silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).
Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd
–
–
Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.
Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.
Nama : Akbar Maulana
NIM :857598982
Kekurangan:
-siswa tidak bersemangat dalam mengikuti pelajaran
Kelebihan :
-Materi dan Metode pemblajaran
Yang disampaikan guru sangat bagus
Usul dan Saran :
-Guru bisa mengajak siswa untuk bernyanyi atau bermain tentang materi yang akan disampaikan agar siswa bisa menghilangkan rasa jenuh dan bersemangat dalam mengikuti materi pemblajaran
Nama : Desi Herna Purba
NIM : 877529334
Pokjar : Tanjungbalai
Program Studi : S1 PGSD
UPBJJ : Medan
Hasil analisis saya terhadap video diatas:
video diatas memliki bebraapa kelemahan diantaranya:
1. Dalam pembukaan video saya tidak menemukan guru dalam berdoa sebelum dan sesudah mengakhiri pembelajaran.
2. Pada umumnya seorang guru juga harus mengabsensi siswa tersebut untuk memastikan kehadiran siswa dalam kelas
3. Seorang guru juga perlu menanyakan pembelajaran yang dipelajari sebelumnya sebagai bagian dari apersepsi
Kelebihan dalam video:
1. Materi dirancang sedemikian rupa sehingga tercipta pembelajaran yang efisien dan tepat sasaran.
2. Media ajar yang digunakan juga sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga peserta didik lebih mudah memahami pebelajaran
3. Guru juga memberikan kesimpuan akhir sebagai penutup pembelajaran ditambah dengan Lembar kerja siswa yang dibagikan sebagai tugas tambahan peserta didik
4. intonasi dan penguasaan kelas sang guru saya rasa sangat bagus dan perlu ditiru sebagai referensi tambahan mengajar di kelas
kesimpulan akhir :
dari video yang saya lihat dapat dikatakan sudah baik dalam mengajar namun perlu ada sedikit perbaikan. dari video saya juga mempelajari teknik/cara yang unik dari pembawaan sang guru dalam memanagemen kelas agar kondusif dalam belajar.
Nama : Desi Herna Purba
NIM : 877529334
Pokjar : Tanjungbalai
Program Studi : S1 PGSD
UPBJJ : Medan
Hasil analisis saya terhadap video diatas:
video diatas memliki beberapa kelemahan diantaranya:
1. Dalam pembukaan video saya tidak menemukan guru dalam berdoa sebelum dan sesudah mengakhiri pembelajaran. Dalam Profil Pelajar Pancasila nilai beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa salah satunya mengajarkan peserta didik tidak hanya mampu dalam akademis tetapi juga akhlak dan moral.
2. Pada umumnya seorang guru juga harus mengabsensi siswa tersebut untuk memastikan kehadiran siswa dalam kelas. Memastikan peserta didik hadir tidak hanya membangun relasi antara murid dan guru tetapi layaknya seorang orang tua yang memberi perhatian kepada peserta didiknya. Perlunya saling berkomunikasi akan membangun relasi yang baik antara guru dan siswa.
3. Seorang guru juga perlu menanyakan pembelajaran yang dipelajari sebelumnya sebagai bagian dari apersepsi. Pembelajaran saat ini akan berkaitan erat dengan pelajaran sebelumnya sehingga peserta didik mengingat kembali dan merangkai alur pembelajaran dari yang lalu hingga yang terbaru.
Kelebihan dalam video:
1. Materi dirancang sedemikian rupa sehingga tercipta pembelajaran yang efisien dan tepat sasaran. Pastinya guru sudah menyiapkan teknik mengajar yang sesuai dengan RPP.
2. Media ajar yang digunakan juga sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga peserta didik lebih mudah memahami pebelajaran. Peserta didik diajak untuk membuktikan hasil belajar saat itu sehingga tujuan dalam pembelajaran tersampaikan dengan baik.
3. Guru juga memberikan kesimpuan akhir sebagai penutup pembelajaran ditambah dengan Lembar kerja siswa yang dibagikan sebagai tugas tambahan peserta didik
4. intonasi dan penguasaan kelas sang guru saya rasa sangat bagus dan perlu ditiru sebagai referensi tambahan mengajar di kelas
kesimpulan akhir : dari video yang saya lihat dapat dikatakan sudah baik dalam mengajar namun perlu ada sedikit perbaikan. dari video saya juga mempelajari teknik/cara yang unik dari pembawaan sang guru dalam memanagemen kelas agar kondusif dalam belajar.
NAMA SUBADRI
NIM : 857651713
JURUSAN : PGSD
UPBJJ UT PURWOKERTO
Ijin menanggapi video tersebut:
1. Secara keseluruhan apa saja kelebihan dan kekurangan ( mode / teknik / strategi /
media / keterampilan dasar mengajar) pembelajaran dalam video tersebut?
Jawab : Dalam sebuah pembelajaran tentunya memiliki kelebihan dan
kekurangan dalam melaksanakannya. Begitu pula pada video
pembelajaran yang saya amati. Pada video pembelajaran ini terdapat
kelebihan dan kekurangan sebagai berikut;
a. Kelebihan
1. Penggunaan Media Alat Peraga yang Tepat:
Untuk membantu siswa memahami konsep berat benda, guru
menggunakan alat peraga seperti balon, kertas, botol, dan kotak pensil.
Penggunaan media ini membuat pembelajaran lebih interaktif dan
membantu siswa memvisualisasikan konsep yang abstrak.
2. Penggunaan Keterampilan Bertanya yang Efektif:
Guru menggunakan keterampilan bertanya dengan baik di kelas,
mendorong siswa untuk berpikir kritis dan memahami konsep yang lebih
berat.
3. Pembelajaran Interaktif:Video menunjukkan bagaimana guru menggunakan pendekatan
pembelajaran interaktif, yang memungkinkan siswa berpartisipasi secara
aktif dalam proses belajar.
b. Kekurangan
1. Keterbatasan Waktu:
Guru mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk mengajar dan
membantu siswa. Oleh karena itu, mereka harus memprioritaskan hal-hal
yang paling penting.
2. Keterlibatan Siswa yang Tidak Merata:
Ada kemungkinan bahwa beberapa siswa tidak terlibat secara aktif dalam
proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan untuk
meningkatkan keterlibatan setiap siswa.
3. Penggunaan Pertanyaan yang Tidak Selalu Terbuka:
Guru mungkin tidak selalu menggunakan pertanyaan yang terbuka, tetapi
hal ini akan mendorong siswa untuk berpikir kritis dan memahami
konsep yang lebih kompleks.
2. Menurut Anda faktor-faktor apa saja yang menyebabkan munculnya
permasalahan tersebut?
Jawab : Menurut pendapat saya ada 2 faktor yaitu
1. Faktor Internal
a. Keterampilan Guru:
Efektivitas pembelajaran dapat dipengaruhi oleh bagaimana guru
menggunakan media, mengajukan pertanyaan, dan membantu siswa.
b. Keterlibatan Siswa:
Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh
faktor-faktor seperti motivasi, minat, dan kemampuan belajar.
c. Kemampuan Belajar Siswa:
Kemampuan belajar siswa dapat berpengaruh pada efektivitas
pembelajaran.2. Faktor Ekstrenal
a. Keterbatasan Sumber Daya:
Efektivitas pembelajaran dapat dipengaruhi oleh keterbatasan sumber
daya, seperti waktu, media, dan fasilitas.
b. Lingkungan Belajar:
Lingkungan belajar yang tidak baik dapat mempengaruhi seberapa
efektif pembelajaran.
c. Teknologi:
Efektivitas pembelajaran dapat dipengaruhi oleh penggunaan teknologi
yang tidak efektif.
Nama : N. Thia Mardiah
NIM : 877635168
Program Studi. : S1 PGSD
UPBJJ : Jakarta
Hasil analisis dari video Pembeajaran tersebut ialah :
1. Gambaran Umum Pembelajaran/Ringkasan situasi Pembeajaran
Dalam video ini ditampilkan suasana pembelajaran di kelas I SD, di mana guru fokus menggunakan keterampilan bertanya sebagai salah satu cara untuk membangun komunikasi dan mendorong keaktifan siswa selama proses belajar.
2. Permasalahan yang Terlihat
Anak-anak kelas I cenderung mudah kehilangan fokus dan konsentrasi. Selain itu, kemampuan mereka dalam memahami pertanyaan guru berbeda-beda. Guru pun masih banyak menggunakan jenis pertanyaan yang hanya mengarahkan siswa untuk mengingat, bukan mengajak berpikir lebih dalam.
3. Cara Guru Mengatasi Tantangan
Guru mencoba mengajukan berbagai jenis pertanyaan—ada yang sifatnya tertutup (jawaban singkat) dan ada juga yang terbuka (mendorong berpikir). Ia juga mengandalkan bahasa tubuh dan intonasi suara untuk menarik perhatian siswa, serta langsung memberi respons positif setiap kali siswa menjawab.
4. Hasil yang Terlihat di Kelas / Hasil Pengamatan
Secara umum, siswa tampak cukup antusias dan terlibat dalam pembelajaran. Guru juga berhasil menjaga suasana kelas tetap terarah. Hanya saja, masih perlu pengembangan dalam jenis pertanyaan yang digunakan agar dapat memicu daya pikir siswa secara lebih mendalam.
5. Saran dan Refleksi
Akan lebih baik jika guru mulai menyisipkan pertanyaan-pertanyaan yang mendorong anak berpikir, misalnya dengan bertanya “Kenapa kamu memilih itu?” atau “Bagaimana kalau kejadiannya berbeda?” Selain itu, penggunaan alat peraga atau media visual juga bisa membantu memperjelas pertanyaan, dan guru sebaiknya memberi waktu agar siswa bisa berpikir sebelum menjawab.
Nama : Komang Budhi Angkasa
NIM : 859050792
Prodi : PGSD Masukan Guru Dalam jabatan (in Service)
UPBJJ-UT : Denpasar
Saya ingin memberikan tanggapan mengenai video pembelajaran di atas mengenai kemampuan bertanya pada materi berat benda. Video ini sangat menginspirasi saya bagaimana seorang guru dapat berusaha keras untuk menarik perhatian siswa melalui kemampuan bertanya dapat membuat siswa tertarik dan mengikuti Pelajaran dengan bersemangat.
Beberapa hal baru yang saya dapatkan:
1. Kreativitas dalam bertanya, guru pada video menggunakan kemampuan bertanya yang tepat membuat siswa lebih terlibat, seperti bertanya kepada siswa saat membandingkan berat benda yang mana yang lebih berat atau lebih ringan?
2. Hal baru yang saya dapatkan juga dalam bertanya tidak boleh menggunakan pertanyaan yang memicu seluruh siswa serentak memberikan jawaban secara bersamaan.
Kelebihan pembelajaran dalam video
– Pertanyaan yang diberikan guru pada video dapat memicu rasa ingin tahu siswa
– Guru tersebut juga memberikan pertanyaan saat memperagakan menimbang penghapus dengan kertas sehingga guru dapat mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang diajarkan mengenai berat benda
– Pada video juga terciptakan suasana kelas yang interaktif. Pertanyaan guru menciptakan dialog dan interaksi di kelas, membuat suasana belajar menjadi lebih hidup dan menarik.
Kekurangan pembelajaran dalam video
Menurut saya sudah sangat bagus pembelajaran pada video diatas, untuk kekurangnya yaitu yang belum nampak pada video yaitu
– Mengucapkan salam pembuka
– Doa
– Memberikan ice breaking seperti tepuk dan bernyanyi
– Belum menyampaikan tujuan pembelajaran
Nama : Siti Asiyah
Nim : 857368251
Salut : Edukasi mandiri kota Bogor
1. Kekurangan
Dalam pembelajaran masih ada siswa yang belum memperhatikan gurunya sedang menjelaskan materi tersebut mereka dengan sibuk masing-masing sebagai guru harus bisa memfokuskan kondisi saat belajar agar siswanya lebih paham dan di mengerti
2. Kelebihan
Dari video pembelajaran di atas menurut analisis saya dari segi penampilan gurunya sangat rapih dan lantang ketika mengeluarkan suara. Anak-anak sangat semangat belajarnya
3. Saran
Kualitas pembelajaran sudah baik, guru harus lebih semangat lagi ketika apa yang menyampaikan materi tersebut, sehingga motivasi belajar peserta didik dapat terus menjaga dan berkembang dengan baik .
Nama : Siti Asiyah
Nim : 857368251
Salut : Edukasi mandiri kota Bogor
1. Kelemahan
Dalam pembelajaran masih ada siswa yang belum memperhatikan gurunya sedang menjelaskan materi tersebut mereka dengan sibuk masing masing sebagai guru harus bisa memfokuskan kondisi saat belajar agar siswanya lebih faham dan di mengerti apa yang sudah di ajarkan oleh guru tesebut .
2. Kelebihan
Pembelajaran dalam video tersebut gurunya sangat lantang dan rapih anak-anak sangat senang melihat ibu guru nya . Sehingga siswa ketika belajar sangat nyaman dan ramai di karenakan gurunya ceria dan tidak membosan kan di kelas.
3. Saran
Materi yang sudah di sampaikan kepada peserta didik sangat aktif dan bermanfaat bagi siswa tersebut
Nama: Nurhayati
Nim : 8573678244
Prodi : pgsd
Salut : edukasi mandiri kota bogor.
Hal analisis yang saya dapat di lihat diatas.
Kekurangan : disaat diawali pembelajaran pakai cara yg hal menarik contoh nya ice breking supaya anak semanggat dan ketika pembelajaran dikelas.
Kelebihan : pembelajaran yang diberikan oleh guru selama dikelas sangat bermanfaat dari cara pembelajaran tersebut.
Daya takep anak cepat masuk. Hal tersebut sangat bermanfaay ketika anak dalam pembelajaran tersebut.
Usul dan saran : dengan adanya pembelajaran alat media tersebut anak peserta didik sangat bermannfaat.
Ketika di beri tanya jawab diskusi.
Nama : Elsa Marlita
Nim : 857032513
Berikut adalah analisis mengenai kelebihan dan kekurangan dari video pembelajaran berjudul “Penerapan Keterampilan Bertanya di Kelas” yang diunggah oleh Guru Pintar:
✅ Kelebihan Video
Pendekatan Kontekstual dan Nyata
Guru menggunakan alat peraga yang dikenal oleh siswa, seperti pensil dan buku, untuk mengajarkan konsep berat benda. Pendekatan ini memudahkan siswa memahami materi secara konkret dan sesuai dengan perkembangan mereka.
Meningkatkan Partisipasi Siswa
Dengan teknik bertanya yang efektif, siswa terdorong untuk aktif bertanya dan menjawab, menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.
Guru Pintar
Penggunaan Media Sederhana
Guru memanfaatkan media sederhana yang mudah didapatkan, memungkinkan penerapan langsung tanpa biaya tambahan dan memudahkan siswa dalam memahami materi.
Guru Pintar
❌ Kekurangan Video
Ketiadaan Kegiatan Pendahuluan
Video menunjukkan bahwa guru tidak memulai dengan kegiatan pendahuluan seperti salam, absensi, atau doa bersama. Hal ini penting untuk mempersiapkan siswa secara mental dan mengarahkan perhatian mereka kepada topik yang akan dibahas.
Tidak Ada Kesimpulan di Akhir Pembelajaran
Guru tidak menyimpulkan hasil pembelajaran di akhir sesi. Menyimpulkan materi membantu siswa memahami inti pembelajaran dan mengingat informasi yang telah disampaikan.
Kurangnya Variasi dalam Kegiatan
Beberapa komentar menyarankan penambahan variasi kegiatan seperti ice breaking atau lagu untuk menjaga semangat dan fokus siswa selama pembelajaran