silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).
Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd
–
–
Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.
Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.
Menurut saya, pembelajaran yang diajarkan oleh guru tersebut sangat baik sekali. Karena guru tersebut menggunakan benda-benda konkret atau nyata, di mana benda-benda tersebut berada di sekitar mereka. Guru juga bagus dalam memberi pertanyaan pemantik sederhana peserta didik dapat langsung mengerti perbedaan dari apa yang ibu guru tersebut lakukan dan praktekkan.Dan ibu guru tersebut sudah bagus menerapkan materi yang sesuai dengan usia peserta didik.
Kemudian kekurangan dari video pembelajaran tersebut menurut saya,. pada saat kita mengajar di kelas, kita harus mengikuti RPP, di mana RPP tersebut memiliki langkah-langkah pembelajaran, terutama pada saat awal, yaitu pendahuluan. Di sini, ibu guru tersebut tidak memberikan pendahuluan awal yang seharusnya guru tersebut memberikan salah satunya yaitu, apersepsi ataupun mengaitkan pembelajaran yang sudah dipelajari, kemudian ada juga pemberitahuan tujuan, di mana dengan peserta didik mengerti tujuan pembelajaran yang dipelajari tersebut, mereka lebih mengerti dan bersemangat. Dan tidak lupa pula salam sapaan beserta menanyakan kondisi siswa pada awal pembelajaran; guru juga bisa memberi motivasi agar siswa lebih bersemangat .Maka dengan adanya pendahuluan baru kegiatan pembelajaran menjadi lebih lengkap dan sempurna.
Sekian dari saya, terima kasih
NAMA : NAZMA PARASWARI KOTAMBUNAN
NIM : 855866654
Menurut saya, pembelajaran yang diajarkan oleh guru tersebut sangat baik sekali. karena guru tersebut menggunakan benda-benda konkreat atau nyata, dimana benda-benda tersebut berada disekitar mereka. Guru juga bagus dalam memberi pertanyaan pemantik sederhana peserta didik langsung mengerti perbedaan dari apa yang ibu guru tersebut lakukan dan peraktekkan. Dan ibu guru tersebut sudah bagus menerapkan materi yang sesuai dengan usia peserta didik.
Kemudian kekurangan dari vidio pembelajaran tersebut menurut saya,. pada saat kita mengajar dikelas, kita harus mengikuti RPP, dimana RPP tersebut memiliki langkah-langkah pembelajaran, terutama pada saai awal pembelajaran, terutama pada saat awal , yaitu pendahuluan. Di sini, ibu guru tersebut tidak memberikan pendahuluan awal yang seharusnya guru tersebut memberikan salah satunya yaitu, apersepsi ataupun mengaitakan pembelajaran yang sudah dipelajari , kemudian ada juga pemberitahuan tujuan, di mana dengan peserta didik mengerti tujuan pembelajaran yang dipelajari mereka akan termotivasi dan semangat . Dan tidak lupa pula salam dan sapaan beserta menanyakan kondisi siswa pada awal pembelajaran. Maka dengan adanya pendahuluan, baru kegiataan pembelajaran menjadi lebih lengkap dan sempurna.
sekian dan terima kasih…
Nama: Devi Ayunda Simanjuntak
Nim: 855867459
Pokjar: Asahan
Upbjj: Medan
Menurut saya video pembelajaran sudah sangat menarik, karena Guru tersebut sudah menggunakan media pembelajaran secara konkret, sehingga menarik perhatian siswa dalam mengikuti kegiatan proses belajar mengajar, Kelemahan Pembelajaran dalam Video tersebut yaitu Dalam proses pembelajaran guru melewatkan kegiatan pendahuluan (Salam dan doa) dan tidak menjelaskan tujuan pembelajaran.
Kelebihan Pembelajaran dalam Video tersebut yaitu Guru menjelaskan materi dengan jelas dan Guru memberi tahu manfaat dari materi yang disampaikan.
Nama : Vichyanus Irvan Mau Bere
NIM. : 859285756
Menurut sykekurangan pada video tersebut, mulai dari :
-Pembuka tidak ada salam pembuka, doa, absensi,
Dan kelebihan dari video tersebut adalah
– penggunaan media yg kreatif yg mudah di pahami anak
– penyampaian nya yang tepat
Nama : Erwin gustri halawa
Nim : 859883612
Prodi: PGSD
Menurut saya video diatas, gurunya sudah mempersiapkan bahan ajar dan alat peraga ,dan anak menjadi antusias dalam belajar karena cara yang dilakukan sudah dapat menarik perhatian siswa , sehingga dapat siswa aktif dalam bertanya dan menyampaikan pendapat sendiri .
Terimakasih.
Nama: Nova Noviyanti
Nim:858081099
Dalam vidio pembelajaran tersebut membuat kurang lengkap dalam memulai pembejalaran karena tidak adanya pendahuluan seperti salam doa, dan absensi kepada siswa.Dalam penyampaian meteri sudah bagus kerena mejelaskan materi pembelajaran dengan lengkap serta membawa atau mempraktikkan media secara langsung kepada siswa sehingga siswa bisa membedakan berat pada benda.
Nama : mareta indah sutra
Nim:856823207
UPBJJ: BENGKULU
kelemahan video di atas
-sebelum pembelajaran video di atas tidak ada kegiatan saat mulai pembelajaran seperti berdoa dan absen kehadiran siswa
-pada saat sesudah pembelajaran tidak ada kesimpulan dan doa
Kelebihan dari video di atas guru sudah sangat bagus dalam memberikan materi,gzuru mampu menjadi pusat perhatian dalam pembelajaran.guru memberikan contoh alat dan melibatkan siswa
Nama : Winda Purba
Nim : 859892184
UPBJJ : 12/Medan
POKJAR : Asahan
Menganalisis Video Pembelajaran
Dalam menganalisis video pembelajaran tersebut, saya melihat ada kelemahan dan kelebihan di dalam video tersebut
Kelemahan video pembelajaran diatas
1. Tidak adanya Salam Pembukaan, menanyakan kabar, Absensi serta tidak adanya berdoa sebelum belajar
2. Tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
Kelebihan video pembelajaran diatas
1. Penjelasan materi yang disampaikan mudah dipahami
2. Memberikan contoh mana benda yang lebih berat dan benda yang ringan
3. Siswa aktif dalam kegiatan membedakan berat benda
4. Guru menjelaskan manfaat dari pembelajaran yang sudah dipelajari
Dari video tersebut, dapat disimpulkan bahwa pentingnya bagi seorang guru untuk menguasai sebuah materi yang akan disampaikan, agar pembelajaran berjalan dengan efektif.
Nama : Riahosanna Agustina Situmeang
Nim. : 857132035
UPBJJ : JAKARTA
POKJAR: KALIDERES
Kegiatan pembelajaran kegiatan diatas sudah cukup baik ,dalam penyampaian materi guru sudah melakukan semaksimal mungkin . kekurangan dalam video pembelajaran diatas guru kurang kreatif dalam menjelaskan agar siswa tidak hanya diam saja dan melamun.
Nama:Bulan Hasibuan
Nim:859870229
Pokjar: UT Medan
Menurut pendapat saya:
Kelemahan dari video tersebut yaitu
– di awal pembelajaran tidak mengucap salam
– tidak melakukan doa sebelum belajar
– guru tidak melakukan absensi
– guru kurang menghibur siswa pada saat memulai pembelajaran, sehingga ada sebagian siswa yang melamun ,dan diam sendiri.
– Dan tidak menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa.
Kelebihan dari video tersebut
Menurut saya, prosesnya pembelajaran yang dilakukan guru sudah sesuai dengan metode dan model pembelajaran yang berlaku.
Dan guru dapat menarik perhatian siswa pada saat menjelaskan karena adanya berbagai macam macam benda atau media yang di kaitkan dengan materi tersebut. Siswa sangat suka apabila dalam proses pembelajaran ada bagian benda yang di tunjukkan supaya siswa lebih paham dan aktip dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa .