silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan.

Mery Novianti

Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak sama.

Dalam mengajar konsep pecahan ini, guru menggunakan alat peraga berupa karton yang dimodifikasi.

Sebelum memanfaatkan alat peraga, guru lebih dulu menunjukkan rumus penjumlahan dua pecahan. Akan lebih elok kalau rumus penjumlahan pecahan itu tidak langsung diberikan tetapi ditemukan sendiri oleh murid (tentu saja dipandu oleh guru).

Sebelum masuk ke operasi penjumlahan pecahan, sebaiknya guru menekakan pada konsep dua pecahan yang penyebutnya tidak sama tetapi sama nilainya.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan perkembangan kognitif murid; namun demikian penyajiannya sebaiknya dibalik yaitu dimulai dengan penggunaan alat peraga kemudian baru rumus penjumlahan pecahan.

Prof. H. Yaya S. Kusumah (UPI Bandung)

Jelas cara guru membuka, mengisi, menutup pelajaran.

Alat peraga kurang besar, dan sebaiknya dilakukan secara perkelompok agar semua siswa dapat memahami dengan beberapa latihan.

Materi sesuai dengan perkembangan peserta didik.

Adanya kesesuaian materi dengan kurikulum yang berlaku.

Sugeng Wibowo, S.Pd.Mat.

Similar Posts

273 Comments

  1. Nama : RIKHA NUR OCTAVIANI HASIBUAN
    NIM : 856034546
    Prodi : S-1 PGSD ( Semester 6 )
    UPBJJ : MEDAN

    Diawal Pembelajaran ibu guru sudah baik, dalam menjelaskan rumus dan mengerjakan soal pecahan yg penyebutnya sama , akan tetapi ibuk guru tidak menggunakan media sehingga anak anak bingung apa arti pecahan 1/2 Tersebut
    Dan dividio kedua ibu guru sudah menggunakan media sehingga anak anak dapat lebih memahami dan mengerti akan pembelajaran pecahan tersebut.

    Terimakasih

  2. Nama : Fenny Angelia Simanungkalit
    Nim : 855977219

    Diawal pembelajaran guru sudah menyampaikan salam, namun guru tidak mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu, guru juga tidak mengecek daftar hadir siswa.
    Selama belajar, guru menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami, guru juga mengajak siswa untuk ikut aktif berpartisipasi dengan melakukan tanya jawab. Penyampaian materi juga dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran, namun guru tidak mencontohkan terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan media tersebut.

  3. Nama : Eka Fitri Nuryati
    NIM : 857919015
    Pokjar : Parakan

    menurut saya setelah meliat video pembelajaran diatas tentang materi matematika pecahan pada video pertama guru kurang bisa menarik perhatian murid dan mengakibatkan murid kurang memahami materi tentang pecahan beda penyebut yang diterangkan oleh guru tersebut.
    namun pada video pembelajaran yang kedua guru menggunakan media dalam alat pembelajarannya dengan media kertas yang ditempelkan di papan tulis dan siswa di beri kesempatan maju kedepan untuk mempraktikkan dalam penggunaannya secara langsung jadi siswa lebih memahami dan mengerti bagaimana cara menentukan penjumlahan pecahan beda penyebut dengan lebih mudah dan cepat dengan metode yang berbeda
    jadi, untuk menarik perhatian siswa dalam pembelajaran matematika tidaklah sulit asal guru dapat pintar pintar dalam menentukan media apa yang seharusnya digunakan dalam proses pembelajaran agar siswa tertarik dan menumbuhkan minat siswa dalam mempelajari ilmu matematika dan tidak takut lagi dan lebih senang dengan pelajaran matematika

  4. Nama : Feby Syahrani Dmk
    Nim : 856029551
    Program Studi : S1-PGSD
    Pokjar : Rantauprapat

    1. Bagaimana reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawab: Terlihat dalam video tersebut masih banyak anak yang kurang konsentrasi sehingga berdampak tidak mengerti dengan apa yang di jelaskan oleh guru, misalnya masih ada siswa yang ngobrol-ngobrol dengan teman sebangkunya tidak mendengarkan penjelasan guru, kemudian ada anak yang lemas. Namun di samping itu tak sedikit juga anak yang antusias dalam pembelajaran mereka merasa bersemangat dengan pembelajaran yang dibawakan oleh gurunya.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab: Untuk kelemahan guru yang saya amati/analisis guru kurang berinteraksi dengan murid yang lain sehingga menyebabkan kelas hening dan siswa kurang antusias.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab: Dari tayangan video tersebut guru memiliki kelebihan diantaranya guru mampu menggunakan media yang pas dan cocok digunakan dalam belajar.

    4. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya!
    Jawab: upaya yang bisa saya usulkan untuk kelebihan dan kekurangan guru dalam tayangan video tersebut yaitu kedepannya guru dapat lebih mengkoordinasikan siswa agar antusias mungkin dengan ice breaking biar menambah semangat dan penggunaan media yang mudah di pahami siswa agar mereka merasa lebih semangat dan senang dalam belajar.

  5. Nama : Anita Dwi Rahayu
    NIM : 858733849
    Program Studi : PGSD BI

    Dari video pembelajaran yang telah saya lihat yakni tentang penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama, pada cuplikan video tersebut yang dilakukan guru sudah sesuai yaitu dengan melakukan pengulangan dalam materi yang telah disampaikan dalam pertemuan sebelumnya.
    Pada cuplikan kedua guru melanjutkan materi dan dan menggunakan media pembelajaran, tetapi media pembelajaran yang digunakan oleh guru menurut saya kurang begitu mendukung, karena media yang digunakan terlalu kecil dan hal ini menyebabkan siswa yang tempat duduknya paling belakang tidak dapat melihat media pembelajaran tersebut. Hal ini juga menyebabkan dalam pembelajaran siswa akan cepat bosan. Untuk itu dalam pemilihan media pembelajaran harus tepat sebab hal ini mempengaruhi keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Pemilihan media harus diperhatikan dengan baik dan harus dibuat semenarik mungkin agar minat siswa dalam belajar meningkat. Dan kemampuan siswa dalam memahami materi pun menjadi semakin meningkat.

  6. Nama : JERNI HARDANIA
    NIM : 856075186
    UPBJJ : BATAM
    Bagaimana reaksi peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Dari video diatas, terlihat bahwa anak – anak sebagian anak – anak terlihat sangat memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru dan terlihat aktif mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru, namun ada beberapa siswa yang terlihat bosan dan lesu dalam mengikuti pembelajaran.

    Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru telah menjelaskan materi dengan jelas, guru telah melakukan apersepsi untuk mengulang kembali materi sebelumnya yaitu mengerjakan pecahan berpenyebut sama, lalu guru juga dengan aktif selalu melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran.
    Guru sudah baik dengan menggunakan media pembelajaran yang membuat siswa dengan semangat dan aktif mengikuti pembelajaran, Setelah memberikan pertanyaan guru memberikan apresiasi yang dapat menambah semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran.

    Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelemahan guru yang terlihat dari video adalah kurangnya pembukaan yang dilakukan guru, dan guru langsung masuk ke materi, sehingga semangat siswa belum terkumpul semua, masih ada beberapa siswa yang belum fokus ke pelajaran, ada baiknya guru melakukan ice breaking agar fokus siswa menjadi satu.
    Dalam menggunakan media pembelajaran ada baiknya jika guru mengelompokkan siswa dalam beberapa kelompok sehingga siswa dapat bergotong royong saling membantu dalam mengerjakan pecahan tersebut .

    Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan guru yang diamati dari tayangan video, upaya apa yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru bisa melakukan pendahuluan dengan ice breaking atau games ringan untuk menambah semangat dan mengumpulkan fokus siwa sehingga tidak ada siswa yang lesu atau mengantuk saat pembelajaran dan guru dapat membagi siswa dalam beberapa kelompok dan memberikan Latihan soal sehingga siswa dapat mengerjakan secara bersama -sama dan aktif bersama.

  7. Nama : JERNI HARDANIA
    NIM : 856075186
    UPBJJ : BATAM
    Dari video diatas, terlihat bahwa anak – anak sebagian anak – anak terlihat sangat memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru dan terlihat aktif mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru, namun ada beberapa siswa yang terlihat bosan dan lesu dalam mengikuti pembelajaran.

    Kelebihan guru dari video tersebut adalah Guru telah menjelaskan materi dengan jelas, guru telah melakukan apersepsi untuk mengulang kembali materi sebelumnya yaitu mengerjakan pecahan berpenyebut sama, lalu guru juga dengan aktif selalu melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran.

    Guru sudah baik dengan menggunakan media pembelajaran yang membuat siswa dengan semangat dan aktif mengikuti pembelajaran, Setelah memberikan pertanyaan guru memberikan apresiasi yang dapat menambah semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran.

    Kelemahan guru yang terlihat dari video adalah kurangnya pembukaan yang dilakukan guru, dan guru langsung masuk ke materi, sehingga semangat siswa belum terkumpul semua, masih ada beberapa siswa yang belum fokus ke pelajaran, ada baiknya guru melakukan ice breaking agar fokus siswa menjadi satu.
    Dalam menggunakan media pembelajaran ada baiknya jika guru mengelompokkan siswa dalam beberapa kelompok sehingga siswa dapat bergotong royong saling membantu dalam mengerjakan pecahan tersebut .

    Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru bisa melakukan pendahuluan dengan ice breaking atau games ringan untuk menambah semangat dan mengumpulkan fokus siwa sehingga tidak ada siswa yang lesu atau mengantuk saat pembelajaran dan guru dapat membagi siswa dalam beberapa kelompok dan memberikan Latihan soal sehingga siswa dapat mengerjakan secara bersama -sama dan aktif bersama.

  8. Nama : Feti Fajriyanti Nur
    Nim. : 857704766
    Pokjar : Bangsri
    Prodi : S1 PGSD

    1. Bagaimana reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawab : reaksi siswa dalam pembelajaran tersebut, sepertinya kurang antusias walapun ada beberapa siswa yang aktif dalam pembelajaran. Siswa merasa bosan dan mengantuk ketika mengikuti pembelajaran tersebut. Akan tetapi siswa tetap menghadap ke depan mendengar dan mengikuti pembelajaran dengan fokus ke depan walapun dilihat dari wajah siswa merasa bosan.

    2. secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab : pada pembelajaran tersebut mempunyai beberapa kelemahan dalam proses pembelajarannya, seperti : materi yang disampaikan terlalu kaku, dan kurang memilih Kalimat-kalimat yang membuat anak/siswa lebih antusias dalam pembelajaran, kurangnya interaksi kepada siswa untuk mencairkan suasana dalam pembelajaran, penyampaian metode pembelajaran menggunakan karton yang kurang jelas, maka bnyak siswa yang belum bisa menjawab pertanyaan, metode pembelajaran kurang simple dan kurang menarik bagi siswa.

    3. Secara keseluruhan apa kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab : kelebihan dalam pembelajaran tersebut metode pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan karton, pembelajaran terdapat tanya jawab terhadap siswa, sabar menghadapi siswa yang tidak bisa menjawab pertanyaan, menguasaan materi yang baik. Memberikan apresiasi bagi siswa yg berhasil menjawab, dan tidak memarahi siswa yang salah menjawab

    4. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda lihat dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya!
    Jawab : pembelajaran MTK memang membuat siswa merasa bosan dan males karena merasa susah atau membosankan.
    Ada beberapa usulan dalam pembelajaran tersebut. Pertama, ketika membuka pembelajaran siswa buatlah senang, fokus, dan buat sedikit permainan/peregangan biar tidak kaku agar semangat siswa meningkat. Kedua, penjelasan materi dibuat lebih pelan” dan dibuat lebih menarik seperti membuat metode pembelajaran dari gambar” berwarna, kenapa seperti itu karena siswa SD lebih tertarik dengan hal hal yg berwarna bdan bergambar. Ketiga, buat kelas lebih hidup, berinteraksi dengan siswa untuk menciptakan suasana kelas yang nyaman.

  9. Nama : Nur Isnaini
    NIM : 858733627
    PRODI : PGSDBI S1
    POKJAR : SURABAYA

    Analisis saya adalah dalam memberikan pertanyaan pemantik sudah bagus.
    Materi sebelumnya sudah dipertanyakan kembali.
    Tapi yang masih kurang adalah guru belum memberikan contoh gambaran konkret dalam penjelasan materi pecahan, sehingga siswa menjadi bingung dalam mengikuti pembelajaran matematika materi penjumlahan pecahan.

    https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/02/07/penjumlahan-pecahan-berpenyebut-tidak-sama/

  10. Nama : RR. HESTY DWI ESTIKA SARIE
    Nim : 858850453
    Prodi : PGSD

    Setelah saya menonton tayangan video diatas, materi tentang “penjumlahan pecahan Berpenyebut tidak sama” saya melihat adanya kelebihan dan kekurangan dari video tersebut :

    Kelebihan :
    1. Guru mampu mengkondisikan suasana kelas menjadi kondusif.
    2. Guru mengulang dan mengingatkan kembali kepada siswa mengenai pelajaran sebelumnya, sehingga siswa dapat mengingat dan menghubungkannya dengan materi pelajaran yang baru.
    3. Guru memberi pujian kepada siswa dengan kata-kata yang baik.
    4. Guru menggunakan alat peraga yang dapat membantu pemahaman siswa.
    5. Guru juga melibatkan siswa secara langsung dalam mempelajari materi dengan menggunakan metode tanya jawab dan memberi kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan soal yang ada dipapan tulis kedepan kelas.
    6. Kemudian guru menerangkan kembali penjelasan yang lebih tepat dan benar pada soal yang sudah dikerjakan siswa.

    Kekurangan:
    1. Guru hanya mengucapkan salam tidak melakukan do’a bersama.
    2. Guru memberikan motivasi kepada siswa dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
    3. Guru hanya melakukan pembelajaran satu arah. Tidak memberikan kesempatan siswa untuk bertanya. Sehingga hanya ada beberapa siswa yang mengerti.
    4. Guru kurang memperhatikan adanya siswa yang kurang bersemangat dalam pembelajaran sehingga cenderung Bosan dipembelajaran.
    5. Guru seharusnya lebih memiliki metode dan media yang lebih relevan untuk membangun semangat dan aktif siswa dalam kegiatan belajar.
    6. Bagian akhir penutupan guru tidak menyampaikan kesimpulan pembelajaran kepada siswa, tidak melakukan refleksi dan tidak mengucapkan salam penutup dengan baik.

    Terimakasih…

Leave a Reply