silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Membentuk karakter paling tepat dilakukan sejak usia dini sebagai pondasi awal. Jika dapat terbentuk dengan baik maka pada generasi mendatang akan menjadi generasi yang berkarakter kuat. Untuk mewujudkan PAUD berkualitas maka dibutuhkan kerjasama yang kuat antara keluarga (orang tua), lingkungan sekolah dan masyarakat. Tantangan dunia pendidikan di era globalisasi saat ini demikian kompleks, telah memberikan banyak perubahan dan dampak terhadap masyarakat sekitar salah satunya adalah asimilasi dalam bentuk budaya. Pergeseran nilai , akulturasi dan asimilasi dari berbagai pilar budaya perlu disikapi dengan cermat dan komprehensif. Tutur kata/ucapan/kata/kalimat, sikap/perilaku/adab dan pola fikir turut serta mengiringi perubahan tersebut.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Apa pendapat Anda mengenai tayangan video tersebut?
  2. Hal apa saja yang dapat membantu mengenalkan cinta tanah air pada anak?
  3. Bagaimana sikap Anda jika menemukan keluarga yang menggunakan bahasa daerah?
  4. Bagaimana peran orang tua dalam memberikan teladan pada anak mengenai cinta tanah air? Berikan pendapat Anda!
  5. Bagaimana peran sekolah dalam mengenalkan cinta tanah air pada anak? Berikan contoh!

Similar Posts

613 Comments

  1. komentar saya tentang video diatas pengenalan kecintaan tanah air kepada anak harus didukung oleh peran serta orang tua dan guru, baik berupa pengenalan pahlawan nasional, lagu daerah serta cerita-cerita yang berhubungan dengan kecintaan terhadap tanah air. hal ini akan mampu menumbuhkan rasa nasonalis terhadap anak sejak dini

  2. nama : widyaningsih
    nim :858018554

    perlu menjadi renungan orang tua dan guru untuk menanamkan rasa cinta dan bangga pada tanah air. penanaman kecintaan dan kebanggaan tanah air ini sebaiknya dilakukan sejak usia dini supaya anak mendapat identitas nasional dan mengetahui bahwa ia merupakan bagian dari warga negara indonesia. disekolah

  3. Nama : Febri Pratiwi
    Nim : 860032124

    Menurut saya ,di dalam video ini menggambarkan bahwa seorang anak bisa mencintai tanah airnya sendiri itu sangat di pengaruhi oleh lingkungan dan orang tua nya sendiri. Ternyata di era moderenisasi sekarang ini dapat menimbulkan kurangnya rasa cinta tanah air, begitu banyak orang merasa barang-barang, gaya hidup sampai makanan dari luar negeri itu lebih baik dari dalam negeri kita sendiri.
    Untuk menanamkan cinta tanah air kepada anak usia dini, kita sebagai tenaga pengajar bisa menyelipkan rasa cinta tanah dalam pembelajaran sehari-hari di dalam kelas, seperti menyanyikan lagu-lagu daerah, membuat kerajinan tangan bertemakan kahs daerah ,juga mengenalkan aneka makanan khas daerah yang tidak kalah enak dari makanan-makanan moderen serapan luar negeri.
    pembelajaran dari portal guru pintar ini sangat bermanfaat bagi saya yang belum menjadi guru, juga video nya mudah di pahami.

  4. Terima kasih atas vidio ini karna saya bisa lebih tahu lagi mengenai selain guru di sekolah yang mengajarkan anak dalam pengenalan cinta tanah air pada anak usia dini , peran orang tua pun sangat penting dalam hal mengajarkan anak- anaknya mengenal tokoh-tokoh indonesia dan lagu lagu anak indonesia .
    Boleh mengajarkan anak dengan tokoh luar tapi dengan hal yang positif dan dalam hal-hal yang baik

  5. Nama: Ruslianthi
    Nim : 858199423

    Terima kasih atas vidio ini karna saya bisa lebih tahu lagi mengenai selain guru di sekolah yang mengajarkan anak dalam pengenalan cinta tanah air pada anak usia dini , peran orang tua pun sangat penting dalam hal mengajarkan anak- anaknya mengenal tokoh-tokoh indonesia dan lagu lagu anak indonesia .
    Boleh mengajarkan anak dengan tokoh luar tapi dengan hal yang positif dan dalam hal-hal yang baik

  6. Nama : Lisneweri Simamora
    NIM : 856532073

    Melalui tayangan video ini, menganjurkan setiap orang tua dan guru menanamkan cinta akan tanah air terhadap anak sejak dini, melalui pembelajaran disekolah atau di rumah dengan cara mengenalkan pahlawan dan pemimpin indonesia, mencintai produk lokal, serta mengenalkan lagu-lagu daerah dan nasional juga mengenalkan daerah yang ada di bangsa ini. Prilaku orang tua sangat berpengaruh terhadap kecintaan anak usia dini dan kebanggaan pada tanah airnya.

  7. Nama : Musyarrifah
    NIM : 858482544

    Pendapat sya tentang video di atas pembelajaran tentang renungan bahwa Bagaimana perilaku orang tua sangat mencerminkan perilaku anak cinta terhadap tanah air. Video tersebut orang tua harus bersikap dimana orang harus saling mendukung dan menguatkan anak agar anak cinta terhadap tanah airnya. Seperti di video tersebut saat anak menyanyikan lagu “rasa sayange” orang tua tetap mendukung serta memberikan ekspresi jika anak dapat menghafalkan lagu tersebut dengan baik dan tidak mengapa jika orang tua mengaitkan antara tanah air orang lain Tetapi lebih mengapresiasi anak jika cinta terhadap tanah airnya seperti dengan mengetahui tempat-tempat yang indah di negaranya di negara tanah air.

    Kemudian Saran saya untuk video tersebut guru dapat Cara memperkenalkan pembelajaran tentang tanah airnya tersebut, dengan orang tua atau guru di sekolah mengaitkan pembelajaran model problem Based Learning atau proyek di mana ini dilakukan dengan menggali tentang apa saja suku dan budaya anak tersebut kemudian setelah mengetahuinya orang tua dapat kolaborasi dengan guru dengan memperkenalkan, anak tanah kelahirannya, menyebutkan sukunya kemudian, makanan di daerahnya,lagu daerahnya, baju adatnya rumah adatnya dan bagaimana bahasa daerahnya. Dan ini dapat menjadi proyek di Hari Kartini di mana anak memakai busana Sesuai adat dan sukunya kemudian jika anak dapat bernyanyi lagu sesuai daerahnya dan jika membawa makanan khas dan bagaimana bahasa yang digunakan di daerah tersebut.

  8. Nama : Musyarrifah
    Nim : 858482544

    Pendapat sya tentang video di atas pembelajaran tentang renungan bahwa Bagaimana perilaku orang tua sangat mencerminkan perilaku anak cinta terhadap tanah air. Video tersebut orang tua harus bersikap dimana orang harus saling mendukung dan menguatkan anak agar anak cinta terhadap tanah airnya. Seperti di video tersebut saat anak menyanyikan lagu “rasa sayange” orang tua tetap mendukung serta memberikan ekspresi jika anak dapat menghafalkan lagu tersebut dengan baik dan tidak mengapa jika orang tua mengaitkan antara tanah air orang lain Tetapi lebih mengapresiasi anak jika cinta terhadap tanah airnya seperti dengan mengetahui tempat-tempat yang indah di negaranya di negara tanah air.

    Kemudian Saran saya untuk video tersebut guru dapat Cara memperkenalkan pembelajaran tentang tanah airnya tersebut, dengan orang tua atau guru di sekolah mengaitkan pembelajaran model problem Based Learning atau proyek di mana ini dilakukan dengan menggali tentang apa saja suku dan budaya anak tersebut kemudian setelah mengetahuinya orang tua dapat kolaborasi dengan guru dengan memperkenalkan, anak tanah kelahirannya, menyebutkan sukunya kemudian, makanan di daerahnya,lagu daerahnya, baju adatnya rumah adatnya dan bagaimana bahasa daerahnya. Dan ini dapat menjadi proyek di Hari Kartini di mana anak memakai busana Sesuai adat dan sukunya kemudian jika anak dapat bernyanyi lagu sesuai daerahnya dan jika membawa makanan khas dan bagaimana bahasa yang digunakan di daerah tersebut.

  9. Tayangan video tersebut memberikan 2 gambaran perilaku orang tua dalam berperan membentuk karakter anak dalam kecintaan dan kebanggaan anak pada Tanah air.
    Peran utama yang dapat membantu anak dalam mengenal dan menumbuhkan kecintaan pada tanah air yaitu kerjasama yang kuat antara keluarga/orang tua, lingkungan sekolah/guru, dan masyarakat. Mengenalkan cinta tanah air dapat dilakukan melalui beberapa hal seperti mengenalkan tokoh-tokoh pahlawan Tanah air melalui gambar, cerita, atau menonton film, membeli dan menggunakan produk-produk dalam negeri, gemar mengkonsumsi makanan-makanan khas daerah/produksi dalam negeri, mengunjungi tempat-tempat wisata dalam negeri, mengenalkan lagu-lagu daerah.
    Jika saya menemukan keluarga yang menggunakan bahasa daerah saya akan menghargainya, karena perbedaan dalam Tanah air itu adalah hal yang unik, seperti Bineka Tunggal Ika.
    Perilaku orang tua adalah menjadi peran utama dan sangat berpengaruh dalam memberikan teladan pada anak mengenai cinta tanah air.
    Lingkungan sekolah/guru juga salah satu peran yang mendukung dalam mengenalkan cinta Tanah air pada anak usia dini, contohnya :
    -Guru dapat mengenalkan dan mengajak anak untuk menyanyikan lagu-lagu daerah dan menari tarian daerah
    -Mengenalkan makanan-makanan tradisional/makanan khas daerah dan makanan produk dalam negeri kepada anak didiknya
    -mengenalkan pahlawan-pahlawan tanah air yang telah gugur dengan cara memeperlihatkan gambar, menonton video/film atau bercerita
    -Mengenalkan tempat-tempat yang indah yang dapat di kunjungi yang ada di dalam negeri

    Masukan dan saran tentang video pembelajaran dari portal guru pintar, semoga portal guru pintar dapat memberikan ilmu dan pengetahuan melalui video-video yang sangat bermanfaat dan menginspirasi sehingga dapat membantu saya untuk menjadi guru kaya.

  10. Nama: Elisabeth Sarisetyawati
    NIM: 877641907
    UPBJJ: UT Jakarta

    Pengenalan Cinta Tanah Air pada Anak Usia Dini (berisi dua tayangan berbeda yang memperlihatkan dua jenis perilaku orang tua terhadap pengenalan budaya dan cinta tanah air kepada anak)
    Komentar Saya Terhadap Video:
    Menurut saya, video ini sangat menarik dan menyentuh karena memperlihatkan perbedaan sikap dua orang tua dalam memperkenalkan nilai-nilai budaya dan kebangsaan kepada anak. Tayangan pertama memperlihatkan orang tua yang tanpa sadar lebih membiasakan anak dengan budaya luar, mulai dari pilihan tontonan, makanan, mainan, hingga lagu dan rencana liburan. Hal ini memberikan gambaran bahwa anak bisa tumbuh tanpa referensi yang kuat terhadap budaya bangsa sendiri, jika lingkungan keluarga tidak memberi contoh atau dukungan yang tepat.
    Sebaliknya, pada tayangan kedua, orang tua mulai mengimbangi budaya luar dengan memperkenalkan budaya Indonesia, seperti film nusantara, makanan khas daerah, mainan tradisional, dan lagu daerah. Anak pun tampak mulai mengenali dan mencintai kekayaan budaya Indonesia. Saya pribadi sangat tersentuh dengan peran si anak yang tetap menyebut Raja Ampat sebagai destinasi impiannya, menunjukkan bahwa sebenarnya anak bisa diarahkan untuk mencintai tanah airnya jika diberikan contoh dan ruang untuk mengenal budaya sendiri.
    Masukan dan Saran:
    Video ini sudah sangat bagus sebagai bahan refleksi bagi guru dan orang tua. Namun saya menyarankan agar di akhir video diberikan kesimpulan yang menegaskan pesan utama secara singkat dan jelas. Akan lebih menarik lagi jika disertai dengan cuplikan kegiatan nyata di sekolah PAUD yang mengangkat tema cinta tanah air, agar guru bisa langsung menerapkannya di kelas.
    Apakah Video dari GPO Membantu Saya Menjadi Guru PAUD yang ‘Kaya’?
    Menurut saya, iya. Video ini membuat saya lebih “kaya” secara pemahaman, kesadaran, dan ide dalam menanamkan nilai cinta tanah air sejak usia dini. Sebagai wali kelas TK A, saya jadi terinspirasi untuk menyusun kegiatan sederhana yang mengangkat budaya Indonesia, seperti membuat kerajinan dari bahan bekas bertema nusantara, mengenalkan lagu-lagu daerah, atau bercerita tentang pahlawan nasional.
    Saya juga jadi lebih peka bahwa sebagai guru PAUD, saya bukan hanya mendidik anak-anak, tetapi juga perlu membangun komunikasi dan kerja sama yang baik dengan orang tua agar nilai-nilai karakter yang diajarkan di sekolah juga didukung di rumah. Dengan begitu, anak-anak akan tumbuh menjadi generasi yang bangga menjadi bagian dari Indonesia.

Leave a Reply