Similar Posts
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
Implementasi Metode Among “Ki Hajar Dewantara” dalam Pembelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Mengkontruksi Rumah dari Kertas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membelajarkan Konsep Perkalian Pada Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan konsep perkalian dengan alat peraga berupa gambar buah-buahan dan bola-bola plastik. Dengan alat peraga bola-bola ini guru memperagakan jual beli yang merupakan kejadian sehari-hari sehingga anak-anak lebih mudah memahami konsep perkalian. – Pakar Dosen Video ini menayangkan upaya…
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Nama : Dima Rantika
NIM : 856996569
Menurut pendapat saya, pada video tersebut keadaan dalam kelas terlihat kondusif. Guru menyampaikan salam pembuka dan ada interaksi dengan murid yang menurut saya cukup baik. Dari video tersebut, guru telah melaksanakan 3 tahapan dengan runtut. Mulai dari kegiatan awal, inti, sampai dengan kegiatan penutup. Pelajarannya pun menarik, menjadikan para murid antusias untuk belajar.
Nama : Fitria
Nim : 856993302
Prodi : PGSD S1
Tanggapan saya setelah melihat video yang berjudul “pembalajar seni secara terpadu”
Proses pembalajaran sudah sangatlah baik kondusif siswa sudah sangat bisa menerima materi dan menanggapi materi yang diberikan guru
Nama : Retno Noer Eka Putri
NIM : 856976621
Pokjar : Kota Agung
Setelah melihat video diatas, menurut saya seharusnya kelas di awali dengan berdoa terlebih dahulu. atau mungkin Karena video ini mengalami proses pengeditan maka dalam video tersebut tidak dinampakkan pembuka dan penutupnya sehingga dapat disebut video pembelajaran yang kurang lengkap. namun dalam kegiatan inti belajar, guru sudah berhasil menyampaikan materi dengan baik kepada siswa-siswanya dengan memadukan seni rupa, seni seni musik, dan seni tari.
Nama: Muhammad Rajin Kholiq
Nim: 858901685
Prodi: 118/S1-PGSD
UPBJJ: UT Jember
Setelah melihat video tersebut, kelebihan yang bisa di lihat dari video tersebut adalah guru sangat kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran yang diberikan dan membuat siswa antusias dan mengikuti pembelajaran tersebut mulai dari awal, inti sampai akhir siswa sangat antusias dan bersemangat. Dan kekurangannya guru tidak menjelaskan secara rinci pembelajaran dan materi tersebut dan membuat siswa kurang memaknai dan memahami apa itu makna Tari, seni rupa, dan menggambar tersebut. Demikian komentar yang dapat saya sampaikan selebihnya mohon maaf apabila ada kesalahan yang Saya sampaikan. Terima kasih 🙏🙏
Nama : sri surya susilowati
NIM : 858946008
POKJAR : Situbondo
UPBJJ : UT JEMBER
PRODI : 119/S1-PGSD BI
Saya ijin menanggapi video pembelajaran diatas :
menurut saya, guru dan siswa dalam video tersebut sudah menampilkan proses pembelajaran yang menyenangkan. Strategi dan metode pembelajaran yang digunakan guru juga menarik dan dapat membangkitkan antusiasme siswa, ada timbal balik antara guru dan murid sehingga pembelajaran dapat berjalan secara kondusif. Namun dalam kegiatan pembelajaran guru kurang dalam memberi penjelasan tentang isi materi pelajaran, guru terlalu fokus pada kegiatan praktek menggambar, menari dan bernyanyi. dan saat memberikan instruksi dalam membuat kerajinan juga kurang runtut, serta video tidak disertai kegiatan pembuka dan penutup pelajaran. sekian dan terima kasih.
Nama : Salsabila Nibras
NIM : 857980148
Pokjar : Natar
UPBJJ : Bandar Lampung
Assalamualaikum wr.wb
Setelah selesai menyimak, saya izin menanggapi, pada pembukaan guru menyapa siswa. guru memberi kesempatan siswa untuk memilih pelajaran yang disukai, guru memadukan semua pelajaran yang diinginkan siswa menjadi 1 yaitu menyanyi, menari dan menggambar dan keterampilan dengan topik. siswa sangat kondusif mengikuti pelajaran dan guru juga sangat ekspresif membuat siswa nyaman dalam mengikuti pelajaran.
Terimakasih
Wassalamu’alaikum wb.wb
Analisis video pembelajaran
1. Judul dan Sumber Video Pembelajaran
Judul : Pembelajaran Seni Secara Terpadu
Link : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/pembelajaran-seni-secara-terpadu/
2. Ringkasan Isi Video Pembelajaran
Dengan adanya pembukaan yang asik dalam belajar, siswa juga bebas memilih pembelajaran yang disukai seperti menggambar, menyanyi dan menari menjadi satu. Sehingga saat belajar siswa dan guru belajar dengan sangat ekspresif dalam mengikuti pelajaran
3. Kelemahan Dalam Video Pembelajaran
-Dari video ini terlalu lama masuk dalam inti video pembelajaran sehingga sangat singkat video pembelajarannya.
– Guru aktif tetapi agak kaku dalam mengajar seperti kurang tersenyum.
– Guru tidak menjelaskan tentang materi secara rinci dan langsung memulai untuk menggambar, menari dan bernyanyi.
4. Kelebihan Video Pembelajaran
– Guru mengawali pembelajaran dengan sangat aktif (bertanya tentang kabar, melalui pembelajaran dengan bertanya materi yang akan dibahas).
– Guru memberi apresiasi kepada siswa yang menjawab pertanyaan.
– Guru mempraktekkan langsung dalam pembelajaran dan mengajak siswa-siswinya untuk menari bersama.
5. Hal Unik Dalam Video Pembelajaran
Siswa-siswi sangat aktif dalam menggambar bernyanyi dan menari, karena mereka diberi kesempatan untuk mengekspresikan sesuai dengan kemampuannya
6. Rencana Perbaikan Yang Dapat Dilakukan
Guru dapat melakukan praktek di luar kelas, karena jika di dalam kelas bisa dapat mengganggu konsentrasi belajar kelas yang lain.
Analisis video pembelajaran
1. Judul dan Sumber Video Pembelajaran
Judul : Pembelajaran Seni Secara Terpadu
Link : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/pembelajaran-seni-secara-terpadu/
2. Ringkasan Isi Video Pembelajaran
Dengan adanya pembukaan yang asik dalam belajar, siswa juga bebas memilih pembelajaran yang disukai seperti menggambar, menyanyi dan menari menjadi satu. Sehingga saat belajar siswa dan guru belajar dengan sangat ekspresif dalam mengikuti pelajaran
3. Kelemahan Dalam Video Pembelajaran
-Dari video ini terlalu lama masuk dalam inti video pembelajaran sehingga sangat singkat video pembelajarannya.
– Guru aktif tetapi agak kaku dalam mengajar seperti kurang tersenyum.
– Guru tidak menjelaskan tentang materi secara rinci dan langsung memulai untuk menggambar, menari dan bernyanyi.
4. Kelebihan Video Pembelajaran
– Guru mengawali pembelajaran dengan sangat aktif (bertanya tentang kabar, melalui pembelajaran dengan bertanya materi yang akan dibahas).
– Guru memberi apresiasi kepada siswa yang menjawab pertanyaan.
– Guru mempraktekkan langsung dalam pembelajaran dan mengajak siswa-siswinya untuk menari bersama.
5. Hal Unik Dalam Video Pembelajaran
Siswa-siswi sangat aktif dalam menggambar bernyanyi dan menari, karena mereka diberi kesempatan untuk mengekspresikan sesuai dengan kemampuannya
6. Rencana Perbaikan Yang Dapat Dilakukan
Guru dapat melakukan praktek di luar kelas, karena jika di dalam kelas bisa dapat mengganggu konsentrasi belajar kelas yang lain.
Nama : Irma kholifatul liza
Nim : 856572353
Analisis video pembelajaran
1. Judul dan Sumber Video Pembelajaran
Judul : Pembelajaran Seni Secara Terpadu
Link : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/pembelajaran-seni-secara-terpadu/
2. Ringkasan Isi Video Pembelajaran
Dengan adanya pembukaan yang asik dalam belajar, siswa juga bebas memilih pembelajaran yang disukai seperti menggambar, menyanyi dan menari menjadi satu. Sehingga saat belajar siswa dan guru belajar dengan sangat ekspresif dalam mengikuti pelajaran
3. Kelemahan Dalam Video Pembelajaran
-Dari video ini terlalu lama masuk dalam inti video pembelajaran sehingga sangat singkat video pembelajarannya.
– Guru aktif tetapi agak kaku dalam mengajar seperti kurang tersenyum.
– Guru tidak menjelaskan tentang materi secara rinci dan langsung memulai untuk menggambar, menari dan bernyanyi.
4. Kelebihan Video Pembelajaran
– Guru mengawali pembelajaran dengan sangat aktif (bertanya tentang kabar, melalui pembelajaran dengan bertanya materi yang akan dibahas).
– Guru memberi apresiasi kepada siswa yang menjawab pertanyaan.
– Guru mempraktekkan langsung dalam pembelajaran dan mengajak siswa-siswinya untuk menari bersama.
5. Hal Unik Dalam Video Pembelajaran
Siswa-siswi sangat aktif dalam menggambar bernyanyi dan menari, karena mereka diberi kesempatan untuk mengekspresikan sesuai dengan kemampuannya
6. Rencana Perbaikan Yang Dapat Dilakukan
Guru dapat melakukan praktek di luar kelas, karena jika di dalam kelas bisa dapat mengganggu konsentrasi belajar kelas yang lain.
Nama : Irma kholifatul liza
Nim : 856572353
Dengan adanya pembukaan yang asik dalam belajar, siswa juga bebas memilih pembelajaran yang disukai seperti menggambar, menyanyi dan menari menjadi satu. Sehingga saat belajar siswa dan guru belajar dengan sangat ekspresif dalam mengikuti pelajaran
Adapun kelemahan dlm video pembelajaran
-Dari video ini terlalu lama masuk dalam inti video pembelajaran sehingga sangat singkat video pembelajarannya.
– Guru aktif tetapi agak kaku dalam mengajar seperti kurang tersenyum.
– Guru tidak menjelaskan tentang materi secara rinci dan langsung memulai untuk menggambar, menari dan bernyanyi.
Kelebihan dari video pembelajaran
– Guru mengawali pembelajaran dengan sangat aktif (bertanya tentang kabar, melalui pembelajaran dengan bertanya materi yang akan dibahas).
– Guru memberi apresiasi kepada siswa yang menjawab pertanyaan.
– Guru mempraktekkan langsung dalam pembelajaran dan mengajak siswa-siswinya untuk menari bersama.