silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi) terhadap pelajaran.
Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.
–
–
–
–
Assalamualaikum wr.wb nama Oktiah Andari Raksa Prodi PGSD Semester 6 ingin neng analisis video tersebut:
Ya, situasi seperti itu cukup umum terjadi dalam proses pembelajaran, terutama saat kegiatan membaca bergilir yang melibatkan banyak siswa secara langsung. Saya pernah mengalami hal serupa ketika mengajar di kelas yang cukup aktif dan ramai. Beberapa hal yang saya lakukan untuk mengatasi masalah tersebut antara lain:
1. Membuat Aturan yang Jelas Sejak Awal
Sebelum kegiatan dimulai, saya menetapkan aturan yang disepakati bersama, seperti mendengarkan dengan tenang saat teman membaca, tidak berbicara tanpa izin, dan menghargai giliran.
2. Membagi Siswa ke Dalam Kelompok Kecil
Dengan membagi kelas menjadi kelompok-kelompok kecil, siswa menjadi lebih fokus dan suasana kelas lebih terkendali. Setiap kelompok bisa membaca bergilir dalam kelompoknya terlebih dahulu sebelum tampil di depan kelas.
3. Memberikan Tugas Selama Menunggu Giliran
Agar siswa yang belum mendapat giliran tetap fokus, saya beri mereka tugas ringan seperti mencatat kata sulit, meringkas bacaan, atau membuat pertanyaan dari teks yang dibacakan.
4. Menerapkan Sistem Poin atau Reward
Saya memberi penghargaan kecil bagi kelompok atau individu yang menunjukkan sikap terbaik selama pembelajaran. Ini bisa memotivasi siswa untuk tetap tertib.
5. Menggunakan Nada Bicara yang Tegas Tapi Ramah
Saat ada siswa mulai ribut, saya segera menegur dengan cara yang tidak memalukan tapi tetap menunjukkan ketegasan.
Pengalaman dan strategi setiap guru bisa berbeda-beda, tapi berbagi seperti ini sangat membantu kita semua untuk saling belajar.
Nama : Umi Hani Bandiasih
NIM : 857598864
Prodi : PGSD
UPBJJ : Purwokerto
Semester : 6
Berikut tanggapan saya mengenai video pembelajaran tersebut :
1. Judul Video
“Pentingnya Pengarahan Guru dalam Pembelajaran”
Sumber Video : Guru Pintar Online
Link Video : Pentingnya Pengarahan Guru – Guru Pintar Online
2. Ringkasan Isi Video
• Penulis : Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.
• Video ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi) terhadap pelajaran. Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
3. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
• Guru tidak memulai pembelajaran dengan doa dan tidak mengecek kehadiran siswa.
• Kurangnya media pembelajaran, karena di dalam video tersebut guru hanya menggambar di papan tulis.
• Guru tersebut menggunakan metode ceramah atau komunikasi satu arah tanpa memberikan siswa kesempatan untuk bertanya, dan tidak memastikan siswa paham atau tidak pelajaran yang guru sampaikan.
• Guru kurang memperhatikan kemampuan awal siswa. Pengetahuan tentang kemampuan awal siswa diperlukan oleh guru untuk menetapkan strategi mengajar.
• Kondisi kelas yang kurang kondusif.
4. Kelebihan Pembelajaran dalam Video
• Awal pembelajaran guru sudah menjelaskan tujuan pembelajaran.
• Guru melibatkan siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran.
• Guru membuat kesepakatan kepada siswa saat pembelajaran berlangsung.
• Guru sangat sabar dalam menghadapi siswa.
• Media pembelajaran dengan menggambar manual di papan tulis.
5. Rencana Pembelajaran yang akan dilakukan
• Sebaiknya guru memulai dengan kegiatan pendahuluan seperti (memberi salam, menyapa peserta didik, mengecek kehadiran peserta didik) agar membangkitkan motivasi dan perhatian peserta didik dan mengakhiri pembelajaran dengan doa.
• Guru dapat memberikan ice breaking agar siswa lebih semangat dan antusias dalam pembelajaran.
• Guru dapat menggunakan media pembelajaran interaktif yang memungkinkan siswa berinteraksi secara aktif dengan materi pembelajaran seperti video atau animasi.
• Sebaiknya sebelum masuk ke materi pembelajaran, guru dapat memberikan apersepsi dengan mengaitkan apa yang telah diketahui peserta didik mengenai cerita yang ingin diajarkan.
Nama Gusniat Zai
Nim 859885544
Menurut Tanggapan saya pada video diatas itu sangat bagus. Dalam hal ini, guru dapat menjelaskan dan menyampaikan pembelajaran dengan sangat baik. Dalam video tersebut juga pada siswa dapat focus mendengarkan guru dalam menerangkan proses pembelajaran namun ada beberapa anak yang sedikit berisik namun hal tersebut dapat dikendalikan oleh guru, dengan begitu guru juga harus bisa tegas dalam menegur siswa agar siswa bisa lebih tenang didalam kelas. Dengan arahan guru siswa juga bisa memahami dan memaknai setiap materi pembelajaran yang disampaikan.
Kelemahan dari video :
Guru lebih cenderung menulis di depan kelas, dan tidak mengarahkan siswa.
Kelebihan dari video :
Siswa memperhatikan penjelasan guru karna diarahkan dengan materi yang dipelajari.
Hal unik
Siswa merespon pembelajaran dengan baik
Upaya yang dilakukan
Pentingnya pengarahan dari guru karna hal itu sangat menentukan berhasil pembelajaran yang baik.