silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).
Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd
–
–
Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.
Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.
Setelah saya liat dan saya telaah dari vidio pembelajaran tsb,pembelajaran yang di bawa kan sangat kreatif dan dan penuh dengan suasana ,sehingga anak didik dapat bereaksi dengan riang dan gembira, dan kesabaran yang di terapkan dari vidio tersebut ,sangat baik ini salah satu contoh vidio yang dapat jadi referensi kita sebagai pengajar ,agar mengetahui bagaimana cara meraih karakter yang sulit menyerap pembelajaran dan kurang aktif,dengan media media yang di bawa kan pun sangat mudah baik dalam kebutuhan fan alat dan tidak merepotkan.
#gurubijak
#guruhebat
#menjadigurusangatmenyenangkan
Nama : Arinda Leoni Fardila
Nim : 857106853
Pokjar : Tambelang
PGSD S1
Menurut saya dalam video tersebut keterampilan bertanya sudah cukup baik, karena dalam video tersebut sudah mengajak siswa aktif dalam proses pembelajaran berlangsung, Guru juga menggunakan alat peraga yang sederhana dan mudah didapatkan oleh siswa sehingga siswa menjadi tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. dari tata bahasa yang disampaikan oleh guru pun juga sangat mudah dipahami bagi siswa. dan keberanian siswa dalam menyampaikan pendapat dan bertanya membuktikan bahwa guru tersebut mampu menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan bagi siswa. Adapun kekurangan yang terdapat pada tayangan video diatas, yaitu:
a. Pada kegiatan pendahuluan, guru tidak mengajak semua siswa untuk berdoa, guru tidak menyapa siswa, mengecek kehadiran, guru tidak memberikan apersepsi dan tidak menyampaikan tuiuan pembelajaran.
b. tidak ada penguatan tentang penanaman semangat kebangsaan seperti menyanyikan lagu sebelum memulai pembelajaran
c. Guru tidak memberikan kesimpulan setelah proses pembelajaran, dan
d. Pada kegiatan penutup guru bersama siswa tidak berdoa.
Adapun kelebihan yang terdapat pada tayangan video diatas, yaitu :
a. Penampilan guru yang rapi dan suara guru yang lantang dan tegas mampu membuat siswa fokus mendengarkan materi pembelajaran.
b. guru mampu mengajak siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran sehingga keterampilan bertanya siswa sangat baik.
c. Guru menggunakan alat peraga yang sesuai dengan pembelajaran seperti gelas, bambu. guru juga mampu merefleksikan pembelajaran sehingga siswa dapat membandingkan apa yang terjadi terhadap kertas dan penghapus bagaimana yang akan terjadi.dengan guru memberikan tugas kepada siswa agar dapat memperaktekkan dirumah.
d. Guru juga memberikan metode pembelajaran yang bervariasi, hal tersebut dapat memberikan semangat siswa dalam pembelajaran dan menyenangkan.
e. Siswa begitu antusias saat pembelajaran dimulai, memperhatikan dengan baik saat guru menjelaskan materi.
f. Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya dan melakukan percobaan dengan benda-benda yang dibawah, kelas begitu aktif serta interaksi guru dengan siswa sangat baik
Nama: Rismayani
Nim : 856576748
Pokjar : Jambi
PGSD S1
Setelah saya menonton vidio tersebut reaksi anak anak nya
1 : anak – anak nya semangat dalam belajar
2: anak – anak murid nya semua aktif dalam proses pembelajaran berlangsung
3:keberanian anak – anak dalam menyampaikan bertanya membuktikan suasana yang nyaman dan menyenangkan di dalam kelas.
Kelebihan guru nya
1: guru nya memanfaatkan alat peraga berupa benda – benda sederhana yang ada di sekitar nya
2:pembelajaran sangat menyenangkan karena guru nya melibatkan muridnya dalam pembelajaran berlangsung.
3: guru nya memberikan pertanyaan – pertanyaan yang membuat murid nya lebih aktif untuk menjawab.
4: suara guru nya sangat lantang dan tegas mampu membuat siswa fokus mendengar kan materi pembelajaran.
Nama : Ayu Safitri
NIM :856024212
Semester : 6
Pokjar :Labusel
Prodi : S1 PGSD
Setelah melihat tayangan video tersebut, menurut saya pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sudah cukup baik.
Materi disampaikan dengan metode yang menarik sehingga siswa astusias untuk mengikuti pembelajaran. Penerapan keterampilan bertanya di kelas pun sudah cukup dikuasi guru tersebut, ini terlihat dari guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk memancing keaktifan siswa.
Nama : Risma Monica
NIM. : 858416205
Program Studi : S1 PGSD
Setelah menonton video diatas keterampilan bertanya sudah cukup baik, sebab dalam video tersebut sudh mengajak siswa aktif dalam proses pembelajaran berlangsung. Dalam segi menarik perhatian siswa juga sudah cukup baik, yang mana ditunjukkan dengan cara menyampaikan pembelajaran dengan semangat, guru berpenampilan rapi sehingga siswa pun juga senang dalam mengikuti pembelajaran. Guru juga menggunakan alat peraga yang sederhana dan mudah didapatkan oleh siswa menjadi tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Kondisi kelasph. Terlihat hidup dan bersemangat. Namun pada kegiatan pendahuluan, guru tidak mengajak siswa untuk berdoa, tidak mengecek kehadiran siswa, guru tidak memberikan Apersepsi dan tidak menyampaikann tujuan pembelajaran. Guru tidak memberikan kesimpulan setelah proses pembelajaran dan tidak memberikan umpan balik.
Nama : Auriel Indah Rahmadani
Nim : 856948077
Menurut saya, setelah melihat cuplikan video pembelajaran ini secara keseluruhan semua berjalan dengan sangat baik. Mulai dari awal hingga kegiatan akhir.. Namun karena kelas ini terisi banyak siswa jadi diharapkan guru lebih teliti agar pembelajaran tetap terarah dan kondusif.guru berpenampilan rapi sehingga siswa pun juga senang dalam mengikuti pembelajaran. Guru juga menggunakan alat peraga yang sederhana dan mudah didapatkan oleh siswa menjadi tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Kondisi kelasph. Terlihat hidup dan bersemangat. Namun pada kegiatan pendahuluan, guru tidak mengajak siswa untuk berdoa, tidak mengecek kehadiran siswa, guru tidak memberikan Apersepsi dan tidak menyampaikann tujuan pembelajaran. Guru tidak memberikan kesimpulan setelah proses pembelajaran dan tidak memberikan umpan balik.
Nama : Fitri Yani
Nim : 856602266
Pokja : Tanjab barat
Setelah menonton video diatas sangat membantu dalam menggali pemahaman tentang kemampuan belajar siswa di kelas, Pertanyaan-pertanyaan dalam video ini membantu kita memahami cara terbaik untuk mendukung siswa dalam mengembangkan kemampuan mereka, baik melalui pengajaran yang berbeda atau melalui lingkungan belajar yang disesuaikan,para siswa di video ini berani mengungkapkan ketertarikan dan ketidakpahaman mereka melalui pertanyaan yang di ajukan.
Guru juga memberikan pertanyaan yang mudah dipahami siswa serta penjelasan yang sederhana yang dengan mudah dipahami siswa. Namun guru di dalam video tersebut tidak memberikan apresiasi atau pujian saat siswa bertanya serta setelah pertanyaan terjawab guru tidak memberikan kesimpulan.
Nama : Fajri Fadillah
Nim : 856982245
Pokjar : Bumiratu Nuban
Setelah saya melihat dan mengamati video tersebut, menurut pendapat dan pandangan saya seorang Pendidik tersebut dalam menyampaikan kegiatan inti materi sudah baik dan sudah bisa menguasai kelas sehingga siswa menjadi aktif dalam keterampilan bertanya maupun dalam menjawab pertanyaan tersebut. Dalam pembelajaran tersebut pendidik juga sudah memanfaatkan suatu alat peraga berupa benda-benda sederhana yang ada di sekitarnya.
Kelemah guru tersebut dalam pembelajaran ini yaitu tidak adanya kegiatan pendahuluan pembelajaran yang dilakukan oleh seorang pendidik tersebut.
Untuk kelebihan pendidik tersebut dalam menyampaikan pembelajaran yaitu penyampaian materi yang sangat jelas dan disertai alat peraga yang mendukung penyampaian pembelajaran.
Video tersebut memberi saya motivasi dan saya dapat pengalaman baru bahwa dengan penjelasan yang tepat serta metode yang tepat dalam meningkat keterampilan bertanya dikelas dengan menggunakan alat peraga sebagai pemicu peserta didik untuk merasa ingin tau sehingga mendorong para peserta didik untuk menjadi lebih aktif bertanya.
Nama : Fajri Fadillah
Nim : 856982245
Pokjar : Bumiratu Nuban
Setelah saya melihat dan mengamati video tersebut, menurut pendapat dan pandangan saya seorang Pendidik tersebut dalam menyampaikan kegiatan inti materi sudah baik dan sudah bisa menguasai kelas sehingga siswa menjadi aktif dalam keterampilan bertanya maupun dalam menjawab pertanyaan tersebut. Dalam pembelajaran tersebut pendidik juga sudah memanfaatkan suatu alat peraga berupa benda-benda sederhana yang ada di sekitarnya.
Kelemah guru tersebut dalam pembelajaran ini yaitu tidak adanya kegiatan pendahuluan pembelajaran yang dilakukan oleh seorang pendidik tersebut.
Untuk kelebihan pendidik tersebut dalam menyampaikan pembelajaran yaitu penyampaian materi yang sangat jelas dan disertai alat peraga yang mendukung penyampaian pembelajaran.
Video tersebut memberi saya motivasi dan saya dapat pengalaman baru bahwa dengan penjelasan yang tepat serta metode yang tepat dalam meningkat keterampilan bertanya dikelas dengan menggunakan alat peraga sebagai pemicu peserta didik untuk merasa ingin tau sehingga mendorong para peserta didik untuk menjadi lebih aktif bertanya.
Nama : Surtini
Nim: 856984453
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : way tuba
Menurut pendapat saya tentang Vidio tersebut yaitu
1) kekurangan
-Pendahuluan yang guru lakukan nkurang lengkap, guru tidak memberi salam dan mengajak siswa untuk berdoa sebelum belajar
– guru juga tidak mengajaknsiswa berdoa setelah belajar
2) kelebihan
-guru mampu menciptakan suasana Pembelajaran yang menyenangkan sehingga anak tidak mudah bosen
-Pembelajaran yang guru lakukan sudah sangat efektif dimana guru tersebut sangat aktif mengajak siswa berdiskusi tentang materi yang di sampaikan.
– alat peraga yang disampaikan gurupun sederhana dan mudah dipahami oleh anak anak