silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam video ini menggambarkan upaya guru dalam menanamkan disiplin pada anak. Hal ini penting, karena pada masa usia dini anak masih belum memahami arti disiplin dan masih bersifat egosentris. Dalam tayangan, tampak beberapa anak yang menyerobot antrian atau berebut saat hendak bermain di area permainan. Upaya yang dilakukan guru dalam video ini adalah dengan memberi penghargaan baik yang bersifat verbal seperti ucapan” hebat”,  “kamu pintar” dan juga non verbal seperti “mengacungkan ibu jari”, “mengusap kepala dan bahu anak”,  dan “tepuk tangan”.

Sri Tatminingsih

Dalam tayangan video ini, para pengunjung dapat memperoleh beberapa
tips yang bisa dengan mudah dilakukan untuk memberi penguatan perilaku
dengan pemberian pujian, baik secara verbal ataupun ditambahkan dengan
adanya bahasa tubuh tertentu yang dilakukan oleh guru.

Secara umum tayangan ini sudah menerangkan dengan jelas fungsi dan cara pemberian penguatan melalui pujian pada anak didik.

Pemberian pujian hingga saat ini memang sangat diperlukan, dan merupakan keterampilan yang harus dikuasai guru.

Pemberian pujian yang tepat akan mengakibatkan sikap positif pada
anak didik semakin bertambah, hal tersebut berlaku pada semua anak didik
bagaimanapun karakteristik mereka sebagai individu.

Wing Hanyom Sari

Similar Posts

679 Comments

  1. NUR FAIZZATIN NISA
    (877703672)
    Tanggapan saya pada video ini yang berjudul “PEMBERIAN HADIAH (PARISE)” mengungkapkan bahwa hadiah atau pujian merupaka bentuk penguatan positif kepada anak-anak sebagai bentuk strategi dalam pembelajarann nyata namun dibuat secara sederhana.Dalam video tersebut guru dapat mampu menciptakan suasana yang hangat dan mendukung.Hal ini membuat anak menumbuhkan rasa percaya diri akan dirinya sendiri,membangun semnagat belajar,juga dapat berperilaku baik.Dan video ini sudah menampilkan praktik micro teaching yang tepat,dan bermakna.Pemberian hadiah atau pujian yang ditampilkan sangat sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Materi ini sangat bermanfaat bagi saya, karena membentuk perilaku positif anak dengan pendekatan yang penuh empati dan apresiasi.

  2. Salom, saya sudah menonton tayangan vidio pemberian hadiah ” Paris” Diatas dan disini izinkan saya untuk berkomentar sedikit.
    Vidionya bagus, gurunya ramah, sesuai dengan yang selama ini saya terapkan dipaud saya tempat mengajar,, disini memang seharus nya kita sebagai guru PAUD itu banyak-banyak ide agar kita dapat menangani karakteristik anak didik kita yang berbeda-beda .
    Dan sifat bertanggung jawab untuk anak harus kita tanamkan sejak dini,, supaya mereka terbiasa.
    Sehat selalu untuk kita semua, terimakasih.
    Salim.

  3. Setelah menonton video pembelajaran PAUD tentang bermain konstruktif, saya melihat bahwa asesmen otentik diterapkan secara efektif ketika guru mengamati anak saat beraktivitas. Hal ini menunjukkan bagaimana anak benar-benar memahami konsep melalui praktik nyata, bukan sekadar menghafal. Ini jauh lebih bermakna daripada asesmen tradisional.

  4. Nama : NIRWANA
    NIM: 859425998

    JUDUL: PEMBERIAN HADIAH “PARISE”

    Menurut pemahaman saya, upaya guru dalam video tersebut sangat cocok dengan kemampuan dasar dan perilaku anak usia dini. Pemberian penghargaan, baik verbal maupun non-verbal, adalah strategi yang efektif untuk menanamkan disiplin pada usia ini karena memanfaatkan kemampuan meniru, kebutuhan akan penguatan positif, perkembangan bahasa dan sosial, serta karakteristik perilaku egosentris dan impulsif mereka. Pendekatan ini membantu anak mengasosiasikan perilaku disiplin dengan pengalaman positif dan secara bertahap memahami pentingnya menghormati orang lain dan mengikuti aturan.

  5. Nama : Fitri Malasari
    NIM : 856508365

    tanggapan saya terkait video seri pembelajaran berjudul ” Pemberian Praise”, bahwa karakteristik anak masih egosentris tetapi penerapan disiplin diri pada anak usia dini dengan menanamkan ketaatan pada aturan sudah dilakukan dengan cara yang menyenangkan baik dengan pujian maupun ekspresi wajah dan pemberian kalimat positif, pemberian hadiah berupa pujian merupakan hal sederhana tetapi bermakna bagi anak. beri penghargaan perlu dilakukan tanpa membedakan anak, memberi motivasi bagi anak yang belum mampu disiplin, dan beri penghargaan sesegera mungkin. Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk memberikan percaya diri bagi anak sekaligus menanamkan disiplin.

  6. Nama : Nurul Isnaini
    NIM : 857998067

    Dalam video tersebut upaya guru dalam menanamkan kedisiplinan pada anak. Sering kali anak kesulitan dalam menanamkan aturan. Dalam hal ini anak usia dini belum paham tentang menanamkan kedisiplinan dan masih bersifat egosentris. Salah satu cara guru dalam menanamkan disiplin adalah dengan cara memberikan hadiah verbal maupun non verbal diantaranya memberikan pujian. Penghargaan dalam bentuk kata-kata, ekspresi wajah, tepukan pundak, ungkapan kata kamu hebat atau bagus. Penghargaan kepada anak diberikan segera setelah anak melakukan perbuatan baik. memberikan penghargaan kepada anak-anak tanpa membedakan anak-anak. Memberikan dorongan kepada anak yang belum bisa berbuat baik disiplin maupun belum dapat menaati aturan. Memberikan penghargaan tanpa berlebihan.

  7. Nama: Maya Ismaya
    NIM: 857470998
    Judul Video: Penerapan Ketaatan Aturan Melalui Pemberian Penghargaan (praise)

    Salah satu cara dalam menanamkan disiplin dan aturan diantaranya adalah pemberian penghargaan. Penghargaan dalam bentuk pujian dapat berupa kata-kata, ekspresi wajah dan gerak tubuh, seperti memberikan senyuman atau ungkapan kata “hebat”, ” Keren”. Cara yang bisa dilakukan dalam memberikan penghargaan, yaitu: (1) memberikan penghargaan segera, ketika anak melakukan perbuatan baik, (2) berikan penghargaan kepada perbuatan anak tanpa membedakan anak lain, (3) berikan dorongan kepada anak yang belum melakukan perbuatan baik, disiplin dan belum dapat mentaati aturan, (4) berikan penghargaan tanpa perundungan.

  8. Nama : Laganingtyas Sanda Arlina
    NIM : 858016006
    UPBJJ UT Yogyakarta

    Dari video tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa pemberian hadiah berupa penghargaan/ pujian segera setelah anak melakukan perbuatan baik dan tidak harus berupa barang, berikan penghargaan kepada perbuatan anak tanpa membeda-bedakan anak, berikan dorongan pada anak yang belum dapat melakukan perbuatan baik, belum disiplin, serta berikan pernghargaan tanpa perlu ditanya. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut diharapkan guru memiliki kemampuan untuk memberikan penghargaan yang baik pada anak sehingga anak dapat memiliki kemampuan taat terhadap aturan tanpa paksaan dan senang hati.

  9. Video ini menggambarkan dengan baik esensi dari video yang bertujuan menanamkan nilai-nilai kedisiplinan pada anak usia dini, yang merupakan bagian penting dalam pengembangan perilaku dasar anak. Pemilihan ilustrasi situasi nyata seperti anak-anak yang menyerobot antrean atau berebut saat bermain menunjukkan tantangan umum yang dihadapi guru di lapangan. Upaya guru dalam memberikan penghargaan baik secara verbal maupun non-verbal merupakan contoh strategi positif yang efektif untuk membentuk perilaku disiplin sejak dini. Pendekatan ini selaras dengan prinsip pendidikan karakter dan penguatan interaksi positif antara guru dan anak.

  10. pemberian hadiah “parise” untuk anak TK bagus asal dilakukan dengan bijak dan terarah, karena bisa membentuk karakter, motivasi, dan pola pikir positif sejak dini serta meningkatkan kepercayaan diri, dan dapat embuat susana belajar menjadi lebih menyenangkan.

Leave a Reply