silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).
Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd
–
–
Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.
Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.
Menurut saya dalam video tersebut keterampilan bertanya sudah cukup baik, karena dalam video tersebut sudah mengajak siswa aktif dalam proses pembelajaran berlangsung (student center)
Dalam segi menarik perhatian siswa juga sudah cukup baik, yang mana ditunjukkan dengan cara menyampaikan pembelajaran dengan semangat, guru berpenampilan rapi sehingga siswa pun juga senang dalam mengikuti pembelajaran.
Setelah melihat tayangan video diatas pembelajaran yang dilakukan guru sudah bagus dan menyenangkan. Guru menyampaikan materi dengan jelas dan bersemangat. Guru juga menggunakan alat peraga yang sederhana dan mudah didapatkan oleh siswa sehingga siswa menjadi tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Kondisi kelaspun terlihat hidup. Namun pada tayangan video diatas terdapat beberapa kekurangan, seperti:
• Pada kegiatan pendahuluan, guru tidak mengajak semua siswa untuk berdoa, guru tidak menyapa siswa, mengecek kehadiran, guru tidak memberikan apersepsi dan tidak menyampaikan tuiuan pembelajaran.
• Guru tidak memberikan kesempatan bertanya kepada siswa.
• Guru tidak memberikan kesimpulan setelah proses pembelajaran, dan
• Pada kegiatan penutup guru bersama siswa tidak berdoa.
NAMA: HENY OKTAVIA
NIM: 858773494
PRODI: S1-PGSD
Menurut saya dalam video tersebut keterampilan bertanya sudah cukup baik, karena dalam video tersebut sudah mengajak siswa aktif dalam proses pembelajaran berlangsung (student center)
Dalam segi menarik perhatian siswa juga sudah cukup baik, yang mana ditunjukkan dengan cara menyampaikan pembelajaran dengan semangat, guru berpenampilan rapi sehingga siswa pun juga senang dalam mengikuti pembelajaran.
Nama : Wahda Nashira
NIM : 858280779
Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional
Setelah saya menyaksikan dan mengamati video tersebut saya akan memberikan tanggapan sebagai berikut,
Menurut saya guru tersebut bisa membangun suasana untuk menarik perhatian anak dengan segala kreativitas, mulai dari memberi pertanyaan (tanya jawab) yang erat kaitannya dengan kehidupan anak, dan membawa balon dan berbagai benda lainnya sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan oleh guru tersebut juga sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Nama : Dahlia Talo
NIM : 858429907
Prodi: S1 – FKIP
Berdasarkan video tersebut, ada beberapa poin yang menjadi nilai plus antara lain : siswa lebih dilibatkan dalam setiap proses pembelajaran, penjelasan guru yang detail dengan bahasa yang sederhana serta media yang mudah didapatkan.
Wulan Wiranti (858861076) – UPBJJ UT-Malang
dari video yang tersebut, saya dapat melihat bahwa pembelajaran tersebut sangat menarik bagi anak-anak, hal itu terlihat dari antusias anak-anak dalam mengikuti pembelajaran juga keaktifan anak-anak dalam bertanya dan menjawab. keberanian anak-anak dalam menyampaikan pendapat dan bertanya membuktikan bahwa guru tersebut mampu menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan bagi anak-anak.
dari tata bahasa yang disampaikan oleh guru pun juga sangat mudah dipahami bagi anak-anak.
namun, menurut saya kekurangan dari video tersebut, yaitu:
pada kegiatan pendahuluan,
1. guru tidak memulai dengan salam, tidak menanyakan kabar siswa, tidak mengecek kehadiran dan juga tidak do’a yang dipimpin oleh salah satu siswa.
2. tidak ada penguatan tentang penanaman semangat kebangsaan seperti menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum memulai pembelajaran
pada kegiatan penutup,
guru tidak menyimpulkan hasil dari pembelajaran tersebut dan tidak menutup dengan do’a.
Setelah saya melihat tayangan video diatas pembelajaran yang dilakukan guru sudah bagus, dan menyenangkan. Guru menyampaikan materi dengan jelas dan bersemangat.
Guru juga menggunakan alat peraga yang sederhana dan mudah didapatkan oleh siswa sehingga siswa menjadi tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Kondisi kelaspun terlihat hidup dan bersemangat
Nama : Dinda Pratiwi
Nim : 856455186
Prodi : FKIP – PGSD S1
Pokjar : Kemuning
Setelah melihat video tersebut, metode yang digunakan oleh pendidik sudah cukup baik, karena pembelajaran tersebut sangat menarik sehingga siswa sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran.
Pendidik pun menyampaikan materi dengan jelas dan bersemangat. pendidik juga menggunakan alat peraga yang sederhana dan mudah didapatkan oleh siswa sehingga siswa menjadi tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Kondisi kelaspun terlihat hidup, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).
Nama : Endang Trisnawati
NIM : 824137668
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ : Palembang Pokjar : Pangkalan Balai
Setelah menonton tayangan video diatas pembelajaran yang dilakukan guru sudah baik dan menyenangkan. Guru menyampaikan materi dengan jelas dan bersemangat. Guru juga menggunakan alat peraga yang sederhana dan mudah didapatkan oleh siswa sehingga siswa menjadi tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Namun, Pada kegiatan pendahuluan, guru tidak mengajak siswa untuk berdoa, tidak mengecek kehadiran siswa, guru tidak memberikan apersepsi dan tidak menyampaikan tuiuan pembelajaran. Guru tidak memberikan kesimpulan setelah proses pembelajaran dan tidak memberikan umpan balik.
Nama : Nizsa Jhemanty
NIM : 857500048
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : Bandung
Pokjar : Cimahi
Setelah menyimak video tersebut, menurut pendapat saya guru sudah membangun suasana yang menyenangkan sesuai dengan jenjang SD kelas bawah. Pembelajaran juga sudah cukup menarik dengan memanfaatkan benda-benda di sekitar sebagai media pembelajaran. Namun alangkah lebih baik pada kegiatan pendahuluan, dimulai dengan doa, kemudian menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa. Selanjutnya yang harus dilakukan guru adalah kegiatan apersepsi, dimana guru mereview pembelajaran sebelumnya dan mengkaitkan dengan pembelajaran yang akan dilakukan saat itu, dengan adanya kegiatan apersepsi dapat menstimulus siswa mengingat pembelajaran sebelumnya dan guru juga dapat mengetahui pemahaman awal siswa mengenai materi yang akan diajarkan saat itu, sebagai acuan atau refrensi guru dalam memilih metode dan media pembelajaran yang sekiranya efektif dilakukan saat itu.
Pada kegiatan inti pembelajaran di harapkan siswa yang aktif melakukan praktik membandingkan berat benda, guru hanya sebagai fasilitator, biarkan siswa mengekplor rasa ingin tahunya, sehingga memicu siswa aktif melakukan diskusi dan tanya jawab.
tak lupa guru memberikan apresiasi dan motivasi kepada siswa agar lebih semangat belajar.
terakhir guru memberikan evaluasi, membuat kesimpulan, serta memaparkan kembali manfaat pembelajaran tersebut. Terakhir guru menutup kegiatan dengan doa bersama.