silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Membentuk karakter paling tepat dilakukan sejak usia dini sebagai pondasi awal. Jika dapat terbentuk dengan baik maka pada generasi mendatang akan menjadi generasi yang berkarakter kuat. Untuk mewujudkan PAUD berkualitas maka dibutuhkan kerjasama yang kuat antara keluarga (orang tua), lingkungan sekolah dan masyarakat. Tantangan dunia pendidikan di era globalisasi saat ini demikian kompleks, telah memberikan banyak perubahan dan dampak terhadap masyarakat sekitar salah satunya adalah asimilasi dalam bentuk budaya. Pergeseran nilai , akulturasi dan asimilasi dari berbagai pilar budaya perlu disikapi dengan cermat dan komprehensif. Tutur kata/ucapan/kata/kalimat, sikap/perilaku/adab dan pola fikir turut serta mengiringi perubahan tersebut.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Apa pendapat Anda mengenai tayangan video tersebut?
- Hal apa saja yang dapat membantu mengenalkan cinta tanah air pada anak?
- Bagaimana sikap Anda jika menemukan keluarga yang menggunakan bahasa daerah?
- Bagaimana peran orang tua dalam memberikan teladan pada anak mengenai cinta tanah air? Berikan pendapat Anda!
- Bagaimana peran sekolah dalam mengenalkan cinta tanah air pada anak? Berikan contoh!
Assalamualaikum perkenalkan
Nama: Tiara Yuliani
Nim: 877596191
Tugas mata kuliah: Pemantapan kemampuan Mengajar
Izin merefleksi video diatas bapak ibu🙏
Penanaman rasa cinta tanah air sangat penting dilakukan karena, anak-anak dapat mencintainya dengan senang hati dan paksaan.
Hal-hal yang dapat dilakukan oleh anak usia dini pada penerapan cinta tanah air diantaranya:
1. Pengenalan tokoh-tokoh pejuang
Indonesia
2. Menghargai dan menyayangi
sesama teman di sekolah.
3. Mencintai ciri khas negara
Indonesia, seperti makanan khas,
seperti permainan tradisional, lagi
daerah dan tutur bahasa
Jika penerapan cinta tanah air tidak di tanamkan sejak dini, anak akan kehilangan jati dirinya dan sampai tidak mengenali asal usul negaranya.
NAMA : NIRAKHOIRIYAH
NIM : 857991627
UPBJJ : YOGJAKARTA / SEMESTER 4
Tanggapan diskusi
1. tanggapan mengenai tayangan video :
– video 1 : terlihat seorang ibu dan anak yang sedang bercakap cakap,. dalam video terlihat beberapa kali anak bertanya kepada ibu nya. pertanyaan pertama adalah tentang pahlawan negara yang ternyata si ibu tidak tahu jawaban nya namun tidak mencoba mencari tahu apa yang ingin di ketahui anak nya. pun dalam hal selera makan maupun tontonan serta lain nya si ibu bahkan cenderung mengarahkan anak untuk lebih menyukai produk produk buatan luar negeri tanpa sekalipun pemberitahuan atau mengejarkan cara untuk menghargai produk dan budaya bangsa.
– video 2 : terlihat sama dengan video 1 namun kali ini sang ibu bisa lebih bijak dalam menyikapi situasi dan pertanyaan anak serta emmberikan pilihan yang bijak di sertai alasan yang bisa di terima oleh anak seperti pada saat anak ingin makan gudeg dan apel malang namun si ibu ingin apel washington dan fried chicken si ibu memberikan alasan memesan makanan tersebeut karena ingin bernostalgia dengan ayah dari si anak tersebut. pun ketika si anak mengemukakakn pendapat an sudut pandangnya si ibu akan memberikan jawaban dengan alasan dan perbandingan. dalam video 2 ibu juga terlihat mendorong anak untuk memiliki rasa suka dengan lagu rasa sayange dengan pancingan reward
Dari dua video di atas dapat di simpulkan bahwa ibu dalam video 1 tidak begitu peduli dengan apa yang anak pikirkan dan lebih cenderung mengarahkan anak untuk lebih menyukai produk produk yang berasal dari luar negeri. dan dari video 2 ibu terlihat mendukunga nak dalam memperoleh pengetahuan tentang kebangsaan nya dan memndoronga nak agar bisa tetap belajar menyukai produk lokal dengan tetap menghargai atau mengenalkan produk luar dengan alasan yang tepat.
2. Hal hal yang dapat membantu meningkatkan rasa cinta tanah air kepada anak bisa di lakukan dengan berbagai macam cara saah satu nya adalah dengan menunjukan atau memberi contoh dengan kebanggan terhadap peristiwa maupun hal hal yang bisa ditemukan dan terjadi di lingkungan sekitar. contoh yang bisa dan mungkin terjadi adalah melalui kesenian tradisional yang masih banyak di temukan dari situ kita bisa memulai untuk menanamkan cinta tanah air dan kebangsaan melalui menari. selain itu contoh nyata dari penyebutan label lokal dan bangga akan buatan dan karya anak bangsa bisa kita ulang dan sugestikan terhadap anak sehingga anak akan tebiasa untuk mendengar dan mencintai dengan bangga terhadap hal hal yang berkaitan dengan negara nya.
3. Sikap saya ketika ada keluarga yang menggunakan bahasa daerah adalah menghormati dan ikut bangga dengan keluarga/ anggota keluarga tersebut. di jaman sekarang acapkali bahasa daerah di bilang kuno dan ketinggalan jaman jadi menurut saya orang yang masih mau menggunakan bahasa daerah adalah orang orang yang bangga dan mencintai tanah air nya serta berusaha untuk melestarikan dan menjaga salah satu kekayaan bahasa sebagai eujud rasa cinta nya terhadap bangsa dan negara.
4. Peran orang tua dalam hal ini menurut pendapat saya berperan lebih besar karena porsi waktu dan kebersamaan anak dengan orang tua lebih banyak daripada di sekolah,. dan dalam hal ini kerjasama antara orang tua dan pihak sekolah harus bisa di lakukan agar tercapai tujuan yang di harapkan. orang tua juga harus memberikan contoh nyata dalam keseharian sehingga anak bisa meneladani dan kemudian pelan pelan menjadi kebiasaan dan di harapkan akan tumbuh rasa suka. orang tua di rumah bisa memperkenalkan permainan tradisional untuk bonding bersama anak sambil bernostalgia mengenang masa kecil, mendengarkan lagu dan musik tradisional serta mengajak anak melihat kesenian tradisional. lalu memakai barang barang lokal dan mengatakan kepada anak bahwa barang buatan dalam negeri juga memiliki kualitas yang baik dan tidak kalah dengan buatan luar negeri. menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air di mulai dari hal hal kecil dan yang ada di lingkungan skitar.
5. Peran sekolah dalam meningkatkan rasa cinta tanah air kepada anak bisa di lakukan dengan berbagai macam cara,. dalam hal ini sekolah bisa di bilang sebagai pihak penguat yang akan memmeprkuat rasa cinta tanah air yang sudah di miliki oleh anak yang secara tidak langsung juga telah tumbuh dan tertanam baik itu di dapat dari rumah maupun di lingkungan sekitar nya. contoh yang bisa di ambil dalam hal ini adalah melakukan kegiatan yang berhunungan dengan tanah air ke dalam sebuah tema. bisa di mulai dengan pengenalan baju adat, lalu pengenalan tari tradisional, pengenalan makanan tradisional dan lain lain nya. dari sini anak akan belajar bagaimana untuk memahami dan mencintai adat serta budaya bangsa nya. di sekolah saya juga setiap hari melakukan nasionalisme pagi untuk memupuk rasa cinta tanah air sejak dini di mualai dengan kegiatan berbaris, menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya kemudian menyanyikan lagu nasional dan lagu daerah yang di ganti ganti setiap hari agar anak tahu dan mengenal serta bisa tertanam jiwa nasionalisme sejak dini
NAMA: LULUK ERAWATI
NIM: 858536843
UPBJJ: SEMARANG
SEMESTER: 4 (Empat)
1. Menurut pendapat saya mengenai tayangan video tersebut yaitu:
Tayangan video tersebut sangat bermanfaat, karena menurut pendapat saya dapat membantu dan mencontohkan bagaimana cara kita sebagai orang tua harus mendukung minat anak serta mengarahkan ke dalam hal yang positif. Di dalam video tersebut ditayangkan bahwa kita sebagai orang tua tidak bisa memaksakan keinginan anak agar searah atau sama dengan keinginan orang tua, jika ingin anak melakukan hal-hal yang kita inginkan maka kita harus mengolaborasikan keinginan kita dengan keinginan anak itu sendiri, tindakan ini dapat mencegah anak agar tidak merasa cemas, terkekang, tertekan, dan rasa-rasa negatif lainnya. Selain itu tayangan tersebut dapat memberikan contoh kepada orang tua bahwa orang tua wajib mendukung apa yang diajarkan oleh guru di sekolah yaitu sebagai contoh tentang mengenalkan Cinta Tanah Air, karena tanpa ada dukungan orang tua, anak akan merasa bimbang/ragu tentang apa yang diajarkan di sekolah dengan apa yang diajarkan orang tuanya di rumah. Anak akan merasa kebingungan untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Membentuk karakter anak sebaiknya dimulai sejak usia dini karena pada tahap ini anak berada pada masa keemasan perkembangan (golden age). Salah satu karakter penting yang perlu ditanamkan adalah nilai cinta tanah air, sebagai bagian dari pembentukan identitas kebangsaan. PAUD sebagai satuan pendidikan pertama memiliki peran strategis dalam proses ini, dengan dukungan dari keluarga dan masyarakat. Globalisasi telah membawa dampak positif dan negatif, termasuk dalam bentuk asimilasi budaya. Oleh karena itu, penting bagi lingkungan sekitar anak untuk menjaga nilai-nilai lokal dan nasional agar tidak luntur oleh budaya luar yang masuk tanpa filter. Sikap, tutur kata, dan pola pikir anak perlu dibentuk dengan penguatan nilai kebangsaan yang kontekstual.
2. Hal-Hal yang Dapat Membantu Mengenalkan Cinta Tanah Air pada Anak
– Mengenalkan simbol negara, seperti bendera, lambang Garuda, lagu kebangsaan melalui cerita dan nyanyian.
– Menggunakan lagu anak dan permainan tradisional dari berbagai daerah.
– Melibatkan anak dalam peringatan hari besar nasional, seperti Hari Kartini atau Hari Kemerdekaan.
– Mengenalkan budaya lokal melalui pakaian adat, tarian, makanan, dan cerita rakyat.
– Menanamkan kebiasaan menjaga kebersihan lingkungan, yang juga merupakan wujud cinta tanah air.
– Memanfaatkan media pembelajaran visual dan naratif (gambar, buku cerita, video edukatif) yang menggambarkan kekayaan Indonesia.
Referensi:
– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan PAUD.
– Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
– UNESCO. (2010). Early Childhood Care and Education Regional Report.
3. Sikap terhadap Keluarga yang Menggunakan Bahasa Daerah.
Penggunaan bahasa daerah oleh keluarga perlu dihargai dan dilestarikan, karena merupakan warisan budaya yang memperkaya keberagaman bangsa. Menggunakan bahasa ibu juga memperkuat identitas budaya anak. Hal ini tidak bertentangan dengan nilai nasionalisme, justru bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang beragam namun tetap satu (Bhinneka Tunggal Ika).
Referensi:
– Kemendikbud. (2020). Revitalisasi Bahasa Daerah.
– Halliday, M.A.K. (1975). Learning How to Mean: Explorations in the Development of Language.
4. Peran Orang tua dalam Memberi Teladan Cinta Tanah Air. Orang tua adalah model utama bagi anak. Beberapa bentuk peran orang tua yaitu:
– Menggunakan produk lokal dan menjelaskan pentingnya mencintai buatan Indonesia.
– Mengajarkan gotong royong dan sopan santun, nilai-nilai budaya khas Indonesia.
– Menceritakan kisah pahlawan nasional dan budaya lokal sebagai bagian dari cerita harian anak.
– Berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial dan nasional bersama anak.
Referensi:
– Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human Development.
– Direktorat Pembinaan PAUD. (2018). Pedoman Peran Serta Keluarga dalam Pendidikan Anak Usia Dini.
5. Peran sekolah dalam Mengenalkan Cinta Tanah Air pada Anak
Sekolah berperan penting karena menjadi tempat anak belajar nilai sosial dan kebangsaan.
Contoh kegiatan:
– Upacara bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan secara rutin.
– Tema-tema pembelajaran PAUD, seperti “Negaraku”, “Lingkungan”, dan “Pahlawanku”.
– Kegiatan mewarnai bendera, menari tarian daerah, menyanyi lagu nasional dan daerah.
– Kunjungan edukatif ke tempat bersejarah atau budaya.
– Mengadakan Pentas Seni yang menampilkan keragaman budaya Indonesia.
Referensi:
– Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD.
– Kemdikbud. (2019). Modul Pembelajaran PAUD Tematik: Aku Cinta Indonesia.
Demikian yang dapat saya sampaikan, apabila ada kekurangan mohon maaf dan mohon bimbingannya 🙏🏻
Nama: Asrianti.
NIM: 856641798.
UPBJJ: Jambi.
Pendapat saya tayangan vidio ini sangat bermanfaat dan inspiratif dalam upaya membentuk karakter anak bangsa yang masih usia dini, khususnya dalam menanamkan nilai cinta tanah air.
Hal-hal yang dapat membantu mengenalkan cinta tanah air pada anak antar lain:
– memperkenalkan budaya daerah pada anak seperti tarian daerah, bahasa daerah, permainan tradisional daerah, serta cerita rakyat.
– mengajarkan anak lagu Nasional seperti lagu kebangsaan Indonesia Raya.
Sikap saya ketika ada keluarga yang menggunakan bahasa daerah adalah saya ikut bangga dan menghargai dengan keluarga tersebut karena diera moderen saat ini banyak masyarakat yg terpengaruh dgn bahasa luar sehingga bahasa daerah hampir 80%sudah tidak di perkenankan pada pada generasi muda terutama anak usia dini.
Orang tua merupakan peran utama yg sangat penting dalam membentuk karakter anak dan memberikan teladan mengenai cinta tanah air.
Sekolah juga memiliki peran dalam meningkatkan rasa cinta tanah air pada anak dengan melakukan berbagai cara misalnya memilih tema yang berhubungan dengan cinta tanah air seperti pengenalan tarian tradisional daerah serta pakaian daerah dan cara penggunaannya.dll.
Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh
kepada Ibu dosen yang terhormat izin menjawab
Nama: NURUL FALAH
Nim : 859179044
UPBJJ: LOMBOK
SEMESTER 2
– VIDEO 1 = menurut saya dari tayangan ibu sama anak tersebut Positif dan juga negatif tetapi saya kurang setuju dengan ibu selalu mengenalkan tokoh atau
pahlawan luar
negeri seperti mengenalkan boneka, pahlawan dan tempat wisata luar negeri, dari contoh tersebut si ibu tidak mendukung atau menuruti
kemauan anak,membuat anak tidak percaya diri atau tertekan, tidak dituruti kemauannya, selain itu juga mengenalkan makanan yang siap saji
atau yang dipesan diluar juga tidak baik, kita tidak tau apakah itu bersih, tidak terjamin kesehatannya, mengenalkan anak masakan yang bergizi
atau daerah indonesia, agar anak tau makanan dan tempat wisata indonesia dan pahlawan, cara pengolahan benar atau tidak. selain itu juga ibu
tidak mendukung anak, saran saya kenalkan kepada anak agar anak bangga dan cinta indonesia.
– VIDEO 2 = mendukung keinginan anak, mengenalkan tokoh pahlawan kepada anak dan mengenalkan tokoh luar negeri, ,mengenalkan lagu daerah dan luar
negeri, cara menumbuh kembangkan dengan cara mengenali atau menyuruh anak membuat hasil karya sendiri, ajak anak-anak untuk berkereasi
berimajinasi yaitu membuat kerajinan tangan dari bahan alam dengan budaya indonesia, mengenalkan anak barang yang dipakai atau tidak dan
mengenalkan biaya murah atau mahal, bernilai muatan cinta tanah air dan budaya bangsa indonesia
Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh
kepada Ibu dosen yang terhormat izin menjawab
Nama: NURUL FALAH
Nim : 859179044
UPBJJ: LOMBOK
SEMESTER 2
– VIDEO 1 = menurut saya dari tayangan ibu sama anak tersebut Positif dan juga negatif tetapi saya kurang setuju dengan ibu selalu mengenalkan tokoh atau
pahlawan luar
negeri seperti mengenalkan boneka, pahlawan dan tempat wisata luar negeri, dari contoh tersebut si ibu tidak mendukung atau menuruti
kemauan anak,membuat anak tidak percaya diri atau tertekan, tidak dituruti kemauannya, selain itu juga mengenalkan makanan yang siap saji
atau yang dipesan diluar juga tidak baik, kita tidak tau apakah itu bersih, tidak terjamin kesehatannya, mengenalkan anak masakan yang bergizi
atau daerah indonesia, agar anak tau makanan dan tempat wisata indonesia dan pahlawan, cara pengolahan benar atau tidak. selain itu juga ibu
tidak mendukung anak, saran saya kenalkan kepada anak agar anak bangga dan cinta indonesia.
– VIDEO 2 = mendukung keinginan anak, mengenalkan tokoh pahlawan kepada anak dan mengenalkan tokoh luar negeri, ,mengenalkan lagu daerah dan luar
negeri, cara menumbuh kembangkan dengan cara mengenali atau menyuruh anak membuat hasil karya sendiri, ajak anak-anak untuk berkereasi
berimajinasi yaitu membuat kerajinan tangan dari bahan alam dengan budaya indonesia, mengenalkan anak barang yang dipakai atau tidak dan
mengenalkan biaya murah atau mahal, bernilai muatan cinta tanah air dan budaya bangsa indonesia
dari video tersebut sangat bermanfaat bagi saya, menambah ilmu pengetahuan saya terimakasih.
Nama : Lisnawati
Nim : 85606352
” Pengenalan cinta tanah air pada anak usia dini”
1. Menurut pendapat saya pada tayangan video pertama menunjukkan bahwa pentingnya orangtua dan guru dalam memberikan contoh dan arahan yang benar terhadap anak karena anak akan selalu meniru apa yang dilihat dan di dengar seperti pada video diatas mengenalkan cinta tanah air.
2. Hal yang dapat membantu anak dalam cinta tanah air dapat dilakukan pengenalan melalui cerita/dongeng tentang pengenalan identitas negara indonesia.
3. Sikap menemukan keluarga menggunakan bahasa daerah karena bahasa daerah adalah bagian dari identitas budaya dan nasional. Bahasa daerah dapat memperkuat rasa bangga dan kebersamaan keluarga dan masyarakat. Bahasa daerah sangat penting untuk menghargai bahasa daerah sebagai warisan budaya bangsa.
4. Peran orangtua dalam memberikan teladan cinta tanah air sangatlah penting karena orangtua dapat memberikan contoh dari bercerita tentang perjuangan pahlawan indonesia pada masa penjajahan dahulu.
5. Peran sekolah dalam mengenalkan cinta tanah air sangat penting dalam mengenalkan cinta tanah air pada anak. Sekolah dapat mengajarkan sejarah dan perjuangan nasional serta mengajarkan nilai-nilai nasionalismedan mengadakan kegiatan kebangsaan.
nama : nasiyah yuliasari w
nim : 857863489
judul: Pengenalan cinta tanah air pada anak usia dini
menurut saya video diatas sangat bermanfaat dan memberikan gambaran bagaimana cara kita dapat mengenalkan anak tentang cinta terhadap tanah air melalui media gambar maupun video dan lagu.
cara untuk menumbuh kembangkan kecintaan dan kebanggaan cinta tanah air disekolah yaitu melalui :
1. mengenalkan anak dan mengajak anak melakukan upacara bendera setiap hari senin dan hari tertentu
2. mengenalkan anak lagu lagu daerah dan lagu nasional
3. memberikan pembelajaran sentra dan menggangkat tema cinta tanah air
4. mengenalkan dan mengajarkan anak tari tari tradisional yang mudah
5. mengenalkan dan mengajak anak mencoba makanan maupun jajan tradisional
Nama : Murtini
Nim : 860000862
UPBJJ: Kota Semarang
Semester : 8
1. Menurut saya mengenai Tayangan vidio tersebut adalah
Vidio 1 : menceritakan tentang seorang anak yang menanyakan tentang pahlawan, ibu belum paham bagaimana penyampaian bahasa walau sebenarnya ibu
tidak tahu jawabannya. si ibu cenderung berbicara atau mengalihkan pembicaan tentang produk luar negeri bukan ke fokus tentang pahlawan, di sini malah
menceritakan produk-produk bukan dalam negeri.
Vidio II : Menceritakan seorang anak yang menginginkan makanan tradisional, karena orang tuanya lebih bijak dan paham tentang apa yang menjadi ajakan
putrinya dengan bahasa yang mudah di pahami oleh ananda.
maka bisa di tarik kesimpulan bahwa pembelajaran bahasa keanak harus menunjukkan bahwa pembelajaran pendekatan berbasis proyek , di mana di sini
siswa bisa belajar mengenal CINTA TANAH AIR dengan cara yang menyenangkan. dalam vidio ini anak-anak juga di libatkan secara langsung terlibat aktif dan
mereka bisa belajar nama-nama pahlawan, makanan tradisional atau pengenalan produk-pdoduk dalama negeri. simbol-simbol nasionalisme dengan simbol-
simbol yang sangat sederhana.
2. Hal apa yang dapat membantu mengenalkan cinta tanah air pada anak?
a. Mengenalkan Makanan tradisonal (Gudeg,Pecel, makanan khas daerah lainnya)
b. Mengenalkan Lagu-lagu daerah
c. Mengenalkan permainan tradisional ( petak umpet,engklek,cublek-cublek suweng dll)
d. Menceritakan kisah pahlawan-pahlawan Indonesia
e, Mengenalkan Produk-produk lokal ( batik)
3. Bagaimana sikap anada jika menemukan keluarga yang menggunakan bahasa daerah?
Sangat kita Apresiasi, karena di zaman saat ini budaya- budaya lokal sudah mulai sedikit demi sedikit budaya tradisional hilang ( bahasa jawa sudah sangat
jarang di gunakan, mungkin biasa menggunakan bahasa Indonesia. untuk itu mari kita dukung dan apresiasi untuk keluarga masih menggunakan bahasa
daerah, karena sebagai bahasa persatuan.
4. Bagaimana peran orang tua dalam memberikan teladan pada anak mengenai cinta tanah air? berikan pendapat anada.
a. memberikan contoh menggunakan produk-produk dalam negeri ( Makanan, pakaian)
b. Mengajak anak mengenalkan tempat-tempat bersejarah ( Lawang sewu, museum Ronggowasito, masjid agung Jawa Tengah dll)
c. Menyekolahkan ananda di tempat yang masih mengenalkan Produk-produk lokal ataupun budaya dan bahasa.
d. Mengajak anak ikut kegiatan orang Tua, misal gotong royong RT/RW atau kegiatan-kegiatan silaturahmi lainnya.
e. Mengajarkan budaya sopan santun ataupun budaya -budaya lokal.
5. Bagaimana peran sekolah dalam mengenalkan cinta tanah Air pada anak? berikan contoh.
Sekolah berperan sebgai tempat wadah komunikasi kedua setelah keluarga, yaitu untuk memperkuat nilai cinta tanah air.
Contohnya adalah
1. Mengadakan kegiatan Outing class ke Museum Ronggowarsito,Kota Lama,Masjid Jateng, lawang sewu dll
2. Mengadakan kegiatan Upacara bendera sepekan sekali
3. Penggunaan pakaian batik
4. di lembaga kami setiap kamis menggunakan seragam batik, serta belajar Permainan budaya lokal
5 Membuat proyek PBL ( seperti membuat bendafarahari senin)
Nama : Galuh Lestari
UPBJJ : Banjarmasin
Apa pendapat Anda mengenai tayangan video tersebut?
Tayangan video tersebut menunjukan pentingnya peran orang tua dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air.
Hal apa saja yang dapat membantu mengenalkan cinta tanah air pada anak?
-Mengenalkan simbol, lambang negara, serta melalui kisah perjuangan para pahlawan.
-Melaksanakan upacara bendera setiap hari senin.
-Mengenalkan lagu daerah, budaya, makanan khas dan permainan tradisional suatu daerah.
Bagaimana sikap Anda jika menemukan keluarga yang menggunakan bahasa daerah?
Penggunaan bahasa daerah adalah upaya melestarikan dan menghargai keberagaman suku bangsa serta merupakan bentuk cinta tanah air.
Bagaimana peran orang tua dalam memberikan teladan pada anak mengenai cinta tanah air? Berikan pendapat Anda!
Orang tua dapat memulai menanamkan rasa cinta tanah air dengan cara memberikan pemahaman pada anak betapa berharganya budaya dan uniknya keberagaman budaya dan bahasa. Orang tua dapat memberikan pemahan dengan bahasa yang mudah untuk dipahami. Orang tua juga bisa membawa anak-anak ketempat bersejarah, mengenalkan dengan menyayikan bersama lagu-lagu daerah.
Bagaimana peran sekolah dalam mengenalkan cinta tanah air pada anak? Berikan contoh!
– Merayakan hari-hari besar nasional. Memperingati hari sumpah pemuda dan peringatan hari kemerdekaan indonesia.
– Membuat lingkungan yang aman, dan nyaman.
– Penggunaan bahasa Indonesia.
– Menghargai keberagaman
– Bangga menggunakan produk dalam negeri.
– Pengenalan bahasa daerah dan materi pembelajaran muatan lokal.
– Membuat hasil karya sendiri yang berkaitan dengan budaya menggunakan bahan dari alam lingkungan sekitar.