silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Membentuk karakter paling tepat dilakukan sejak usia dini sebagai pondasi awal. Jika dapat terbentuk dengan baik maka pada generasi mendatang akan menjadi generasi yang berkarakter kuat. Untuk mewujudkan PAUD berkualitas maka dibutuhkan kerjasama yang kuat antara keluarga (orang tua), lingkungan sekolah dan masyarakat. Tantangan dunia pendidikan di era globalisasi saat ini demikian kompleks, telah memberikan banyak perubahan dan dampak terhadap masyarakat sekitar salah satunya adalah asimilasi dalam bentuk budaya. Pergeseran nilai , akulturasi dan asimilasi dari berbagai pilar budaya perlu disikapi dengan cermat dan komprehensif. Tutur kata/ucapan/kata/kalimat, sikap/perilaku/adab dan pola fikir turut serta mengiringi perubahan tersebut.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Apa pendapat Anda mengenai tayangan video tersebut?
  2. Hal apa saja yang dapat membantu mengenalkan cinta tanah air pada anak?
  3. Bagaimana sikap Anda jika menemukan keluarga yang menggunakan bahasa daerah?
  4. Bagaimana peran orang tua dalam memberikan teladan pada anak mengenai cinta tanah air? Berikan pendapat Anda!
  5. Bagaimana peran sekolah dalam mengenalkan cinta tanah air pada anak? Berikan contoh!

Similar Posts

613 Comments

  1. Nama : Agustiyani
    NIM : 857991208
    UPBJJ : Yogyakarta
    Salut : Payaman
    Prodi : S1 PGPAUD
    Semester 3
    Mohon ijin untuk memberikan tanggapan mengenai video tersebut.
    Dari kedua video tersebut sudah terlihat jelas bagaimana peran dari orang tua untuk mengenalkan kepada anak mengenai kebudayaan yang ada di Indonesia. Disini saya akan memberikan pendapat mengenai kedua video tersebut.
    1. video yang pertama yaitu peran orang tua dalam mengenalkan kebudayaan Indonesia tidak ada karena disini orang tua tidak memberikan dukungan dan penjelasan kepada Adak mengenai kebudayaan yang ada, akan tetapi orang tua lebih mengenalkan kebudayaan luar baik dari makanan, pakaian, lagu dan tempat wisata yang ada, selain itu orang tua tidak memberikan kebebasan kepada anak untuk menentukan pilihan dan mengenal kebudayaan yang ada di Indonesia.
    2. Video kedua dalam video kedua ini orang tua memberikan dukungan dan penjelasan kepada anak mengenai kebudayaan yang ada di Indonesia dan orang tua juga mengenalkan kebudayaan dari luar untuk anak.
    Dari sini dapat di simpulkan bahwa penting sekali akan peran dan dukungan dari orang tua kepada anak untuk mengenalkan kebudayaan yang ada di Indonesia sejak Usia Dini, karena seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih ini kita lebih mudah untuk mencari informasi mengenai budaya-budaya luar. Maka dari itu peran orang tua untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air sejak usia dini.

  2. Nama : Yevi Erisa
    NIM : 856290047
    UPBJJ : Padang
    Prodi : S1 PGPAUD
    Mohon ijin menanggapi vidio tersebut, dividio dapat kita lihat peran orang tua sangat utama dalam mengajarkan anak akan perilaku cinta tanah air, dividio dapat kita lihat sang ibu lebih menyukai budaya luar dan mengajarkan anaknya tentang produk smpai lagu yang bukan dari negera indonesia sedangkan pada vidio kedu asang ibu mengenalkan kedua budaya, mengenalkan budaya indonesia dan juga udaya asing tanpa melupakan budaya bangsa indonseia, sang ibu berusaha mengenalkan budaya asing dan dan budaya indonesia secara bersamaan, ibu tetap mengahargai budaya indonesia

  3. Nama: Angginita Dharma Putri.S
    Nim: 837300716
    UPBJJ: UT-SAMARINDA
    Prodi : S1 PGPAUD

    Mohon ijin untuk menanggapi video di atas
    Menurut saya peran orang tua dalam mengenalkan perilaku cinta tanah air sangat lah berpengaruh

    1. Menurut pendapat saya tentang video tersebut anak sudah mau,senang dan cinta terhadap budaya yang ada pada tanah air Indonesia tetapi orang tua lebih memilih untuk mengenalkan budaya dan produk asing pada anak
    2. Hal yang dapat anak membantu anak unutuk cinta tanah air begitu banyak cara bisa dengan mengenalkan berbagai lagu-lagu daerah yang ada lalu mengenalkan berbagai macam alat musik dan juga cerita sejarah .
    3.Sikap saya menemukan keluarga yang menggunakan bahasa derah menurut saya sangat bagus untuk mengenalkan anak berbagai macam kekayaan bahasa yang kita punyai.
    4. Peran orang tua sangat lah penting bagi saya terhadap anak untuk mengenalkan mereka mengenai cinta tanah air karena orang tua adalah guru pertama bagi anak di dalam keluarga
    5. Peran sekolah dalam mengenalkan cinta tanah air kepada anak juga tidak kalah penting nya karena kehidupan sosial ke dua anak setelah keluarga ialah lingkungan sekolah contoh yang bisa di lakukan ialah mengenalakan bendera merah putih, lagu-lagu daerah, alat musik, dan juga bisa berbagai macam kuliner yang ada di indonesia.

  4. Video tersebut mengangkat tema yang sangat penting mengenai pembentukan karakter sejak usia dini, khususnya dalam konteks Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pembentukan karakter di usia dini memang sangat krusial karena karakter yang baik akan menjadi pondasi kuat bagi anak-anak di masa depan. Dengan tantangan globalisasi yang semakin kompleks, pendidikan harus dapat menyesuaikan diri dengan perubahan zaman, sambil tetap menjaga nilai-nilai lokal dan budaya. Video ini menekankan pentingnya kerjasama antara keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam menciptakan PAUD yang berkualitas, serta bagaimana budaya, bahasa, dan perilaku masyarakat dapat memengaruhi pembentukan karakter anak.
    Saya sangat setuju dengan pendapat bahwa pergeseran nilai dan akulturasi budaya perlu disikapi dengan bijaksana, agar generasi mendatang tetap memiliki akar budaya yang kuat meskipun terpapar dengan perkembangan dunia yang sangat cepat. Dalam hal ini, peran orang tua, sekolah, dan masyarakat sangat penting untuk membimbing anak-anak agar bisa menghadapi perubahan tanpa kehilangan jati diri.
    Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengenalkan cinta tanah air pada anak sejak usia dini, antara lain:
    1. Pengajaran tentang Sejarah dan Budaya Lokal
    Mengajarkan anak-anak tentang sejarah negara dan budaya lokal melalui cerita, lagu, atau kegiatan yang berhubungan dengan tradisi setempat. Misalnya, memperkenalkan anak dengan wayang, batik, atau permainan tradisional yang bisa dilakukan dalam kelas atau kegiatan luar ruang.
    2. Menanamkan Nilai-Nilai Nasionalisme Melalui Pendidikan Karakter
    Melalui pembelajaran yang mengedepankan rasa hormat, gotong royong, dan cinta tanah air. Hal ini bisa dilakukan melalui kegiatan kelas yang melibatkan kerjasama antar teman atau dalam kegiatan sosial seperti bersih-bersih lingkungan atau membantu tetangga.
    3. Pengenalan Lagu-Lagu Nasional dan Simbol Negara
    Mengajarkan lagu-lagu kebangsaan, mengenalkan bendera, lambang negara, dan pentingnya menghormati simbol-simbol negara dapat memperkuat rasa cinta tanah air anak.
    4. Pengalaman Langsung dan Praktik
    Mengajak anak-anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan nasional seperti upacara bendera atau memperingati hari-hari besar nasional dapat membantu mereka merasakan langsung semangat nasionalisme.
    Jika saya menemukan keluarga yang menggunakan bahasa daerah, saya akan sangat mendukung dan mengapresiasi mereka. Penggunaan bahasa daerah bukan hanya penting untuk melestarikan kebudayaan, tetapi juga untuk memperkuat identitas budaya suatu daerah. Bahasa adalah salah satu unsur budaya yang sangat penting dalam membentuk cara berpikir dan pola perilaku anak. Saya akan mendorong penggunaan bahasa daerah di rumah, karena ini juga dapat membantu anak-anak memahami dan menghargai keberagaman budaya Indonesia. Namun, penting juga untuk memperkenalkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan agar anak-anak tetap mampu berkomunikasi dengan seluruh masyarakat Indonesia.
    Orang tua memainkan peran yang sangat besar dalam pembentukan karakter anak, termasuk dalam menanamkan rasa cinta tanah air. Beberapa cara orang tua dapat memberikan teladan antara lain:
    1. Menjadi Contoh dalam Kehidupan Sehari-Hari
    Orang tua yang menunjukkan sikap mencintai tanah air, seperti menjaga kebersihan lingkungan, menghormati perbedaan, atau berpartisipasi dalam kegiatan sosial, akan memberikan contoh yang baik bagi anak-anak mereka. Anak-anak akan cenderung meniru perilaku orang tua mereka dalam kehidupan sehari-hari.
    2. Mengajarkan Pentingnya Nilai-Nilai Nasionalisme
    Orang tua dapat mengajarkan anak-anak untuk menghargai simbol-simbol negara, seperti bendera dan lagu kebangsaan. Mereka bisa berbicara tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta menghargai keberagaman.
    3. Mengajak Anak Terlibat dalam Kegiatan Masyarakat
    Mengajak anak-anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial, seperti kerja bakti atau upacara bendera, akan memperkenalkan mereka pada nilai gotong royong dan tanggung jawab sebagai warga negara.
    Sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam mengenalkan cinta tanah air kepada anak-anak. Beberapa contoh peran sekolah dalam hal ini antara lain:
    1. Melalui Kurikulum yang Menekankan Pendidikan Karakter dan Kebangsaan
    Sekolah dapat mengintegrasikan materi mengenai sejarah bangsa, budaya lokal, dan nilai-nilai kebangsaan dalam kurikulum . Mengajarkan tentang perjuangan kemerdekaan dan tokoh-tokoh pahlawan nasional dapat meningkatkan rasa bangga anak terhadap tanah airnya.
    2. Kegiatan Ekstrakurikuler
    Mengadakan kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan budaya nasional atau tradisi daerah, seperti seni tari tradisional, musik daerah, atau pramuka, dapat memperkenalkan anak pada keberagaman budaya Indonesia dan menumbuhkan rasa cinta tanah air.
    3. Kegiatan Peringatan Hari Nasional
    Melibatkan anak-anak dalam kegiatan peringatan hari-hari besar nasional, seperti Hari Kemerdekaan, Hari Pahlawan, atau Hari Pendidikan Nasional, dapat memberikan pengalaman langsung mengenai pentingnya cinta tanah air.
    4. Pendidikan Multikultural
    Mengajarkan anak-anak untuk menghargai perbedaan budaya, suku, agama, dan bahasa melalui kegiatan yang berfokus pada keberagaman di Indonesia juga merupakan cara untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air.

  5. Menurut saya dari kedua video tersebut terlihat jelas perbedaannya cara mengenalkan budaya cinta tanah air dan yg tidak mengenalkan budaya cinta tanah air
    1.vidieo ini terlihat jelas bahwa tidak ada perilaku yg di tunjukan kepada anak untuk mengenal budaya cinta tanah air baik dari makanan,pakaian dan lain lain.
    2.vidieo kedua ini,memberikan dukungan yang jelas untuk mengenalkan cinta tanah air,di mulai dari jenis makanan ,pakaian dan lain lain.
    Dari kedua video tersebut dapat saya ambil kesimpulan bahwa pengenalan cinta tanah air itu sangat perlu di kenalkan sejak usia dini.terutama sebagai orang tua dan sebagai tenaga pendidik di anak usia dini.

  6. NAMA : DEWI SINTAWATI
    NIM : 858430997
    UPBJJ : UT-SAMARINDA
    PRODI : PGSD-S1 SEMESTER 8

    Izin memberikan komentar untuk video tersebut ya bapak/ibu
    Ada beberapa hal yang membedakan dari kedua video tersebut

    1. Video yang pertama lebih menggambarkan anak yang ingin tahu segala hal dan mengetahui segala hal dibandingkan dengan orang tuanya,,,jadi ada beberapa penggalan dari video tersebut yg pertama pada penggalan yang pertama bahwa si anak menanyakan kepada ibunya siapa pahlawan yang ia tunjukkan namun ibunya berkata tidak tahu dan si anak terlihat kecewa sehingga dia menunjukkan foto kedua dan ibunya tau siapa dia,,,jadi disini dapat kita lihat bahwa dari penggalan video ini ibunya mengetahui pahlawan yang ada diluar negara dibandingkan dengan pahlawan di negara sendiri sehingga ini dapat memicu pola pemikiran anak sejak dini untuk tidak mengenali budaya kita sendiri. Yang kedua pada penggalan video kedua disitu si anak bilang kepada ibunya bahwa ingin menonton video pahlawan namun malah ibunya menunjukkan film kartun dan bukannya video pahlawan sehingga disitu anak terlihat kecewa dari ekspresinya. Jadi disini dapat lihat bahwa si ibu tidak mengajarkan anak sejak dini tentang baik itu dri video kepahlawanan,dll sehingga anak tidak akan mengenal apa saja kebudayaan dan sejarah” yang ada di Indonesia. Yang keempat tentang pakaian dari penggalan video tersebut si anak mengatakan bahwa pakaiannya kotor dan ibunya malah menawayakn pakaian branded dan mainan dari luar negeri,,padahal si anak mau mainan wayang yang dri indonesia,,disini dapat kita lihat bahwa si anak mengerti kebudayaan yang indonesia dibandingkan ibunya yang malah mengajarkan anaknya barang-barang diluar negeri.
    2. Video kedua,,,yang pertama ada penggalan video mengenai si anak menunjukkan sebuah foto pahlawan dan si ibu menjelaskan secara detail dari masing” foto. Yang kedua ada penggalan video si anak meminta kepada ibunya menonton kartun namun si ibu memberi penjelasan sebel menonton kartun menonton video pahlawan dulu.
    Dari sini sudah dapat kita simpulan bahwa parenting dari kedua ibu tersebut sangatlah berbeda untuk video pertama si anak yang lebih inisiatif namun ibunya yang terkadang tidak mengerti dan lebih menunjuukan kebudayaan barat dibandingkan budaya sendiri
    Untuk video kedua si ibu parenting yang bagus karna sang ibu mengenalkan budaya Barat maupun budaya kita sendiri tanpa menojolkan budaya Barat karna cenderung mengajarkan budaya sendiri jadi si anak mengetahui budaya sendiri maupun barat.

  7. Nama : Meylina Aminatul Awallia
    NIM : 858875368

    Menurut saya, video pengenalan cinta tanah air pada anak usia dini merupakan upaya yang sangat tepat dan bermakna dalam membentuk karakter anak sejak dini. Video tersebut menampilkan bagaimana sikap orang tua yang positif dan bijak dapat memberikan pengaruh besar terhadap tumbuhnya rasa cinta dan bangga terhadap tanah air di dalam diri anak. Penyampaian materi melalui cerita sederhana dan visual yang akrab dengan dunia anak menjadi pendekatan yang efektif dalam mengenalkan tokoh pahlawan, budaya Indonesia, serta sikap bangga terhadap identitas kebangsaan. Saya melihat bahwa penanaman nilai-nilai ini tidak bisa ditunda, sebab masa usia dini adalah masa emas dalam pembentukan karakter.
    Beberapa hal yang dapat membantu mengenalkan cinta tanah air pada anak menurut saya antara lain adalah melalui pengenalan tokoh pahlawan nasional, pengenalan lagu-lagu daerah dan nasional, cerita rakyat, serta permainan tradisional. Selain itu, kegiatan membuat karya tangan yang berkaitan dengan budaya Indonesia, seperti membuat miniatur rumah adat, membatik dengan pewarna alami, atau membuat kerajinan dari bahan daur ulang yang mencerminkan simbol-simbol budaya lokal, juga menjadi cara kreatif dan menyenangkan untuk membangun rasa cinta terhadap bangsa. Anak-anak perlu dilibatkan dalam kegiatan nyata yang memungkinkan mereka merasakan langsung nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari.
    Jika saya menemukan sebuah keluarga yang menggunakan bahasa daerah, saya akan bersikap positif dan mendukung. Saya percaya bahwa penggunaan bahasa daerah di lingkungan keluarga adalah bentuk nyata dari pelestarian budaya yang merupakan bagian dari cinta tanah air. Bahasa daerah mencerminkan identitas, sejarah, dan nilai-nilai luhur yang harus dijaga. Oleh karena itu, saya akan mendorong agar anak-anak tetap diajarkan bahasa ibu di rumah sembari tetap dikenalkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, agar mereka memiliki rasa bangga terhadap asal usulnya tanpa kehilangan jati diri kebangsaan.
    Peran orang tua dalam memberikan teladan kepada anak mengenai cinta tanah air sangat penting. Saya percaya bahwa anak-anak belajar dari apa yang mereka lihat dan rasakan sehari-hari. Orang tua bisa menunjukkan kecintaan terhadap tanah air melalui sikap menghargai budaya lokal, aktif dalam kegiatan sosial di lingkungan, serta menyuguhkan tontonan dan bacaan yang bermuatan nilai kebangsaan. Contoh sederhana seperti menyanyikan lagu nasional bersama anak, membacakan cerita tentang pahlawan, atau bahkan sekadar menunjukkan rasa bangga saat mengenakan batik dapat memberi dampak besar dalam membentuk sikap anak.
    Sekolah juga memiliki peran dalam mengenalkan cinta tanah air pada anak. Saya meyakini bahwa pembiasaan melalui kegiatan harian di sekolah sangat berpengaruh. Misalnya, dengan mengadakan upacara bendera setiap minggu, mengajarkan lagu-lagu nasional dan daerah, mengadakan hari budaya di setiap minggunya dimana anak-anak memakai pakaian tradisional sepeti baju lurik dan memperkenalkan makanan khas daerah masing-masing, serta melibatkan anak dalam pembuatan kerajinan yang bertema budaya lokal. Dengan demikian, anak-anak tidak hanya mengetahui budaya Indonesia, tetapi juga merasa bangga menjadi bagian darinya. Kolaborasi antara sekolah dan keluarga menjadi kunci utama dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air yang kuat sejak dini.

  8. Salam kenal
    Nama : Meriana agustina
    Nim : 860239672
    UPBJJ: Medan
    Salut : Harus
    Prodi : PGPAUT

    Mohon izin menanggapi video diatas ;
    Dari video ini kita melihat peran orang tua sangat penting dalam anak untuk cinta dan mengenal tanah air, dari dua video ini saya akan menanggapinya :
    1. Video pertama peran orang tua kurang dalam mengenal cinta tanah air lebih banyak memperkenalkan kebudayaan asing dan tidak memberi kebebasan anak untuk memilih
    Video kedua orang tua sudah mengenalkan budaya cinta tanah air dengan menyayikan lagu daerah, pahlawan dari daerah.
    2. Hal yang dapat membantu anak cinta tanah air dengan mengenalkan lagu daerah, makanan daerah dan lainya.
    3. Sikap saya menemukan keluarga yang menggunakan bahasa daerah sangat bagus.
    4. Peran orang tua sangat penting terhadap anak dalam mengenal cinta akan tanah air karena orang tua adalah guru dirumah.
    5. Peran disekolah dalam mengenal cinta tanah air juga penting karena selain dirumah disekolah sebagai lingkungan luar juga perlu, contohnya dengan sering menyayikan lagu daerah dan mem perkenalkan alat musik daerah.

    Terima kasih 🙏

  9. Nama: ni Ketut parsini
    Nim : 859049727
    UPBJJ ; Denpasar
    Semester ; 8
    Pada video yang saya saksikan..
    Untuk video yang 1:
    Terlihat orang tua yang kurang memberikan apresiasi kepada anak akan budaya dan sosok pahlawan tanah air. Disana juga orang tua lebih memaksakan kehendaknya pada anak tanpa memberikan kesempatan anak untuk mengungkapkan yang anak inginkan. Pada video ini terlihat peran orang tua yang kurang positif bagi anak untuk memperkenalkan budaya dan kecintaan tanah air Indonesia kepada anak.

    Untuk video yang ke 2:
    Disini peran orang tua sangat positif dimana orang tua mampu menyeimbangkan antara budaya tanah air dan budaya asing..
    Orang tua juga mampu memberikan kesempatan pada anak atas apa yang anak inginkan.
    Orang tua juga dapat memberikan arahan yang baik kepada anak akan kecintaannya pada tanah air Indonesia. Kalo bukan kita sebagai orang tua yang menanamkan kecintaan pada warisan leluhur budaya Indonesia siapa lagi.
    Jadi disini peran orang tua dalam mendidik dan memberikan arahan kepada anak sangat di butuhkan untuk generasi yang lebih baik lagi.

  10. Nama : Siskawati
    NIM : 825979758
    UPBJJ : 48 / Palangka Raya
    Prodi : PGPAUD

    Ijin menjawab

    1. Peran orang tua sangatlah diperlukan bagi anak-anak, apalagi untuk anak usia dini, dimana anak usia dini itu harus di bentuk karakternya, paling tepat sebagai pondasi awal, tapi di video pertama, saya tidak melihat peran sebagai orang tua yang memperkenalkan kecintaan tanah air. Orang tua cenderung memperkenalkan budaya asing. Sedangkan di video kedua, peran orang tua terlihat jelas memperkenalkan, menjelaskan, dan memberikan dukungan penuh pada anak. Peran orang tua juga terlihat jelas memperkenalkan kecintaan tanah air.
    2. Memperkenalkan kecintaan tanah air pada anak usia dini bisa dengan berbagai macam cara, misal melalui media teknologi, praktek langsung dengan cara mengenalkan berbagai suku budaya yang ada di tanah air.
    3. Sangat mendukung sekali untuk peran orang tua memperkenalkan bahasa daerah yang ada di tanah air, tapi tidak lupa dengan memperkenalkan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
    4. Peran orang tua sangatlah penting terhadap anak, karena bagi anak orang tua adalah cerminan bagi dirinya.
    5. Peran sekolah adalah hal yang sangat penting sekali, karena lingkungan sekolah adalah lingkungan kedua bagi anak usia dini. Contohnya mengenalkan lagu daerah, terutama warna bendera pusaka.

Leave a Reply