silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Eded Tarmedi

  1. Cara membuka pembelajaran guru belum memperhatikan sekitar kelas, tiba-tiba langsung masukan dan memberikan materi yang akan dipelajari. Isi materinya tidak terlalu lengkap dalam penjelasannya. Pembelajaran yang digunakan monoton seharusnya guru dapat memberikan pembelajaran yang menarik. Ketika penutupan guru tidak membuat kesimpulan dalam kegiatan pembelajaran.
  2. Strategi dalam mempembelajaran ini bisa menggunaan bermain peran agar siswa dapat mengalami kejadian-kejadian di masa lalu dan sekarang. Seharusnya media yang digunkan harus lebih jelas lagi agar siswa dpat memahami kejadian atau peristiwa yang terjadi saat itu.
  3. Kesesuain tingkat materi sudah cukup baik.
  4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Hendri Supriyadi S, S.Pd.

Similar Posts

147 Comments

  1. Nama :Leni purnama sari
    NIM. :859878667
    Pokjar :Langkat

    Menurut saya,video yang ditampilkan tersebut kurang bagus karna
    -1.Guru tidak melakukan pembukaan dalam melakukan pembelajaran,seperti doa,dan mengabsen siswa,guru langsung masuk pada materi pelajaran.
    -2.Guru kurang menjelaskan materi kurang jelas.
    -3.Guru mengajarkan kegiatan belajar mengajar di sekolah Dasar seperti sudah ada di tingkat SLTP,maka dari itu murid tidak dapat merespon pelajaran dengan baik.Murid pada kebingungan semua.
    -Guru tidak memberikan kesimpulan terhadap materi yang disampaikan.

  2. Nama :Nella Sihombing
    Nim:856035634
    Pokjar: Tobasa
    Bisa kita lihat pada video tersebut ,bahwasanya guru tersebut langsung keinti materi,tidak melakukan pembukaa pembelajaran. Seperti:menyapa siswa,mengabsen,mengajak siswa berdoa sebellum memulai pembelajaran,memperkenalkan dirinya kepada siswa,karena bisa kita katakan hal hal tersebut merupakan hal yang utama yang harus kita lakukan agar para siswa itu dapat berinteraksi dengan kita. Dapat memulai kita jumpai ga dalam memulai pelajaran apabila guru dan siswa sudah saling mengenal.
    Dalam menjelaskan materi tersebut intonasinya agak cepat,ekspresinya datar,pemberian materi yang singkat sehingga agak sedikit yang mampu melakukan umpan balik antar guru dan siswa. Juga seharusnya guru mengkodisika suasana diluar kelas tersebut,agar materi mampu tersampaikan pada seluruh siswa,jika ribut seperti itu maka kemungkinan materi tersebut kurang tersampaikan pada siswa.
    Terimah kasih

  3. NAMA : HADANI SABIL
    NIM : 857154782
    PRODI : PGSD-BI
    UPBJJ-UT : JAKARTA POKJAR TARUMAJAYA

    Ada beberapa kelemahan guru dalam menyampaikan materi di dalam kelas. Diantaranya adalah guru tidak melakukan kegiatan pembuka seperti mengajak siswa berdoa, menanyakan kabar siswa supaya siswa siswi lebih semangat dalam mengikuti kegiatan tersebut, dan guru juga tidak melakukan absen untuk mengecek kehadiran siswa. Guru juga tidak memberitahukan siswa tentang tema / sub tema materi yang akan di ajarkan. selain itu guru juga tidak memberi kesimpulan pada materi yang telah disampaikan serta tidak melakukan kegiatan penutup seperti doa bersama, dll.

    Kelebihannya yaitu Guru sudah memperbaiki metode pembelajaran yang semula menggunakan ceramah, penugasan diubah dengan menggunakan media berupa artikel yang berkaitan dengan materi pembelajaran. guru sudah melaksanakan pengajaran yang cukup baik walau ada beberapa hal yang harus diperbaiki. hal yang menarik di vedo kedua adalah guru dapat mengkaitakan pelajaran masa lalu dengan masa kini, dalam hal ini menyamakan kasus Pangeran diponegoro dengan mbah Priok. Hal menarik lainnya guru memberi apresiasi pada siswa yang berani menjawab, dengan cara memujinya. walaupun ada jawaban siswa yang lucu, guru tetap memberinya pujian.

    solsusinya guru harus lebih memahami lagi prosedur mengajar yang baik dan benar mulai dari kegiatan awal hingga akhir sesuai rpp. kemudian harus lebih kreatif dan inovatif dalam mengajar dengan menerapkan metode-metode tertentu yang relevan dengan materi pelajaran. mengaktifkan siswa dalam pembelajaran juga penting untuk meningkatkan gairah semangat belajar peserta didik

  4. NAMA. :HADANI SABIL
    NIM. : 857154783
    PRODI. : PGSD-BI
    UPBJJ-UT. : JAKARTA POKJAR TARUMA JAYA

    Ada beberapa kelemahan guru dalam menyampaikan diantaranya guru tidak melakukan kegiatan pembukaan, guru tidak melakukan absen, guru juga tidak memberitahukan siswa tentang tema yang akan diajarkan. Pada akhirannya juga guru tidak memberi kesimpulan pada materi yang telah disampaikan serta tidak melakukan kegiatan penutup.
    Kelebihannya yaitu guru menggunakan media artikel, lalu melakukan apersepsi antara kasus masa lalu pada konteks kisah pangeran Diponegoro dengan kasus Makam Mbah Priuk. Guru juga memberikan balikan kepada siswa yang aktif.
    Solusinya adalah guru harus menguasai prosedur mengajar yang baik sesuai RPP yang dibuat. Menambah inovasi mengajar dengan menggunakan metode2 yang bisa menggugah semangat belajar siswa.

  5. Nama : ronaldo dwi raharjo
    Nim : 858685454

    kelemahan guru dalam menyampaikan diantaranya guru tidak melaksanakan kegiatan pembukaan, guru tidak melakukan absen, guru j tidak memberitahukan siswa tentang tema yang akan diajarkan. dan juga guru tidak memberi kesimpulan pada materi yang telah disampaikan serta tidak melakukan kegiatan penutup

  6. Kelemahan pembelajaran dalam video :
    1. pembelajaran tidak diawali dengan kegiatan pendahuluan
    2. dalam membuka pembelajaran, guru belum memperhatikan keadaan sekitar kelas
    3. isi materi tidak terlalu lengkap dalam pembelajaran

  7. Nama : Feby Fadila
    Nim : 855974933

    Didalam vidio tersebut, ada beberapa kekurangan dan kelebihan yg dimiliki oleh guru trsbt. Diantaranya,

    Kekurangan yg dimiliki :
    1 guru tidak melakukan kegiatan pembuka seperti
    – guru tidak mengajak siswa berdoa
    – guru tidak menanyakan kabar siswa,supaya siswa siswi lebih semangat dalam mengikuti kegiatan tersebut
    – guru juga tidak melakukan absen Untuk mengecek kehadiran siswa/i
    – guru tidak mengajak anak untuk melakukan ice breaking
    2. Guru tidak mengaitkan kegiatan yang dilakukan minggu lalu atau minggu sebelumnya.
    3. Dalam menyampaikan materi guru kekurangan metode pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa/i tersebut kesulitan untuk menjawab pertanyaan yg diberikan oleh guru tersebut
    4. Guru tdk memberi kesimpulan pada materi yg disampaikan
    5. Guru tidak melakukan kegiatan penutup Dengan cara berdoa bersama.
    6. Bahan media ajar yg minim

    Kelebihan nya :
    Guru sudah memperbaiki metode pembelajaran yang semula menggunakan ceramah, penugasan diubah dengan menggunakan media berupa artikel yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Hanya saja, pada kegiatan pembelajaran tersebut guru sebagai pusat (pengarahan guru) siswa hanya diminta mendengarkan dan menjawab pertanyaan

  8. NAMA NI WAYAN LESTARI
    NIM 859768266
    PRODO BI PGSD

    Kekurangan pembelajaran dalam video :
    1. pembelajaran tidak diawali dengan kegiatan pendahuluan
    2. dalam membuka pembelajaran guru belum memperhatikan keadaan sekitar kelas
    3. isi materi tidak terlalu lengkap
    4. media yang kurang.

  9. NAMA : NUR AMINATUN NAJAH
    NIM : 858696994
    PRODI : PGSD UPBJJ SURABAYA

    saat melakukan pembukaan sebelum pembelajaran guru kurang memperhatikan kesiapan belajar anak, guru langsung menyampaikan materi yang akan dipelajari yang akan dipelajari, guru sudah melakukan interaksi pada anak, namun guru kurang menggunakan media untuk pembelajaran agar anak-anak lebih paham pada apa yang disampaikan guru, seperti guru bisa menggunakan proyektor atau pun media bergambar agar lebih menarik perhatian siswa, guru sudah memeriksa tugas anak walaupun belum menyeluruh namun guru belum memberikan kesimpulan terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan di akhir pembelajaran

  10. NAMA : ADE PUTRA DAVID HALOMOAN
    NIM : 856614927
    PRODI : PGSD BI

    Setelah menonton video diatas dapat disimpulkan bahwa:
    1. Kegiatan Pendahuluan
    Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran seperti: Memberikan salam, mengajak peserta didik untuk berdoa terlebih dahulu, menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran siswa, apersepsi dan menanyakan kesiapan belajar.

    2. Kegiatan Inti
    Guru tidak mengaitkan materi pembelajaran yang dimana siswa disuruh mengingat tentang kejadian masa lalu tanpa mengaitkan kejadian di masa sekarang dan Guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang memahami isi dari materi yang disampaikan

    3. Kegiatan Penutup
    Guru tidak melakukan refleksi tentang materi yang disampaikan, tidak memberikan kesimpulan pada materi yang sudah disampaikan dan Guru tidak melakukan kegiataan penutup.

Leave a Reply