silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Eded Tarmedi

  1. Cara membuka pembelajaran guru belum memperhatikan sekitar kelas, tiba-tiba langsung masukan dan memberikan materi yang akan dipelajari. Isi materinya tidak terlalu lengkap dalam penjelasannya. Pembelajaran yang digunakan monoton seharusnya guru dapat memberikan pembelajaran yang menarik. Ketika penutupan guru tidak membuat kesimpulan dalam kegiatan pembelajaran.
  2. Strategi dalam mempembelajaran ini bisa menggunaan bermain peran agar siswa dapat mengalami kejadian-kejadian di masa lalu dan sekarang. Seharusnya media yang digunkan harus lebih jelas lagi agar siswa dpat memahami kejadian atau peristiwa yang terjadi saat itu.
  3. Kesesuain tingkat materi sudah cukup baik.
  4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Hendri Supriyadi S, S.Pd.

Similar Posts

147 Comments

  1. Nama : Trikvide Akhirman Jaya Lawolo
    Nim : 856021295
    UPBJJ / POKJAR : Medan / Idanogawo

    Setelah saya menonton video tersebut, menurut saya media pembelajaran yg digunakan terlalu abstrak, penjelasannya juga terlalu rancu sehingga sulit dimengerti oleh peserta didik.

  2. NAMA: HELMI TAMAR PANGAMBANG
    NIM : 859257725
    PRODI: S1 PGSD

    Saya telah menonton video pembelajaran IPS tentang Pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok. Guru dalam pembelajarannya tidak menggunakan kegiatan Awal,seperti apersepsi. Guru yang mengajar juga masih menggunakan pola lama seperti Ceramah.
    Guru tidak menampilkan ekspresi yang mendukung cerita sehingga siswa kurang menarik dalam pembelajaran. Siswa semangat dalam menjawab pertanyaan walaupun berbeda pemahaman. Tanggapan guru tehadap jawaban siswa memotivasi namun tidak meluruskan jawaban sehingga siswa yang dapat mengerti.
    Sekian tangapan saya.
    Terima kasih

  3. NAMA : TIKA AYU HARIYATI
    NIM : 858687734
    Berdasarkan video yang saya lihat di atas, di awal pembelajaran, reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan adalah kebingungan dan kesulitan untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.
    Guru belum menguasai apersepsi dalam membuka suatu pelajaran secara baik dan benar. Guru menggunakan metode mengajar yang tidak efektif dan cenderung membosankan.
    Untuk kedepannya guru harus lebih baik dalam membuka pelajaran dengan cara melakukan apersepsi yang tepat sesuai materi yang akan disampaikan agar siswa lebih siap untuk menerima materi pelajaran yang disampaikan. Disamping itu, guru juga sebaiknya menggunakan metode dan alat peraga pendukung seperti media pembelajaran berupa video tentang sejarah yang diajarkan agar siswa lebih mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan.
    Sekian Pendapat dari saya. Terima kasih

  4. Nama : Yublina Kareri Hara
    Nim : 859257503
    Program Studi : PGSD
    Pokjar : Sumba Timur
    Setelah menonton vidio pembelajaran yang berjudul “Pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok”, yakni dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru langsung pada kegiatan inti pelajaran. Guru tidak membuka kegiatan pembelajaran.dalam pemberian materi juga guru langsung menanyakan siswa tanpa menerangkan atau menjelaskan materi tersebut.dan ketika siswa menjawab pertanyaan ada jawaban yang kurang tepat tetapi guru hanya memberikan pujian tanpa memberikan umpan balik jawaban. Dalam kegiatan penutup, guru tidak menyimpulkan materi pelajaran.
    Sekian

  5. Nama : Muhammad Kelvin Prayoga
    Nim. : 856733829
    Prodi. : PGSD-S1

    Menurut pendapat saya setelah melihat video pembelajaran berjudul Pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok, melihat kekurangan dan kelebihan
    #Kekurangan
    1 guru tidak melakukan kegiatan pembuka seperti
    – guru tidak mengajak siswa berdoa
    – guru tidak menanyakan kabar siswa,supaya siswa siswi lebih semangat dalam mengikuti kegiatan tersebut
    – guru juga tidak melakukan absen
    Untuk mengecek kehadiran siswa/i
    – guru juga tidak memberitahukan siswa tentang tema / sub tema materi yg akan di ajarkan
    2. Guru tidak mengaitkan kegiatan yg dilakukan minggu lalu atau minggu sebelumnya.
    3. Dalam menyampaikan materi guru kekurangan metode pembelajaran
    Sehingga mengakibatkan siswa/ i tersebut susah untuk menjawab pertanyaan yg di berikan oleh guru tersebut
    4. Guru tdk memberi kesimpulan pada materi yg di sampaikan
    5. Guru tidak melakukan kegiatan penutup
    Dengan cara berdoa bersama.
    #Kelebihan
    Guru sudah memperbaiki metoda pembelajaran yang semula menggunakan ceramah, penugasan diubah dengan menggunakan media berupa artikel berkaitan dengan materi pembelajaran.hanya saja, pada kegiatan pembelajaran tersebut guru sebagai pusat ( teacher senter) siswa hanya diminta mendengarkan dan menjawab pertanyaan.

  6. Nama : Muhammad Kelvin Prayoga Nim Nim : 856733829
    Prodi : PGSD-S1
    Menurut pendapat saya setelah melihat video pembelajaran berjudul Pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok, melihat kekurangan dan kelebihan.
    #Kekurangan
    1 guru tidak melakukan kegiatan pembuka seperti
    – guru tidak mengajak siswa berdoa
    – guru tidak menanyakan kabar siswa,supaya siswa siswi lebih semangat dalam mengikuti kegiatan tersebut
    – guru juga tidak melakukan absen Untuk mengecek kehadiran siswa/i
    – guru juga tidak memberitahukan siswa tentang materi tema / sub tema yang akan disenangi
    2. Guru tidak mengaitkan kegiatan yang dilakukan minggu lalu atau minggu sebelumnya.
    3. Dalam menyampaikan materi guru kekurangan metode pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa/i tersebut susah untuk menjawab pertanyaan yg diberikan oleh guru tersebut
    4. Guru tdk memberi kesimpulan pada materi yg di sampaikan
    5. Guru tidak melakukan kegiatan penutup Dengan cara berdoa bersama.

    #Kelebihan
    Guru sudah memperbaiki metode pembelajaran yang semula menggunakan ceramah, penugasan diubah dengan menggunakan media berupa artikel yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Hanya saja, pada kegiatan pembelajaran tersebut guru sebagai pusat (pengarah guru) siswa hanya diminta mendengarkan dan menjawab pertanyaan.

  7. Nama : Muhammad Kelvin Prayoga
    Nim : 856733829
    Studi :PGSD-S1

    Menurut pendapat saya setelah melihat video pembelajaran berjudul Pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok, dalam video tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya yaitu Guru sudah memperbaiki metoda pembelajaran yang semula menggunakan ceramah, penugasan diubah dengan menggunakan media berupa artikel berkaitan dengan materi pembelajaran.hanya saja, pada kegiatan pembelajaran tersebut guru sebagai pusat ( teacher senter) siswa hanya diminta mendengarkan dan menjawab pertanyaan sedang kekurangannya yaitu terlihat bahwa dalam memberikan pembelajaran guru langsung ke inti materi berupa menulis dan tanya jawab seharusnya seharusnya melakukan kegiatan awal seperti baca doa sebelum memulai pembelajaran, melakukan absensi dan memberikan pelajaran tidak diawali dengan apersepsi atau pengkondisian kesiapan siswa dalam belajar, guru dalam pemberikan materi tidak menarik/ terlalu datar sehingga siswa kurang antusias dalam belajar.

  8. Nama: Muhammad Kelvin Prayoga
    Nim: 856733829
    Studi: PGSD-S1

    Menurut pendapat saya setelah melihat video pembelajaran berjudul Pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok, dalam video tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya yaitu Guru sudah memperbaiki metode pembelajaran yang semula menggunakan ceramah, penugasan diubah dengan menggunakan media berupa artikel yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Hanya saja, pada kegiatan pembelajaran tersebut guru sebagai pusat ( teacher senter ) siswa hanya diminta mendengarkan dan menjawab pertanyaan sedang kekurangannya yaitu tidak adanya kegiatan awal seperti absensi siswa, apersepsi dan mengemukakan tujuan pembelajaran, kekurangan media pembelajaran sehingga peserta didik kurang tertarik dan menjadi bosan, serta tidak adanya kesimpulan materi yang telah dipelajari.
    Upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran tersebut yaitu guru sebaiknya menggunakan model yang tepat, dan guru sebaiknya kalau bisa suara lebih keras dan lantang sehingga siswa yang duduk di bagian belakang terdengar materi yang sedang di sampaikan guru.

  9. Nama : PUTRI RANI WIBOWO
    NIM : 856044396
    POKJAR : ASAHAN
    menurut pendapat saya dari vidio tersebut, guru memberikan penjelasan pembelajaran langsung kepada sistem tanya jawab. seharusnya guru terlebih dahulu menerapkan penjelasan materi yang akan dipelajari dan yang akan dibahas, sehingga siswa mampu untuk menjawab pertanyaa-pertanyaan yang akan diberikan pada akhir pembelajaran.

  10. Nama : Dea Cici Sukawati
    Nim : 856046841
    Pokjar : Langkat

    menurut saya , video yang ditampilkan di atas sudah bagus hanya saja dalam pembukaan awal seharusnya guru dapat memulai pembelajran dengan berdoa ataupun salam sapa .

    terimakasih 🙂

Leave a Reply