silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).
Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd
–
–
Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.
Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.
Nama:Nurul jogy Amelia br regar
Nim:855982496
dari video yang tersebut, saya dapat melihat bahwa pembelajaran tersebut sangat menarik bagi anak-anak, hal itu terlihat dari antusias anak-anak dalam mengikuti pembelajaran juga keaktifan anak-anak dalam bertanya dan menjawab. keberanian anak-anak dalam menyampaikan pendapat dan bertanya membuktikan bahwa guru tersebut mampu menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan bagi anak-anak.
dari tata bahasa yang disampaikan oleh guru pun juga sangat mudah dipahami bagi anak-anak.
NAMA :SAIFUL BAHRI
NIM :858896268
jika di amati dengan cermat vedeo di atas sudan sesuai dengan cara memancing siswa untuk bertanya,guru sudah mampu membaca keinginan siswa dan contoh yg tanyakan guru adalah nyata,seperti tas,botol dan sesuatu yg di bawa siswa,cuma da satu hal ketika guru bertanya dengan jawaban yg beruntun,karna anak anak sudah tau yg di bawa guru yaitu botol
Nama : Rizky Amalia Utomo
NIM : 857846712
Prodi : FKIP PGSD-S1
Pokjar : Purwantoro
Dari tanyangan video di atas ada beberapa kelebihan dan kekurangan
Kelebihan :
dari tayangan video di atas guru sudah bisa menguasai kelas, kelas terlihat begitu aktif dan hidup, banyak siswa yang tertarik terhadap materi yang disampaikan oleh guru karena cara guru menjelaskan dengan membawa alat peraga untuk memberi contoh, sehingga penjelasan mudah diterima oleh siswa.
Kelemahan :
– pada awal pembelajaran tidak diawali dengan salam, berdo’a, absensi, jadi tidak ada penguatan pancasilanya.
– pada sesi tanya jawab, guru hanya bertanya hal yang umum saja, pertanyaan tidak ada kaitannya dengan materi, seharusnya ketika pertanyaan itu ada kaitannya dengan materi, para siswa bisa mengasah kemampuan berpikir sebelum menjawab pertanyaan dari guru
– pada kegiatan akhir pembelajaran tidak ada refleksi, penutup, dan do’a.
Nama : EKA KHOIRUNNISA
NIM : 856572281
Pokjar : Sarolangun
dalam video pembelajaran ini penyampaian guru sangat menarik fokus siswa karna apa yang dipelajari menggunakan media pembelajaran yang ada di sekitar siswa. Sebagai seorang guru tentu menginginkan siswa nya dapat berpartisipasi secara aktif di dalam kelas, salah satunya dengan cara bertanya. Siswa yang aktif bertanya akan menjadikan suasana kelas lebih dinamis dan lebih hidup, sebaliknya, jika siswa hanya duduk diam mendengarkan, kelas akan menjadi membosankan dan tidak bersemangat.
Nama : Putri Permata Sari
Nim : 857113375
Pokjar : Duren Sawit
Komentar Video Pembelajaran tentang Penerapan Keterampilan Bertanya di Kelas Menurut Saya :
1. Terima kasih atas video yang menggambarkan penerapan keterampilan bertanya di kelas. Keterampilan bertanya adalah dengan aspek penting dalam pembelajaran karena dapat mebangun keterlibatan siswa dan mendorong pemikiran kritis guru.
2. Dalam video ini, terlihat bahwa guru aktif mendorong siswa untuk bertanya dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam diskusi kelas. Hal ini sangat penting dalam membangun keterampilan bertanya siswa di kelas.
3. Murid senang melihat bahwa guru memberikan perhatian pada beragam jenis pertanyaan, mulai dari pertanyaan yang memerlukan pemikiran tingkat dasar hingga pertanyaan yang mendorong siswa untuk berpikir lebih dalam dan membuat asumsi.
4. Melalui penggunaan pertanyaan terbuka, guru memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengemukakan pendapat saya sendiri berbagai pengalaman dan mengeksplorasi pemahaman guru tentang topik yang dibahas. Ini adalah cara yang efektif untuk melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran.
5. Selain itu, guru juga memberikan waktu yang cukup bagi siswa untuk merumuskan tanggapan guru. Hal ini penting untuk memastikan bahwa semua siswa memiliki kesempatan yang adil untuk berpartisipasi dan merespon pertanyaan dengan baik.
6. Guru juga ingin menekankan pentingnya memberikan umpan balik yang konstruktif terhadap jawaban siswa. Dalam video ini, guru memberikan pujian dan dorongan kepada siswa ketika guru memberikan tanggapan yang baik. Ini akan meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi siswa untuk terus berpartisipasi dalam pembelajaran.
7. Teruslah memperluas keterampilan bertanya siswa dengan memberikan contoh pertanyaan yang menantang guru untuk berpikir lebih dalam mendorong diskusi kelompok dan mendorong siswa untuk menghubungkan konsep yang sedang dipelajari dengan dunia nyata.
Terimakasih atas upaya saya dalam menerapkan keterampilan bertanya di kelas dengan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran melalui pertanyaan, guru membantu siswa untuk mengembangkan pemikiram kritis, meningkatkan pemahaman dan menjadi aktif dalam pembelajaran. Teruslah memberikan dorongan dan umpan balik yang positif kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan bertanya siswa di kelas
setelah melihat tayangan video diatas pembelajaran yang dilakukan guru sudah bagus dan menyenangkan. Guru menyampaikan materi dengan jelas dan bersemangat. Guru juga menggunakan alat peraga yang sederhana dan mudah didapatkan oleh siswa sehingga siswa menjadi tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Kondisi kelaspun terlihat hidup. Namun pada tayangan video diatas terdapat beberapa kekurangan, seperti:
• Pada kegiatan pendahuluan, guru tidak mengajak semua siswa untuk berdoa, guru tidak menyapa siswa, mengecek kehadiran, guru tidak memberikan apersepsi dan tidak menyampaikan tuiuan pembelajaran.
• Guru tidak memberikan kesempatan bertanya kepada siswa.
• Guru tidak memberikan kesimpulan setelah proses pembelajaran, dan
• Pada kegiatan penutup guru bersama siswa tidak berdoa
NAMA : Aminatul fitriyah
NIM : 858911235
PGSD-S1
Saya ucapkan terimakasih akan video yang telah menampilkan bagaimana penerapan keterampilan bertanya di kelas. Keterampilan bertanya adalah cara paling ampuh atas keterlibatan siswa dan guru dikarenakan dapat mebangun keterlibatan siswa dan mendorong pemikiran kritis guru dan siswa.
Nama : Masrianti Ritonga
Nim : 859890585
PGSD-S1
terima kasih atas videonya. setelah menonton video ini saya dapat belajar bagaimana cara kita sebagai pengajar untuk membuat anak terlibat aktif dalam proses pembelajaran. anak anak lebih berani bertanya dan menyampaikan pendapatnya sehingga anak anak mampu menemukan sendiri jawabannya. dari video tersebut daoat dilihat bahwa siswa sangat tertarik dan sennag mengikuti pembelajaran tanpa ada rasa takut untuk bertanya ataupun menyampaikan pendapatnya. dari video ini kita sebagai pengajar menjadi berpikir lebih kritis untuk terus menemukan cara bagaimana supaya siswa tidak takut atau bosan dalam mengikuti proses pemeblajaran. kita sebagai pengajar haru harus terampil dalam menyajikan pelajaran sehingga anak anak aktif untuk bertanta dan dapat menenmukan sendiri jawaban atau materi yang sedang dipelajari. sehingga kita sebgaai pengajar hanya menjadi motivator dan fasilitator bagi siswa dalam mendapatkan pelajaran.
Nama : Arinda Leoni Fardila
Nim : 857106853
Pokjar : Tambelang
PGSD S1
Menurut saya dalam video tersebut keterampilan bertanya sudah cukup baik, karena dalam video tersebut sudah mengajak siswa aktif dalam proses pembelajaran berlangsung, Guru juga menggunakan alat peraga yang sederhana dan mudah didapatkan oleh siswa sehingga siswa menjadi tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. dari tata bahasa yang disampaikan oleh guru pun juga sangat mudah dipahami bagi siswa. dan keberanian siswa dalam menyampaikan pendapat dan bertanya membuktikan bahwa guru tersebut mampu menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan bagi siswa.
Adapun kekurangan yang terdapat pada tayangan video diatas, yaitu:
a. Pada kegiatan pendahuluan, guru tidak mengajak semua siswa untuk berdoa, guru tidak menyapa siswa, mengecek kehadiran, guru tidak memberikan apersepsi dan tidak menyampaikan tuiuan pembelajaran.
b. tidak ada penguatan tentang penanaman semangat kebangsaan seperti menyanyikan lagu sebelum memulai pembelajaran
c. Guru tidak memberikan kesimpulan setelah proses pembelajaran, dan
d. Pada kegiatan penutup guru bersama siswa tidak berdoa.
Adapun kelebihan yang terdapat pada tayangan video diatas, yaitu :
a. Penampilan guru yang rapi dan suara guru yang lantang dan tegas mampu membuat siswa fokus mendengarkan materi pembelajaran.
b. guru mampu mengajak siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran sehingga keterampilan bertanya siswa sangat baik.
c. Guru menggunakan alat peraga yang sesuai dengan pembelajaran seperti gelas, bambu. guru juga mampu merefleksikan pembelajaran sehingga siswa dapat membandingkan apa yang terjadi terhadap kertas dan penghapus bagaimana yang akan terjadi.dengan guru memberikan tugas kepada siswa agar dapat memperaktekkan dirumah.
d. Guru juga memberikan metode pembelajaran yang bervariasi, hal tersebut dapat memberikan semangat siswa dalam pembelajaran dan menyenangkan.
e. Siswa begitu antusias saat pembelajaran dimulai, memperhatikan dengan baik saat guru menjelaskan materi.
f. Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya dan melakukan percobaan dengan benda-benda yang dibawah, kelas begitu aktif serta interaksi guru dengan siswa sangat baik
Jalindo siregar (857026778)
Prodi S1-Pgsd
Setelah saya liat dan saya telaah dari vidio pembelajaran tsb,pembelajaran yang di bawa kan sangat kreatif dan dan penuh dengan suasana ,sehingga anak didik dapat bereaksi dengan riang dan gembira, dan kesabaran yang di terapkan dari vidio tersebut ,sangat baik ini salah satu contoh vidio yang dapat jadi referensi kita sebagai pengajar ,agar mengetahui bagaimana cara meraih karakter yang sulit menyerap pembelajaran dan kurang aktif,dengan media media yang di bawa kan pun sangat mudah baik dalam kebutuhan fan alat dan tidak merepotkan.
#gurubijak
#guruhebat
#menjadigurusangatmenyenangkan