silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).
Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd
–
–
Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.
Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.
Iya, pertanyaan yang disampaikan sudah mengarah kepada pengetahuan materi yang telah di jelaskan oleh guru
Nama: Sri Handayani
Nim: 858523926
Mata pelajaran:Pemantapan kemampuan mengajar
Menurut pendapat saya, tentang video tersebut mengenai keterampilan bertanya di kelas terdapat beberapa kelemahan , karena tidak adanya pendahuluan dalam pembelajaran seperti pembukaan kelas, tidak ada pengkondisian kelas, mengabsen siswa, dan menyampaikan tujuan pembelajaran, dan langsung meberikan materi tanpa pendahuluan.
Kelebihannya, guru tersebut menjelaskan materi cukup jelas dengan nada suara yang lantang dan keras, ke siswa dan akhirnya anank-anak tersebut lebih semangat dan kreatif, media yang digunakan cukup menarik.
Nama : Cetting
NIM : 858403825
Selamat siang,saya akan menanggapi tentang video diatas
Menurut saya ketika melihat video ketempilan bertanya di kelas,guru menyampaikan materi sudah baik dan bisa menguasai kelas sehingga siswa aktif dalam belajar dengan pertanyaan yang di ajukan kesiswa menyenangkan sehingga siswa bersemangat untuk menjawab pertanyaan yang di berikan oleh guru,dan guru menjelaskan materi menggunakan alat peraga yang mudah di mengerti oleh siswa. Tetapi dalam setiap kegiatan pembelajaran harusnya dilakukan dengan memberikan salam pembuka,berdoa,menanyakan kabar,melakukan absensi terhadap siswa,dan di akhir pembelajaran guru harus menyimpulkan hasil pembelajaran serta kegiatan penutup dan di akhiri dengaan berdoa.
NAMA : SRI BENI
NIM : 858158252
Berdasarkan video Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Topik penerapan keterampilan bertanya dikelas 1
Hal yang saya temukan pada kegiatan membuka pelajaran belum sepenuhnya dilakukan seperti mengajak siswa berdoa, mengabsen siswa, dan menyayikan lagu Indonesia raya sebagai sikap Nasionalisme. Dalam kegiatan pembelajaran seluruhnya siswa sangat antusias dan terihat aktif.
NAMA : AZUMI MELIYANTI
NIM : 858048905
UPBJJ : PONTIANAK
POKJAR: MEMPAWAH
Setelah saya melihat tayangan video diatas pembelajaran yang dilakukan guru sudah bagus dan menyenangkan. Guru menyampaikan materi dengan jelas dan bersemangat. Guru juga menggunakan alat peraga yang sederhana dan mudah didapatkan oleh siswa sehingga siswa menjadi tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Kondisi kelaspun terlihat hidup. Namun pada tayangan video diatas terdapat beberapa kekurangan, seperti:
– Pada kegiatan pendahuluan, guru tidak mengajak semua siswa untuk berdoa, guru tidak menyapa siswa, mengecek kehadiran, guru tidak memberikan apersepsi dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
– Guru tidak memberikan kesempatan bertanya kepada siswa.
– Guru tidak memberikan kesimpulan setelah proses pembelajaran, dan
– Pada kegiatan penutup guru bersama siswa tidak berdoa.
Nama : Sinta Churin Nur Laili
NIM : 857813911
Prodi : PGSD
UPBJJ : Surakarta
Menurut saya dari Vidio pembelajaran tersebut menampilkan pembelajaran yang sangat menarik. Guru dapat menarik perhatian peserta didik dan juga dapat menimbulkan keaktifan peserta didik di dalam praktik maupun di dalam bertanya. Dari Vidio tersebut guru dapat menerapkan model pembelajaran yang baik dan juga menggunakan media pembelajaran sehingga peserta didik akan lebih mengerti dan memahami terkait materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Dan dari Vidio tersebut pembelajaran sudah berpusat pada anak (student center), jadi pembelajaran tidak melulu berpusat pada guru sehingga pembelajaran akan lebih menarik dan menyenangkan. Sekian dan terima kasih
Nama : Muliati hayani Marpaung
Nim : 856041161
UPBJJ : Medan
Pokjar : Asahan
Tugas menganalisi video pembelajaran di forum GPO tentang penerapan keterampilan bertanya dikelas , video pembelajaran tersebut sudah bagus dan cukup baik, guru menyampaikan penjelasan materi dengan jelas dan bersemangat , guru mengajak siswa aktif berperan dalam proses pembelajaran ,guru juga menggunakan media belajar yang menarik perhatian para siswa ,metode yang di gunakan guru jugak sesuai dengan perkembangan peserta dikit
Tetapi sebaiknya sebelum melakukan pembelajaran kita harus berdoa dulu,mengecek kehadiran siswa dan memberikan ice breaking atau motifasi kepada anak anak
Nama: Idel Mizal
Nim: 856582315
Prodi : s1 PGSD
menurut pendapat saya berdasarkan tayangan vidio di atas cara mengajarkan oleh seorang guru tersebut sudah cukup bagus dengan mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari2 peserta didik, sehingga peserta didik akan mudah memahami materi yang diajarkan oleh guru tersebut ..peserta didik juga sudah terlihat sangat aktif dan terlibat pada proses pembelajaran dan antusias untuk memberikan jawaban atas pertanyaan yang diberikan guru minsalnya pada materi berat benda tersebut peserta didik dapat merasakan sendiri mana yang berat dan mana yang ringan…namun kekurangan yang saya lihat disini ..guru terlalu bertele2 dlam memberikan contoh sehingga ada peserta didik yang bosan nunggu lama atas apa yang inti dari penjelasan guru …
Nama : Nining Pertiwi
NIM : 856456883
Program studi : PGSD S1
Assalamualaikum…
Setelah saya melihat video tersebut saya dapat menilai ada beberapa kelebihan serta kekurangan dari video tersebut.
Adapun kelebihannya yaitu :
• video tersebut mengajarkan kita pelajari bahwa keterampilan bertanya di kelas yaitu sangat mempengaruhi siswa dalam proses belajar, siswa dapat aktif serta dapat memahami apa yang di sampaikan oleh guru tersebut.
Sedangkan kekurangan dari video tersebut yaitu :
• Guru tidak mengabsensi siswa di awal pembelajaran
• Guru tidak melakukan kesimpulan Kepada siswa di akhir pembelajaran
Nama : Siti Muthi’atul Hasanah
Nim : 858034487
UPBJJ : Pontianak
Pokjar : Mempawah
Pembelajaran yang di sampaikan oleh ibu guru pada video tersebut sudah bagus dan cukup baik, guru menyampaikan penjelasan materi dengan jelas dan penuh semangat , guru mengajak siswa aktif berperan dalam proses pembelajaran ,guru juga menggunakan media belajar yang menarik perhatian para siswa ,metode yang di gunakan guru jugak sesuai dengan perkembangan peserta didik
Tetapi saran saya sebaiknya sebelum melakukan pembelajaran kita harus berdoa terlebih dahulu, serta mengecek kehadiran siswa dan memberikan ice breaking atau motivasi kepada para siswa