pembelajaran.
    Hal unik yang terdapat dalam Pembelajaran Video
    Hal unik yang dapat saya temukan dalam video tersebut guru dapat menjelaskan struktur pembelajran di desa, dan siswa maju satu persatu kedepan kelas untuk menempelkan struktur tersebut. Rencana pembelajaran yang akan dilakukan
    Ada baiknya sebelum kelas dimulai guru harus mengkondisikan kelas menjadi aman dan nyaman. Setelah itu, guru membawakan sebuah media yaitu flowchart yang tentunya dapat membantu siswa dalam memahami materi yang berkaitan dengan itu

Leave a Reply