silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Ilustrasi dalam video ini menggambarkan upaya guru dalam menanamkan disiplin pada anak. Hal ini penting, karena pada masa usia dini anak masih belum memahami arti disiplin dan masih bersifat egosentris. Dalam tayangan, tampak beberapa anak yang menyerobot antrian atau berebut saat hendak bermain di area permainan. Upaya yang dilakukan guru dalam video ini adalah dengan memberi penghargaan baik yang bersifat verbal seperti ucapan” hebat”, “kamu pintar” dan juga non verbal seperti “mengacungkan ibu jari”, “mengusap kepala dan bahu anak”, dan “tepuk tangan”.
Sri Tatminingsih
–
–
Dalam tayangan video ini, para pengunjung dapat memperoleh beberapa
tips yang bisa dengan mudah dilakukan untuk memberi penguatan perilaku
dengan pemberian pujian, baik secara verbal ataupun ditambahkan dengan
adanya bahasa tubuh tertentu yang dilakukan oleh guru.
Secara umum tayangan ini sudah menerangkan dengan jelas fungsi dan cara pemberian penguatan melalui pujian pada anak didik.
Pemberian pujian hingga saat ini memang sangat diperlukan, dan merupakan keterampilan yang harus dikuasai guru.
Pemberian pujian yang tepat akan mengakibatkan sikap positif pada
anak didik semakin bertambah, hal tersebut berlaku pada semua anak didik
bagaimanapun karakteristik mereka sebagai individu.
Wing Hanyom Sari
Menerapkan kedisiplinan sejak usia dini melalui pembiasaan setiap hari ,,dan dengan menggunakan pujian kepada anak ,dapat memotivasi anak untuk si siplin .namun dengan karakteristik anak yang berbeda beda ,,menjadikan tantangan untuk guru dalam menerapkan kedisiplinan pada anak usia dini.
nama : anik tris wahyuni
nim : 857757164
judul video : pemberian hadiah “parise ”
pa yang dilakukan guru dalam video di atas sudar benar, karena memberi pujian pada anak yang sudah mematuhi peraturan akan membuat anak merasa bangga dan senang.
memberikan semangat dan dorongan yang positif pada anak yang melakukan kesalahan, dan guru selalu memberi apresiasi pada anak-anak dengan sama rata terhadap anak didik. agar tidak terjadinya rasa sikap kecemburuan terhadap sesama anak.
Vallen Nur Rita/ 857864624/ UPBJJ Surakarta
dalam video tersebut menampilkan anak yang menyerobot antrian. Guru berusaha menanamkan sifat taat peraturan terhadapa anak-anak. Kemudian guru memberikan apresiasi terhadap anak yang sudah bersedia taat.
Judul video:pemberian hadiah “parise”
Dalam video tersebut sangat bagus, karena memberikan pujian kepada anak yang mematuhi peraturan, sehingga anak akan menjadi senang.
Nama : Bunga Sari
Nim : 858758287
Kelas/Semester : A/2
Pokjar al khodijah Mojokerto
UPBJJ surabaya
Pemberian hadiah “parise” pada video menanamkan ketaatan peraturan PAUD memiliki beberapa manfaat. Pertama, bisa meningkatkan motivasi dan minat anak-anak terhadap aturan karena mereka melihat bahwa ketaatan mereka dihargai. Kedua, dapat memperkuat pemahaman mereka tentang pentingnya aturan dalam kehidupan sehari-hari. Dan ketiga, bisa menjadi insentif positif bagi anak-anak untuk terus mengikuti aturan dengan baik.
Terima kasih.
nama : noviyatul islamiyah
nim : 858190133
Saya setuju dengan poin-poin yang disampaikan dalam video ini tentang pentingnya disiplin pada anak usia dini. Disiplin membantu anak untuk belajar tentang peraturan dan batasan, serta bagaimana berperilaku yang baik.
Saya juga setuju bahwa pemberian hadiah (pujian) dapat menjadi cara yang efektif untuk mendorong perilaku yang baik pada anak. Namun, penting untuk diingat bahwa hadiah (pujian) harus diberikan dengan tepat dan konsisten.
Selain pemberian hadiah (pujian), ada banyak cara lain untuk mendisiplinkan anak usia dini, seperti pujian verbal, waktu berkualitas bersama anak, dan time-out.
Penting bagi orang tua dan guru untuk memilih cara disiplin yang paling sesuai dengan usia, temperamen, dan kebutuhan anak.
Nama : Jumiati
Nim : 856104438
Pendapat saya terkait video pertama yang berjudulkan “Pemberian Hadiah (Penerapan Ketaatan Aturan Melalui Pemberian Penghargaan, Praise)” merupakan suatu penghargaan yang diberikan kepada seseorang yang memiliki kelebihan, biasanya pemberian hadiah (Praise) diberikan kepada orang yang memiliki prestasi, rajin, tekun, berperilaku baik dan lain sebagainya. Pemberian hadiah (Praise) sangat berlaku pada anak usia dini, pemberian hadiah ini menjadi pegangan bagi para guru dalam mengkondisikan anak-anak di kelas pada setiap kegiatan pembelajaran. Hal ini mampu menumbuhkan kedisiplinan pada anak usia dini, contohnya itu seperti memberikan hadiah baik secara verbal maupun non-verbal. Pemberian hadiah dalam bentuk pujian bisa diterapkan oleh guru kepada anak usia dini dengan cara menggunakan kata-kata, ekspresi wajah dan gerak tubuh (memberikan senyuman). Adapun beberapa tips dari guru untuk memberikan penghargaan pada anak, pertama memberikan penghargaan langsung sesudah anak melakukan perbuatan baik, kedua berikan penghargaan kepada anak tanpa membeda-bedakan anak yang lain, ketiga berikan dorongan atau semangat kepada anak yang belum dapat melakukan perbuatan baik, mentaati aturan dan disiplin, keempat berikan penghargaan kepada anak tanpa berlebihan.
Assalamu’alaikum Wr,Wb
Nama : Yuliyanti
Nim : 858288798
Upbjj : Banjarmasin
Menanggapi dari video di atas,bagaimana upaya kita sebagai seorang guru dalam mengatasi masalah pada anak,salah satunya dengan pemberian hadiah.Dalam mentaati sebuah peraturan anak membutuhkan sebuah dorongan atau support yaitu dengan pemberian hadiah,bisa berupa pujian,acungan jempol ataupun dengan penghargaan atas usaha yang anak lakukan.Seorang guru harus mampu memberikan hadiah yang pas dan tepat,tidak membeda-bedakan anak dan usahakan tidak memberi hadiah yang berlebihan
Terima Kasih..,Wassalam..
Video tersebut tampaknya memberikan contoh yang baik tentang bagaimana guru dapat secara efektif menanamkan nilai-nilai disiplin pada anak-anak. Pada usia dini, anak-anak memang cenderung egosentris dan belum sepenuhnya memahami konsep disiplin, sehingga pendekatan yang dilakukan guru haruslah kreatif dan memotivasi. Penggunaan pujian verbal dan non-verbal, seperti yang ditunjukkan dalam video, adalah cara yang efektif untuk menguatkan perilaku positif tanpa harus menggunakan hukuman atau kritik yang keras. Hal ini tidak hanya membantu anak-anak mengembangkan rasa disiplin tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri mereka. Pujian seperti “hebat” atau “kamu pintar”, serta isyarat tubuh yang mendukung, memberikan umpan balik positif yang dapat memotivasi anak-anak untuk terus berperilaku baik dan menghargai pentingnya menunggu giliran serta berbagi dengan teman-teman mereka.
Video ini memberikan ilustrasi yang baik tentang upaya guru dalam menanamkan disiplin pada anak usia dini, yang sering kali masih bersifat egosentris dan belum memahami arti disiplin. Metode pemberian penghargaan yang digunakan, baik verbal maupun non-verbal, adalah cara yang efektif untuk mendorong perilaku positif. Ucapan pujian dan gestur positif membantu anak merasa dihargai dan termotivasi untuk mengikuti peraturan.