silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Perlu dipahami oleh para guru bahwa penanaman disiplin tidak dapat dicapai oleh anak secara cepat. Penanaman disiplin membutuhkan kesabaran, keteladanan dan konsistensi serta mekanisme “reward”. Dengan cara pengulangan, disiplin yang hendak diterapkan guru diantara para siswa TK perlu dilakukan. Dengan teladan dan cara pengulangan, siswa TK dapat mengingat aturan-aturan yang harus diikuti.
Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan melalui cara pengulangan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.
Sri Tatminingsih
Dari tayangan vidio yang berjudul Menanamkan disiplin pada anak usia dini melalui teknik pengulangan (repetition) menurut pendapat saya sudah dapat dipahami oleh anak, dari tayangan vidio saya sampaikan kekuatannya:
1. Guru telah dapat menarik perhatian anak untuk mendengarkan informasi dengan jelas;
2. Guru terlihat sudah menyiapkan contoh-contoh tentang disiplin anak dengan melalui
Cerita, permainan dan demontrasi;
3. Anak dengan antusias telah melakukan dengan seksama;
4. Dari kegiatan pengulangan anak tetap semangat melakukannya;
Adapun kelemahannya:
1. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru belum memberikan apersepsi sebelum pembelajaran dimulai,
2. Siswa langsung diajak oleh guru untuk mendemonstrasikan kegiatan sesuai tema yang harus diajarkan pada anak;
3. Perhatian guru belum terlihat merata untuk anak
4. Belum memberikan kesempatan anak untuk berani bertanya sebagai umpan balik.
Ada beberapa hal penting yang mesti diperhatikan jika hendak mengembangkan keterlibatan anak didik dalam kebersamaan. Piaget mengingatkan dalam proses melibatkan anak didik, orang dewasa harus menghormati anak-anak.Perlu memperhatikan dan mengedepankan, agar keterlibatan berjalan dengan baik dibutuhkan kemampuan sebagai pendengar yang baik bagi guru dan orang dewasa. Berikan kebebasan anak untuk melakukan pembelajaran disiplin diri dan anak dengan kesadaran diri bisa mengekpresikan tindakan yang diajarkan oleh guru, dan orang tua menindak lanjuti bila siswa sampai dirumah masing-masing.
Dra. Eem Kurniasi, M.Pd.
a. Cara guru membuka kegiatan agar anak antri tidak memberikan
pemahaman/konsep pada anak untuk antri, aturan-aturan yang akan anak dan
guru sepakati, mengisi pembelajaran, bahasa tubuh guru, bahasa guru
kurang mencerminkan sikap dan bahasa guru yang baik, sehingga anak-anak
kurang tenang dan relaks,
b. Strategi penanaman aturan dengan praktek langsung, bermain drama,
atau dengan memberikan symbol gambar yang bisa di pasang dan terlihat
oleh anak.
c. Pembelajaran ini sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini
usia 3-6 tahun dengan tingkat pencapaian perkembangan anak yang
berbeda-beda
d. Ada dalam K13 lingkup Sosial emosional, rasa tanggung jawab untuk
diri sendiri dan orang lain : mentaati aturan kelas ( kegiatan) ,
mengatur diri sendiri, bertanggung jawab atas prilakunya untuk kebaikan
diri sendiri
Evanigustiningtyas
Nama : Risky Nur Lely
Nim :857629073
dalam tayangan tersebut ” berulang (repetition) ” hal dalam mentaati aturan guru sudah melakukan beberapa teknik kegiatan untuk menanamkan sikap disiplin dan dari tayangan tersebut saya sebagai berusaha guru menerapkan setiap harinya seperti antri dalam barisan, mendekati anak yang tidak mau mengikuti aturan, serta memberikan kebiasaan yang mampu meningkatkan sikap kedisplinan anak. akan tetapi terkadang kebiasaan yang membawa anak dipengaruhi oleh lingkungan keluaga. Namun dengan memberikan prngulangan – ungkapan pada anak itu dapat menjadikan suatu kebiasaan sehingga terbentuklah sikap disiplin pada diri anak didik
Nama : Dewi Novitasari
Nim : 857743435
Perilaku disiplin merupakan salah satu nilai karakter yang sangat penting untuk ditanamkan kepada anak. Didalam tayangan terlihat pengulangan-pengulangan kegiatan yang dilakukan oleh guru. Yang dilakukan oleh guru saya setuju karena perilaku disiplin pada anak usia dini tidak muncul secara tiba-tiba, tetapi dimulai melalui kegitan/rutinitas yang dilakukan secara konsisten setiap hari. Pentingnya mengajarkan perilaku disiplin pada anak usia dini ini dapat membentuk pribadi yang baik bagi anak. Pembiasaan yang baik yang dilakukan setiap hari dan terus menerus inilah yang menjadi karakteryang baik bagi anak.
Nama : Lembang Kristina
NIM : 875342234
Melalui tayangan vidio di atas kita dapat melihat betapa sulitnya menerapkan dan menanamkan prilaku disiplin terhadap anak. Melalui tayangan di atas kita dapat melihat bagaiman guru menanamkan prilaku disiplin sejak dini. Pada anak usia dini disiplin perlu ditanamkan secara perlahan dan sesuai dengan umurnya. Saya setuju dengan apa yang dilakukan oleh guru dalam vidio di atas. Untuk menanamkan perilaku disiplin guru perlu melakukan pengulangan atau repitition setiap hari dan dengan cara yang kreatif agar anak tidak merasa bosan.
1.Pendapat saya setelah menyaksikan vidio di atas adalah vidio di atas sangat menginspirasi saya sebagai pendidik di mana dalam vidio tersebut guru dapat mengajarkan disiplin pada anak yaitu dengan mentaati peraturan yang diberikan guru.
2.ya saya pernah mengalami hal yang sama ,solusi yang saya buat adalah mengajak kerja sama dengan orangtua siswa supaya anak anak dapat di ajarkan di rumah,dan saya juga pernah memberikan pengulangan yaitu anak anak yang tidak dapat mentaati peraturan di suruh untuk mengulang kegiatan tersebut sampai siswa dapat mentaati peraturan agar mereka terbiasa.
Demikian pendapat saya terimakasih🙏
Nama khodijah binti muh shabir
Nim 859551791
pengulangan. Repetitiondisiplin untuk medisiplinkan. Bagus pembiasaan dengan kesabaran. Mengajak org tua mendisiplinkan anak, dan anak lain memberi contoh yg baik dan disiplin. Terus menerus memberi contoh mengajak anak lain, orang tua, dan guru membantu anak, beri pujian atas perubahannya elus kepalanya, dan peluk dia atas kemajuannya katakan allah, malaikat dan semua manusia suka orang yang berbuat baik.
Nama: Fadilah Ulfiana
NIM: 858304394
Bismillah
Dalam tayangan video di atas guru sudah sangat bagus dalam menerapkan pengulangan untuk menciptakan kedisiplinan seperti dalam berbaris menunggu giliran, memang dalam menerapkan kedisiplinan ini pada AUD lumayan susah dan perlu waktu, namun jika hal itu kita ulang-ulang atau menggunakan teknik pengulangan maka lama-lama anak akan terbiasa dan terbentuklah sikap disiplin pada anak tersebut.
Hal ini juga perlu adanya kerja sama dengan orang tua di rumah sehingga anak konsisten dalam menerapkannya seperti ketika waktu makan harus cuci tangan dulu, makan harus duduk dan berusaha untuk menghabiskan sesuai dengan yang dia ambil.
Bagaimana menanamkqn kebiasaan antri di usia dini
Begitu sangat tidak mudah untuk melakukan disiplin dalam antri
Banyak hal dengan kebiasaan prilaku akan ditanamkan secara perlahan atau bertahap,
Yaitu pertama dengan pengulangan aturan mana yang belum dipahami oleh anak tersebut,
Kedua ulangi kembali peraturan tersebut
Ketiga berikan kesempatan pada anak untuk bertanya dan tanyakan mengapa ia belum bisa melakukan aturan.
Ke empat berikan penguatan saat anak sudah mampu melakukannya
Adapun hal lain yang dilakukan untuk disiplin yaitu pertam dengan mberikan informasi kepada orang tua untuk melakukan disiplin
Kedua meminta orang tua untuk melatih disiplin
Ketiga memint anak lain untuk melakukan disiplin
Nama: Mukhtimah
Nim: 835895629
Upjj :Palembang
Hasil dari pengamatan video tersebut adalah,,
Bagaimana menanamkan kebiasaan antri di usia dini
Begitu sangat tidak mudah untuk melakukan perilaku disiplin dalam antri
Banyak hal dengan kebiasaan prilaku akan ditanamkan secara perlahan atau bertahap,
Yaitu pertama dengan pengulangan aturan mana yang belum dipahami oleh anak tersebut,
Kedua ulangi kembali peraturan tersebut
Ketiga berikan kesempatan pada anak untuk bertanya dan tanyakan mengapa ia belum bisa melakukan aturan.
Ke empat berikan penguatan saat anak sudah mampu melakukannya
Adapun hal lain yang dilakukan untuk disiplin yaitu pertam dengan memberikan informasi kepada orang tua untuk melakukan disiplin
Kedua meminta orang tua untuk melatih disiplin
Ketiga meminta anak lain untuk mencontohkan prilaku disiplin
Nama : Ilma Auliya Nurfauziyah
Nim : 857490065
pengulangan
dari vedio diatas melakukan menanamkan antri dalam berbaris biasanya ada anak yang berbaris dengan rapi ataupun tidak mau antri, memutus antrian hal ini yang harus diperhatikan guru dalam medisiplinkan anak dengan kesabaran, ketelatenan dan konsisten dalam melakukannya, menanamkan kedisiplinan harus dilakukan pada sejak dini supaya anak mengerti bahwa disiplin itu diperlukan untuk kebutuhan dirinya, ada banyak cara yang dapat guru lakukan secara bertahap setiap harinya melakukan pengulangan yang belum dipahami oleh anak dan berikan kesempatan anak untuk bertanya apa yang dia tidak mengerti.
Nama : Laily Febriana
NIM : 858317147
Assalamu’alaikum wr wb…
Memang tidak mudah untuk menerapkan disiplin pada anak, apa lagi di rumah anak sudah tidak terbiasa untuk berdisiplin, sehingga terbawa pada kebiasaan di sekolah. Di perlukan kesabaran, ketekunan, serta konsisten dalam menanamkan kedisiplinan pada anak. Dari video bisa di lihat bagaimana cara mendisiplinkan anak. Bisa dijadikan bahan referensi bagi guru untuk diterapkan disekolah.