silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:
- menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
- mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
- menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
- menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
- melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
- menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.
Toto Fathoni
–
–
Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.
Herwati, M.Pd
Kelemahan Pembelajaran dalam Video
Dalam video mata pelajaran IPA dengan judul Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata dalam Menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Lingkungan Sekitar, terdapat beberapa kelemahan :
1. Kelemahannya adalah tidak ada salam pembuka dan persepsi
2. Kurang aktifnya siswa menerima pelajaran yang diberikan guru
3. Siswa kurang mampu melaksanakan tugas secara optimal.
Kelemahan Pembelajaran dalam Video
Dalam video mata pelajaran IPA dengan judul Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata dalam Menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Lingkungan Sekitar, terdapat beberapa kelemahan :
a. Kelemahannya adalah tidak ada salam pembuka dan persepsi
b. Kurang aktifnya siswa menerima pelajaran yang diberikan guru
c. Siswa kurang mampu melaksanakan tugas secara optimal.
Nama : Siti Meysara
NIM : 858437929
Semester : VI (Enam)
UPBJJ : UT Samarinda
ijin menanggapi video pembelajaran diatas.
Ringkasan isi video
Di dalam video ini kita dapat melihat bagaimana situasi proses pembelajaran di kelas dimana seorang guru sedang menjelaskan materi pembelajran IPA yang isi dari materinya adalah tentang Fotosintensis pada tumbuhan namun menurut saya apa yang disampaikan oleh guru tersebut kurang mendapat respon dari para siswanya. Yang mana membuat guru tersebut menggunakan metode field atau karya wisata dalam menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
Kelemahan pembelajaran dalam video
1. Diawal proses pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti, berdoa sebelum memulai pembelajaran, mengabsen dan menanyakan kesiapan peralatan siswa sebelum memulai proses belajar serta tidak memberikan motivasi agar siswa tetap semangat belajar.
2. Guru tidak menjelaskan apa tujuan dari pembelajaran yang dicapai
3. Guru tidak menanyakan kembali atau mengulang materi pembelajaran sebelumnya yang berkaitan dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.\
4. Diawal pembelajaran guru juga menggunakan metode cerama selama proses pembelajar berlangsung sehingga siswa kurang merespon dengan apa yang disampaikan oleh guru dan lebih cenderung merasa bosan.
Kelebihan pembelajaran dalam video
1. Guru menggunakan metode field atau karya wisata sehingga siswa merasa tertarik, yang dimana metode ini dapat meningkatkan kreatifitas siwa dalam berpikir tentang materi yang berkait dengan lingkungan disekitar.
2. Siswa dapat menambah pengalaman dalam pembelajaran dengan turun secara langsung kelapangan sehingga siswa menjadi lebih semangat dan mencoba mencari tau hal-hal baru serta hal-hal yang belum mereka pahami.
Hal unik yang terdapat dalam video pembelajaran
1. Kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan .
2. Siswa menjadi lebih aktif dan dapat mengamati tumbuh-tumbuhan secara langsung.
Rencana pembelajaran yang akan dilakukan
1. Melakukan kegiatan awal sebelum memulai proses pembelajaran seperti, berdoa sebelum memulai pembelajaran, mengabsensi siswa dan menanyakan Kesiapan peralatan siswa serta mengulang kembali materi yang sudah disampaikan atau dijelaskan sebelumnya.
2. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
3. Melakukan metode field atau karya wisata agar siswa tidak merasa bosan dan lebih berperan aktif dalam pembelajaran
4. Memberikan tugas laporan dari hasil pengamatan yang telah dilakukan.
Nama : Noviarima Dwi Rizki
NIM. : 859691371
Pokjar : Waru Sidoarjo
1. Kelemahan pembelajaran dalam video diatas adalah:
a. Kelemahan pertama guru tidak memberikan salam pembuka ataupun motivasi awal belajar untuk siswa
b. Guru kurang melakukan pendekatan pada siswa.
c. Guru terlalu monoton dalam menjelaskan sehingga siswa merasa bosan.
2. Kelebihan dari pembelajaran dalam video tersebut adalah:
Siswa dapat lebih cepat memahami pelajaran dengan metode tersebut karena siswa diperkenalkan langsung dengan alam sehingga siswa mampu mengetahui dengan baik proses dari fotosintesis.
fadhil restu pratama
856079438
mohon izin memberi komentar, menurut saya seelah menonton vidio mengajar diatas, guru sangat kurang dalam tahap pembuka dan tergesa-gesa dalam memberikan tugas kepada murid, sehingga murid kebingungan. guru juga kurang menggunakan media ajar dalam mengajarkan materi sehingga murid terlihat bosam dan jenuh. saran saya dalam memulai materi hendaknya memulai dengan ice breaking dan menggunakan media ajar supaya murid tidak jenuh
terimakasih
Nama : Suci Anisa Qori
NIM : 859864479
Izin menanggapi video pembelajaran Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata dalam Menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Lingkungan Sekitar.
pada awal pembelajaran mulai, guru menjelaskan tentang tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di dalam akar dan batang, lalu guru memberikan pertanyaan sesuai pembahasansetelah itu guru menjelaskan tentang fotositesis yaitu cara tumbuhan memasak makanannya di daun. lalu guru memberikan metode field trip atau karya wisata kepada siswa untuk keluar kelas dan mengamati tumbuhan di sekitar sekolah agar siswa mudah memahami pembelajaran tersebut.
Nama : Surya Dani Hasibuan
Nim : 878253586
1. Kelemahan Pembelajaran dalam Video mata pelajaran IPA dengan judul Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata dalam Menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Lingkungan Sekitar yaitu:
a. Tidak adanya salam pembuka dan persepsi
b. Siswa terlihat kurang fokus dalam mengikuti pelajaran
c. Siswa kurang mampu melaksanakan tugas secara optimal
2. Kelebihan Pembelajaran dalam Video mata Pelajaran IPA dengan judul Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata dalam Menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Lingkungan Sekitar yaitu:
a. Guru menggunakan metode field trip sehingga siswa dapat belajar langsung di lapangan ( kekebun wisata)
b. Dengan menggunakan metode field trip ini, siswa dengan mudah memahami materi pelajaran yang diberikan oleh guru.
Nama : SEPTIANA NITI SARA
Nim : 857639558
SALUT : JEND.SUDIRMAN
Izin menyampaikan komentar terkait video pembelajaran di atas, antara lain :
1. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
Dalam video mata pelajaran IPA dengan judul Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata dalam Menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Lingkungan Sekitar, terdapat beberapa kelemahan :
a. Tidak ada salam pembuka dan apersepsi pada awal kegiatan pembelajaran
b. Kurang aktifnya siswa menerima pelajaran yang diberikan guru, bahkan sampai ada siswa yang terlihat mengantuk dalam video.
c. Penyampaian materi yang kurang komunikatif.
d. Siswa kurang mampu melaksanakan tugas secara optimal.
2. Kelebihan Pembelajaran dalam Video
Dalam video mata pelajaran IPA dengan judul Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata dalam Menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Lingkungan Sekitar, terdapat beberapa kelebihan :
a. Siswa dapat belajar langsung dilapangan (ke kebun belakang sekolah).
b. Siswa dengan mudah menangkap materi pembelajaran yang diberikan oleh guru.
c. Guru dan siswa dapat saling berkomunikasi baik, dengan melihat tumbuhan yang riil (nyata).
3. Hal Unik yang Terdapat dalam Pembalajaran Video
Siswa dapat berinteraksi langsung dan melihat, memegang tumbuhan yang ada dikebun belakang sekolah untuk mencari jenis tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan diakar.
Nama : Irma Arianti
Nim : 86079341
Dalam video yang saya lihat dan saya simak guru menjelaskan materi pada pelajaran IPA mengenai fotosintesis pada tumbuhan namun apa yang disampaikan kurang mendapat respon dari siswanya sehingga guru menggunakan metode fieid atau karya wisata dalam menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
kelemahannya
– tidak ada kegiatan doa sebelum pembelajaran
– guru tidak mengecek kehadiran siswa
– guru tidaj menyampaikan tujuan pembelajaran
– guru tidak mengulang materi pembelajaran sebelumnya yang berkaiatan pembelajaran yang dilaksanakan.
kelebihannya
pembelajaran yang saya dapatkan adalah metode pembelajaran sudah baik,dengan menggunakan metode ini,dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam berpikir tentang materi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dan juga dapat menambah pengalaman siswa serta guru dalam pembelajaran tersebut.
Nama : Erin Mulyani
Nim : 857199413
Semester : 8
UPBJJ : UT SERANG
POKJAR : SALUT MENES
Mohon izin, untuk menanggapi vidio pembelajaran yang berjudul :” *Penggunaan metode field atau karya wisata dalam menemukan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.*
Pada vidio tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan.
Kelebihan yang saya dapat kan dari menyimak ringkasan vidio pembelajaran tersebut adalah:
1. Ada timbal balik di antara guru dan murid, melalui tanya jawab, sehingga siswa cenderung ada ketertarikan berpikir untuk menjawab pertanyaan dari guru, dan hal itu menjadikan suasana belajar jadi hidup.
2. Media dan model pembelajaran nya unik dan menarik, sehingga bisa membantu siswa untuk lebih mudah memahami pelajaran.
Adapun kekurangan yang terdapat pada ringkasan vidio tersebut adalah:
1. Guru tidak membuka pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu.
2. Guru juga tidak menanyakan kabar dan cek kehadiran siswa.
3. Tidak ada ice breaking sebagai pemicu fokus siswa.
4. Guru Tidak menanyakan materi sebelumnya nya, sehingga pelajaran yang sudah berlalu tidak terulang kembali.
5. Guru juga tidak memberikan stimulus pada siswa untuk menarik fokus dan perhatian juga kesiapan belajar siswa.
Saran untuk perbaikan pembelajaran:
1. Utamakan berdoa sebelum belajar.
2. Gunakan dan utamakan cek kehadiran dan tanya kabar siswa.
3. Harus berikan ice breaking pada setiap pertemuan pembelajaran .
4. Harus ada pengulangan materi sebelumnya melanjutkan materi
5. Wajib menstimulus siswa di awal kegiatan pembelajaran.
Nama : Erin Mulyani
Nim : 857199413
Semester : 8 ( Delapan)
UPBJJ : UT SERANG
POKJAR : SALUT MENES
Mohon izin, untuk menanggapi vidio pembelajaran yang berjudul :” *Penggunaan metode field atau karya wisata dalam menemukan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.*
Pada vidio tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan.
Kelebihan yang saya dapat kan dari menyimak ringkasan vidio pembelajaran tersebut adalah:
1. Ada timbal balik di antara guru dan murid, melalui tanya jawab, sehingga siswa cenderung ada ketertarikan berpikir untuk menjawab pertanyaan dari guru, dan hal itu menjadikan suasana belajar jadi hidup.
2. Media dan model pembelajaran nya unik dan menarik, sehingga bisa membantu siswa untuk lebih mudah memahami pelajaran.
Adapun kekurangan yang terdapat pada ringkasan vidio tersebut adalah:
1. Guru tidak membuka pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu.
2. Guru juga tidak menanyakan kabar dan cek kehadiran siswa.
3. Tidak ada ice breaking sebagai pemicu fokus siswa.
4. Guru Tidak menanyakan materi sebelumnya nya, sehingga pelajaran yang sudah berlalu tidak terulang kembali.
5. Guru juga tidak memberikan stimulus pada siswa untuk menarik fokus dan perhatian juga kesiapan belajar siswa.
Saran untuk perbaikan pembelajaran:
1. Utamakan berdoa sebelum belajar.
2. Gunakan dan utamakan cek kehadiran dan tanya kabar siswa.
3. Harus berikan ice breaking pada setiap pertemuan pembelajaran .
4. Harus ada pengulangan materi sebelumnya melanjutkan materi
5. Wajib menstimulus siswa di awal kegiatan pembelajaran, untuk membangun kesiapan belajar siswa.