silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Membentuk karakter paling tepat dilakukan sejak usia dini sebagai pondasi awal. Jika dapat terbentuk dengan baik maka pada generasi mendatang akan menjadi generasi yang berkarakter kuat. Untuk mewujudkan PAUD berkualitas maka dibutuhkan kerjasama yang kuat antara keluarga (orang tua), lingkungan sekolah dan masyarakat. Tantangan dunia pendidikan di era globalisasi saat ini demikian kompleks, telah memberikan banyak perubahan dan dampak terhadap masyarakat sekitar salah satunya adalah asimilasi dalam bentuk budaya. Pergeseran nilai , akulturasi dan asimilasi dari berbagai pilar budaya perlu disikapi dengan cermat dan komprehensif. Tutur kata/ucapan/kata/kalimat, sikap/perilaku/adab dan pola fikir turut serta mengiringi perubahan tersebut.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Apa pendapat Anda mengenai tayangan video tersebut?
- Hal apa saja yang dapat membantu mengenalkan cinta tanah air pada anak?
- Bagaimana sikap Anda jika menemukan keluarga yang menggunakan bahasa daerah?
- Bagaimana peran orang tua dalam memberikan teladan pada anak mengenai cinta tanah air? Berikan pendapat Anda!
- Bagaimana peran sekolah dalam mengenalkan cinta tanah air pada anak? Berikan contoh!
Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh.
Nama : Serla Suci Suminar
PRODI : PG PAUD/ semester 4
UPBJJ : Ut Bandung
Topik yang diambil sangatlah bermanfaat dan sesuai dengan kejadian serta isu-isu yang terjadi di dunia nyata yakni tentang perundungan pada anak. Disini berisi 2 video perbandingan
– Video yang pertama adalah salah satu video yang menggambarkan sikap perundungan dan pemaksaan terhadap anak. Yang seharusnya kita menanamkan rasa cinta tanah air dan mengenalkan kepada anak cinta anak air sekarang jusru kebalikannya banyak orang dewasa yang melakukan perundungan kepada anak, lebih senang mengenalkan budaya luar misalnya makanan luar yang terlihat lebih mewah ,praktis, dan lezat dibandingkan makanan asli Indonesia ang terjamin kesehatannya. Selain itu sekarang banyak anak-anak yang tidak mengenali para tokoh pahlawan, oleh karena itu perlu kita kenalkan kepada anak-anak kita para pejuang tanah air ini sehingga rasa cinta tanah air anak mampu tumbuh di dalam sanubarinya. Selain itu anak perlu di kenalkan dengan budaya dan warisan negara nenek moyangnya misalnya permainan wayang dan lagu daerah, bukan justru dikenalkan dengan budaya luar karena memori anak usia paud sangatlah kuat oleh karena itu stimulus yang diberikan mesti sesuai.
– kemudian dari video ke 2 merupakan contoh gambaran perilaku yang baik dan seharusnya dilakukan orang dewasa kepada anaknya. Mengenalkan tokoh pahlawan indonesia kepada anak sangatlah penting namun untuk memperluas wawasan anak memperkenalkan tokoh luar negeri juga tak apa asalkan tetap dalam pengawasan, kemudian anak juga boleh ko jika ingin menonton film dengan bahasa asing asal tetap dalam pengawasan orang dewasa , kemudian dalam memilih mainan, makanan kesukaan dan menyanyi lagu kesukaan anak. Berikan kepada anak kebebasan memilih stop melakukan perundungan dan memaksakan anak mengikuti kemauan orang tuanya. Kesimpulannya penting kita sebagai orang dewasa mengenalkan rasa cinta tanah air kepada anak melalui mengenal budaya dan warisan asli nenek moyang kita tapi kita juha perlu memperluas wawasannya dengan mengenalkan bahasa luar dan budaya luar akan tetapi harus diingat tetap dalam pengawasan dan stop melakukan perundungan kepada anak.
Cukup sekian, terima kasih sukses terus UT
Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh.
Nama : Serla Suci Suminar
PRODI : PG PAUD/ semester 4
UPBJJ : Ut Bandung
A. Refleksi video
Pendapat saya tentang video diatas Topik yang diambil sangatlah bermanfaat dan sesuai dengan kejadian serta isu-isu yang terjadi di dunia nyata yakni tentang perundungan pada anak. Disini berisi 2 video perbandingan
– Video yang pertama adalah salah satu video yang menggambarkan sikap perundungan dan pemaksaan terhadap anak. Yang seharusnya kita menanamkan rasa cinta tanah air dan mengenalkan kepada anak cinta anak air sekarang jusru kebalikannya banyak orang dewasa yang melakukan perundungan kepada anak, lebih senang mengenalkan budaya luar misalnya makanan luar yang terlihat lebih mewah ,praktis, dan lezat dibandingkan makanan asli Indonesia ang terjamin kesehatannya. Selain itu sekarang banyak anak-anak yang tidak mengenali para tokoh pahlawan, oleh karena itu perlu kita kenalkan kepada anak-anak kita para pejuang tanah air ini sehingga rasa cinta tanah air anak mampu tumbuh di dalam sanubarinya. Selain itu anak perlu di kenalkan dengan budaya dan warisan negara nenek moyangnya misalnya permainan wayang dan lagu daerah, bukan justru dikenalkan dengan budaya luar karena memori anak usia paud sangatlah kuat oleh karena itu stimulus yang diberikan mesti sesuai.
– kemudian dari video ke 2 merupakan contoh gambaran perilaku yang baik dan seharusnya dilakukan orang dewasa kepada anaknya. Mengenalkan tokoh pahlawan indonesia kepada anak sangatlah penting namun untuk memperluas wawasan anak memperkenalkan tokoh luar negeri juga tak apa asalkan tetap dalam pengawasan, kemudian anak juga boleh ko jika ingin menonton film dengan bahasa asing asal tetap dalam pengawasan orang dewasa , kemudian dalam memilih mainan, makanan kesukaan dan menyanyi lagu kesukaan anak. Berikan kepada anak kebebasan memilih stop melakukan perundungan dan memaksakan anak mengikuti kemauan orang tuanya. Kesimpulannya penting kita sebagai orang dewasa mengenalkan rasa cinta tanah air kepada anak melalui mengenal budaya dan warisan asli nenek moyang kita tapi kita juha perlu memperluas wawasannya dengan mengenalkan bahasa luar dan budaya luar akan tetapi harus diingat tetap dalam pengawasan dan stop melakukan perundungan kepada anak.
B. Apa saja yang harus dilakukan untuk menanamkan rasa cinta tanah air kepada anak usia dini?
1. Mengenalkan sejarah dan para tokoh pahlawan perjuangan negara Indonesia
2. Mengenalkan budaya warisan nenek moyang sepertib( mainan tradisional. Lagu daerah , tari tradisional , bentuk rumah adat, dll).
3. Mengajak anak memakan atau menggunakan produk asli buatan indonesia. Seperti baju batik dll.
Selain itu peran orang tua dan pendidik sangatlah penting untuk mendidik dan mengawasi anak .
Cukup sekian, terima kasih sukses.
terus UT
Nama : Ayu Aryanti
Upbjj : UT Bandung
Prodi : PG PAUD Semester 4
-Arahan ini menekankan pentingnya menanamkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap negara sejak dini, yang dapat membentuk identitas dan karakter anak.
-Hal yang Dapat Membantu Mengenalkan Cinta Tanah Air pada Anak yaitu dengan :
Memperkenalkan permainan tradisional, tarian, atau cerita rakyat.
Mengajak anak terlibat dalam upacara bendera atau peringatan kemerdekaan sambil menjelaskan maknanya.
Menceritakan kisah pahlawan dengan cara menyenangkan, seperti melalui buku bergambar atau film animasi. Mengajak anak mengenal kekayaan alam dan mencoba masakan khas daerah.
Menggunakan lagu, video, atau aplikasi edukasi yang menonjolkan keindahan dan nilai-nilai Indonesia.
Melibatkan anak dalam kegiatan sosial seperti menanam pohon atau membantu lingkungan sekitar untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab.
-Sikap terhadap Keluarga yang Menggunakan Bahasa Daerah
Menggunakan bahasa daerah adalah bentuk pelestarian budaya yang patut diapresiasi. Orang tua bisa mendorong anak menguasai bahasa daerah dan bahasa Indonesia agar anak menghargai identitas lokal sekaligus memahami bahasa pemersatu. Contoh: mengikuti festival budaya untuk memperkaya wawasan anak.
3. Peran Orang Tua dalam Memberi Teladan Cinta Tanah Air
Orang tua bisa:
Menjadi contoh dengan menghormati simbol negara (misalnya, sikap hormat saat lagu kebangsaan diputar).
Berpartisipasi aktif dalam kegiatan masyarakat seperti kerja bakti atau gotong royong.
Membiasakan diskusi positif tentang keberagaman dan pentingnya persatuan.
Mengajak anak mengunjungi museum atau situs bersejarah untuk memperkuat kebanggaan nasional.
4. Peran Sekolah dalam Mengenalkan Cinta Tanah Air
Sekolah dapat:
Mengintegrasikan nilai cinta tanah air ke dalam mata pelajaran (mengkritis puisi Chairil Anwar di pelajaran sastra)
Menyelenggarakan proyek kolaboratif seperti “Pameran Budaya Nusantara” di mana siswa menampilkan tarian, pakaian adat, atau kuliner daerah.
Mengadakan kunjungan ke monumen bersejarah atau mengunduh veteran/pahlawan untuk berbagi cerita.
Membentuk ekstrakurikuler seperti paskibra atau paduan suara lagu nasional.
Memajang hasil karya siswa bertema kebangsaan di lingkungan sekolah (poster bertema “Aku Bangga Indonesia”)
Dengan pendekatan ini, anak-anak tidak hanya memahami teori tetapi juga mengalami langsung nilai-nilai cinta tanah air melalui interaksi sehari-hari.
nama : Teti Rohmaya
PRODI : PG PAUD/ SMSTR 9
UPBJJ : Bandung
1. Pendapat saya mengenai tayangan video tersebut baik dan bermanfaat dimana mengenalkan cinta tanah air pada anak adalah hal yang penting untuk membentuk karakter dan rasa nasionalisme sejak dini. cara yang dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air pada anak, tentunya akan melibatkan peran orang tua dan sekolah
2. Hal-Hal yang Dapat Membantu Mengenalkan Cinta Tanah Air pada Anak
– Menghargai Keberagaman, Indonesia memiliki banyak suku, bahasa, dan adat. Mengajarkan anak untuk menghargai dan merayakan keberagaman ini penting untuk menumbuhkan rasa kebanggaan terhadap identitas bangsa.
– Mengajarkan Lagu-Lagu Kebangsaan, Lagu kebangsaan seperti “Indonesia Raya” atau lagu daerah bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air. Melalui musik, anak bisa merasakan semangat persatuan.
– Anak cenderung meniru perilaku orang dewasa, jadi jika orang tua atau pendidik berbicara dengan penuh rasa bangga tentang negara dan budaya mereka, anak akan cenderung meniru sikap tersebut.
3. Sikap Saya Terhadap Keluarga yang Menggunakan Bahasa Daerah
Saya sangat mendukung penggunaan bahasa daerah dalam keluarga. Bahasa daerah bukan hanya alat komunikasi, tetapi juga merupakan bagian dari identitas budaya yang harus dilestarikan. Menggunakan bahasa daerah di rumah bisa mengajarkan anak untuk menghargai warisan budaya mereka. Ini juga memperkaya kemampuan bahasa anak, karena mereka akan menguasai lebih dari satu bahasa, yang bisa memperluas wawasan dan kemampuan berpikir mereka.
4. Peran Orang Tua dalam Memberikan Teladan Mengenai Cinta Tanah Air
Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan pemahaman anak tentang cinta tanah air. Orang tua bisa memberi contoh atau teladan dengan cara, Orang tua bisa menunjukkan kecintaan mereka melalui sikap dan tindakan sehari-hari, misalnya dengan menggunakan produk dalam negeri, merayakan hari-hari besar nasional, atau berbicara tentang prestasi Indonesia di kancah internasiona. Orang tua harus menanamkan nilai kebersamaan dan saling menghargai antar sesama, terutama mengingat Indonesia yang sangat kaya dengan keberagaman budaya, agama, dan suku.
5. Peran Sekolah dalam Mengenalkan Cinta Tanah Air pada Anak
Sekolah juga memainkan peran besar dalam mendidik anak untuk mencintai tanah air. Sekolah dapat mengajarkan sejarah Indonesia, mengenalkan pahlawan-pahlawan nasional, dan memperkenalkan berbagai kebudayaan daerah melalui pelajaran. Sekolah bisa mengadakan perayaan Hari Kemerdekaan, Hari Pahlawan, atau hari-hari besar lainnya untuk memperingati perjuangan bangsa dan menumbuhkan semangat nasionalisme. Lomba-lomba tradisional dapat dilakukan untuk memperkenalkan anak pada nilai-nilai kebersamaan.
Nama: Dany Irvina Safitri
Nim: 857994235
UPBJJ: Yogjakarta
Salut: Payaman
menurut saya vidio ini sangat relevan dan inspiratif dalam upaya membentuk karakter anak sejak usia dini, khususnya dalam menanamkan nilai cinta tanah air. penyampaian materi dilakukan secara menarik dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini, seperti melalui lagu, cerita, dan kegiatan yang melibatkan emosi dan tindakan nyata. hal ini penting karena anak-anak pada usia dini belajar melalui pengalaman langsung dan contoh nyata.
saya setuju bahwa penanaman cinta tanah air harus dimulai dari lingkungan terdekat anak, yaitu keluarga dan sekolah.vidio ini juga menekankan pentingnya kerjasama antara orang tua dan guru dalam memberikan teladan serta mendampingi anak dalam mengenal budaya lokal, bahasa daerah, serta simbol-simbol kebangsaan. ditengah era globalisasi, pembelajaran seperti ini sangat pentng agar anak-anak tidak kehilangan jati dirinya sebagai bagian dari bangsa Indonesia.
Nama : Zahrotul Ula
NIM : 858530684
Prodi : PGPAUD semester 4
Asal : UPBJJ Semarang
1. Pendapat saya mengenai tayangan video tersebut sangat bermanfaat membantu mengenalkan cinta tanah air pada anak usia dini dan peran keluarga dalam perilaku keseharian sangat berpengaruh menumbuh kembangkan dan menanamkan nasionalisme
2. Hal-hal yang dapat membantu mengenalkan cinta tanah air pada anak antara lain
a. Mengenalkan sejarah dan tokoh pahlawan Indonesia kepada anak
b. Mengenalkan lagu daerah
c. Mengenalkan warisan budaya indonesia
d. Mencintai produk dalam negeri
e. Berwisata di wilayah atau daerah sendiri
3. Sikap saya jika menemukan keluarga yang menggunakan bahasa daerah tentunya sangat apresiatif karena zaman sekarang sudah jarang keluarga yang berkomunikasi dengan logat daerahnya.
4. Menurut saya peran orang tua dalam memberikan teladan pada anak yaitu dengan menanamkan dan membiasakan perilaku yang mencerminkan cinta tanah air seperti mengajarkan anak berbicara bahasa daerah, menonton film karya anak indonesia, berbelanja produk dalam negeri. Dan tentunya keluarga harus memberikan wawasan pada anak
5. Peran sekolah dalam mengenalkan cinta tanah air pada anak diantaranya :
a. Mengenalkan tokoh pahlawan dengan gambar-gambar
b. Mengenalkan warisan budaya Indonesia dengan maket rumah adat, belajar membuat mainan wayang dari daun singkong
c. Memakai baju adat
NAMA : NIRAKHOIRIYAH
NIM : 857991627
UPBJJ : YOGJAKARTA / SEMESTER 4
Tanggapan diskusi
1. tanggapan mengenai tayangan video :
– video 1 : terlihat seorang ibu dan anak yang sedang bercakap cakap,. dalam video terlihat beberapa kali anak bertanya kepada ibu nya. pertanyaan pertama adalah tentang pahlawan negara yang ternyata si ibu tidak tahu jawaban nya namun tidak mencoba mencari tahu apa yang ingin di ketahui anak nya. pun dalam hal selera makan maupun tontonan serta lain nya si ibu bahkan cenderung mengarahkan anak untuk lebih menyukai produk produk buatan luar negeri tanpa sekalipun pemberitahuan atau mengejarkan cara untuk menghargai produk dan budaya bangsa.
– video 2 : terlihat sama dengan video 1 namun kali ini sang ibu bisa lebih bijak dalam menyikapi situasi dan pertanyaan anak serta emmberikan pilihan yang bijak di sertai alasan yang bisa di terima oleh anak seperti pada saat anak ingin makan gudeg dan apel malang namun si ibu ingin apel washington dan fried chicken si ibu memberikan alasan memesan makanan tersebeut karena ingin bernostalgia dengan ayah dari si anak tersebut. pun ketika si anak mengemukakakn pendapat an sudut pandangnya si ibu akan memberikan jawaban dengan alasan dan perbandingan. dalam video 2 ibu juga terlihat mendorong anak untuk memiliki rasa suka dengan lagu rasa sayange dengan pancingan reward
Dari dua video di atas dapat di simpulkan bahwa ibu dalam video 1 tidak begitu peduli dengan apa yang anak pikirkan dan lebih cenderung mengarahkan anak untuk lebih menyukai produk produk yang berasal dari luar negeri. dan dari video 2 ibu terlihat mendukunga nak dalam memperoleh pengetahuan tentang kebangsaan nya dan memndoronga nak agar bisa tetap belajar menyukai produk lokal dengan tetap menghargai atau mengenalkan produk luar dengan alasan yang tepat.
2. Hal hal yang dapat membantu meningkatkan rasa cinta tanah air kepada anak bisa di lakukan dengan berbagai macam cara saah satu nya adalah dengan menunjukan atau memberi contoh dengan kebanggan terhadap peristiwa maupun hal hal yang bisa ditemukan dan terjadi di lingkungan sekitar. contoh yang bisa dan mungkin terjadi adalah melalui kesenian tradisional yang masih banyak di temukan dari situ kita bisa memulai untuk menanamkan cinta tanah air dan kebangsaan melalui menari. selain itu contoh nyata dari penyebutan label lokal dan bangga akan buatan dan karya anak bangsa bisa kita ulang dan sugestikan terhadap anak sehingga anak akan tebiasa untuk mendengar dan mencintai dengan bangga terhadap hal hal yang berkaitan dengan negara nya.
3. Sikap saya ketika ada keluarga yang menggunakan bahasa daerah adalah menghormati dan ikut bangga dengan keluarga/ anggota keluarga tersebut. di jaman sekarang acapkali bahasa daerah di bilang kuno dan ketinggalan jaman jadi menurut saya orang yang masih mau menggunakan bahasa daerah adalah orang orang yang bangga dan mencintai tanah air nya serta berusaha untuk melestarikan dan menjaga salah satu kekayaan bahasa sebagai eujud rasa cinta nya terhadap bangsa dan negara.
4. Peran orang tua dalam hal ini menurut pendapat saya berperan lebih besar karena porsi waktu dan kebersamaan anak dengan orang tua lebih banyak daripada di sekolah,. dan dalam hal ini kerjasama antara orang tua dan pihak sekolah harus bisa di lakukan agar tercapai tujuan yang di harapkan. orang tua juga harus memberikan contoh nyata dalam keseharian sehingga anak bisa meneladani dan kemudian pelan pelan menjadi kebiasaan dan di harapkan akan tumbuh rasa suka. orang tua di rumah bisa memperkenalkan permainan tradisional untuk bonding bersama anak sambil bernostalgia mengenang masa kecil, mendengarkan lagu dan musik tradisional serta mengajak anak melihat kesenian tradisional. lalu memakai barang barang lokal dan mengatakan kepada anak bahwa barang buatan dalam negeri juga memiliki kualitas yang baik dan tidak kalah dengan buatan luar negeri. menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air di mulai dari hal hal kecil dan yang ada di lingkungan skitar.
5. Peran sekolah dalam meningkatkan rasa cinta tanah air kepada anak bisa di lakukan dengan berbagai macam cara,. dalam hal ini sekolah bisa di bilang sebagai pihak penguat yang akan memmeprkuat rasa cinta tanah air yang sudah di miliki oleh anak yang secara tidak langsung juga telah tumbuh dan tertanam baik itu di dapat dari rumah maupun di lingkungan sekitar nya. contoh yang bisa di ambil dalam hal ini adalah melakukan kegiatan yang berhunungan dengan tanah air ke dalam sebuah tema. bisa di mulai dengan pengenalan baju adat, lalu pengenalan tari tradisional, pengenalan makanan tradisional dan lain lain nya. dari sini anak akan belajar bagaimana untuk memahami dan mencintai adat serta budaya bangsa nya. di sekolah saya juga setiap hari melakukan nasionalisme pagi untuk memupuk rasa cinta tanah air sejak dini di mualai dengan kegiatan berbaris, menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya kemudian menyanyikan lagu nasional dan lagu daerah yang di ganti ganti setiap hari agar anak tahu dan mengenal serta bisa tertanam jiwa nasionalisme sejak dini
NAMA: LULUK ERAWATI
NIM: 858536843
UPBJJ: SEMARANG
SEMESTER: 4 (Empat)
1. Menurut pendapat saya mengenai tayangan video tersebut yaitu:
Tayangan video tersebut sangat bermanfaat, karena menurut pendapat saya dapat membantu dan mencontohkan bagaimana cara kita sebagai orang tua harus mendukung minat anak serta mengarahkan ke dalam hal yang positif. Di dalam video tersebut ditayangkan bahwa kita sebagai orang tua tidak bisa memaksakan keinginan anak agar searah atau sama dengan keinginan orang tua, jika ingin anak melakukan hal-hal yang kita inginkan maka kita harus mengolaborasikan keinginan kita dengan keinginan anak itu sendiri, tindakan ini dapat mencegah anak agar tidak merasa cemas, terkekang, tertekan, dan rasa-rasa negatif lainnya. Selain itu tayangan tersebut dapat memberikan contoh kepada orang tua bahwa orang tua wajib mendukung apa yang diajarkan oleh guru di sekolah yaitu sebagai contoh tentang mengenalkan Cinta Tanah Air, karena tanpa ada dukungan orang tua, anak akan merasa bimbang/ragu tentang apa yang diajarkan di sekolah dengan apa yang diajarkan orang tuanya di rumah. Anak akan merasa kebingungan untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Membentuk karakter anak sebaiknya dimulai sejak usia dini karena pada tahap ini anak berada pada masa keemasan perkembangan (golden age). Salah satu karakter penting yang perlu ditanamkan adalah nilai cinta tanah air, sebagai bagian dari pembentukan identitas kebangsaan. PAUD sebagai satuan pendidikan pertama memiliki peran strategis dalam proses ini, dengan dukungan dari keluarga dan masyarakat. Globalisasi telah membawa dampak positif dan negatif, termasuk dalam bentuk asimilasi budaya. Oleh karena itu, penting bagi lingkungan sekitar anak untuk menjaga nilai-nilai lokal dan nasional agar tidak luntur oleh budaya luar yang masuk tanpa filter. Sikap, tutur kata, dan pola pikir anak perlu dibentuk dengan penguatan nilai kebangsaan yang kontekstual.
2. Hal-Hal yang Dapat Membantu Mengenalkan Cinta Tanah Air pada Anak
– Mengenalkan simbol negara, seperti bendera, lambang Garuda, lagu kebangsaan melalui cerita dan nyanyian.
– Menggunakan lagu anak dan permainan tradisional dari berbagai daerah.
– Melibatkan anak dalam peringatan hari besar nasional, seperti Hari Kartini atau Hari Kemerdekaan.
– Mengenalkan budaya lokal melalui pakaian adat, tarian, makanan, dan cerita rakyat.
– Menanamkan kebiasaan menjaga kebersihan lingkungan, yang juga merupakan wujud cinta tanah air.
– Memanfaatkan media pembelajaran visual dan naratif (gambar, buku cerita, video edukatif) yang menggambarkan kekayaan Indonesia.
Referensi:
– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan PAUD.
– Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
– UNESCO. (2010). Early Childhood Care and Education Regional Report.
3. Sikap terhadap Keluarga yang Menggunakan Bahasa Daerah.
Penggunaan bahasa daerah oleh keluarga perlu dihargai dan dilestarikan, karena merupakan warisan budaya yang memperkaya keberagaman bangsa. Menggunakan bahasa ibu juga memperkuat identitas budaya anak. Hal ini tidak bertentangan dengan nilai nasionalisme, justru bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang beragam namun tetap satu (Bhinneka Tunggal Ika).
Referensi:
– Kemendikbud. (2020). Revitalisasi Bahasa Daerah.
– Halliday, M.A.K. (1975). Learning How to Mean: Explorations in the Development of Language.
4. Peran Orang tua dalam Memberi Teladan Cinta Tanah Air. Orang tua adalah model utama bagi anak. Beberapa bentuk peran orang tua yaitu:
– Menggunakan produk lokal dan menjelaskan pentingnya mencintai buatan Indonesia.
– Mengajarkan gotong royong dan sopan santun, nilai-nilai budaya khas Indonesia.
– Menceritakan kisah pahlawan nasional dan budaya lokal sebagai bagian dari cerita harian anak.
– Berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial dan nasional bersama anak.
Referensi:
– Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human Development.
– Direktorat Pembinaan PAUD. (2018). Pedoman Peran Serta Keluarga dalam Pendidikan Anak Usia Dini.
5. Peran sekolah dalam Mengenalkan Cinta Tanah Air pada Anak
Sekolah berperan penting karena menjadi tempat anak belajar nilai sosial dan kebangsaan.
Contoh kegiatan:
– Upacara bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan secara rutin.
– Tema-tema pembelajaran PAUD, seperti “Negaraku”, “Lingkungan”, dan “Pahlawanku”.
– Kegiatan mewarnai bendera, menari tarian daerah, menyanyi lagu nasional dan daerah.
– Kunjungan edukatif ke tempat bersejarah atau budaya.
– Mengadakan Pentas Seni yang menampilkan keragaman budaya Indonesia.
Referensi:
– Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD.
– Kemdikbud. (2019). Modul Pembelajaran PAUD Tematik: Aku Cinta Indonesia.
Demikian yang dapat saya sampaikan, apabila ada kekurangan mohon maaf dan mohon bimbingannya 🙏🏻