silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).

Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd

Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.

Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.

Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.

Similar Posts

201 Comments

  1. Nama : Siti Muthi’atul Hasanah
    Nim : 858034487
    UPBJJ : Pontianak
    Pokjar : Mempawah

    Pembelajaran yang di sampaikan oleh ibu guru pada video tersebut sudah bagus dan cukup baik, guru menyampaikan penjelasan materi dengan jelas dan penuh semangat , guru mengajak siswa aktif berperan dalam proses pembelajaran ,guru juga menggunakan media belajar yang menarik perhatian para siswa ,metode yang di gunakan guru jugak sesuai dengan perkembangan peserta didik
    Tetapi saran saya sebaiknya sebelum melakukan pembelajaran kita harus melakukan awal pembuka pelajaran yang seharusnya, seperti mengabsen siswa, memberi kata kata motivasi kepada siswa supaya lebih semangat dalam pembelajaran

  2. Nama : Wardatul Jannah Siregar
    Nim : 856021525
    Menurut pendapat saya, tentang video ” penerapan keterampilan bertanya dikelas” tersebut mengenai keterampilan bertanya di kelas terdapat beberapa kelemahan , karena tidak adanya pendahuluan dalam pembelajaran seperti pembukaan kelas, tidak ada pengkondisian kelas, mengabsen siswa, dan menyampaikan tujuan pembelajaran, dan langsung meberikan materi tanpa pendahuluan.
    Kelebihannya, guru tersebut menjelaskan materi cukup jelas dengan nada suara yang lantang dan keras, ke siswa dan akhirnya anank-anak tersebut lebih semangat dan kreatif, media yang digunakan cukup menarik.

  3. Nama : Cici Widyawati
    Nim : 858905754
    Pokjar : giri
    Prodi : PGSD/S1
    Setelah saya melihat dan mengamati video diatas, menurut pendapat saya dalam “Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas ” dimana Guru dalam menyampaikan kegiatan inti materi sudah baik dan sudah bisa menguasai kelas sehingga siswa menjadi aktif dalam keterampilan bertanya maupun dalam menjawab pertanyaan dan suasana kelas nyama dan aman. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru juga sudah memanfaatkan alat peraga berupa benda-benda sederhana yang ada di sekitarnya. akan tetapi , dalam pembelajaran tersebut guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan sesuai dengan rencana pembelajaran seperti mengucapkan salam, berdo’a,menanyakan kabar dan absensi, juga tidak melakukan apersepsi atau keterkaitan materi sebelumnya dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran tersebut. Pada kegiatan penutup juga guru tidak menyimpulkan hasil pembelajaran dan tidak menutup dengan do’a. Alangkah baiknya jika kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup dapat di laksanakan oleh guru tersebut agar proses pembelajaran itu menjadi lebih baik dan sesuai dengan rancangan yang sudah dibuat (RPP).

  4. Nama: DEFRIANTO LAKE PALLOAN
    NIM: 859420706
    Prodi: S1- PGSD

    Menurut saya dalam video tersebut guru sudah sangat baik dalam menyampaikan materi pembelajaran, hanya apersepsi yang guru lakukan kurang lengkap karena tidak diawali dengan salam dan doa untuk memulai kegiatan pembelajaran, pada akhir pembelajaran juga guru tidak melakukan kesimpulan materi yangsudah dibawakan,

  5. Baik perkenalkan saya dari mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar
    Nama : Truly Christina Sitompul
    Nim : 855977043

    Disini yang menjadi kekurangan guru dalam mendidik dan mengajar adalah :
    1. Guru kurang menguasai kelas sehingga ruang belajar kurang kondusif
    2. Siswa kebanyakan bermain didalam proses pembelajaran
    3. Murid bertanya tetapi menggunakan bahasa yang kurang baik
    4. Siswa kurang terampil didalam bertanya kepada guru.

  6. Nama : Olivia Julianingsi Mayai
    NIM : 859635911
    Prodi : S1 – PGSD
    UPBJJ : UT Palu

    Berdasarkan video tersebut di atas, maka menurut pendapat saya bahwa pembelajaran yang terjadi di kelas siswa bersemangat dan aktif saat guru mengajar dengan menggunakan media sederhana yang ada di sekitar. Cara mengajar guru juga sudah sangat baik dengan mengajak siswa untuk aktif menjawab dan menanggapi apa yang disampaikan oleh guru.
    Keterampilan bertanya yang dilakukan bertujuan untuk mencari tahu apakah siswa paham dan mengerti dengan materi tersebut, serta bisa membuat siswa tertarik karena guru memberi contoh berkaitan dengan benda-benda yang ada di kehidupan siswa sehari-hari.

    Berdasarkan video tersebut, kita dapatkan sebagai berikut :
    Rumusan analisis masalah :
    1. Mengapa keterampilan bertanya menjadi faktor penting dalam proses pembelajaran?

    Identifikasi Masalah :
    1. banyak pendidik yang hanya sekedarnya saja dan tidak mempunyai keterampilan dalam mengajar.

    Alternatif Solusi :
    1. Guru harus memiliki ilmu pengetahuan dan skill yang banyak salah satunya keterampilan bertanya di dalam kelas sehingga dapat menyampaikan ilmu yangdiajarkan kepada peserta didik.

    Judul PKP :
    PENERAPAN KETERAMPILAN BERTANYA DI KELAS PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS 1 SDN WATUMAETA

  7. Menurut saya seharusnya diawali dengan doa dan mengulas sedikit pembelajaran mingguu lalu.

    Dalam video tersebut penyampaian materi mudah dipahami siswa, dan siswa aktif dalam bertanya serta menjawab. Guru aktif memberikan pertanyaan ke siswa yang membuat semua siswa mengikuti pelajaran dengan aktif

  8. Nama : Viska Mei Arini
    NIM : 858942365
    Prodi : S1-PGSD BI
    UPBJJ : Jember
    Pokjar : Jenggawah

    Setelah mengamati video diatas pembelajaran yang dilakukan guru cukup menarik, dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang mudah ditemui di linkungan sekitar sebagai media pembelajaran.
    Cara mengajar guru juga sudah sangat baik dengan mengajak siswa untuk aktif menjawab dan menanggapi apa yang disampaikan oleh guru.
    Keterampilan bertanya yang dilakukan bertujuan untuk mencari tahu apakah siswa paham dan mengerti dengan materi tersebut, serta bisa membuat siswa tertarik karena guru memberi contoh menggunakan benda-benda sekitar yang ada di kehidupan siswa sehari-hari.
    Namun, Pada kegiatan awal / pendahuluan, guru tidak mengajak siswa untuk berdoa, tidak mengecek kehadiran siswa, guru tidak memberikan apersepsi dan tidak menyampaikan tuiuan pembelajaran. dan pada akhir pembelajaran Guru tidak memberikan kesimpulan setelah proses pembelajaran dan tidak memberikan umpan balik.

  9. Nama Mahasiswa : PUTRI ANA HASIBUAN
    NIM : 856020333
    Semester : 6

    1. Adapun reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu anak terlihat antusias dengan metode pembelajaran di kelas. Terlihat dengan seorang siswa yang mampu berpartisipasi kedepan kelas membandingkan gelas mana yang berat dan yang ringan. Sehingga siswa lebih percaya diri dan berani untuk kedepan. Siswa mampu mendengarkan instruksi yang diberikan guru dengan baik dengan mengeluarkan benda yang dibawa seperi buku, pensil, penghapus,tempat makan dll.Dan siswa mampu merasakan benda yang ringan maupun yang berat sesuai dengan benda yang dipegang masing-masing siswa.

    2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran menurut saya sudah cukup baik.

    3. Adapun kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran pada video menurut saya guru mampu mengajak siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran sehingga keterampilan bertanya siswa sangat baik.Sehingga siswa termotivasi untuk lebih percaya diri maju kedepan kelas. Guru menggunakan alat peraga yang sesuai dengan pembelajaran seperti gelas, bambu.guru juga mampu merefleksikan pembelajaran sehingga siswa dapat membandingkan apa yang terjadi terhadap kertas dan penghapus bagaimana yang akan terjadi.dengan guru memberikan tugas kepada siswa agar dapat memperaktekkan dirumah.

    4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran menurut saya guru mampu menarik siswa agar focus dalam memahami keterampilan bertanya. Guru juga mencontohkan benda-benda yang dapat dijumpai siswa seperti benda yang ringan dan berat.

    5. Upaya yang dapat saya usulkan pada kegiatan pembelajaran sebagai seorang guru hal yang harus kita lakukan yaitu guru harus mengikuti langkah-langkah pembelajaran dengan melihat 3 point yaitu pendahuluan, isi dan penutup.

  10. NAMA MAHASISWA : PUTRI ANI HASIBUAN
    NIM : 856020358
    PRODI : S1-PGSD

    VIDEO : PENERAPAN KETERAMPILAN BERTANYA DIKELAS I
    1. Dapat kita lihat dari video Penerapan keterampilan bertanya di kelas 1 reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru, siswa terlihat antusias.Dan siswa mampu aktif berpartisipasi kedepan kelas membandingkan gelas mana yang berat dan yang ringan. Dengan siswa berani kedepan kelas maka siswa akan lebih percaya diri dan berani. Siswa juga mampu mendengarkan instruksi yang diberikan guru dengan baik, guru mengisntruksikan agar siswa mengeluarkan benda yang dibawa seperi buku, pensil, penghapus,tempat makan dll. Siswa mampu merasakan benda yang ringan maupun yang berat sesuai dengan benda yang dipegang masing-masing siswa. Sehingga siswa dapat merasakan benda yang dipegang apakah berat atau ringan.

    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran menurut saya tidak ada.

    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran pada video tersebut guru mampu mengajak siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran.Siswa juga sangat antusias. Sehingga siswa termotivasi untuk lebih percaya diri maju kedepan kelas. Guru menggunakan alat peraga yang sesuai dengan pembelajaran seperti gelas, bambu. Guru merefleksikan pembelajaran yang sudah dipelajari. Setelah itu guru memberikan tugas kepada siswa agar mempraktekkan dirumah masing-masing.
    4. Adapun hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran menurut saya guru mampu menarik siswa agar focus dalam memahami keterampilan bertanya. Guru juga mencontohkan benda-benda yang dapat dijumpai siswa seperti benda yang ringan dan berat.

    5. Upaya yang dapat saya usulkan pada kegiatan pembelajaran sebagai seorang guru hal yang harus kita lakukan yaitu guru harus mengikuti langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan pendahuluan, isi dan penutup.

Leave a Reply