silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi) terhadap pelajaran.
Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.
–
–
–
–
Nama: WAHYUNI
Nim. : 857723118
Pokjar : BANGSRI
UPBJJ : SEMARANG
Setelah saya melihat vidio diatas, saya menyimpulkan dari beberapa siswa yang tidak kondusif saat melkukan proses pembelajaran salah satu diantaranya adalah kurangnya arahan guru saat awal pembelajaran,
apabia guru diawal memberikan arahan yang baik terkait proses pembelajaran yang akan dilakaukan serta membrikan pengantar yang menyenangkan agar siswa dapat terfokus dengan apa yang disampaikan oleh guru, mungkin akan lebih membantu guru dalam menyampaikan proses belajar mengajar dikelas, selain itu , seharusnya guru dapat menggunakan media pembelajaran yang dapat mendukung kelancaran proses belajar mengajar serta menarik perhatian siswa dengan menggunakaan proyektor atau buku cetak, ataupun media-media lain yang dapat menarik perhatian anak,
dari segi komunikasi serta intonasi yang digunakan alangkah baiknya tidak monoton, bisa menggunakan nada intonasi yang ceria, agar siswa tidak mudah bosan, dan lebih tertarik dengan apa yang diucapkan oleh guru.
kalau dari segi pengarahan agar siswa tidak gaduh saat mengajar, guru sudah bagus dalam menggunakan metodenya, yakni mengajak kesepakatan bersama dalam proses belajar mengajar, agar siswa yang ramai/gaduh tersebut tidak mengulangi perbuatannya. namun, untuk kesepakatannya belum jelas mau diapakan jika ada yang gaduh.
jadi guru perlu lebih tegas lagi dalam mengambil tindakan .
Nama: WAHYUNI
Nim. : 857723118
Pokjar : BANGSRI
UPBJJ : SEMARANG
Setelah saya melihat vidio diatas, saya menyimpulkan dari beberapa siswa yang tidak kondusif saat melkukan proses pembelajaran salah satu diantaranya adalah kurangnya arahan guru saat awal pembelajaran, apabia guru diawal memberikan arahan yang baik terkait proses pembelajaran yang akan dilakaukan serta membrikan pengantar yang menyenangkan agar siswa dapat terfokus dengan apa yang disampaikan oleh guru, mungkin akan lebih membantu guru dalam menyampaikan proses belajar mengajar dikelas, selain itu , seharusnya guru dapat menggunakan media pembelajaran yang dapat mendukung kelancaran proses belajar mengajar serta menarik perhatian siswa dengan menggunakaan proyektor atau buku cetak, ataupun media-media lain yang dapat menarik perhatian anak, dari segi komunikasi serta intonasi yang digunakan alangkah baiknya tidak monoton, bisa menggunakan nada intonasi yang ceria, agar siswa tidak mudah bosan, dan lebih tertarik dengan apa yang diucapkan oleh guru. kalau dari segi pengarahan agar siswa tidak gaduh saat mengajar, guru sudah bagus dalam menggunakan metodenya, yakni mengajak kesepakatan bersama dalam proses belajar mengajar, agar siswa yang ramai/gaduh tersebut tidak mengulangi perbuatannya. namun, untuk kesepakatannya belum jelas mau diapakan jika ada yang gaduh. jadi guru perlu lebih tegas lagi dalam mengambil tindakan .
Nama :Muhammad Aga Alkahfi Pulungan
Nim : 855974926
Pokjar tanjungbalai
Upbjj : ut medan
Setelah saya melihat video diatas, saya menyimpulkan bahwa memberikan pertanyaan agar lebih efektif adalah dengan memberikan pertanyaan dengan satu orang tujuan bukan memberikan pertanyaan umum. karena lebih kondusif.
Nama: STEPHANIE VEJA SINAGA
Nim. : 856023346
Pokjar : SERDANG BEDAGAI
UPBJJ : MEDAN
Setelah saya melihat vidio di atas saya menyimpulkan bahwa sangat pentingnya Pengarahan guru dalam melakukan proses pembelajaran. Dari analisis saya melihat ada sebagaian anak yang fokus terhadap apa yang di sampaikan guru,, sebagian siswa asik sendiri dan sebagian rame bermain sendiri.Siswa terlihat bersemangat dalam belajar.
Adapun cara lain yang dapat guru gunakan saat siswa mulai ramai, dengan menggunakan tepuk diam. Dengan cara tersebut siswa yang awalnya ramai akan memperagakan tepuk diam dan tidak ramai lagi.
Nama : Tiara Andini
Nim : 856988902
Pokjar : Natar
Upbjj : Bandar Lampung
“PENTINGNYA PENGARAHAN GURU”
Setelah sara melihat Vidio pembelajaran tersebut, saya menarik kesimpulan bahwa pembelajarannya kurang menarik
KELEMAHAN
-Karena di awal kegiatan tidak ada pembuka
-Ada siswa yang memperhatikan guru dan ada siswa yang asik bermain sendiri
-Media pembelajaran nya kurang menarik karna hanya menggambarkan di papan tulis akan lebih menarik perhatian siswa jika menggunakan media gambar yang berwarna.
-Kemudian tidak ada kegiatan penutup
KELEBIHAN
-sudah menyampaikan konsekuensi jika ada yang ribut atau bermain sendiri akan di beri hukuman
sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung tertib.
-Adapun cara lain yang dapat guru gunakan saat siswa mulai ramai, dengan menggunakan tepuk diam. Dengan cara tersebut siswa yang awalnya ramai akan memperagakan tepuk diam dan tidak ramai lagi
Nama: Rinanda
Nim: 856028796
Pokjar: Asahan
Setelah saya melihat di atas saya menyimpulkan dari beberapa siswa yang tidak terfokus saat melakukan proses pembelajaran salah satu diantaranya adalah kurangnya arahan guru. Saat awal pembelajaran, ketika di awal guru memberikan arahan yang baik terkait proses pembelajaran. Maka siswa lebih terfokus dengan apa yang telah guru sampaikan, dan seharusnya guru menggunakan media pembelajaran agar siswa lebih senang untuk mengikuti proses pembelajaran yang sedang berlangsung . Intonasi guru menjelaskan sudah bagus sehingga siswa mendengarkannya lebih jelas.
Nama : Fangky Prasetyo
Nim : 858901607
Pokjar : Wuluhan
UPBJJ : Jember
Guru merupakan seorang yang bertugas menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, bimbingan, melatih, mengelola, meneliti dan mengembangkan serta memberikan pelayanan teknik.
Dari pengamatan, setelah melihat video tersebut. ada kekurangan dan kelebihan dalam pembelajaran diatas.
Kekurangan
1. guru melakukan salam dan doa untuk pembukaan sebagai bentuk harapan menciptakan lancar dan sukses suatu pembelajaran.
2. Sebagaimana menjadi guru juga harus kreatif. Dalam hal kreatif ini maksud saya bagaimana menciptakan suasana kelas agar siswa tidak merasa jenuh dan terlihat pembelajaran tidak monoton.
3. Di akhir pembelajaran guru dapat melakukan penutupan untuk menciptakan rasa syukur karena pembelajaran telah di lakukan dengan baik.
Kelebihan
1. Guru berhasil memberikan suasana kelas yang tertib.
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa kedepan untuk melatih cara berbahasa dan berbicara.
3. Gaya pembawaan nada bahasa yang baik dari guru sehingga murid mudah memahaminya dengan penuh antusias.
Sekian,
Semata ini hanya bentuk asumsi dan argument pribadi guna untuk pembelajaran bagi saya.dan apabila ada pemilihan kata dan kalimat yang kurang tepat, kami ucapkan beribu maaf.
Terimakasih.
Nama :Emi Herlina
Nim. :856734053
Program studi :PGSD – S1
Pokjar :Baturaja
Upbjj :Palembang
“Pentingnya pengarahan guru”
Setelah saya melihat video diatas,saya menyimpulkan bahwa seorang guru itu bertugas menciptakan suasana yang nyaman dan kondusif dalam kegiatan atau proses belajar mengajar,membimbing,melatih,mengelolah,serta memberikan pelayanan terhadap peserta didik.alangkah lebih baiknya jika kita membuat kesepakatan kelas bersama dengan tujuan agar proses belajar mengajar kita bisa berjalan dengan lancar dan maksimal sesuai harapan.misalnya bagi anak yang mau izin keluar ke toilet harus izin terlebih dahulu dengan cara mengangkat tangan,mengangkat tangan jika ingin bertanya,diberi hukuman jika anak tersebut membikin kegaduhan atau bermain- main.
Dan sebelum pembelajaran dimulai kita bisa mengajak anak untuk ice breaking sejenak untuk menarik perhatian anak,dan diakhir pembelajaran,kita sebagai guru dapat menyimpulkan materi yang kita pelajari,dan berdoa dengan mengucap syukur atas pembelajaran yang di lakukan dengan baik.
Nama : Kholijah Harahap
NIM : 859883311
Pokjar : Padang Sidempuan
UPBJJ : Medan
Guru merupakan seorang yang bertugas menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, bimbingan, melatih, mengelola, meneliti dan mengembangkan serta memberikan pelayanan teknik.
Guru memiliki tugas pokok melaksanakan proses belajar mengajar.
Pada video di atas menurut saya guru telah melakukan berbagai upaya yang dapat memusatkan perhatian siswa, di antaranya adalah dengan menggambar tokoh yang berhubungan dengan pelajaran di hari itu, guru juga memiliki intonasi suara yang jelas, sehingga instruksi yang di berikan dapat di terima dengan baik oleh peserta didik namun tetap saja ada siswa yang tidak kondusif mungkin saja Karena tidak ada kegiatan pembuka. Ada siswa yang memperhatikan guru dan ada siswa yang asik bermain sendiri. Media pembelajaran nya kurang menarik karna hanya menggambarkan di papan tulis, akan lebih menarik perhatian siswa jika menggunakan media gambar yang berwarna.
Kemudian tidak ada kegiatan penutup. Dan Kelebihannya, sudah menyampaikan konsekuensi jika ada yang ribut atau bermain sendiri dan memberikan hukuman dengan mengambil mainan siswa kemudian memberikan arahan.
Nama : Emilia Jayanti
Nim : 856983215
Kode upbjj : 20 bandar Lampung
Pokjar Banjar agung
Assalamualikum,
Dari video yang saya amati “pentingnya pengarahan guru”
Di dalam kelas memang penting sekali dalam mendengarkan pengarahan seorang guru.
Misal awal tadi seorang guru memerintahkan anak untuk membuat kelompok.
Seharusnya guru tersebut membuat kelompok setelah itu membagi anak tersebut duduk di tempat kelompoknya masing-masing . Setelah itu baru memerintahkan anak tersebut untuk melakukan presentasi di kelas dan teman yang lainnya mendengarkan cerita dari kelompok pertama yang maju.
Tetapi guru tersebut tadi tidak menempatkan posisi anak tersebut di dalam kelompoknya masing-masing.
Hal tersebut juga jadi membuat anak itu tidak kondusif kita seorang guru harus kreatif dan mampu menciptakan suasana di dalam kelas itu yang kondusif agar tidak terjadinya saling mengobrol sendiri, bahkan ada murid yang tidak mendengarkan pengarahan seorang guru misal dia sibuk bermain sendiri contohnya seperti bermain yoyo.
Di dalam media pembelajaran juga guru tersebut juga harus kreatif misal dengan memberikan gambar di dalam kertas yang memiliki warna sehingga bisa menarik perhatian seorang anak tersebut dengan adanya warna-warna.
Sehingga suasana kelas tersebut tidak monoton bahkan Kita juga bisa menciptakan suasana kelas tersebut asik menyenangkan aman dan nyaman jadi pembelajaran kita bisa berjalan dengan lancar.
Wassalamualaikum
Terima kasih