silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan.
Mery Novianti
Pakar Dosen
Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak sama.
Dalam mengajar konsep pecahan ini, guru menggunakan alat peraga berupa karton yang dimodifikasi.
Sebelum memanfaatkan alat peraga, guru lebih dulu menunjukkan rumus penjumlahan dua pecahan. Akan lebih elok kalau rumus penjumlahan pecahan itu tidak langsung diberikan tetapi ditemukan sendiri oleh murid (tentu saja dipandu oleh guru).
Sebelum masuk ke operasi penjumlahan pecahan, sebaiknya guru menekakan pada konsep dua pecahan yang penyebutnya tidak sama tetapi sama nilainya.
Materi yang disajikan sudah sesuai dengan perkembangan kognitif murid; namun demikian penyajiannya sebaiknya dibalik yaitu dimulai dengan penggunaan alat peraga kemudian baru rumus penjumlahan pecahan.
Prof. H. Yaya S. Kusumah (UPI Bandung)
Pakar Guru
Jelas cara guru membuka, mengisi, menutup pelajaran.
Alat peraga kurang besar, dan sebaiknya dilakukan secara perkelompok agar semua siswa dapat memahami dengan beberapa latihan.
Materi sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Adanya kesesuaian materi dengan kurikulum yang berlaku.
Sugeng Wibowo, S.Pd.Mat.
Nama : Risma Indah Lestari
Nim : 858909049
Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut :
1. Pada saat kegiatan pembelajaran hampir semua di dominasi oleh guru, sehingga selama proses pembelajaran siswa kurang akif.
2. Guru terlalu asik menjelaskan tanpa memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
3. Media pembelajaran yang digunakan terlalu kecil dan tidak terlihat jelas bagi keseluruhan siswa.
4. Siswa tidak antusias dan semangat dalam proses pembelajaran karena media yang digunakan kurang efektif.
Nama : Fatimatus Zahrah
NIM : 858692127
1. Pembelajaran terlalu berpusat kepada guru. Guru terlalu banyak menjelaskan tanpa memberikan kesempatan kepada siswa. Sehingga mennjadikan siswa terlihat kurang aktif. Seharusnya siswa diberikan kesempatan untuk memecahkann permasalah sendiri pada mata pelajaran pecahan dan guru mendampingi siswa dalam memecahkan permasalahan tersebut. Hal ini menjadikan siswa berperan aktif saat pembelajaran berlangsung.
2. Media pembelajaran yang digunakan kurang menarik dan terlalu kecil, sehingga menjadikan siswa terlihat tidak bersemangat dan tidak tertarik saat proses pembelajaran. Jadi, media pembelajaran haruslah menarik agar dalam penyampaian materi siswa tidak merasakan jenuh ataupun bosan.
3. Siswa yang aktif hanya beberapa orang dan tetap orang yang sama. Seharusnya saat kegiatan proses pembelajaran semua siswa harus berkontribusi sehingga semua siswa dapat berperan aktif.
4. Dalam kegiatan proses pembelajaran guru tidak memberikan kesempatan bagi siswa untuk bertanya terkait materi pembelajaran. Hal ini menjadikan proses pembelajaran kurang maksimal.
Nama : Jerni Hardania
NIM : 856075186
Video ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton yang telah dirancang untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Dalam video tersebut terlihat reaksi siswa yang dimana sebagian siswa terlihat sangat memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru dan terlihat aktif mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru, namun ada beberapa siswa yang terlihat bosan dan lesu dalam mengikuti pembelajaran.
kelemahan video tersebut Guru tidak melibatkan seluruh siswa secara aktif, namun hanya beberapa siswa saja. dan Guru masih belum menanyakan pada siswa atas kesulitan atau kendala yang dialami siswa dalam pembelajaran tersebut.
Pada tahap pengerjaan soal alangkah baiknya jika guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dalam memanfaatkan alat peraga tersebut sehingga seluruh siswa dapat memahami pembelajaran dengan maksimal.
Nama : Bintang Kartika Simangunsong
NIM : 856075907
UPBJJ : Batam
Menurut saya, Pada saat guru menjelaskan materi, sktivitas belajar siswa pasif, siswa hanya duduk mendengarkan penjelasan guru, bahkan ada yang mengantuk dan ada yang sibuk dengan dirinya sendiri. Guru hendaknya memberikan penjelasan yang lebih jelas dan tidak cepat serta menggunakan media yang lebih disesuaikan dengan keadaan di kelas.
Nama : Nur Hamidah Br. Pane
NIM: 855864027
Pokjar ; Labura
UPBJJ: MEDAN
Reaksi siswa bisa menyebutkan apa yang ditanya guru
Kelemahan guru tidak memberi apresiasi kepada siswa yang menjawab walaupun siswa salah menjawab
Kelebihan guru menjelaskan dengan menggunakan rumus dengan memudahkan siswa paham
Hal unik guru juga menggunakan alat karton untuk memudahkan siswa
Upaya jika saya jadi guru saya juga akan melakukan hal yang sama seperti di dalam video