silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).

Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd

Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.

Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.

Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.

Similar Posts

201 Comments

  1. Nama : Ristaqul Hanifah
    NIM : 857935145
    SMT : 6
    saya dapat melihat bahwa pembelajaran tersebut sangat menarik bagi anak anak hal itu bisa saya katakan karena melihat anak anak yang sangat antusias untuk menjawab pertanyaan dari guru tersebut. Keberanian anak anak dalam menyampaikan pendapat dan bertanya membuktikan bahwa guru tersebut mampu menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan bagi anak anak.

    1. Adapun reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu anak terlihat antusias dengan metode pembelajaran di kelas. Terlihat dengan seorang siswa yang mampu berpartisipasi kedepan kelas membandingkan gelas mana yang berat dan yang ringan. Sehingga siswa lebih percaya diri dan berani untuk kedepan. Siswa mampu mendengarkan instruksi yang diberikan guru dengan baik dengan mengeluarkan benda yang dibawa seperi buku, pensil, penghapus,tempat makan dll.Dan siswa mampu merasakan benda yang ringan maupun yang berat sesuai dengan benda yang dipegang masing-masing siswa.

    2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran menurut saya sudah cukup baik.

    3. Adapun kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran pada video menurut saya guru mampu mengajak siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran sehingga keterampilan bertanya siswa sangat baik.Sehingga siswa termotivasi untuk lebih percaya diri maju kedepan kelas. Guru menggunakan alat peraga yang sesuai dengan pembelajaran seperti gelas, bambu.guru juga mampu merefleksikan pembelajaran sehingga siswa dapat membandingkan apa yang terjadi terhadap kertas dan penghapus bagaimana yang akan terjadi.dengan guru memberikan tugas kepada siswa agar dapat memperaktekkan dirumah.

    4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran menurut saya guru mampu menarik siswa agar focus dalam memahami keterampilan bertanya. Guru juga mencontohkan benda-benda yang dapat dijumpai siswa seperti benda yang ringan dan berat.

    5. Upaya yang dapat saya usulkan pada kegiatan pembelajaran sebagai seorang guru hal yang harus kita lakukan yaitu guru harus mengikuti langkah-langkah pembelajaran dengan melihat 3 point yaitu pendahuluan, isi dan penutup.

  2. Nama : Nely Rakhmah
    NIM : 042448313
    SMT : 7

    Menurut pendapat saya setelah saya melihat dengan seksama video pembelajaran di atas, ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam video pembelajaran tersebut.

    kelebihan
    1. guru menjelaskan materi pembelajaran kepada anak-anak dengan jelas dan mudah dipahami
    2. guru mampu menghadle keadaan kelas sehingga siswa bisa belajar di kelas dengan keadaan kondusif dan tertib
    3. guru mampu mengajak siswa turut aktif dalam pembelajaran
    4. pembejaran menyenangkan sehingga siswa semangat dalam pembelajaran

    kekurangan
    1. tidak ada salam pembuka yang dilakukan guru sebelum pembelajaran
    2. tidak ada doa sebelum mulai pembelajaran
    3. tidak ada pengecekan kehadiran siswa yang dilakukan sebelum pembelajaran
    4. tidak ada salam penutup setelah pembelajaran

  3. Menurut saya penerapan keterampilan bertanya di klelas dengan reaksi siswa siswi terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, siswa terlihat antusias. Siswa mampu aktif berpartisipasi kedepan kelas dengan membandingkan gelas mana yang berat dan yang ringan. Dengan siswa/i berani kedepan kelas maka siswa/i akan memiliki kepercayaan diri yang sangat tinggi dan berani. Siswa mampu merasakan dan membandingkan benda mana yg berat dan yang ringan dengan memegang beberapa benda yang ada d sekitarnya.
    Guru mampu mengajak siswa/i untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Siswa sangat antusias sehingga siswa/i termotivasi untuk lebih peecaya diri untuk kedepan kelas.
    Namun pada kegiatan pendahuluan guru tidak memulai dengan salam, tidak mengajak siswa/i untuk berdoa, guru tidak menyapa sisw/i, tidak mengecek kehadiran siswa/i, guru tidak memberikan kesimpulan setelah proses pembelajaran.

  4. nama : siti nurul afiah
    nim : 858170504
    pokjar : bojonegoro

    Kelebihan:

    1. Pendekatan tematik: Video ini menggunakan pendekatan tematik dalam pengajaran IPA dengan tema “Mengukur Berat Badan”. Pendekatan ini dapat membantu siswa membuat koneksi antara konsep-konsep yang diajarkan dengan konteks kehidupan sehari-hari mereka.
    2. Penggunaan contoh nyata dan alat peraga: Guru dalam video tersebut menggunakan contoh nyata dan alat peraga seperti pensil dan buku untuk mengilustrasikan konsep “Berat Benda”. Ini dapat membantu siswa memahami konsep secara visual dan praktis, sehingga memperkuat pemahaman mereka.
    3. Keterampilan bertanya yang baik: Video ini menekankan pentingnya keterampilan bertanya yang baik dari siswa. Dengan mendorong siswa untuk bertanya, mereka dapat berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis.

    Kekurangan:
    1. Tidak ada interaksi langsung: Dalam video, siswa mungkin tidak memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan guru. Interaksi langsung antara guru dan siswa dapat memungkinkan diskusi, tanya jawab, dan umpan balik yang lebih terpersonal.
    2. Keterbatasan waktu: Dalam video, terkadang ada keterbatasan waktu untuk menjelaskan konsep secara mendalam. Hal ini dapat mempengaruhi pemahaman yang mendalam dan menyeluruh dari siswa.
    3. Ketergantungan pada video: Metode pengajaran yang hanya mengandalkan video sebagai sumber utama pembelajaran dapat membatasi variasi dan fleksibilitas dalam pendekatan pengajaran.

  5. Nama : Maesaroh
    NIM : 857569863

    Setelah melihat tayangan video diatas pembelajaran yang dilakukan guru sudah bagus dan menyenangkan. Guru menyampaikan materi dengan jelas dan bersemangat. Guru juga menggunakan alat peraga yang sederhana dan mudah didapatkan oleh siswa sehingga siswa menjadi tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Kondisi kelaspun terlihat hidup. Namun pada tayangan video diatas terdapat beberapa kekurangan, seperti:
    • Pada kegiatan pendahuluan, guru tidak mengajak semua siswa untuk berdoa, guru tidak menyapa siswa, mengecek kehadiran, guru tidak memberikan apersepsi dan tidak menyampaikan tuiuan pembelajaran.
    • Guru tidak memberikan kesempatan bertanya kepada siswa.
    • Guru tidak memberikan kesimpulan setelah proses pembelajaran, dan
    • Pada kegiatan penutup guru bersama siswa tidak berdoa.

  6. Nama : YUNITA
    Nim : 856947731

    Menurut saya setelah melihat tayangan di video tersebut, pembelajaran yang dilakukan guru sudah bagus dan menyenangkan, guru menyampaikan materi dengan jelas dan bersemangat . Guru juga menggunakan alat peraga yang sederhana dan mudah didapatkan oleh siswa sehingga siswa menjadi tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Kondisi kelas pun terlihat hidup.

  7. Ersi utami 856616121
    Dari video diatas menurut saya guru sudah sangat hari menghidupkan suasana kelas dengan pembelajaran yang diterapkan serta penggunaan alat peraga manipulatif yang mudah didapatkan dan dipahami oleh siswa, serta mampu menarik perhatian siswa untuk fokus memperhatikan materi yang dijelaskan sehingga siswa sangat aktif dan tetap kondusif

  8. Nama: Elly Melpina Siregar
    NIM: 857159158

    Keterampilan bertanya merupakan ucapan atau pertanyaan yang dilontarkan guru sebagai stimulus untuk memunculkan atau menumbuhkan jawaban (respon) dari peserta didik.
    Setelah menonton video tersebut, menurut saya guru sudah menunjukkan keterampipan bertanya dalam pembelajaran yang dibuktikan dengan keaktifan dari peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, yg didukung dengan penggunan barang yg nyata dan pengpaian konsep materi berat benda yang sangat baik sehingga peserta didik mudah memahami materi tersebut. Terima kasih atas video ini yang membuat saya terinspirasi aga lebih kreatif lagi dalam menggunakan ketrampilan bertanya di kelas.

  9. Nama : Susanti Mamile
    NIM : 838361343
    Dari video diatas dapat dilihat bahwa teknik bertanya jawab dari guru dan siswa sudah baik. Namun, ada juga kekurangan dari guru tersebut adalah tidak melakukan kegiatan awal misalnya berdoa, tanya kehadiran, apersepsi serta menyampaikan tujuan pembelajaran. Video ini juga sangat membantu saya sebagai calon Guru untuk memiliki ketrampilan diatas.

  10. Nama : Trika sari
    Nim : 835991791

    Dari video di atas menurut saya guru sudah sangat menghidupkan suasana di kelas dengan pembelajaran yg diterapkan serta pembelajaran yang diterapkan serta pengunaan alat peraga yg mudah dan di mengerti oleh siswa , serta mampu menarik perhatian siswa di kelas saat guru menerangkan.

Leave a Reply